Otak Manusia Dirancang untuk Membaca Sejak Lahir

34 views

Otak Manusia Dirancang Untuk Membaca Sejak Lahir

Kapan anda mengajari anak-anak membaca? Pertanyaan ini terkadang dipertanyakan ketika ada anak yang memasuki usia tertentu namun belum bisa membaca. Namun ternyata otak manusia itu dirancang untuk melihat untuk membaca tulisan dan huruf sejak lahir.

Dilansir dari ScienceDaily (22/10/2020), para peneliti di Ohio State University menemukan bahwa dalam otak kita terdapat satu bagian yang dinamakan “visual word form area” (VWFA). Bagian ini menurut peneliti sudah ada sejak kita lahir di dunia ini dan terhubung dengan jaringan bahasa di dalam otak.

Penelitian ini berjudul “Innate connectivity patterns drive the development of the visual word form area”. Penulisnya adalah Jin Li, David E. Osher, Heather A. Hansen, dan Zeynep M. Sagin, yang semuanya adalah pengajar psikologi dari Ohio State University.

Bagian otak bernama VWFA inilah yang bertanggung jawab sebagai reseptor untuk melihat kata dan tulisan serta mengembangkan sensitivitasnya dalam menerima setiap kata yang diucapkan maupun tulisan.

Otak Manusia Dirancang untuk Membaca Sejak Lahir: Kronologi

Para peneliti awalnya menganalisis dari data scanner fMRI terhadap 40 bayi yang baru lahir dan usianya kurang dari seminggu. Semuanya merupakan bagian dari sebuah proyek yang dinamakan Developing Human Connectome Project. Lalu mereka mengomparasi dengan data yang sama dari 40 relawan orang dewasa yang berbeda dari proyek tersebut.

Mereka juga mempelajari hasil scan otak anak usia 3 sampai 4 tahun untuk mempelajari apa yang dilakukan bagian VWFA sebelum anak-anak belajar membaca visual apa yang membuat bagian itu responsif.

Bagian otak yang bernama VWFA tadi adalah bagian dari visual cortex, dimana bagian ini bertanggung jawab dalam memproses wajah. Visual cortex dalam beberapa hal juga dianggap sama dengan VWFA yang berfungsi supaya manusia melihat kata secara benar.

Awalnya banyak para peneliti berasumsi bahwa VWFA adalah sama dengan bagian visual cortex pada umumnya. Bagian ini dipandang sama dalam hal ketika manusia melihat objek dan menseleksi kata sejak kita kecil dan bagaimana bagian ini mempelajari bahasa.

Implikasi

Namun dalam penelitian ini, peneliti menemukan bahwa VWFA adalah bagian yang berbeda dengan visual cortex. Menurut Zeynep M. Sagin, bagian ini memiliki tugas spesifik dimana ia bertugas untuk melihat kata. Sedangkan visual cortex lebih ke objek dan wajah.

“VWFA mengkhususkan diri untuk melihat kata-kata bahkan sebelum kita melihatnya”. Kata Saygin. Ia juga menambahkan bahwa terdapat perbedaan bagian VWFA tersebut antara anak-anak dan dewasa.

Tujuan dari penelitian ini menurut Saygin adalah bagaimana otak menjadi sebuah otak yang dapat membaca. Hal ini membantu peneliti untuk mempelajari individu dalam tingkah laku membaca. Bisa juga berguna untuk mempelajari gangguan dalam belajar pada anak, seperti diseleksia dan gangguan dalam masa perkembangan lainnya.

Penelitian ini didukung oleh The Alfred P. Sloan Foundation dan dianalisis menggunakan fasilitas dari Ohio Supercomputer Center.

Sumber:

Berita mengenai penelitian ini bisa dilihat disini dan disini, dan penelitian terkait bisa dilihat disini.

(Gambar: Pixabay/2081671 2081671 )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *