Mengenal Essensial Oil dan Fungsinya

Essensial Oil merupakan salah satu jenis alami bahan pembuatannya terdiri dari tanaman, daun, bunga, akar dan lain lain. Penggunanya sering sebagai aromaterapi yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Fungsi Essensial Oil

Berbagai macam varian aromaterapi memiliki jenis dan fungsinya masing masing. Adapun fungsi dari Essensial Oil adalah sebagai berikut.

Mengatasi Stress

Selain sebagai aromaterapi essential oil ini juga dapat berguna untuk mengatasi stress. Aroma pada minyak ini bisa membantu seseorang yang mengalami masalah gangguan kecemasan atau anxiety disorder.

Essensial oil mampu membuat pikiran stress menjadi lebih tenang. Selain itu, aroma pada minyak ini juga dapat meningkatkan rasa rileks dan menenangkan sistem syaraf. Dengan begitu, tubuh akan terasa lebih nyaman .

Mengatasi Sakit Kepala

Fungsi essensial oil selanjutnya adalah dapat membantu mengatasi sakit kepala atau migrain. Aroma pada minyak ini bisa meredakan gejala migrain.

Caranya cukup mudah di mana dengan menghirup minyak dengan aroma terapi lavender untuk mendapatkan ketenangan. Ini akan membantu mengendorkan saraf tubuh yang tegang.

Mengatasi Masalah Insomnia

Apakah Anda mengalami sering mengalami gangguan sulit untuk tidur? Jika iya maka bisa mencoba untuk menggunakan minyak essential. Ini menjadi salah satu obat mujarab untuk mengatasi masalah ini.

Essensial oil dapat menjadi pilihan yang tepat dan solusi untuk mengatasi insomnia. Aroma dari minyak ini dapat membuat siklus tidur lebih lelap dan lebih baik sehingga tubuh akan terasa lebih fresh.

Mengatasi Infeksi Pada Kulit

Essensial oil juga mampu mengatasi berbagai macam infeksi pada kulit. Salah satu contohnya seperti mengatasi masalah kulit berjerawat, kulit kering, dan lainnya.

Essential oil juga dapat mengatasi masalah iritasi kulit lainnya khususnya untuk jenis essential teq trees. Tema tree memiliki kandungan antibakteri, antijamur, antiseptik untuk perawatan kulit mencegah terjadinya peradangan.

Mengatasi Diet

Essensial oil penerapannya juga sebagai alat untuk menjalani program diet. Minyak ini banyak mengandung grape fruit yang mampu membantu menenangkan saraf lambung yang menyebabkan rasa lapar.

Anda bisa mencoba mencampurkan essential oil pada makanan atau minuman. Ini akan membantu dalam menekan rasa lapar berlebihan sehingga bisa bertahan seharian penuh. Selain itu juga bisa memberikan nutrisi pada tubuh.

Meningkatkan Mood

Selain untuk kesehatan tubuh. Essensial oil ternyata juga dapat membantu untuk meningkatkan mood seseorang. Aroma pada minyak ini mampu mendapatkan suasana hati yang lebih baik disetiap harinya.

Semua ini berkat aroma terapi yang terdapat di dalamnya. Wanginya akan sangat menenangkan tubuh dan membuat lebih rileks.

Meredakan Flu

Dengan menggunakan essensial oil juga dapat membantu meredakan flu dan batuk. Minyak kayu putih merupakan salah satu kandungan dalam essensial oil yang dapat membuat otot hidung menjadi lebih rileks.

Cukup teteskan essensial oil ke dalam air hangat lalu hirup uap nya melalui otot hidung guna membantu meredakan flu. Selain itu juga bisa dengan meneteskan essential oil bantal sehingga

Membantu Meredakan Sakit

Essensial oil juga dapat membantu meredakan sakit pada bagian tubuh tertentu. Cukup oleskan saja satu atau dua tetes pada bagian yang mengalami cedera. Minyak ini dapat membantu mengatasi penyembuhan ringan seperti luka ringan, terkena goresan, gigitan serangga.

Selain itu, ada juga kandungan anti inflamasi yang akan membantu dalam mencegah terjadinya peradangan. Ini juga akan membantu dalam membunuh kuman dan bakteri.

Rekomendasi Essensial Oil

Dari setiap Essensial Oil memiliki aroma dan ciri khas yang berbeda sesuai dengan kegunaan dan fungsinya. Minyak ini juga memiliki banyak varian ukuran yang kecil hingga besar. Berikut ini ada 3 rekomendasi Essensial Oil.

  • Essensial Oil Lavender
  • Essensial Oil Peppermint
  • Essensial Oil Lemon

Diatas merupakan penjelasan mengenai essensial oil dan beberapa fungsinya beserta 3 rekomendasi aromaterapi essensial oil. Masih banyak jenis minyak ini dengan berbagai macam varian lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.