Jasa Cek Turnitin dan Parafrase Terpercaya 0821-3608-1847

16 views

jasa cek turnitin

Jasa cek turnitin dan parafrase kini mulai marak dibuka di berbagai tempat. Khususnya bagi kalangan pelajar, mahasiswa dan para pelaku akademik lainnya. Hal tersebut berhubungan dengan banyaknya tugas, karya, atau penelitian yang membutuhkan data untuk menghasilkan sebuah karya tulis yang orisinal.

Dengan adanya jasa cek turnitin dan parafrase, maka keaslian sebuah karya tulis dapat ditingkatkan kualitasnya dan terjaga dari plagiasi. Nilai autentisitas menjadi faktor yang paling utama dan prioritas dalam membuat sebuah karya, khususnya karya tulis di bidang akademik.

Namun sebelum membahas lebih detail patutnya kita pahamai terlebih dahulu mengenai apa yang dimaksud turnitin dan parafrase itu. Tidak perlu khawatir jika Anda masih awan dengan turnitin, kami akan memberi penjelasannya berikut ini.

Definisi, Fungsi dan Kegunaan Turnitin

jasa turnitin terpercaya

Menyusun karya tulis atau karya ilmiah bukanlah sebuah perkara mudah. Dibutuhkan konsistensi dan konsentrasi yang ekstra. Selain itu, tetap harus menjunjung tinggi nilai-nilai etika dalam penyusunan suatu karya. Salah satu halnya adalah kualitas keaslian tulisan. Nilai keaslian menjadi penting dan menjelaskan bahwa karya yang disusun merupakan buah jerih payah berpikir dan menganalisa suatu isu guna mendapatkan solusi yang konkret dan efektif.

Definisi turnitin

Jasa turnitin merupakan program yang bertugas sebagai alat pendeteksi dan penguji orisinalitas suatu karya tulis, baik skripsi, tesis atau pun disertasi serta karya ilmiah yang semacamnya agar tetap menjaga nilai-nilai kejujuran dan keaslian baik dari penulis maupun karya tulisnya secara substansial.

Fungsi Turnitin

Turnitin berfungsi sebagai plagiarism checker suatu tulisan. Keunggulan program ini antara lain memiliki arsip atau back up database dengan kapasitas penyimpanan yang cukup luas dan sangat komplet.

Kegunaan Turnitin

Kegunaan turnitin amat komprehensif dan mencakup berbagai lapisan pelaku akademis, baik formal maupun non formal. Mulai dari researcher, guru, dosen, tutor, instruktur, siswa sampai mahasiswa yang akan menyusun skripsi atau karya tulis lainnya.

Dalam melakukan tugasnya, jasa cek turnitin dan parafrase akan menunjukkan kepada Anda rincian data, kata, redaksi dan paragraf dari suatu database yang sudah ada. Dengan kata lain, database orang lain yang dijadikan referensi dalam menulis.

Jika penilaian yang ditetapkan Turnitin sebagai standar kurang dari nilai yang ditetapkan oleh dosen, guru atau pihak korektor karya tulis, maka karya tersebut dapat lolos dari pengecekan Turnitin. Dengan kata lain telah melampaui nilai dari Turnitin.

Database yang dimiliki jasa cek Turnitin amat banyak dan luas mencakup banyak arsip dari beragam negara di berbagai belahan dunia. Data dan program Turnitin memiliki validiasi yang sangat teruji serta berisi data dari bermacam bahasa maka tidak heran jika program ini diterima dan diakses di banyak perguruan tinggi dari mancanegara.

Hingga kini sudah puluhan miliar situs website yang terdaftar dalam program ini. Berbagai jenis konten dan artikel program yang tidak terhingga telah terarsip di jasa cek turnitin dan parafrase. Penambahan database arsip bersamaan dengan scanning konten beragam jenis karya tulis. Terhitung ratusan juta karya tulis, mulai dari artikel sampai skripsi telah dimasukkan ke dalam studi bahan pustaka orisinalitas dan validitas arsip Turnitin.

Aspek orisinalitas karya menjadi poin utama di dalam Turnitin. Itu sebabnya faktor lain seperti pemilihan tema atau judul tulisan haruslah unik dan beda. Anda harus bekerja keras memikirkannya matang-matang guna menjaga keaslian karya tulis yang akan Anda buat.

Pencantuman ini merupakan wujud apresiasi penulis kepada sumber referensi tulisan. Memperjelas dari mana inspirasi karya tulis itu datang. Dengan dicantumkannya sumber, bermaksud agar tidak dianggap sebagai tindakan plagiat. Orisinalitas karya tentu akan dikoreksi secara teliti oleh pihak penyedia jasa cek turnitin dan parafrase.

Ketika Anda melakukan pemeriksaan keaslian redaksi, Anda dapat mengunduh laporan pengecekan dari sebuah jasa cek turnitin dan parafrase tersebut. Hal ini memudahkan penulis agar dapat mengecek karyanya sekali lagi sebelum proses scanning dilakukan. Penulis bisa mendapatkan laporan cek plagiasi sehingga memudahkan penulis untuk mengoreksi ulang karyanya agar lebih faktual dan konkret.

Plagiarism checker berfungsi untuk memutuskan berapa banyak redaksi yang dikutip dalam sebuah karya tulis atau ilmiah. Banyak atau sedikitnya redaksi yang terdeteksi plagiasi menentukan tingkatan tolak ukur suatu karya ilmiah dapat diterima atau tidak.

Menulis merupakan suatu proses mengolah data yang ada. Baik itu kumpulan fakta, hipotesis, imajinasi maupun intuisi guna menciptakan suatu konklusi yang bisa menjadi inspirasi yang menggugah benak para pembaca.

Tingkatan plagiasi dapat dipelajari cepat dan mudah ditemukan. Jika hasil yang didapat terlalu tinggi maka otomatis hal tersebut mampu mengurangi level plagiasi pada karya tulis yang diuji. Penggunaan sinonim sangatlah penting. Kosakata yang berlimpah harus dapat dikuasai agar tingkat plagiasi dapat diminimalisir.

Kemampuan menyusun kata atau redaksi dapat mengurangi nilai cek Turnitin. Baca dan lakukan analisis guna mendapat pemahaman dari suatu sumber tulisan serta tulis ulang gagasan yang didapat dari perspektif yang berbeda. Cara ini mampu menurunkan nilai plagiasi menjadi minimal atau bahkan hilang.

Ragam Plagiarisme

Ada banyak contoh artikel yang bisa dibilang sampel dari suatu tindakan penjiplakan. Yang harus dilakukan adalah menelusuri atau mendeteksi plagiarisme terlebih dahulu. Solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah pelayanan yang dapat menghadirkan kualitas akurasi dan nilai yang dapat menjamin lolos dari pengecekan plagiarisme di Turnitin.

Turnitin memang suatu program yang sangat direkomendasikan sebab sudah teruji kualitasnya dan menjadi andalan oleh beragam kalangan akademik seperti dosen, mahasiswa dan pelajar. Dengan program Turnitin ini Anda dapat mengecek orisinalitas tulisan Anda dan Turnitin akan mendeteksi asal referensi pustaka yang Anda comot dan cantumkan sebagai bahan menulis karya tulis.

Contoh konkretnya akan terjadi apabila Anda membuat suatu karya tulis, seperti skripsi misalnya dan mengutip terlalu banyak konten dari internet maka Turnitin akan dapat dengan mudah mendeteksi hal tersebut. Kebijakan ini dilakukan guna menghargai keaslian ide dan sangat tidak manusiawi jika tindakan mengambil konten ini dilakukan tanpa mencantumkan sumber aslinya.

Kualitas koreksi yang cukup mumpuni membuat Turnitin jadi diakses oleh banyak civitas academica dari beragam perguruan tinggi di berbagai negara di muka bumi. Anda dapat mengunjungi langsung laman situs Turnitin dan melakukan pendaftaran jika hendak memakai program Turnitin.

Prosedur pendaftaran di program Turnitin cukup simpel dan transparan. Selain itu juga terdapat klasifikasi kategori ketika mendaftarkan diri menjadi bagian dari turnitin yakni teaching assistant, instructor dan student. Anda hanya tinggal menyesuaikan diri Anda tergolong ke dalam kategori yang mana. Klik link yang terdapat di bawah login page. Lalu, Anda akan mendapat formulir yang harus diisi dengan kategori yang sesuai.

Plagiarisme tetap bisa terjadi, entah itu secara langsung maupun tidak langsung. Tak terkecuali untuk laman situs atau blog yang bahkan memberikan proteksi yang ketat sehingga tidak bisa tulisan tidak bisa disalin secara langsung. Walaupun proteksi tersebut tidak dapat ditolak juga dapat mengurangi kemungkinan tindak plagiarisme yang merugikan penulis aslinya.

Kemudahan akses internet memudahkan penulis untuk mencari bahan referensi tulisan. Hal tersebut yang kerap membuat pelaku karya tulis seperti dimanjakan. Tidak heran jika terdapat kasus plagiarisme terjadi di kalangan mahasiswa, khususnya dalam pengerjaan tugas akhir seperti skripsi, tesis maupun disertasi. Hal tersebut sungguh disayangkan terlebih dilakukan oleh para civitas academica.

Mengenal Definisi dan Teknis Parafrase

Guna mengantisipasi dan meminimalisir tindak plagiarisme, Anda dapat mengoptimalkan penggunaan program Turnitin ini. Selain itu, ada beraneka ragam teknik mengutip atau mencuplik gagasan dari suatu sumber tanpa dapat disebut sebagai tindak plagiat dan tetap menghargai pustaka muasalnya. Salah satu teknik yang dapat Anda praktikkan adalah teknik parafrase.

Secara etimologi, kata parafrase berasal dari beragam bahasa. Dari paraphrase dalam bahasa Inggris. Dari paraphrasis dalam bahasa Latin. Serta dari kata phraseïn dalam bahasa Yunani. Ketiganya kurang lebih memiliki maksud yang sama, yakni “cara ekspresi tambahan”.

Sementara itu, Kamus Besar Bahasa Indonesia mendefinisikan parafrase sebagai proses pengungkapan ulang suatu tuturan dari sebuah tingkatan kebahasaan menjadi tuturan lain yang masih bermakna sama. Jadi, singkatnya, parafrase adalah menulis ulang dengan gaya bahasa sendiri tanpa mengganti makna asal dan yang sebenarnya.

Keunggulan teknik Anda dapat menandaskan makna yang dalam kalimat aslinya masih kabur atau kurang spesifik.
Meminjam ide tanpa plagiarisme, begitulah parafrase. Meskipun bisa disebut sebagai aktivitas mengutip namun penyampaian ulang ide dapat dilakukan dengan gaya kebahasaan yang berbeda.

Dengan menyampaikan atau menuliskan ulang suatu gagasan dengan kalimat sendiri tentu akan memudahkan dalam proses pemahaman serta tetap konsistensi logika suatu konsep. Penting menjaga tulisan tetap koheren agar mudah dipahami serta dapat disebarluaskan.

Purdue Online Writing Lab (Purdue OWL) dari Universitas Purdue dari Indiana, Amerika Serikat, menyebut parafrase sebagai cara yang halal atau legal ketika mengutip ide orang lain. Parafrase merupakan restatement dari sebuah kutipan namun lebih rinci dan komplet daripada ringkasan.

Menguasai teknik dan paham bagaimana jasa cek turnitin dan parafrase bekerja adalah sebuah keahlian yang sangat berguna karena dapat diterapkan di beragam jenis tulisan. Baik itu artikel umum, atau karya ilmiah sekalipun. Teknik ini jelas lebih baik jika dibandingkan dengan hanya mengutip suatu kalimat secara leterlek. Dalam melakukan teknik parafrase, ada proses kreatif yang membersamainya.

6 Langkah dalam Menerapkan Teknik Parafrase

jasa turnitin

Masing-masing penulis akan mengalami proses kreatif dalam mengembangkan gagasan dengan gaya bahasanya sendiri. Keahlian ini dapat dilatih dengan teknik parafrase agar Anda tidak gagap akan jasa cek turnitin dan parafrase. Kemampuan Anda dalam berdialektika akan semakin terasah dengan teknik ini. Namun apabila Anda masih belum menguasai atau awam dengan teknik ini, Anda dapat mengikuti 6 langkah berikut yang diberikan oleh Purdue OWL.

1. Membaca Ulang

Teks asli yang sedang Anda jadikan sebagai referensi dalam menulis, bacalah lebih detail dan saksama. Hal ini menjadi penting terlebih bagi Anda yang sering melakukan skimming dalam membaca suatu teks. Dengan membaca ulang, Anda akan dapat mengetahui, melihat dan mendapatkan perspektif yang lebih komprehensif lagi.

2. Menulis Ulang

Setelah membaca ulang, maka saatnya Anda menuliskan gagasan Anda dengan gaya bahasa yang Anda miliki. Untuk sementara, tepikan dahulu teks aslinya dan mulailah menulis ulang perspektif Anda. Buatlah coretannya terlebih dahulu di sebuah kertas jika perlu.

3. Membuat Daftar Kata

Seperti halnya membuat suatu naskah, perlu adanya kerangka guna memperkuat ingatan dan struktur naskah tersebut. Demikian pula halnya dengan teknik parafrase. Sebelum menyusun kalimat, sebaiknya tuliskan dahulu kata-kata kunci yang akan menjadi garis besar gagasan Anda. Kata kunci tersebut akan menuntun Anda menuju kalimat yang koheren dan dapat menjadi pengingat apabila Anda lupa ketika memikirkan susunan kalimatnya.

4. Komparasi

Setelah selesai menulis kalimat parafrase, sekarang coba komparasikan dengan teks aslinya. Periksalah apakah kalimat Anda mengubah makna asalnya atau tidak. Kemurnian gagasan amatlah penting agar tidak menyebabkan miskonsepsi dan perubahan ikhtisar suatu gagasan.

5. Tanda Baca

Faktor tanda baca sering dianggap sepele oleh penulis, padahal unsur redaksional semacam itu mampu menentukan arah pembaca dalam memahami gagasan yang hendak Anda sampaikan melalui tulisan. Selalu sematkan tanda kutip atau petik ganda untuk terma khusus, asing dan penekanan yang Anda cuplik dari teks aslinya.

6. Daftar Pustaka

Dalam menulis sebuah karya, tentu diperlukan banyak referensi dari beragam sumber. Untuk itu dalam keberhasilan sebuah karya tulis, andil referensi perlu diapresiasi. Caranya adalah dengan mencantumkan sumber ke dalam daftar pustaka atau daftar referensi. Dalam setiap penulisan, catat detail sumber; seperti halaman ke berapa dari buku apa. Hal ini akan memudahkan Anda dalam menyusun daftar pustaka.

Itu tadi 6 langkah dalam menerapakan teknik parafrase. Namun jika dirasa masih sukar memahami, Anda dapat mendalaminya dengan mencari atau membuat contoh parafrase sebelum menggunakan jasa cek turnitin dan parafrase. Mulailah dari kata per kata, kalimat hingga sampai ke taraf paragraf atau alinea. Berikut adalah beberapa contohnya.

Contoh 1

Contoh pertama saya ambil contoh kutipan pada halaman 70 dari buku karya Noam Chomsky yang berjudul Politik Media Kuasa. Bentuk parafrasenya adalah sebagai berikut, “Mau tidak mau, rakyat kecil hanya akan dimanfaatkan sebagai tenaga penghancur dunia, dibutakan uang karena terhimpit ekonomi dan jadi budak negara adidaya. Mau tidak mau.”
(Chomsky, Noam. 2019. Politik Kuasa Media : hlm 51. Yogyakarta : Penerbit Jalan Baru).

Contoh 2

Contoh berikutnya, saya cuplik dari buku “Rahasia Supranatural Soeharto” yang ditulis oleh Ki Ageng Pamungkas. Bukunya tipis namun sarat akan informasi dan ulasan yang kompeten. Membahas lebih dalam mengenai sosok Soeharto dan kehidupan rahasia dunia spiritualnya yang penuh intrik dan misteri. Sosok yang kental dengan nuansa mistik dan dunia metafisika.

Berikut adalah bentuk parafrasenya, Soeharto masih membutuhkan peran mitra-mitra spiritual. Ia harus menutupi kekayaan yang dimilikinya. Jika tidak, kesaksiannya akan menjadi bumerang bagi citranya dan rakyat akan mengecamnya sebagai koruptor. Ini tentang integritas beliau selama menjabat sebagai presiden.
(Ageng, Pamungkas Ki. 2008. Rahasia Supranatural Soeharto : hlm 70. Jakarta : Narasi).

Jika kalian sudah dapat membuat parafrase semacam contoh di atas, Anda sudah mulai memahami apa itu parafrase. Perlu banyak membaca dan latihan agar kemampuan cek turnitin dan parafrase meningkat sehingga ketika menggunakan jasa cek turnitin dan parafrase, Anda sudah siap dan mengerti.

Namun, apabila Anda ingin memercayakan jasa turnitin sepenuhnya, Anda bisa menghubungi kami di nomor Whatsapp kami 0821-3608-1847

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *