Cara Mengatasi Hp Tidak Terbaca di Laptop

107 views

Terkadang karena sesuatu hal, Anda harus mencolokkan atau menyambungkan ponsel ke komputer Anda. Namun, karena sesuatu hal, hp tidak terbaca di laptop. Kejadian ini tak urung membuat Anda menjadi panik dan sebal. Karena hal tersebut di sini akan membagikan cara untuk mengatasinya.

Penyebab Ponsel tak Terdeteksi

Hp Tidak Terbaca di Laptop

Tidak terdeteksinya ponsel di PC atau laptop kerap menyebabkan Anda cemas. Bagaimana nanti jika ada yang rusak? Bagaimana biayanya dan yang pikiran lainnya yang berkecamuk. Namun, ada baiknya jika Anda tahu penyebab android tidak terdeteksi.

Cara ini tidak hanya akan membuat Anda sedikit tenang namun juga bisa menentukan solusi yang tepat. Ada beberapa penyebab mengapa hp tidak terbaca di laptop, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Salah Pemasangan Kabel USB

Kadang kala, ponsel seperti android tidak terdeteksi karena kabel USB yang terpasang berada dalam kondisi salah. Sehingga disarankan untuk Anda supaya mengecek kabelnya. Mulai dari apakah sudah terpasang dengan benar hingga mengecek kondisi kabel. Jika perlu, ketuk-ketuk atau goyangkan kabelnya yang ada di bagian konektor untuk mengecek smartphone.

2. Cek Kondisi USB

Selain posisi dari USB sudah tepat atau belum, Anda juga perlu mengecek kabel yang dipergunakan untuk ponsel Anda. Apakah kabel tersebut dalam kondisi yang baik atau tidak. Untuk mengeceknya, Anda bisa menggunakannya untuk mengisi baterai. Jika berhasil, kabel USB yang Anda miliki tersebut hanya bisa digunakan untuk charger saja.

Jika Anda memiliki kabel USB lebih dari 1 maka Anda bisa mengatasinya lebih lanjut. Apakah kabel tersebut tetap tidak bisa digunakan atau sebaliknya. Jika tetap tidak bisa digunakan sedangkan untuk charging bisa, maka kemungkinan ada yang rusak di bagian ponsel ataupun komputer anda.

3. Driver USB Android yang Bermasalah

Ketika ponsel tidak bisa terbaca di laptop, jika tidak sepenuhnya kerusakan terjadi pada kabel USB yang digunakan. Bisa saja ada yang rusak di bagian driver USB atau bahkan Anda belum menginstal driver USB ataupun tidak compatible.

Cara untuk mengecek driver USB di windows 8 dan 10 yaitu:

  • Masuk ke start lalu di bagian kolom pencarian, ketik ‘driver manager’ lalu enter. Jika Ada menggunakan XP atau windows 7, buka control panel > system and security > sistem > device manager. Bisa juga langsung mencari device manager.
  • Cek apakah driver USB terdeteksi atau tidak.
  • Cabut dan kemudian pasang lagi pada ponsel Anda.
  • Jika ada perubahan di jumlah driver maka artinya driver tersebut telah terinstal.
  • Sedangkan jika tidak ada perubahan maka coba hubungan dengan port yang lainnya. Bisa jadi portnya sendiri yang mengalami kerusakan. Jika belum ada perubahan, amak artinya driver belum terinstal. Karena itu, Anda perlu untuk menginstal USB Driver Android lebih dahulu.

4. Port USB Rusak

Dalam 1 komputer, terdapat beberapa port USB. Saat port tersebut sering digunakan, membuat port tidak bisa mencengkeram dengan erat USB yang tersambung. Untuk mengeceknya, Anda bisa mengkoneksikan USB tersebut ke beberapa port USB komputer Anda. jika hasilnya berhasil maka kemungkinan port USB Anda yang rusak.

Cara Mengatasi Ponsel yang Tidak Terdeteksi

Setelah Anda tahu masalah mengapa hp tidak terbaca di laptop, selain cara yang sudah disebutkan di atas, ada cara lain yang bisa Anda coba. Cara yang dishare ini dikutip dari semuatipe.com dan bisa menjadi alternatif jika cara di atas tidak bisa dilakukan. Beberapa diantaranya adalah:

1. Mode MTP

Android memiliki kondisi default dengan USB diatur untuk berada di posisi charging. Jika hal ini tidak diperhatikan dan diubah. Maka ponsel Anda tetap dalam kondisi charging dan tidak bisa terbaca di komputer.

Karena hal tersebut, setelah Anda mengkoneksikan USB Anda ke laptop. Disarankan untuk langsung cek settingannya. Apakah settingan tersebut besar di kondisi charging atau tidak. Jika di kondisi charging ubah mode ke pilih MTP atau untuk support transfer file. Dengan begitu, ponsel akan terdeteksi di komputer Anda.

2. Reset Pabrik

Jika cara di atas tidak bisa dilakukan, Anda bisa melakukan reset. Cara ini sama saja dengan mengganti pengaturan seperti pengaturan awal sebelum Anda rubah. Dengan begitu, pengaturan yang disengaja maupun tidak yang menyebabkan konektivitas hp terganggu bisa teratasi.

Untuk melakukan reset ini, Anda bisa masuk ke pengaturan terlebih dahulu. Kemudian pilih untuk melakukan reset. Tunggu hingga proses tersebut selesai dan Anda bisa mengecek apakah ponsel Anda sudah bisa terdeteksi atau belum.

3. USB Debugging

Cara ini mirip seperti akses administrator. Umumnya, cara ini dipergunakan untuk mengubah sistem yang ada di smartphone. Ini karena cara ini bisa menjadi solusi tepat untuk mengatasi masalah yang bahkan tidak bisa terdeteksi di sistem windows Anda.

Caranya adalah masuk ke pengaturan kemudian pilih opsi developer. Setelah itu aktifkan bagian USB Debugging. Jika tidak ada opsi developer, setelah masuk ke pengaturan, masuk ke ‘tentang hp’. Kemudian cari ‘nomor bentukan’. Tab berkali-kali hingga muncul notifikasi ‘Anda sudah menjadi pengembang’.

4. Flash Ulang

Cara selanjutnya adalah dengan melakukan flash ulang. Tujuannya adalah untuk mengatasi bug yang ada di smartphone Anda. Kok bisa? Ini karena ketika dilakukan flash ulang, bug akan hilang secara otomatis.

5. Service Center

Jika semua cara handphone tidak terbaca di laptop di atas tidak bisa dilakukan, disarankan untuk segera membawa ponsel tersebut ke service center. Bisa saja kerusakan terjadi di komponen ponsel dan perlu perbaikan yang tepat misalnya di bagian konektor.

Jadi dengan penyebab dan cara mengatasi hp tidak terbaca di laptop tersebut, ponsel Anda bisa segera terdeteksi. Semoga informasi yang diberikan ini bermanfaat, kami siap memberi informasi lainnya untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *