Pengertian Muallaf menurut Yusuf Qardhawi

181 views

pengertian muallaf

Pengertian Muallaf

Menurut Bahasa Muallafah adalah bentuk jamak dari kata muallaf, yang berasal dari kata al-ulfah yang maknanya adalah menyatukan, melunakkan dan menjinakkan.[1] Adapun menurut Yusuf Qardhawi pengertian muallaf dalam bukunya bertajuk Hukum Zakat menjelaskan bahwa muallaf adalah mereka yang diharapkan kecenderungan hatinya atau keyakinannya dapat bertambah terhadap Islam, atau terhalangnya niat jahat mereka atas kaum muslimin, atau harapan akan adanya kemanfaatan mereka dalam membela dan menolong kaum muslimin dari musuh.[2]

Yusuf Qardhawi adalah seorang cendekiawan Muslim dari Mesir, kegemaran membaca Al-Qur’an Menjadikan Beliau mampu menghafal Al-Qur’an ketika usia 10 tahun. Keluasan ilmunya menjadikan Yusuf Qardhawi menjadi salah satu orang yang berpengaruh terhadap keilmuan. Beliau menjadi rujukan dari berbagai macam ilmu agama serta menjadi majelis fatwa. Beliau mengeluarkan fatwa tentang masalah yang sedang terjadi sehingga bisa dijadikan referensi untuk menentukan jalan keluar sebuah masalah.

Yusuf Qardhawi memandang muallaf adalah orang yang perlu diperhatikan dan dibimbing untuk lebih mengenal tentang Islam. karena Islam adalah agama sempurna yang mengatur semua lini dalam kehidupan, mulai dari hal yang sederhana hingga solusi dari berbagai permasalahan hidup yang selalu datang menghampiri. Mulallaf sendiri adalah bagi Islamyang harus dijaga dan dihormati.

 

[1] Ahmad Warson Munawir, Kamus Al-Munawir, Surabaya: Pustaka Progresip, 1997. Hlm.34

[2] Yusuf al-Qaradhawi, Hukum Zakat, Terj.bogor: Pustaka Litera Antar Nusa, 2002, hlm. 563.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *