LPDP Buka Beasiswa Kebudayaan Tahun Ini, Untuk S1, S2 dan S3!

LPDP Buka Empat Program Baru Beasiswa untuk Mahasiswa Tahun Ini, Pendaftaran Mulai 2 Mei 2021!

Beasiswa Kebudayaan LPDP (Gambar: LPDP)

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) tahun ini membuka banyak program yang ditujukan untuk segala tingkatan untuk S1, S2 dan S3. Tak terkecuali program beasiswa LPDP satu ini, yaitu beasiswa kebudayaan. Yap, dari namanya sudah bisa diduga bahwa program ini ditujukan untuk yang berminat pada jurusan-jurusan kebudayaan.

Dalam rilis resminya pada Kamis kemarin (22 April 2021), kemendikbud menyatakan bahwa beasiswa ini memang pertama kalinya diluncurkan oleh LPDP. Beasiswa ini sepertinya cukup menjawab pertanyaan beberapa pihak mengenai jurusan seni dan kebudayaan yang dukungannya dinilai masih minim.

Selain itu beasiswa ini ditujukan untuk semua pihak yang merasa berada pada jalur kebudayaan dan seni pada khususnya. Cocok bagi anda yang meminati jurusan seni kedaerahan, budaya, sastra lokal dan jurusan yang masih terkait dengan hal tersebut.

LPDP Buka Beasiswa Kebudayaan Tahun Ini, Untuk S1. S2 dan S3!

LPDP Buka Beasiswa Kebudayaan Tahun Ini, Untuk S1. S2 dan S3 (Gambar: Pixabay/Mikhsan)

Syarat Beasiswa Kebudayaan LPDP

Beasiswa Kebudayaan LPDP ini sama dengan beasiswa pada umumnya, mencakup keseluruhan kebutuhan calon penerimanya seperti biaya hidup, kuliah dan sebagainya. Namun ada sedikit perbedaan penerimaan beasiswa ini jika dibandingkan beasiswa lainnya.

Contohnya, untuk beasiswa S1 kebudayaan dalam rilis resmi LPDP disebutkan bahwa beasiswa tersebut khusus untuk dalam negeri. Bahkan dalam perluasan program beasiswanya, Beasiswa Kebudayaan ini ditujukan khusus untuk prodi S1 Kepercayaan Kepada Tuhan Yang Maha Esa. Hal ini cukup berbeda dengan beasiswa LPDP yang diperuntukkan kepada calon mahasiswa S1 yang juga baru dirilis tahun ini.

Namun untuk beasiswa S2 dan S3 kebudayaannya bersifat lebih luas mencakup dalam dan luar negeri. Jadi anda tidak perlu khawatir jika ingin melanjutkan studi kebudayaan di luar negeri menggunakan beasiswa ini. Peraturan lanjutannya memang belum dirilis, namun sepertinya tidak jauh berbeda dengan aturan beasiswa LPDP umum untuk S2 dan S3.

Hal ini didasarkan pada kriteria yang dikeluarkan oleh LPDP dalam program perluasan beasiswanya. Bagi yang ingin mengambil beasiswa ini, anda harus memperhatikan apakah anda akan melanjutkan studi di dalam ataupun luar negeri.

Jika anda ingin mengambil beasiswa S2/S3 kebudayaan di dalam negeri, maka kriteria yang dipersyaratkan adalah perguruan tinggi yang memiliki akreditasi B. Sedangkan jika anda berminat untuk mengambil studi kebudayaan di luar negeri, maka perguruan tingginya harus bereputasi. Ukuran reputasi ini merupakan perguruan tinggi yang sering masuk lembaga pemeringkat universitas dunia seperti QS World Academic Rankings, THE atau Shanghai/ARWU.

Tanggal Pendaftaran

Sampai berita ini diturunkan belum disebutkan kriteria lanjutan yang dipersyaratkan untuk masing-masing calon penerima beasiswa. Namun nampaknya nantinya akan aturan yang dipersyaratkan secara individual tidak akan jauh berbeda dengan syarat beasiswa LPDP lainnya.

Program beasiswa kebudayaan ini akan dibuka berbarengan dengan beasiswa LPDP lainnya, yaitu tanggal 2 Mei 2021. Pendaftarannya dapat dilakukan pada situs beasiswalpdp.kemenkeu.go.id atau di beasiswa.kemendikbud.go.id. Sementara untuk informasi lebih lanjut dapat mengirimkan pertanyaan ke e-mail: [email protected]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *