Cara Membuat Es Krim Goreng Lumer di Mulut

Es Krim Goreng

Bagaimana cara membuat es krim goreng? Lho, memangnya es krim bisa di goreng? Ya bisa lah! Malah, jajanan ini jadi favorit belakangan ini, dan nangkring dalam daftar menu andalan kafe-kafe hits. Keren kan? Berbicara tentang es krim, memang sulit menemukan orang yang tak jatuh cinta dengan jajanan manis satu ini.

Mulai dari anak-anak, dewasa, bahkan orang tua pun menyukai es krim. Tekstur lembut, sensasi dingin dan berbagai cita rasanya yang lezat akan membuat siapa saja jatuh cinta. Ditambah lagi, jajanan ini hadir dalam bentuk yang tak biasa, yakni es krim goreng yang menyajikan cita rasa manis, lembut dan gurih sekaligus.

Hampir di seluruh negara kita bisa menemukan gerai es krim dengan mudah. Namun, tahukah Anda bagaimana asal mula makanan manis ini tercipta? Ternyata, es krim sudah ada sejak zaman Kekaisaran Romawi lho! Wah menakjubkan ya.

Kabarnya, es krim pertama kali muncul pada tahun 64 M silam, yakni pada masa kepemimpinan Kaisar Nero. Makanan manis ini muncul dari permintaan sang Kaisar yang ingin mendapatkan makanan penutup dengan sensasi dingin, makanya koki kekaisaran membuatkan makanan dari kombinasi salju, nektar, sirup dan juga madu.

Ada cerita lain yang menyebutkan bahwa es krim bukan datang dari Kekaisaran Romawi, namun dari China. Ini berawal ketika Raja Tang dari kerajaan Shang mendapatkan hadiah untuk makan malam, yakni salju dengan tambahan susu, sari buah dan madu. Ternyata, sang Raja menyukai hadiah ini, dan akhirnya populer dalam lingkungan kerajaan.

Siapa sangka, makanan manis yang kita kenal dengan sebutan es krim ini sudah berusia tua, ya. Jika dulu es krim adalah gumpalan salju halus dengan berbagai tambahan perasa manis, sekarang kita bisa menemukan wujud es krim yang lebih modern. Bahkan, ada dalam bentuk es krim goreng.

Kira-kira, Anda penasaran tidak bagaimana cara membuat es krim goreng? Karena saya juga penasaran, kita cari tahu yuk!

Cara Membuat Es Krim Goreng Berbagai Cita Rasa

Es krim adalah jajanan yang mengandung lemak, protein, karbohidrat, vitamin dan juga vitamin. Masing-masing zat ini datang dari bahan-bahan dasar es krim itu sendiri, dan punya manfaat yang baik untuk tubuh kita. Proses pembuatan es krim, ternyata mengandung praktik kelimuan kimia lho.

Misalkan saja dalam proses pasteurisasi yang berguna untuk membunuh bakteri-bakteri jahat pada es krim. Jika seringnya kita menikmati es krim dalam sensasi dingin, bagaimana jika kita mencoba sensasi berbeda dengan cara membuat es krim goreng?

Jangan salah, bukan cuma tahu dan tempe yang bisa di goreng, es krim juga bisa lho. Ketika di goreng, apakah es krim tidak meleleh jadi cair? Kita tahu bahwasanya sudah jadi sifat benda padat (es) akan meleleh ketika bertemu dengan suhu panas.

Tapi, sifat ini tidak berlaku untuk es krim goreng. Bagaimana mungkin? Karena ada rahasia tertentu dalam proses pembuatan es krim goreng. Nah, daripada membiarkan rasa penasaran ini terus menumpuk, langsung saja yuk kita cari tahu seperti apa cara membuat es krim goreng yang hits itu. Simak ya!

1.      Persiapkan Bahan

Membuat es krim goreng sebenarnya mudah. Langkah awal yang harus kita persiapkan adalah bahan-bahannya. Untuk membuat es krim goreng, kita memerlukan bahan-bahan tertentu. Pertama, es krim. Jika tidak ingin repot membuat es krim dari awal, Anda bisa membelinya langsung dari gerai terdekat.

Jenis es krim bebas apa saja, begitu pula dengan rasanya. Boleh es krim coklat, strawberry, vanilla, taro, matcha, dan lain-lain. Bahan kedua yang kita perlukan adalah roti tawar. Apa gunanya roti tawar? Inilah rahasia mengapa es krim tidak meleleh akibat proses penggorengan.

Roti tawar berfungsi sebagai pembungkus es krim sehingga es tidak langsung bersentuhan dengan minyak panas. Bahan ketiga yang kita perlukan untuk membuat es krim goreng lumer adalah tepung panir, minyak goreng, tepung pisang goreng krispy bila perlu, dan pilihan toping sesuai selera.

Apabila bahan-bahan tadi sudah siap, sekarang mari kita simak seperti apa cara pembuatan es krim goreng.

2.      Cara Membuat Es Krim Goreng Coklat

Pertama, kita awali dengan resep membuat es krim goreng coklat. Ada yang suka es krim coklat? Rasa ini sangat familiar dengan lidah kita ya. Apapun jenis makanannya, coklat selalu jadi pilihan nomor satu, begitu pula dengan es krim goreng.

Cara membuat es krim goreng rasa coklat tidak terlalu sulit. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ya!

  • Pertama, siapkan bahan yang kita butuhkan. Roti tawar, es krim coklat, dan coklat cair.
  • Letakkan 1 scoop es krim pada 1 lembar roti tawar, lalu tutup lagi dengan 1 lembar roti tawar lainnya. Usahakan supaya es krim terbungkus rata supaya tidak meleleh ketika kita goreng.
  • Panaskan minyak.
  • Goreng es krim yang sudah terbungkus rapi tadi dalam minyak panas. Jangan menggoreng terlalu lama, cukup 1 menit saja. Setelahnya, tiriskan.
  • Supaya lebih menarik dan lezat, tambahkan toping coklat cair di atas es krim goreng coklat tadi.

Bagaimana? Mudah kan? Sajian es krim goreng coklat cocok untuk disantap bersama teman, keluarga dan anak-anak di rumah, terlebih ketika cuaca panas.

3.      Membuat Es Krim Goreng Krispy

Cara membuat es krim goreng coklat tadi alternatif pertama yang bisa jadi pilihan. Sekarang, mari kita simak bagaimana cara membuat es krim goreng krispy di luar namun lumer di dalam. Cara ini, sedikit berbeda dengan yang tadi, bahannya juga berbeda. Apa saja bahan, dan seperti apa caranya? Mari kita simak!

Pertama, siapkan bahan. Karena kita hendak membuat es krim goreng krispy, kita perlu bahan-bahan tambahan seperti tepung panir, dan tepung goreng krispy yang biasa untuk membuat pisang goreng. Untuk langkah-langkahnya, simak panduan berikut ini:

  • Pertama siapkan dua lembar roti tawar untuk membungkus es krim. Letakkan es krim pada salah satu roti tawar. Gunakan sisanya untuk membungkus es krim supaya tidak meleleh keluar.
  • Selanjutnya, kita perlu membuat adonan basah dari tepung pisang goreng kirspy. Caranya sama seperti biasa, tuang tepung ke dalam mangkuk bersih lalu tambahkan air secukupnya sampai mendapatkan tingkat keketentalan yang sesuai.
  • Pada adonan basah tadi, tambahkan satu butir telur dan kocok rata.
  • Selanjutnya, ambil roti yang sudah kita persiapkan tadi. Supaya membungkus es krim dengan sempurna, oles pinggiran roti dengan adonan basah sehingga melekat dengan baik. Setelah itu, masukkan roti ke dalam adonan basah.
  • Masukkan ke dalam freezer supaya adonan es krim membeku.
  • Apabila sudah membeku, celupkan lagi ke adonan basah, dan baluri dengan tepung roti atau tepung panir, dan goreng sebentar dalam minyak panas. Tidak butuh lama untuk menggoreng es krim, kira-kira 1 menit saja.

Itu tadi resep dan cara membuat es krim goreng yang krispy dan lumer. Sajian es krim goreng ini bisa Anda sajikan kepada teman, dan anak-anak ketika berkumpul bersama. Atau bisa juga jadi ide jualan camilan untuk dapat uang tambahan. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.