Syarat Kambing Aqiqah untuk Anak Laki – Laki dan Perempuan

Syarat Kambing Aqiqah

Dalam tradisi agama Islam, biasanya kelahiran seorang anak akan dirayakan dengan yang namanya acara aqiqahan. Tujuannya, sebagai ungkapan rasa bahagia serta memanjatkan rasa syukur kepada Allat SWT. Sebelum itu, ketahui syarat kambing aqiqah untuk anak laki – laki dan perempuan dulu.

Apa Itu Aqiqah?

Seperti yang telah Anda ketahui, bahwa aqiqah ini biasanya terlaksana ketika si kecil baru saja lahir. Pada umumnya, aqiqah sendiri berasal dari bahasa Arab yaitu kata Al Qat’u yang artinya memotong. Sebenarnya kata tersebut mempunyai 2 makna, pertama memotong rambut bayi baru lahir.

Lalu makna kedua adalah memotong atau bahkan melakukan penyembelihan hewan. Itulah mengapa ketika acara aqiqah berlangsung, selalu ada yang namanya hewan kambing sebagai syarat aqiqahannya. Setiap anak perempuan dan laki – laki itu hewan dan juga syaratnya berbeda – beda.

Menurut para ulama, melakukan aqiqah itu adalah proses mencukur rambut bayi baru lahir yang tepatnya di hari ke 7, 14 atau bahkan 21 hari juga bisa setelah kelahirannya di dunia. Sedangkan menurut istilahnya, aqiqah ini akan dilaksanakan bersamaan dengan penyembelihan hewan ternak.

Syarat Kambing Aqiqah untuk Anak Laki – Laki dan Perempuan

Sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas kelahiran sang buah hati ke dunia, biasanya umat Islam selalu menggelarkan acara yang namanya aqiqah. Ritual semacam ini juga biasanya bersamaan dengan penyembelihan hewan ternak. Misalnya domba atau bahkan kambing juga bisa.

Usia Hewan Ternak Minimal 1 Tahun

Perlu Anda ketahui, bahwa usia dari hewan ternak khusus untuk acara aqiqah itu sangat penting diperhatikan. Hewan kambing yang nantinya akan menjadi qurban aqiqah harus cukup umurnya, paling tidak sekitar 1 tahun minimal. Setelah itu, seharusnya mengambil hewannya dari tempat aman.

Tempat yang aman dan terpercaya sudah menjadi suatu keharusan bagi Anda yang ingin mengurbankan hewan ternak saat acara aqiqah nanti. Namun, sekarang ini biasanya banyak sekali jasa aqiqah yang justru sudah menyediakan hewan sekaligus mengolahnya. Jadi, tidak perlu repot.

Memilih Hewan Ternak yang Bebas Cacat

Tidak sampai di situ saja, Anda juga harus memastikan bahwa hewan ternak kambing tersebut terbebas dari cacat. Mengenai kelaminnya tidak ada tuntutan, baik jantan atau bahkan betina semuanya diperbolehkan saja. Hanya jumlahnya yang nanti harus khusus setiap kelamin buah hati.

Sebelum membeli hewan ternak untuk menjadi hewan qurban acara aqiqah. Anda harus memastikan, bahwa kambing tidak memiliki cacat fisik. Mulai dari buta, badannya yang terlalu kurus bahkan sampai tidak mempunyai tulang sumsum, tidak boleh pincang dan masih banyak lagi jenis cacat lain.

Jumlah Hewan Ternak Aqiqah

Selain memerhatikan kesehatan dari hewan ternaknya, Anda juga harus memerhatikan jumlah dari hewan tersebut untuk acara aqiqah. Mengingat hewan aqiqah untuk setiap jenis kelamin itu jumlahnya berbeda – beda. Khusus untuk laki – laki, hewannya harus memiliki jumlah sebanyak 2.

Sedangkan untuk jenis kelamin perempuan, hewan ternak kambing khusus untuk acara aqiqah hanya satu ekor saja. Hal tersebut sudah tercantum pada hadits riwayat Abu Dawud, Nasa’I Ahmad. Beliau menyatakan, jika hendak menyembelih kambing karena lahir bayi. Maka lakukanlah 2 untuk laki – laki dan 1 untuk perempuan.

Membaca Doa Saat Acara Aqiqah

Saat acara aqiqah Anda laksanakan di rumah. Selain memerhatikan syarat jumlah hewan ternak khusus untuk anak laki – laki dan juga perempuan. Pada acara aqiqah juga tidak pernah terlepas dari yang namanya doa.

Pihak penyembelih harus membacakan doa “Bismillah, Allahumma taqobbal min muhammadin, wa aali muhammadin, wa min ummati muhammadin”. Seperti itulah bacaan doanya yang benar, sehingga acara aqiqah dapat berjalan dengan lancar atas izin Allah SWT.

Memberikan Nama serta Mencukur Rambut

Mencukur rambut ketika acara aqiqah sudah menjadi hal umum. Tata cara aqiqah yang benar, ketika saat sesi pencukuran rambut. Anda pun juga memberikan buah hati nama yang mengandung makna baik untuk mereka.

Nama yang orangtua berikan tersebut akan menjadikan cerminan serta doa, supaya buah hati dapat tumbuh menjadi anak yang berbakti dan juga baik sampai dia besar nantinya. Memberikan nama baik juga merupakan anjuran dari hadits.

Kapan Acara Aqiqah itu?

Pada umumnya, acara aqiqah ini biasanya bisa digelarkan pada hari ketujuh setelah sang buah hati lahir ke dunia. Akan tetapi, tidak sedikit yang justru melaksanakannya setelah buah hati mencapai usia 40 harian. Sedangkan untuk hewan ternak yang harus Anda gunakan adalah domba / kambing.

Hewan ternak tersebut nantinya akan diolah kemudian harus Anda bagikan kepada lingkungan sekitar, akan lebih bagus lagi ke panti asuhan juga sebagai bagi – bagi rejeki. Dalam proses pemilihan hewan ternaknya pun tidak boleh sembarangan begitu saja. Tentu ada syarat – syaratnya.

Setelah mengetahui beberapa syarat untuk menyembelih hewan ternak khusus anak laki – laki dan juga perempuan. Kini saatnya Anda harus tahu bagaimana pengolahan dan pembagian daging yang seharusnya. Umumnya, setelah menyembelih hewan kambing. Selanjutnya harus mengolahnya dulu.

Mengolah untuk menjadi hidangan siap saji. Jikalau sudah siap semuanya, maka tahapan selanjutnya adalah dengan membagikan hasil olahan daging kambing aqiqah kepada kerabat atau bahkan tetangga sekitar juga bisa. Akan lebih baik bila membagikannya juga ke beberapa panti asuhan.

Seperti itulah penjelasan secara detail dan juga lengkap, mengenai informasi penting terkait syarat kambing aqiqah untuk anak laki – laki dan perempuan. Sesuai dengan pembahasan di atas, Anda bisa menjadikannya patokan sebelum melaksanakan acara aqiqah di rumah nantinya. Yuk manfaatkan jasa aqiqah Jakarta sekarang juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.