9 Jurusan dengan Biaya Kuliah Termurah di UNTAR

17 min read

9 Jurusan dengan Biaya Kuliah Termurah di UNTAR

9 Jurusan dengan Biaya Kuliah Termurah di UNTAR

Biaya kuliah selalu naik setiap tahun. Baik itu untuk biaya universitas swasta ataupun negeri. Bahkan, setiap jurusan tentunya mempunyai tarif yang tidak sama. Apalagi bila Anda mengambil jurusan kedokteran, maka Anda harus siap mengeluarkan uang hingga ratusan juta rupiah supaya bisa lulus dalam pendidikan ini. Tidak hanya jurusan kedokteran saja. Namun hampir setiap jurusan mempunyai biaya yang besar.

Maka dari itulah, mengetahui letak universitas terbaik yang menawarkan biaya kuliah murah adalah impian semua orang. Nah, dari sinilah jika Anda sedang mencari universitas terbaik yang biayanya terjangkau, maka UNTAR adalah solusinya! Apalagi sejak didirikannya Universitas Tarumanagara, UNTAR selalu konsisten dalam mengedepankan integritas sebagai priotiratsnya. Supaya mereka bisa menghasilkan individu yang sukses.

Biaya Kuliah di Universitas Terbaik di Indonesia dan Prospeknya

Logo UNTAR Universitas Tarumanagara

Namun meskipun begitu, tentunya Anda masih membutuhkan uang lebih supaya bisa menempuh pendidikan kuliah. Maka dari itulah, supaya Anda tahu berapa banyak biaya yang dibutuhkan untuk menempuh pendidikan kuliah di universitas yang terbaik di Indonesia, kami punya rinciannya. Dimana kali ini kami akan memberikan sedikit informasi tentang biaya kuliah di UNTAR sebagai universitas terbaik yang ada di Indonesia berdasarkan jurusannya.

Jurusan Kedokteran

Menjadi dokter adalah cita-cita semua orang. Jika Anda adalah salah satu orang yang ingin menjadi seorang dokter, maka Anda harus belajar lebih giat. Supaya Anda bisa lulus dan masuk ke dalam jurusan yang terkenal super mahal ini. Namun meskipun begitu, hasil yang didapatkan dari jurusan ini sebanding dengan pengeluaran. Nah, dari sinilah jika Anda merasa tidak mempunyai cukup uang, silahkan mengambil jalur mahasiswa.

Namun tentu saja untuk bisa menempuh jalur ini, Anda harus punya nilai yang bagus. Jika tidak, jangan harap Anda bisa mengejar mimpi menjadi seorang dokter dari lulusan UNTAR. Fakultas Kedokteran UNTAR lahir sejak tanggal 1 Oktober 1965. Program studinya berlangsung sebanyak 4 semester. Itu adalah praktek klinik. Untuk lokasinya berada di Jl Letjen S Parman.

Estimasi jumlah biaya perkuliahan Fakultas Kedokteran UNTAR adalah 700 juta rupiah. Dimana untuk biaya pendidikan SPP sebesar 350 juta rupiah. Kemudian, biaya per SKS sebesar 25 juta rupiah.  Jumlah SKS ada 3. Sedangkan, total biaya untuk semester 1 adalah 34 juta rupiah. Jadi, untuk estimasi biaya pendidikan keseluruhan tersebut sudah termasuk SPP. Namun, biaya ini tergantung dari jumlah blok dan lamanya kuliah.

Selanjutnya, berbicara tentang prospek kerjanya setelah lulus dari Fakultas Kedokteran cukup banyak. Bahkan, Anda bisa berpeluang mendapatkan gaji yang super besar. Tak heran bila saat ini jumlah persaingan untuk bisa menempuh pendidikan kedokteran semakin ketat. Berikut ini adalah beberapa peluang kerja untuk lulusan kedokteran yang bisa Anda jadikan sebagai referensi saat ingin mengambil jurusan ini, antara lain:

  1. Dokter umum. Peluang kerja ini bisa Anda ambil jika Anda mengambil jurusan kedokteran umum. Profesi ini cukup menjanjikan. Karena Anda dapat bekerja di rumah sakit ataupun membuka praktik sendiri di rumah. Sementara itu, untuk gajinya sendiri cukup besar. Minimal Anda bisa mengantongi gaji sebesar 5 juta rupiah per bulan.
  2. Dokter hewan dan dokter gigi. Anda bisa mengambil pekerjaan ini setelah lulus dari kedokteran hewan ataupun jurusan kedokteran gigi. Anda dapat bekerja di klinik satwa atau membuka praktik sendiri di rumah. Gaji seorang dokter hewan cukup besar. Bisa mencapai 5 juta rupiah per bulan dan akan meningkat dari waktu ke waktu.
  3. Dokter spesialis. Khusus untuk menjadi dokter spesialis, Anda harus mengambil jurusan program spesialis dulu. Gaji untuk profesi ini lebih besar dari gaji seorang dokter umum. Nominalnya bisa belasan juta rupiah hingga puluhan juta rupiah per bulan.
  4. Lulusan jurusan kedokteran tidak melulu harus menjadi seorang dokter. Anda juga bisa menjadi seorang dosen. Dengan menjadi seorang dosen, penghasilan Anda bisa mencapai 3 jutaan rupiah per bulan. Itupun akan selalu meningkat. Tergantung dari prestasi dan pengalaman Anda.
  5. Peneliti dan kepala rumah sakit. Anda juga bisa menjadi seorang peneliti dibidang kesehatan setelah lulus dari jurusan kedokteran. Dengan menjadi seorang peneliti, gaji yang didapatkan bisa mencapai belasan juta rupiah setiap bulan. Sama seperti ketika menjadi kepala rumah sakit. Namun, untuk menjadi kepala rumah sakit, Anda harus menjadi manajemen rumah sakit dulu.
  6. PNS dan wiraswasta. Lulusan kedokteran juga dapat menjadi seorang PNS. Dimana gajinya mencapai 5 jutaan rupiah dan akan terus meningkat sesuai dengan jabatannya. Sedangkan jika Anda ingin menjadi seorang wiraswasta juga bisa. Anda bisa memulainya dengan cara membuka klinik sendiri. Setelah itu, pekerjakan para dokter berkualitas. Sehingga, Anda bisa mendapatkan penghasilan yang lebih besar sebagai pemilik klinik.

Jurusan Psikologi

Jika Anda merasa mengambil jurusan kedokteran sudah tidak memungkinkan. Karena biayanya sangat mahal. Maka Anda bisa mengambil jurusan psikologi. Biayanya tentu saja berbeda jauh dengan jurusan kedokteran. Namun, jurusan Psikologi ini cukup menjanjikan karirnya. Mahasiswa lulusan dari jurusan ini umumnya menjadi Human Resources Departmen, Psikolog, dan menjadi konselor. Sehingga, mereka bisa membantu orang untuk memecahkan masalahnya.

Tak hanya itu saja. Seorang lulusan Psikologi juga bisa bekerja di bidang pemasaran, SDM, penelitian, periklanan, humas, LSM, pendidikan, sosial, dll. Anda harus menempuh gelar S. Psi selama 4 tahun. Namun, jika Anda ingin menjadi seorang psikolog, maka Anda harus melanjutkan lagi pendidikannya ke S2 dari program magister. Program studi Psikologi ini umumnya dibuka di kelas reguler dan paralel.

Untuk bisa masuk ke dalam kelar reguler, Anda bisa mengambil jalur SBMPTN, SNMPTN, dan juga SIMAK-UI. Sementara bila Anda ingin menempuh dari kelas paralel, Anda bisa mengambil PPKB dan SIMAK-UI. Bagi Universitas Tarumanagara, Fakultas Psikologi merupakan Fakultas yang kelima. Fakultas ini didirikan sejak tahun 1994. Itupun melewati serangkaian studi banding dulu ke beberapa universitas swasta yang ada di Indonesia.

Hingga pada akhirnya tanggal 7 Juli 1994 lahirlah Fakultas Psikologi secara resmi di UNTAR. Dimana fakultas ini telah ditetapkan dalam Surat Keputusan Menteri Pendidikan & Kebudayaan RI dengan nomor 048/D/O/1994. Untuk biayanya cukup mahal. Karena total keseluruhannya memerlukan biaya 100 jutaan rupiah sampai lulus kuliah. Dimana biaya SPP sebesar 25 juta rupiah.

Biaya penyelenggara pendidikan 6,5 juta rupiah, biaya untuk setiap SKS 300 ribu rupiah dengan total SKS sebanyak 19. Sedangkan biaya semester 1 keseluruhan sebanyak 12,2 juta rupiah. Namun, estimasi biaya perkuliahan jurusan Psikologi ini belum termasuk kebutuhan lainnya, seperti biaya praktik, dll selama perkuliahan berlangsung. Jadi, bisa dibilang bahwa biayanya memang cukup mahal.

Maka dari itulah, Anda harus tahu prospek kerjanya dari lulusan Psikologi sebelum mengambil jurusan ini. Lulusan psikologi sendiri umumnya identik menjadi seorang psikolog. Yaitu, Anda harus mempelajari tentang kejiwaan individu. Dimana hal tersebut adalah respon dari individu dan lingkungan. Dari sinilah banyak orang kemudian mulai bertanya tentang prospek kerja lainnya. Karena memang jurusan ini kurang familiar dibandingkan jurusan lainnya. Maka dari itulah, berikut akan kami sebutkan prospek kerja lulusan Psikologi:

  1. HRD atau Human Resources Development. Lulusan Psikologi cocok sekali bekerja menjadi seorang HRD. Karena dalam pekerjaan ini sangat membutuhkan lulusan psikologi. Itu karena pekerjaan ini berkaitan dengan SDM yang ada di perusahaan. Dimana masing-masing SDM adalah bagian perusahaan. Untuk gaji HRD sendiri bervariasi. Jika Anda menjadi manajer SDM, maka gajinya 10 juta lebih. Sedangkan staff HRD bisa 5 juta rupiah.
  2. Tugas seorang konselor adalah memberi konseling ke setiap kliennya. Maka dari itulah, jika Anda menjadi seorang konselor, maka Anda bertugas untuk memberikan konseling ke setiap karyawan. Selain itu, konselor umumnya dibutuhkan LSM. Konselor juga menangani anak-anak, remaja, dan semua gender. Rentang gajinya bisa 10 sampai 15 jutaan rupiah. Tergantung pengalamannya.
  3. Seperti yang diketahui, bahwa lulusan psikologi bisa menjadi seorang psikolog. Namun untuk bisa mencapainya, Anda harus lulus jenjang S2 psikologi dulu. Itupun Anda harus mengambil jurusan psikolgi klinis. Dengan mengambil jurusan ini, Anda bisa bekerja di sebuah rumah sakit untuk mengatasi masalah kejiwaan pasien dan anak-anak yang memiliki perkembangan mental terlambat. Gaji seorang psikolog bisa mencapai 2,2 miliar rupiah per tahun. Cukup fantastis, bukan?
  4. Guru Bimbingan Konseling. Guru BK bertugas mengatasi siswa yang bermasalah. Sehingga, membutuhkan bimbingan konseling. Disinilah peran Anda dibutuhkan menjadi seorang guru BK. Karena setiap sekolah pasti butuh guru BK. Bila Anda ingin menjadi PNS guru BK, Anda harus lolos seleksi dulu dari CPNS. Untuk gajinya tergantung dari lembaga yang bersangkutan. Itu untuk mereka yang belum menjadi seorang PNS guru BK.
  5. Dosen Psikologi. Profesi yang satu ini sering dilupakan oleh lulusan psikologi. Yaitu, menjadi dosen psikologi. Untuk menjadi seorang dosen Psikologi, Anda harus menempuh pendidikan lanjutan. Yaitu, harus lulusan S2. Apalagi bila Anda mempunyai passion mengajar, maka profesi ini cocok sekali untuk Anda. Untuk gaji dosen psikologi umumnya tergantung dari jumlah kelas dan lamanya mengajar.
  6. Terapis anak yang membutuhkan kebutuhan khusus. Jika Anda menjadi seorang terapis anak, maka Anda harus mengamati perkembangan anak. Disinilah tugas Anda adalah meningkatkan kemandirian anak berdasarkan kebutuhannya. Disinilah tugas Anda adalah memaksimalkan fungsi anak supaya mereka bisa tumbuh dengan baik sebagai manusia. Untuk gaji rata-ratanya bisa 50 ribu rupiah per pasien.
  7. Guru Sekolah Kepribadian. Dengan menjadi seorang guru sekolah kepribadian, Anda bisa menjadi lebih sensitif dengan setiap respon yang terjadi di sekeliling. Karena tugas utama sebagai guru sekolah kepribadian adalah harus bisa lebih pandai dalam menilai reaksi dan respon seseorang. Itu semua dilihat dari tingkah lakunya. Untuk gaji yang didapatkan tergantung dari lembaganya.
  8. RND atau Research And Development. RND adalah pekerjaan yang bekerja dibidang penelitian dan juga pengembangan produk. Research ini maksudnya harus memperhatikan sejumlah aspek. Misalnya saja, seperti memperhatikan perilaku pemakaian konsumen, beserta efeknya, dan kepuasan terhadap sebuah produk. Jika Anda memiliki gelar doktor jurusan Psikologi, maka gaji yang dicapai per tahun bisa 116 ribu USD.
  9. Konselor Karir. Tugas utama konselor karir adalah memberi konseling ke klien yang ingin menentukan pekerjaan yang tepat untuk mereka. Tidak hanya itu saja. Seorang konselor karir juga harus membantu klien yang sedang memilih tempat kuliah dan pendidikan yang sesuai untuk dirinya sendiri. Dalam hal ini, penetapan gajinya tergantung dengan pengalaman kerja, taraf kesulitan, dan pendidikan yang ditempuh.
  10. Menjadi trainer dalam sebuah lembaga training bisa dijadikan sebagai pilihan bila Anda hobby memberikan pelatihan pada seseorang. Umumnya kegiatan training yang diberikan meliputi motivasi dan pengembangan diri yang diberikan untuk organisasi dan kelompok. Profesi ini sangat berhubungan dengan jurusan psikologi.

Menjadi trainer itu berbeda sekali dengan mereka yang bekerja dibidang instansi. Gajinya tergantung dari jam kerjanya. Seorang trainer bisa mendapat gaji sebesar 1 juta lebih setiap jamnya ketika membuka kelas. Tentu saja gajinya cukup menggiurkan bagi sebagian besar orang.

Jurusan Hukum

Bila Anda tertarik terhadap hukum yang diatur di Indonesia dan ingin mengubahnya menjadi lebih baik, silahkan mengambil jurusan hukum. Karena keunikanya itulah jurusan ini sempat populer di tahun 2018 silam. Karena setelah lulus dari jurusan hukum, mahasiswa bisa menjadi seorang notaris, pengacara, dan hajim. Bahkan, bila Anda beruntung, Anda bisa menjadi pengacara terkenal seperti Hotman Paris.

Fakultas Hukum di Universitas Tarumanagara adalah yang paling tua nomor 2 setelah UI di Indonesia. Fakultas ini sudah berdiri dari tanggal 1 Oktober 1962 di UNTAR. Hingga saat ini, FH UNTAR telah berhasil meluluskan 3200 mahasiswa lebih yang profesional dan handal dibidangnya.

Untuk biayanya sediri cukup mahal. Anda membutuhkan uang hingga 130 jutaan rupiah untuk lulus dari jurusan hukum. Dimana rinciannya adalah biaya SPP sebesar 25 juta rupiah. Biaya penyelenggara pendidikan sebesar 6,5 juta rupiah. Biaya per SKS sebesar 300 ribu rupiah, dari total SKS sebanyak 19. Kemudian, biaya semester 1 keseluruhan sebesar 12,2 juta rupiah.

Itu tadi hanyalah rincian untuk biaya uang perkualiahan saja. Itu masih belum termasuk biaya praktik, dll selama 4 tahun. Namun meskipun begitu, lulusan jurusan Hukum memberikan kesempatan kepada Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang pendapatannya tinggi. Ada banyak prospek kerja dan peluang yang bagus untuk sarjana hukum. Itu artinya, Anda bisa lebih mudah mendapat pekerjaan setelah lulur dari jurusan hukum.

Meskipun bagi beberapa orang seringkali menghindari juruan ini. Karena cabang ilmu ini dinilai rumit. Namun, justru ternyata jurusan ini cukup primadona di semua kampus. Jumlah peminatnya tidak pernah surut. Karena prospek kerjanya sangat besar. Di UNTAR sendiri telah berhasil menciptakan berbagai bidang profesi dari lulusan sarjana hukum.

Yaitu, menjadi asisten notaris, asisten konsultan hukum, asisten pengacara, asisten penasihat hukum perusahaan, dan pegawai pemerintahan. Tidak hanya itu saja, FH UNTAR juta selalu mengembangkan kerja sama dengan pihak lembaga pendidikan, profesi dalam dan luar negeri, juga bekerja sama dengan pemerintah demi mendukung keberhasilan program S1 dari FH UNTAR. Berikut ini adalah peluang kerja jika Anda berhasil lulus jurusan hukum dari UNTAR, antara lain:

  1. Anda tentunya tidak asing dengan pengacara terkenal, seperti Hotman Paris. Gaji mereka sangat tinggi. Karena jam terbangnya juga tinggi. Beliau memiliki analisis, ilmu komunikasi, dan pengalaman banyak. Sehingga, tak heran jika gajinya juga besar. Untuk pemula sendiri, gaji pengacara bisa berkisar 6 hingga 20 juta rupiah per bulan.
  2. Notaris merupakan rpofesi yang memiliki prospek cerah. Karena profesi ini memiliki penghasilan yang cukup besar. Kemampuan seorang notaris sangat dibutuhkan. Karena mereka bertugas untuk membuat akta pendirian, warisan, dan sejenisnya. Berkat kealiannya itulah tak heran jika penghasilan minimal mereka setiap bulan adalah sebesar 4 juta rupiah per bulan.
  3. Bisa menjadi seorang haim tentunya tidak mudah bagi setiap orang. Karena dibutuhkan kredibilitas tinggi untuk menempuhnya. Tangan seorang hakim saat mempengaruhi keputusan pengadilan. Sehingga, hal ini membuat seorang hakim menjadi tonggak penting sebuah hukum. Maka dari itulah tak heran bila gaji seorang hakim di pemerintah sangat tinggi. Bahkan, untuk seorang hakim MA gajinya bisa mencapai 121 juta rupiah setiap bulan.
  4. Untuk bisa menjadi seorang jaksa tentunya tidak mudah. Karena Anda harus bisa lulus seleksi dulu dari apa yang diselenggarakan oleh pemerintah. Jaksa sangat berperan penting terhadap informasi dari dakwaan tuduhan kepada seorang pelaku kejahatan. Gaji jaksa sangat tinggi. Karena mereka adalah pegawai pemerintah yang sangat penting.
  5. Lulusan jurusan hukum memiliki prospek kerja menjadi seorang dosen yang cukup lebar. Ini cocok sekali untuk Anda yang ingin berkarir dibidang pendidikan. Anda bisa menjadi seorang dosen dan kemudian mengajar mahasiswa dari fakultas hukum. Gaji dosen setara dengan pegawai BUMN pemerintah. Namun, tunjangan yang diberikan cukup besar. Sehingga masa depannya cukup cerah.
  6. Konsultan hukum. Saat Anda menjadi seorang konsultan hukum, maka Anda harus memberikan pandangan atau arahan yang berkaitan dengan kelengkapan dokumen ketika menghadapi persidangan. Seorang konsultan hukum umumnya bekerja di sebuah lembaga. Prospek karirnya cukup menarik. Karena gaji yang ditawarkan sangat besar hingga puluhan jura rupiah.
  7. Anda bisa memiliki kesempatan untuk menjadi seorang diplomat atau duta besar di luar negeri setelah lulus dari jurusan hukum. Namun, untuk menjadi seorang diplomat, Anda harus memiliki ilmu komunikasi yang bagus dulu supaya dapat mendukung dasar ilmu hukum yang Anda miliki.
  8. Staf Kementerian. Anda bisa mengecek lowongan pekerjaan ini di situs CPNS pemerintah. Banyak sekali staf kementerian yang butuh pekerja dari lulusa jurusan hukum. Gaji pokok seorang staf kementerian cukup besar. Yaitu mencapai 5 jutaan rupiah untuk golongan 4. Tentu saja ini belum termasuk tunjangan lainnya yang akan membuat hidup Anda lebih mapan.
  9. Untuk bisa menjadi seorang polisi, Anda harus mempunyai kemampuan khusus dibidang hukum. Maka dari itulah, jika Anda menjadi seorang lulusan hukum yang ingin menjadi seorang polisi, Anda harus bisa lolos seleksi dulu. Gaji yang ditawarkan saat menjadi seorang polisi cukup besar. Hal ini tergantung dari golongannya. Karena pekerjaan ini termasuk ke dalam penerima  upah negara.
  10. Tidak hanya lulusan dari fakultas ekonomi dan manajemen saja yang bisa menjadi seorang pengusaha. Karena ternyata lulusan hukum juga demikian. Sebagai lulusan hukum, Anda bisa mendapatkan masa depan yang sangat cerah menjadi seorang pengusaha muda. Karena Anda bisa mendapatkan pengetahuan tentang syarat membangun dan juga mengelola usaha supaya tidak sampai melanggar peraturan hukum.

Jurusan Arsitektur

Arsitektur adalah salah satu ilmu seni dalam mendesain bangunan dan struktur, sekaligus merancangnya dengan baik. Jadi, seorang arsitektur bertugas untuk menciptakan ruangan yang dibutuhkan oleh manusia. Desain, dan juga rancangannya punya kharakteristik khusus, berupa kekokohan/ kekuatan, kegunaan, dan keindahan. Program studi arsitektur di Universitas Tarumanagara punya visi menjadi program paling unggul.

Supaya bisa dikenal luas dari dalam negeri ataupun luar negeri. Selain itu, visi program studi ini di UNTAR adalah supaya bisa lebih aktif dalam berkiprah dibidang akademis arsitekturan juga kemanusiaan. Dengan begitu, lulusan jurusan ini bisa lebih beretika, unggul, dan punya daya saing yang tinggi. Baik secara keprofesian arsitektur, dan akademis. Sementara itu, untuk total biaya perkuliahan program studi ini di UNTAR adalah sebesar 131 jutaan rupiah. Berikut ini adalah peluang kerja untuk lulusan urusan arsitektur, antara lain:

  1. Untuk prospek pekerjaan lulusan sarjana arsitektur cukup cerah. Karena Anda bisa bekerja di dalam instansi pemerintah. Yaitu, menjadi seorang perencana dan juga manajer proyek. Misalnya saja bekerja di Dinas Pekerjaan Umum, BPD, dll. Selain itu, Anda juga bisa menjadi seorang architect in house di sejumlah perusahaan. Khususnya di perusahaan besar yang punya beberapa arsitek khusus yang memang ditugaskan untuk membangun rumah dinas, kantor, dan juga prasarana lainnya.
  2. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa menjadi seorang konsultan arsitektur. Dimana nantinya Anda bisa bekerja, sekaligus memberi jasa profesional menjadi seorang konsultan dan desainer.
  3. Penelitian dan pendidikan. Sebagai seorang lulusan arsitektur, Anda bisa berkesempatan untuk mengambil pekerjaan dibidang pendidikan. Yaitu, dengan cara menjadi seorang pengajar ataupun peneliti dibidang urban development.
  4. Manajemen proyek dan kontraktor. Disinilah nantinya seorang lulusan arsitektur bisa menjadi quantity surveyor atau QS. Dimana QS sendiri umumnya mengenal dengan baik terhadap bahan-bahan bangunan. Sehingga, seorang QS bisamemberi masukan tentang bahan yang terbaru ketika membuat rancangan arsitek. Tidak hanya itu saja, QS nanti juga akan bertugas untuk menghitung biaya yang dibutuhkan saat membangun.

Tidak hanya beberapa profesi itu saja. Masih ada banyak peluang kerja yang akan Anda dapatkan jika Anda berhasil lulus dari jurusan arsitek. Yaitu, bisa menjadi seorang marketing associate dan juga project manajer multimedia, tim kreatif production house, dan TV. Karena pada umumnya, dasar keahliannya adalah mendesain. Sehingga, seorang lulusan arsitektur bisa terjun ke bidang kreatif, seperti multimedia.

Jurusan Teknik Sipil

Biaya yang dibutuhkan untuk menempuh pendidikan jurusan teknik sipil di UNTAR adalah 25 juta rupiah untuk biaya SPP. Biaya BPP sebesar 11,5 juta rupiah. Biaya per SKS sebesar 325 ribu rupiah, dengan jumlah SKS sebanyak 21. Sedangkan total biaya kuliah SMT 1** sebesar 18 jutaan rupiah. Sehingga, total biaya perkuliahan dibidang ini secara keseluruhan adalah sebesar 138 juta rupiah.

Melihat jumlah biaya tersebut, tentunya ini sebanding dengan prospek kerja yang ditawarkan. Misalnya saja saat Anda berada di kota besar, seperti di Jakarta. Pernahkah Anda berpikir tentang siapakah orang yang telah bekerja dibalik berdirinya jembatan, gedung pencakar langit, dan jalan yang menghubungkan kawasan terpencil di negara kita? Semua bangunan itu adalah maha karya dari para Insinyur Sipil.

Karena memang pada dasarnya teknik sipil adalah cabang teknik yang mempelajari seputar bagaimana cara merancang, membangun, sekaligus merenovasi apa saja. Baik itu gedung ataupun infrastruktur yang lain. Selain itu, teknik sipil juga mempelajari tentang lingkungan kemaslahatan hidup manusia. Karena itulah, prospek kerja lulusan teknik sipil sangat banyak. Disamping itu, gajinya juga cukup besar. Berikut ini adalah prospek kerja untuk lulusan jurusan teknik sipil, antara lain:

  1. Manajer Konstruksi. Saat berhasil menjadi manajer konstruksi, Anda akan menjadi seorang pemimpin yang bertugas untuk memberikan pengarahan dalam bidang konstruksi bangunan. Anda akan menjadi seorang pengawas yang sedang berjalan didalam proyek itu. Gaji yang ditawarkan untuk seorang maanjer konstruksi adalah 7 juta rupiah per bulan.
  2. Pekerjaan ini sangat menjanjikan sekali untuk para lulusan teknik sipil. Surveyor bertugas untuk memastikan bahwa proyek pembangunan sudah mengikuti peraturan yang sedang berlaku di perusahan tersebut. Dengan menjadi seorang surveyor, Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan gaji sebesar 7 juta rupiah per bulan.
  3. Seorang drafter bertugas untuk membuat sebuah gambar kerja berdasarkan dari sketsakasar yang sudah dibuat oleh seorang arsitek saat membuat sebuah bangunan. Umumnya, seorang drafter akan mendapatkan gaji sebesar 5 juta rupiah per bulan.
  4. Project Manager dan Perencana Struktur. Ini adalah salah satu pekerjaan untuk lulusan teknik sipil yang paling favorit. Sama seperti namanya. Anda akan menjadi seorang manajer di sebuah proyek. Gaji yang ditawarkan cukup besar. Yaitu mencapai 20 juta rupiah per bulan. Sedangkan perencana struktur tugasnya adalah menyusun perencanaan dari struktur bangunan dengan gaji senilai 7 jutaan rupiah.
  5. Direktur Kontraktor dan direktur konsultan perencana. Pendapatan seorang direktur kontraktor sangat tinggi. Bahkan, gajinya bisa mencapai 40 jutaan rupiah per bulan. Namun, jika ingin menjadi seorang direktur kontraktor, Anda harus memulainya dari nol dulu. Sedangkan untukdirektur konsultan perencana biasanya mempunyai gaji senilai 30 juta rupiah per bulan.
  6. Quality Control dan Pelasana Proyek. Seorang lulusan dari teknik sipil berkesempatan untuk menjadi seorang quality control dan pelaksana proyek. Dimana profesi ini memberikan gaji yang cukup besar. Yaitu, 7 hingga 10 juta rupiah. Sebagai seorang pelaksana proyek, Anda bertanggung jawab sampai proyek selesai.
  7. Site Manager. Menjadi seorang site manajer membuat Anda harus bertanggung jawab terhadap perencanaan teknis dan juga operasional dalam pengendalian proyek. Gaji seorang site manajer bisa mencapai 15 juta rupiah per bulan.

Jurusan Akuntansi Bisnis

Untuk menempuh jurusan akuntansi bisnis di UNTAR, setidaknya Anda membutuhkan biaya SPP sebesar 28 juta rupiah. Kemudian, Anda juga membutuhkan biaya BPP sebesar 9,5 juta rupiah. Sedangkan, biaya setiap SKS-nya adalah sebesar 325 ribu rupiah. Itu untuk jumlah SKS sebanyak 22. Sementara itu, untuk jumlah biaya perkuliahan jurusan akuntansi di UNTAR dalam SMT 1** adalah 16 jutaan rupiah. Jadi, bila dihitung secara keseluruhan, dibutuhkan uang kuliah sebesar 113 jutaan rupiah. Berikut ini adalah prospek kerjanya:

  1. Akuntan Publik. Anda harus mendapat izin dari Menteri Keuangan dulu, jika ingin menjadi seorang akuntan publik. Semakin banyak pengalamannya, maka hal ini akan mempengaruhi gajinya yang semakin besar pula. Yaitu senilai 5 sampai dengan 10 juta rupiah per bulan.
  2. Akuntan Privat. Profesi ini disebut juga dengan akuntan intern. Tugasnya adalah untuk menyusun semua kebutuhan akuntansi di sebuah organisasi dan perusahaan tertentu. Profesi ini berkesempatan untuk mendapatkan gaji dari 5 juta sampai dengan 10 juta rupiah untuk pemula.
  3. Financial Analyst. Profesi ini bertugas untuk menyusun segala informasi tentang keuangan. Setelah itu, informasi inilah yang nantinya akan dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan terhadap sebuah bisnis. Umumnya, seorang finanscial analyst akan mendapatkan gaji sampai dengan 10 juta rupiah untuk pemula. Itupun bisa lebih. Tergantung dari pengalamannya.
  4. Auditor Internal. Profesi ini bertugas untuk mengecek laporan keuangan internal pada perusahaan. Selanjutnya, seorang auditor internal harus memberikan masukan kepada pihak manajemen. Untuk gaji yang didapatkan oleh seorang auditor internal bisa mencapai 10 juta rupiah dan akan terus meningkat.
  5. Konsultan Pajak. Prospek kerja seorang konsultan pajak cukup cerah. Tugas mereka adalah memberi konsultasi perpajakan terhadap mereka yang memiliki kewajiban untuk membayar pajak. Untuk besaran gaji seorang konsultan pajak berbeda-beda. Semakin rumit kasusnya, maka gaji yang diapatkan juga akan menjadi semakin lebih tinggi.
  6. Perencana Keuangan. Sesuai dengan namanya. Orang yang bekerja menjadi perencana keuangan bertugas untuk menyusun sebuah rencana keuangan. Untuk gaji yang didapatkan bervariasi. Tergantung dari pihak klien yang dibantu. Tak heran bila kemudian gaji yang didapatkan bisa mencapai belasan juta rupiah per bulan.
  7. Reveible clerk atau accounts payable dan credit analyst. Seorang reveible clerk bertugas untuk mengurus segala hal yang berkaitan dengan akuntansi hutang piutang. Gaji yang diraihnya bisa mencapai 5 jutaan rupiah per bulan. Sedangkan, seorang credit analyst umumnya bekerja di sebuah industri perbankan. Mereka bertugas untuk menganalisis calon nasabah yang ingin mengajukan pinjaman.
  8. Ahli Keuangan Pemerintah dan Akuntan Pendidik. Orang yang bekerja dibidang ahli keuangan pemerintah akan mendapat gaji yang cukup besar. Sedangkan seorang akuntan pendidik bisa mendapatkan gaji senilai 5 juta rupiah per bulan. Akuntan pendidik itu sendiri bisa berkaitan dengan menjadi seorang dosen atau guru akuntansi.

Jurusan Desain Interior

Jika Anda ingin mengambil jurusan desain interior di UNTAR, siapkan uang untuk biaya SPP sebesar 28 juta rupiah. Sedangkan, biaya untuk BPP sebesar 9,5 juta rupiah. Kemudian, biaya untuk setiap SKS-nya adalah sebsar 325 ribu rupiah. Jumlah SKS untuk jurusan ini sebanyak 20. Dimana setiap biaya perkuliahan ini di setiap SMT 1** sebesar 16 jutaan rupiah. Sehingga, bila dijumlahkan secara keseluruhan, total biaya perkuliahannya mencapai 122 jutaan rupiah.

Dalam hal ini,prospek kerja untuk lulusan jurusan desain interior cukup banyak. Apalagi pendidikan desain interior sendiri meruapakan salah satu bidang pendidikan yang memiliki perkembangan yang sangat cepat. Lulusan desain interior harus memiliki kreatifitas tinggi supaya tidak ketinggalan zaman. Berikut ini adalah beberapa peluang kerja untuk lulusan jurusan desain interior, antara lain:

  1. Industri Properti. Dengan semakin pesatnya perkembangan dunia properti di seluruh wilayah, maka dalam hal ini seorang desainer interior sangat berperan penting dalam mendukung itu semua. Tidak hanya sekedar untuk lokasi yang padat penduduk saja. Namun, hal ini juga berlaku sama untuk semua tempat di Indonesia. Peran desainer interior sangat penting sekali untuk meningkatkan nilai jual sebuah properti yang dijual.
  2. Umumnya untuk dapat menjual jasa keahlian dari seorang desainer interior, maka mereka bisa bekerja sama dengan biro desain interior. Tidak hanya itu saja, seorang desainer interior juga bisa menciptakan biro konsultan desainnya sendiri. Hanya saja, untuk memulainya, sebaiknya Anda harus bekerja sama dengan biro konsultan lainnya dulu. Supaya Anda lebih berpengalaman.
  3. Kontraktor desain interior sebenarnya hampir sama seperti ketika menjadi seorang konsultan. Karena keduanya sama-sama bisa bekerja pada biro atau perusahaan lainnya. Namun meskipun begitu, seorang kontraktor desain interior juga dapat mendirikan biro/ perusahaannya sendiri.
  4. BUMN dan instansi pemerintahan. Pernahkah Anda berpikir bahwa Anda bisa menjadi PNS setelah lulus dari desain interior? Karena faktanya ternyata pihak lembaga pemerintahan juga membutuhkan jurusan dari desain interior. Umumnya mereka dibutuhkan oleh Kementerian Perdagangan, kementerian perindustrian, kementerian pekerjaan umum, dan juga kementerian seretariat negara.
  5. Desain interior dan tenaga pengajar. Semakin banyak perguruan tinggi yang ada, hal ini membuat peluang kerja untuk menjadi seorang dosen setelah lulus dari jurusan ini. Disamping itu, umumnya jurusan desain interior masih barupopuler dibandingkan jurusan yang lainnya. Maka dari itulah, jumlah persaingannya tidak begitu ketat.
  6. Wartawan dan penulis. Ternyata seorang lulusan desain interior juga memiliki kesempatan untuk menjadi seorang wartawan dan penulis di majalan bertemakan arsitektur. Maka dari itulah, dalam hal ini Anda juga mempunyai kesempatan besar untuk menjadi penulis lepas di sebuah media massa ataupun media online, seperti dengan cara membuat blog. Kemudian menjual jasanya secara online.

Jurusan Desain Komunikasi Visual

Desain Komunikasi Visual merupakan salah satu cabang ilmu desain yang berkaitan dengan konsep komunikasi dan juga ungkapan kreatif didalamnya. Dalam praktiknya, teknik dan media yang digunakan umumnya menggunakan bantuan dari elemen visual untuk menyampaikan tujuan dan pesan tertentu. Entah itu dengan cara menyampaikan sebuah informasi dan tujuan untuk mengajak atau persuasi dalam mempengaruhi perilaku.

Jadi, jurusan ini nanti akan menggabungkan antara teknik komuniasi dan seni rupa. Biaya SPP untuk jurusan desain komunikasi visual di UNTAR sebesar 30 juta rupiah. Sedangkan, biaya BPP sebesar 9 juta rupiah. Kemudian, biaya untuk setiap SKS adalah sebesar 325 ribu rupiah dari jumlah SKS sebanyak 20 SKS. Dalam hal ini, total biaya perkuliahan jurusan ini dalam setiap SMT 1** sebesar 15 jutaan rupiah. Sedangkan biaya total keseluruhan untuk pendidikan ini adalah 118 jutaan rupiah. Berikut ini adalah prospek kerjanya, antara lain:

  1. Media Massa. Media massa adalah salah satu usaha yang butuh banyak sekali tenaga profesional dibidang DKV. Karena nantinya akan ada banyak produk visual yang dihadirkan di media massa. Media massa umumnnya membutuhkan lulusan dari DKV dari media cetak. Yaitu, majalan, koran, dan tv.
  2. Perusahaan Pengembang Web. Sebuah perusahaan pembuatan web umumnya akan membutuhkan lulusan DKV untuk menciptakan desain webnya dengan baik. Dalam praktiknya, sarjana DKV nanti bisa menjadi seorang manager, director, dan web interface designer.
  3. Perusahaan Pengembang Game & Animasi. Setiap game tentunya tidak dapat terpisahkan dengan dunia desain. Maka dari itulah, dunia pengembangan game pasti butuh lulusan DKV. Namun, bila Anda dapat mengembangkan game itu sendiri, Anda berkesempatan untuk menjualnya sendiri dan meraih banyak untung atas penjualan tersebut. Itu jika laku banyak di pasaran.
  4. Biro Iklan/ Advertising, percetaan, dan penerbitan. Dalam hal ini, biro perkilanan bergerak dibidang pembuatan iklan untuk mempromosikan sebauh produk. Lulusan DKV dibidang ini sama seperti bekerja dibidang media massa. Sedangkan jika dalam dunia penerbitan dan percetakan, lulusan DKV berkesempatan menjadi seorang desainer grafis untuk membuat isi buku dan ilustrasi covernya.
  5. Wirausahawan Mandiri. Lulusan DKV berkesempatan besar untuk menjadi seorang wirausahawan mandiri. Dimana Anda bisa mengaplikasikan segala pelajaran dan ilmu yang didapatkan selama dibangku perkuliahan secara mandiri. Anda bisa memulai usaha ini dengan bermodalkan internet dan komputer. Yaitu, menjual desain buatan sendiri lewat internet.

Jurusan Manajemen Bisnis

Seseorang yang ingin mengambil jurusan manajemen bisnis di UNTAR harus menyiapkan biaya SPP sebesar 25 juta rupiah dan biaya BPP sebesar 9 juta rupiah. Sedangkan, biaya untuk setiap SKS dari total SKS keseluruhan sebanyak 20 buah adalah 325 ribu rupiah/ SKS. Dalam hal ini, total biaya SMT 1** sebesar 14 jutaan rupiah. Sedangkan jumlah biaya perkuliahan keseluruhan mencapai 103 jutaan rupiah.

Peluang kerja untuk jurusan ini cukup cerah dan sangat luas. Itu karena lulusan ini sangat fleksible. Sehingga, bisa ditempatkan ke banyak bidang pekerjaan. Apalagi memang dari setiap organisasi dan perusahaan, tentunya mereka akan membutuhkan manajer. Maka dari itulah, manajer dari jurusan ekonomi manajemen pasti menjadi solusinya untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Dari sinilah seorang lulusan manajemen juga bisa menjadi seorang manajer organisasi atau proyek. Mereka bertanggung jawab atas keamanan investasi, memastikan terhadap kelayakan standaar kesejahteraan karyawan, mengelola anggaran dengan baik, dan harus bisa mengalokasikan sumber daya yang terbatas. Supaya perusahaan/ organisasi tersebut bisa meraih untung yang banyak.

Nah, dari sinilah dapat disimpulkan bahwa peluang kerja untuk lulusan jurusan ekonomi manajemen itu luas. Karena hampir setiap badan, organisasi, perusahaan, lembaga, dan juga institusi pemerintahan membutuhkan mereka. Untuk garis besarnya, setiap ulusan dari jurusan ekonomi manajemen bisa bekerja ke semua organisasi, lembaga pemerintahan, dan perusahaan menjadi seorang manajer ditingkat pertama dibidang pemasaran, keuangan, SDM, dan operasi.

Banyak sekali sektor yang cukup potensial untuk lulusan dari jurusan ini. Misalnya saja, seperti sektor manufaktur, perbankan, pertambangan, agrobisnis, asuransi, dan perdagangan. Selain itu, lulusan dari jurusan ekonomi manajemen juga bisa bekerja menjadi seorang konsultan dan analisis di sebuah lembaga konsultan manajemen ataupun lembaga penelitian yang bergerak dibidang pemerintahan dan non pemerintahan.

Tidak hanya itu saja, mereka juga mendapatkan kesempatan untuk mendirikan sendiri lembaga konsultan secara mandiri. Tentunya hal ini dilakukan berdasarkan kemampuannya dalam mengatur manajemen dibangku kuliah. Maka dari itulah, lulusan manajemen juga bisa menjadi seorang wirausahawan mandiri.

Nah, itu tadi adalah total biaya perkuliahan murah di universitas terbaik, yaitu di PMB UNTAR. Namun, biaya yang kami sebutkan tersebut bisa berubah sewaktu-waktu. Selain itu, untuk jumlah biaya perkuliahan di Fakultas Kedokteran umumnya diperhitungkan hanya sampai sarjana kedokteran saja. Sedangkan biaya pendidikan profesi dokter masih belum dihitung. Dalam hal ini, SPP dapat dibayar sekali sesudah lulus dari tahapan seleksi PMB. Hal ini disesuaikan dengan program studi pilihannya.

Selain itu, jumlah total biaya perkuliahan yang kami sebutkan semester 1 tersebut juga bisa berubah-ubah. Karena nantinya semuanya tergantung dari kebijakan jumlah SKS semester 1 untuk setiap program studi yang ditempuh. Disamping itu, perkiraan jumlah biaya perkuliahan diatas belum termasuk biaya SPP, dan lama studi setiap semester yang diambil dalam program studi pilihan mahasiswa. Jadi, perhitungannya bisa lebih dari itu. Namun, bisa juga kurang dari itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *