LPDP buka Beasiswa Prestasi untuk S1 dan S2, Apa Itu?

LPDP Buka Empat Program Baru Beasiswa untuk Mahasiswa Tahun Ini, Pendaftaran Mulai 2 Mei 2021!

LPDP buka Beasiswa Prestasi untuk S1 dan S2

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) tahun ini membuka banyak program unggulan terbaru termasuk bagi dosen dan tenaga didik. Namun ada satu jenis beasiswa baru dari LPDP yang dibuka untuk siswa SMA dan mahasiswa S1 yang memiliki prestasi. Program beasiswa ini dinamakan oleh LPDP sebagai Beasiswa S1 Siswa SMA Berprestasi dan Beasiswa S2 Mahasiswa Berprestasi. Pertanyaan selanjutnya adalah, seperti apa program ini?

Melansir dari rilis pers Kemendikbud (Kamis, 22 April 2021), beasiswa ini merupakan salah satu jenis beasiswa terbaru dari LPDP. Selama ini beasiswa LPDP diperuntukkan bagi yang menginginkan studi lanjut S2 atau S3 bagi jenjang mahasiswa sebelumnya.

Namun dengan adanya beasiswa ini memungkinkan siswa SMA untuk memilih beasiswa LPDP selain Beasiswa Bidik Misi. Hal ini tentu bagus sehingga terdapat pilihan bagi siswa SMA dalam memilih beasiswa untuk melanjutkan studinya ke perguruan tinggi.

Sesuai dengan namanya, beasiswa ini mensyaratkan prestasi yang pernah diraih oleh siswa SMA maupun mahasiswa S1 yang hendak lanjut ke S2. Kalau begitu, apa saja rinciannya?

LPDP buka Beasiswa Prestasi untuk S1, Apa Saja Syaratnya?

Karena beasiswa LPDP satu ini bertajuk “prestasi”, maka jelas sebenarnya bahwa jenis beasiswa ini mensyaratkan prestasi sebagai salah satu syarat utamanya. Namun “prestasi” apa yang dimaksud dalam persyaratannya, ternyata ada syarat yang spesifik mengenai hal tersebut.

Bagi penerima beasiswa S1 program prestasi, terbagi menjadi dua jenis yaitu Beasiswa S1 penuh dan beasiswa non-prestasi. Beasiswa S1 penuh ini apabila anda adalah anda siswa SMA yang memiliki prestasi seperti Olimpiade Akademik, Juara Olahraga Internasional dan yang setara.

Nantinya calon penerima beasiswa S1 ini diperbolehkan untuk mendaftar di perguruan tinggi dalam negeri. Namun jika mendaftar ke luar negeri, maka dipersyaratkan perguruan tinggi yang masuk 300 besar terbaik dunia. Perguruan tinggi dunia yang masuk dalam daftar ranking universitas seperti QS World Academic Rankings, Times Higher Education atau Shanghai/ARWU.

Sedangkan untuk jalur non prestasi ditujukan bagi siswa SMA yang tidak memiliki prestasi, namun dapat masuk program sarjana 15 perguruan tinggi terbaik dunia. Perguruan tinggi yang masuk 15 terbaik di dunia ini seperti Harvard, Oxford dan lain sebagainya. Ukurannya sama yaitu perguruan tinggi yang masuk lembaga pemeringkat universitas dunia seperti contoh di atas.

Bagaimana untuk Program S2?

Sedangkan bagi mahasiswa S1 yang ingin mengambil beasiswa untuk program S2, syarat utamanya juga sama yaitu prestasi di tingkat Internasional.

Selain itu calon penerima beasiswa prestasi S2 LPDP ini juga memiliki syarat studi yang nantinya diambil. Jika calon penerima mengambil perguruan tinggi dalam negeri, maka syarat utamanya adalah program studi minimal terakreditasi B.

Namun jika calon mahasiswa mengambil studi S2 ke luar negeri, maka ada aturan lagi yang harus diperhatikan. Pertama, minimal perguruan tinggi luar negeri tersebut masuk 300 besar terbaik dunia. Aturannya sama yaitu 300 perguruan tinggi dunia versi QS World Academic Rankings, Times Higher Education atau Shanghai/ARWU.

Kedua, 50 perguruan tinggi luar negeri terbaik berdasarkan lembaga Global Competitiveness Index dari World Economic Forum. Ketiga, 10 perguruan tinggi terbaik dunia berdasarkan subjek dari lembaga yang sama.

Beasiswa program prestasi dari LPDP ini juka dibuka berbarengan dengan beasiswa lainnya pada 2 Mei 2021. Jadi bagi yang berminat dapat menyiapkan terlebih dahulu persyaratannya saat ini agar tidak terlambat. Semangat!

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!