LPDP Buka Empat Program Baru Beasiswa untuk Mahasiswa S1 Tahun Ini, Pendaftaran Mulai 2 Mei 2021!

LPDP Buka Empat Program Baru Beasiswa untuk Mahasiswa Tahun Ini, Pendaftaran Mulai 2 Mei 2021!

LPDP Buka Empat Program Baru Beasiswa untuk Mahasiswa Tahun Ini (Gambar: LPDP)

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) membuat berbagai gebrakan program yang berbeda tahun ini. Lembaga penyedia beasiswa ini tahun ini membuka berbagai kesempatan bukan hanya beasiswa untuk S1, S2, S3 saja, melainkan program magang dan kerja sama yang diperluas. Selain itu tahun ini LPDP juga membuka program beasiswa untuk guru, tenaga sekolah vokasi dan sampai beasiswa kebudayaan.

Hal ini tidak lepas dari kerjasama LPDP dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam satu program yaitu Kampus Merdeka. Langkah program pemerintah yang sudah beberapa tahun dicanangkan ini lalu diakomodir oleh LPDP dengan sejumlah program unggulan.

Melansir dari siaran pers Kemendikbud (22 April 2021), program tersebut dirancang utamanya untuk guru dan tenaga kependidikan. Namun tahun ini ada empat program terbaru yang dirilis oleh LPDP bekerja sama dengan Kemendikbud untuk mahasiswa S1. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan daya saing mahasiswa serta pelajar utamanya di dalam negeri. Keempat program ini masih terintegrasi dengan program Merdeka Belajar yang digagas oleh Kemendikbud tahun lalu.

Empat Program Baru LPDP yang Dibuka untuk Mahasiswa Tahun Ini

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim menyatakan bahwa ada empat program Kampus Merdeka yang nantinya didukung oleh LPDP. Keempat program tersebut antara lain adalah Kampus Mengajar, Magang dan Studi Independen Bersertifikat (microedential), International Indonesia Student Mobility Awards (IISMA) serta Pertukaran Mahasiswa Merdeka.

Program pertama yang terbaru dari LPDP adalah Kampus Mengajar. Program ini sendiri sebetulnya merupakan inisiatif dari Kemendikbud sendiri untuk mengajak mahasiswa terjun langsung mengajar. Nantinya program ini memungkinkan mahasiswa dari segala semester untuk mengajar di SMP terpilih yang ditunjuk oleh Kemendikbud.

Sedangkan program kedua yaitu Magang dan Studi Independen Bersertifikat (microedential) merupakan program Kemendikbud yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang ingin magang. Nantinya mahasiswa diberi kesempatan untuk magang di organisasi maupun tempat kerja yang diakui oleh Kemendikbud selama 1 sampai 2 semester. Pastinya organisasi maupun program tersebut menurut rilisnya bertaraf Internasional, sepertiĀ  kursus di Human-centered UI-UX design di Stanford secara luring atau magang secara online di Coursera Google. Program magang ini mencakup biaya hidup dan uang saku layaknya beasiswa.

Selain itu program ketiga yaitu IISMA merupakan program yang ditujukan bagi mahasiswa S1. Mahasiswa yang mengikuti program ini nantinya dapat belajar selama 1-2 semester di perguruan tinggi luar negeri yang ditunjuk Kemendikbud. Terdapat beberapa program seperti Student Exchange, Visiting Programs dan Short Courses and Summer Courses (khusus program ini kurang dari satu semester).

Sedangkan program keempat adalah program Pertukaran Mahasiswa Merdeka, dimana program ini memungkinkan pertukaran antar mahasiswa di dalam negeri. Program ini ditujukan bagi mahasiswa di semester 3 sampai 8, PTN/PTS terakreditasi dan memiliki minimal IPK 2.75. Program ini meliputi pembiayaan diri termasuk diantaranya biaya pemberangkatan ke daerah tujuan perguruan tinggi.

Tanggal Pendaftaran

Seperti yang tertulis di judul, program ini akan dibuka bersamaan dengan program pendaftaran beasiswa untuk S1, S2 dan S3. Keempat program tersebut dapat mulai diakses pada tanggal 2 Mei 2021 di situs beasiswalpdp.kemenkeu.go.id atau di beasiswa.kemendikbud.go.id. Sementara ini untuk informasi lebih lanjut dapat diakses di e-mail [email protected]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *