20 Perguruan Tinggi Swasta Teratas 2020

4.500 views

20 perguruan tinggi swasta teratas

Ada 20 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut Unirank. Lembaga direktori pendidikan Internasional ini merilis hasil peringkat perguruan swasta terbaik di 200 negara. Sebanyak 13.600 perguruan tinggi swasta menjadi obyek yang dinilai. Perguruan tinggi yang masuk data base Unirank telah melalui seleksi dan akreditasi lembaga berwenang di Negara bersangkutan. perguruan tinggi swasta teratas memberikan daya tari tersendiri bagi siswa sekolah yang melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Pemberian peringkat ini bertujuan untuk menyeleksi perguruan tinggi swasta berdasarkan tingginya traffic pada website resmi, kepercayaan masyarakat dan kualitas tautan. Bukan untuk menggolongkan perguruan tinggi swasta berdasarkan kualitasnya. Baik segi pendidikan maupun kualitas layanan yang diberikan kepada mahasiswa. Karena bukan peringkat akademik jadi tidak dapat dijadikan patokan memilih perguruan tinggi.

20 Perguruan Tinggi Swasta Teratas 2020 menurut Unirank

Di Indonesia sendiri terdapat 571 perguruan tinggi negeri dan swasta yang menjadi obyek pemeringkatan. Ada 20 perguruan tinggi swasta di Indonesia yang perlu kita ketahui. Universitas Muhammadiyah Surakarta di Surakarta, kemudian Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Bina Nusantara Jakarta, Universitas Telkom Bandung dan Universitas Muhammadiyah Malang adalah 5 Universitas peringkat teratas.

Diikuti universitas bergengsi lainnya yaitu Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, Universitas Pasundan Bandung, Universitas Mercu Buana Jakarta ada juga di Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Universitas Dian Nuswantoro Semarang, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Universitas Narotama Surabaya, Universitas Komputer Indonesia Bandung, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Universitas Islam Sultan Agung Semarang, Universitas Esa Unggul Jakarta dan peringkat ke 20 adalah Universitas Kristen Petra di Surabaya. Dari 20 perguruan tinggi swasta terbaik Indonesia menurut Unirank, semuanya dinilai berdasar beberapa kriteria. Penilaian ini berdasarkan dari hasil analisa webmetric sebagai organisasi penentu peringkat perguruan tinggi yang bekerjasama dengan Unirank.

1. Universitas Muhammadiyah Surakarta
2. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
3. Universitas Bina Nusantara
4. Universitas Telkom Bandung
5. Universitas Muhammadiyah Malang Malang
6. Universitas Islam Indonesia
7. Universitas Pasundan
8. Universitas Mercu Buana
9. Universitas Gunadarma
10. Universitas Ahmad Dahlan
11. Universitas Dian Nuswantoro
12. Universitas Sanata Dharma
13. Universitas Narotama Halaman Selanjutnya
14. Universitas Komputer Indonesia Bandung
15. Universitas Muhammadiyah Purwokerto
16. Universitas Atma Jaya Yogyakarta
17. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
18. Universitas Islam Sultan Agung 19. Universitas Esa Unggul
20. Universitas Kristen Petra

Kriteria yang paling penting dalam penilaian website Universitas adalah visibility. Website yang paling baik adalah paling mudah dilihat oleh pengunjung atau pengguna internet. Universitas Muhammadiyah Surakarta memiliki visibility tinggi sehingga menarik banyak pengunjung. Itulah sebabnya universitas swasta tersebut berada di peringkat pertama. Hal ini tak lepas dari peran pengelola website.

Domain Moz, Peringkat Global Alexa, Global Similar Web, Majestics Reffering Domains serta Majestic Trust Flow juga merupakan alat untuk menganalisa peringkat website. Lalu lintas pada website Universitas menunjukkan seberapa besar animo masyarakat dan mahasiswa dalam menggunakan fasilitas yang disediakan. Website universitas yang baik menampilkan profil dan fasilitas lainnya secara lengkap.

Memilih Universitas

Bagi masyarakat awam, informasi yang paling dicari pada website Universitas adalah profil lengkap, prestasi Universitas, Program studi yang tersedia dan layanan bagi pengunjung. Sehingga lebih memudahkan pengunjung untuk membandingkan beberapa Universitas sebelum memilih. Kunjungan website oleh mahasiswa Universitas yang bersangkutan juga menunjukkan kualitas dari website yang dikelola oleh pihak kampus.

Memilih Universitas tidak selalu berdasarkan peringkat. Selama ini yang terbangun dalam mindset kebanyakan orang adalah semakin terkenal suatu Universitas semakin bagus kualitasnya. Sehingga banyak mahasiswa yang rela menempuh pendidikan jauh dari kampung halaman. Padahal di setiap kota ada Universitas unggulan yang memberikan pendidikan sama berkualitasnya dengan Universitas di luar kota.

Banyak versi untuk mengukur kualitas dan peringkat suatu perguruan tinggi. Masing-masing kriteria bisa digunakan sebagai tolok ukur peringkat. Misalnya prestasi akademik, lokasi di pusat kota yang mudah dijangkau, kemudahan akses layanan mahasiswa dan sebagainya. Namun begitu 20 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut Unirank ini bisa jadi pertimbangan pilihan.

 

One thought on “20 Perguruan Tinggi Swasta Teratas 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *