4 Tips Webinar Untuk Pemula

10 views

tips webinar

Webinar atau web seminar kian marak tahun terakhir ini. Selain disebabkan adanya virus corona yang mewabah, webinar juga dipilih lantaran menjadi salah satu alternatif pembelajaran di era digital saat ini.

Siapapun dia, baik pembicara maupun panitia penyelenggara tentunya tidak ingin membuat kecewa pesertanya yang mendaftar. Bagi panitia, tentunya telah menyiapkan berbulan-bulan untuk mengadakan webinar. Bahkan, webinar kepenulisan yang diadakan Universitas Negeri Sebelas Maret bulan November ini persiapannya hamper 2 bulan.

Jika panitia menyiapkan semua teknis terkait penyelenggaran webinar, maka pembicara pun juga harus menyiapkannya juga agar semuanya sesuai harapan.

Tips Sebelum Webinar

  1. Siapkan Materi

Materi tentunya sangat penting untuk disiapkan. Jangan sampai Anda mendadak berbicara tanpa adanya persiapan terlebih dahulu. Siapaun dia, baik pembicara kepenulisan, pembicara internet marketing maupun pembicara bidang lainnya pasti menyiapkannya terlebih dahulu.

Anda bisa membuat slide sederhana, bisa juga dipadukan dengan video. Anda juga bisa menonjolkan hal-hal yang menarik perhatian agar nantinya audiens tidak bosan. Sesekali sapa beberapa nama mereka agar suasana semakin hidup.

  1. Setting Alat-alat

Ada beberapa alat yang saya gunakan, sepertihalnya kamera, tripod, lighting hingga microphone. Semuanya saya persiapkan dengan matang, termasuk kabel-kabel yang harus dipersiapkan.

Selain itu, Anda sebaiknya juga menyetel alat-alat webinar Anda di malam hari jika acaranya di pagi hari. Begitu pula sebaliknya. Hal ini saya lakukan agar selepas bangun tidur, saya tidak terlalu sibuk dan fokus menenangkan diri sebelum menjadi pembicara.

  1. Suasana Tenang

Semua berbeda jika ada di desa maupun di kota. Hal ini juga tergantung di wilayah Anda, apakah sedang ada proyek atau tidak. Saya sendiri ketika diminta menjadi pembicara webinar, biasanya saya reservasi sebuah kamar hotel agar ketenangannya terjamin.

Coba bayangkan, jika di tempat Anda semuanya bising dan berisik, tentu anda akan terganggu dengan suasana tersebut. Usahakan suasana tenang dan Anda bisa mengeksplor apa yang perlu dieksplore melalui kata-kata Anda.

  1. Bandwith

Koneksi. Kelihatannya sepele, namun jika Anda tanpa koneksi internet, Anda tidak akan terhubung. Saya sendiri menyangka jika koneksi internet di hotel jauh lebih bagus, ternyata lebih bagus modem yang saya bawa.

Hal ini disebabkan karena koneksi internet di hotel digunakan banyak orang, ada yang download film, streaming dan lain sebagainya. Sedangkan modem saya hanya pribadi yang menggunakan.

Webinar harus benar-benar disiapkan. Bukan berarti kita harus hidup mewah di hotel, namun hal ini terkait penghargaan dan penghormatan kepada panitia yang telah mengundang kita menjadi pembicara.

Baik seminar offline maupun online, hendaknya kita bisa tampil maksimal, baik dari segi fitur video, audio, materi hingga ekspresi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *