Pelatihan ISO Gratis 2021: Program dan Tujuan

Pelatihan ISO Gratis

Saat ini sudah banyak terlaksana pelatihan ISO gratis 2021 yang memang menarik perhatian sebagian besar warga Indonesia untuk mengikutinya. Termasuk di dalamnya pelatihan ISO 17025. Manfaatnya pun beragam di bidang industri karena akan wajib memiliki sertifikasi perusahaan. Tentu sangat penting dalam aktivitas perdagangan dunia.

Tujuan Pelatihan ISO bagi Perusahaan

ISO merupakan singkatan dari The International Organization for Standardization mempunyai tujuan dan manfaat yang penting. Hal ini khususnya bagi perusahaan jika ingin memiliki sebuah sertifikasi. Pasalnya mereka harus mengikutinya agar berhasil mendapatkan standarisasi secara internasional.

Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan

Perusahaan yang sudah menerapkan sistem manajemen mutu tingkat global, tentunya juga menjadi jaminan akan kredibilitasnya. Semakin tinggi standar mereka maka juga mampu meningkatkan kepercayaan bagi seluruh lapisan masyarakat mengenai segala proses produksi di dalamnya.

Artinya segala aktivitas yang ada di dalam perusahaan tersebut sudah terjamin dengan menggunakan suatu standar. Calon konsumen tidak perlu lagi ragu akan kualitasnya. Nantinya sebuah industri lebih cepat mendapatkan kepercayaan dari konsumen hingga masyarakat atas produk maupun jasanya.

Meningkatkan Kepercayaan Para Pelanggan

Tujuan ini juga masih berhubungan dengan poin sebelumnya. Perusahaan yang sudah berusaha mengikuti segala standarisasi dari pihak tertentu, pastinya akan jauh lebih cepat untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggan. Hal ini tentunya mampu memberikan dampak positif ke depannya.

Kepuasan dan kepercayaan dari setiap konsumen memang menjadi hal yang penting untuk perusahaan utamakan. Konsumen pun bisa lebih percaya terhadap pelayanannya, baik berupa barang maupun jasa. Tidak heran jika mereka nanti  dapat menjadi seorang customer tetap dalam waktu lama.

Mendapatkan Jaminan Kualitas Bertaraf Internasional

Pada dasarnya, setiap perusahaan yang hendak mendaftar sertifikasi ISO harus mengikuti proses berupa siklus PDCA. Hal ini memang sudah menjadi aturan sejak dulu sehingga tetap menjadi perhatian bagi semua industri jika ingin mengurusnya. Setidaknya seluruh tahapan di dalamnya harus terselesaikan.

Dalam siklus PDCA tersebut akan ada beberapa tahapan yang perlu perusahaan selesaikan yakni identifikasi, analisis serta eksekusi. Tujuannya adalah untuk mencari solusi dari sebuah masalah sehingga mampu menjamin keseluruhan proses di dalam suatu industri agar sesuai dengan standar.

Meminimalkan Biaya Pengeluaran dan Memaksimalkan Kinerja Pekerja

Perusahaan yang sudah menerapkan standar ISO, secara tidak langsung mampu menurunkan biaya pengeluaran. Pasalnya semua anggaran berkaitan dengan kurang maksimalnya kinerja karyawan atau proses produksi. Jika sebuah industri terindikasi hal-hal buruk, maka bisa segera teratasi.

Semua standar manajemen mutu ISO yang sudah ada, tentu agar seluruh pekerja melaksanakannya. Dengan menerapkannya, maka sekaligus akan memotivasi para karyawan mampu menjaga kualitas produksi dan efisiensi produktivitas saat bekerja. Terutama persaingan perusahaan kini semakin ketat

Meningkatkan Citra Perusahaan

Bagi sebuah perusahaan yang terbukti mampu mendapat sertifikasi ISO, maka tinggi kemungkinan bagi mereka untuk memperoleh kepercayaan dari luar masyarakat. Tentunya hal ini berhubungan dengan tingkat penjualan apabila mengalami peningkatan akibat meningkatnya pelanggan

Perusahaan yang sudah bersertifikasi ISO juga bisa memperoleh keuntungan lainnya, termasuk meningkatnya citra mereka di mata masyarakat. Sebuah industri jika telah terstandarisasi secara internasional juga memiliki kemungkinan lebih tinggi dalam mendapat pelanggan dalam jumlah banyak.

Contoh Sertifikasi ISO yang Ada di Pelatihan ISO 2021

Ada beberapa contoh sertifikasi ISO yang umumnya banyak perusahaan gunakan dalam berbagai bidang. Misalnya berhubungan dengan management system, safety management system, environmental management system maupun security management system. Berikut ulasan lengkapnya:

Quality Management System ISO 9001 : 2015

ISO 9001 merupakan standar dalam skala internasional khususnya di bidang manajemen mutu. Suatu organisasi atau perusahaan yang sudah mendapatkan sertifikasi ini telah melalui Pelatihan ISO 9001: 2005 mengenai Quality Management Systems. Persyaratan ini berkaitan dengan mutu produk dan jasa.

ISO 9001 ini bersifat generic sehingga penerapan standarnya pun bisa tertuju kepada perusahaan dalam bidang apapun. Standarisasi ini tidak memandang industri dalam skala besar maupun kecil atau bahkan jenis produknya. Statusnya pun juga bebas dapat berasal dari pemerintah atau swasta.

Occupational Health and Safety Management Systems Iso 45001 : 2018

Standar ISO satu ini telah rilis pada tanggal 12 Maret 2018 lalu. ISO 45001:2018 juga merupakan milik internasional yang menetapkan syarat dan pdoman untuk penerapan SMK3 (Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja). Orang-orang biasa menyebutnya sebagai milestone karena sangat kuat.

Kerangka kerja didalamnya memang efektif dan kuat tersedia pada ISO 45001:2018 ini. Standarisasi Occupational Health and Safety Management Systems akan menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan aman bagi seluruh karyawan, pemasok, tamu kontraktor dan seluruh pihak berkaitan di industri.

Environmental Management Systems ISO 14001 : 2015

Sementara ISO 14001 merupakan standarisasi yang menetapkan sebuah persyaratan manajemen secara terstruktur sebagai perlindungan lingkungan. Perusahaan akan mendapatkannya jika sudah melewati Pelatihan ISO 14001 di tahun 2015 terhadap dampak sekitar akibat proses industrinya.

ISO 14001 juga berfungsi sebagai upaya pemenuhan akan peraturan terhadap lingkungan. Tujuannya adalah meminimalkan adanya pencemaran akibat aktivitas industri dari sebuah perusahaan. Mengingat jika saat ini sangat banyak pabrik yang hanya melakukan proses produksi tanpa memperhatikan limbah

Itulah tadi beberapa tujuan dan contoh yang umumnya ada di dalam pelatihan ISO gratis 2021. Setiap perusahaan harus mengikuti pelatihan terlebih dahulu sebelum berhasil mendapat sebuah sertifikasi. Manfaatnya pun beragam khususnya untuk memperbaiki citra perusahaan di mata masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.