Cara Membuat Oreo Goreng Crispy ala Kafe

Oreo Goreng Crispy

Oreo merupakan jajanan yang sangat mudah untuk dikreasikan menjadi inovasi baru. Salah satunya yaitu oreo goreng. Bagi Anda yang sudah sering nongkrong di kafe, pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan ini. Namun, pernahkah Anda merasa penasaran dengan cara membuat oreo goreng crispy seperti yang dijual di kafe-kafe?

Saat pandemi banyak kafe yang terpaksa tutup, dan mobilitas pun terbatas. Anda tidak bisa lagi sering nongkrong di kafe seperti dahulu. Untuk mengobati rasa kangen  Anda terhadap suasana nongkrong di kafe, Anda dapat membuat snack atau makanan ringan yang biasa Anda nikmati di kafe-kafe langganan Anda. Salah satunya yaitu oreo goreng crispy.

Terdapat banyak cara membuat oreo goreng crispy. Akan tetapi, secara garis besar terdapat dua jenis resep oreo goreng crispy. Yang pertama yaitu resep yang menggunakan tepung panir, dan yang kedua tanpa menggunakan tepung panir. Tanpa berlama-lama lagi, simaklah cara membuat oreo goreng crispy ala kafe berikut ini.

Resep Oreo Goreng Crispy dengan Tepung Panir

Tepung panir adalah bahan yang wajib ada dalam resep ini. Namun apabila Anda kesulitan menemukan tepung panir di sekitar Anda, maka Anda dapat menggantinya dengan tepung roti. Tepung roti dan panir memiliki cita rasa yang sama, akan tetapi pada dasarnya terdapat sedikit perbedaan antara keduanya.

Perbedaan Tepung Panir dan Tepung Roti

Perbedaan antara tepung roti dan panir ini terletak pada bahan dasar pembuatannya. Tepung roti terbuat dari gilingan roti tanpa kulit yang dikeringkan. Karena bahan yang digunakan berasal dari roti bagian putihnya saja, oleh sebab itu tepung ini berwarna putih. memiliki  tekstur yang lebih kasar dari pada tepung panir, dan hasil remahan gilingannya pun besar-besar.

Sedangkan tepung panir terbuat dari gilingan roti beserta kulitnya yang telah dikeringkan. Oleh sebab itu tepung panir memiliki warna yang sedikit kecoklatan. Akan tetapi teksturnya sedikit lebih halus. Remahan hasil gilingannya pun lebih kecil dari pada tepung roti.

Itulah sekilas tentang perbedaan tepung panir dan tepung roti.  Selanjutnya, berikut adalah cara membuat oreo goreng crispy beserta bahan-bahan yang harus Anda siapkan.

Bahan Dasar

Bahan yang Anda butuhkan cukup sederhana, antara lain:

  • Secukupnya Tepung panir / tepung roti
  • sebungkus oreo
  • sejumput baking powder
  • 1 sachet susu kental manis putih
  • Air secukupnya.
  • 5 sdm tepung terigu
  • Topping sesuai selera

Langkah-Langkah

Langkah pertama dalam cara membuat oreo goreng crispy adalah dengan membuat adonan basah terlebih dahulu. Adonan basah berfungsi sebagai lem atau perekat antara oreo dan tepung panir / roti.

Adonan basah dibuat dengan cara mencampurkan  tepung terigu dengan air secara perlahan hingga menyatu sempurna. Kemudian tambahkan susu kental manis beserta baking powder,  aduk kembali hingga tercapur rata. Kini adonan basah sudah siap Anda gunakan.

Penggunaan baking powder merupakan bahan rahasia dalam cara membuat oreo goreng crispy. Fungsi baking powder ialah untuk membuat adonan basah menjadi  lebih crispy saat digoreng. Oleh karena itu, jangan sampai Anda melewatkan bahan yang satu ini ya.

Bila adonan basah sudah siap, langkah selanjutnya adalah menggulingkan oreo di atas adonan tersebut hingga oreo terlumuri dengan sempurna. Kemudian gulingkan lagi oreo tersebut di atas tepung panir / roti hingga  seluruh permukaan oreo terselimuti.

Setelah oreo sudah terselimuti tepung panir /  roti seluruhnya, maka oreo sudah siap untuk digoreng. Pastikan penggorengan Anda sudah benar-benar panas, agar oreo yang dihasilkan menjadi crispy. Tidak perlu terlalu lama menggoreng oreo, cukup sampai oreo berwarna coklat keemasan atau golden brown.

Setelah proses menggoreng selesai, tiriskan oreo hingga suhunya sudah mulai hangat. Beri topping sesuai selera untuk menambah cita rasa, sekaligus untuk membuat tampilan oreo goreng semakin menarik. Anda dapat menambahkan beberapa toping seperti ice cream, selai, meses, keju, dan lain lain yang sekiranya cocok untuk hidangan tersebut.

Demikianlah cara membuat oreo goreng crispy menggunakan tepung panir/roti. Bagi Anda yang sulit menemukan tepung panir maupun tepung roti sekaligus, tidak perlu khawatir karena Anda tetap dapat membuat oreo goreng dengan resep berikut ini.

Resep Oreo Goreng Crispy Tanpa Tepung Panir

Tanpa tepung panir pun, Anda tetap dapat membuat hidangan ini. Konsep dasar cara membuat oreo goreng crispy tanpa tepung panir ialah, menggoreng oreo yang terselimuti oleh adonan basahnya saja. Adonan basah tersebut dapat Anda buat dengan mencampurkan sekaligus bahan-bahan berikut ini:

  • 10 sdm tepung terigu
  • 2 sdm gula putih
  • 120 ml air
  • 1 sdt Baking powder
  • 2 sdt Vanilla extract
  • 37 gr dancow vanilla bubuk (1 saset)

Penambahan Susu bubuk diperlukan untuk menambah cita rasa yang creamy. Sedangkan penggunaan ekstrak vanilla bertujuan untuk menambahkan aroma vanilla yang nikmat pada adonan basah Anda. Ekstrak vanilla ini bersifat tidak wajib. Jadi Anda bisa melewatinya jika tidak dapat menemukan vanilla extract di toko sekitar Anda.

Cara membuat adonan basah sangat sederhana, Campurkan semua bahan-bahan di atas hingga tercampur rata, dan mencapai kekentalan yang sesuai selera. Usahakan agar jangan terlalu encer. Kemudian balurkan oreo dengan tepung basah tersebut dan oreo pun sudah siap untuk digoreng.

Gorenglah oreo dengan minyak panas selama beberapa menit. Jika warna oreo sudah coklat keemasan, angkat oreo dan tiriskan. Tunggu hingga suhu oreo sedikit menghangat. Beri topping sesuai selera dan oreo goreng crispy pun siap Anda nikmati.

Bila kedua cara membuat oreo goreng crispy di atas masih terasa rumit bagi Anda. Anda dapat mencoba resep oreo goreng anti ribet ini sebagai referensi. Hanya menggunakan 3 bahan saja, sangat sederhana dan praktis bukan?

Resep Oreo Goreng Crispy Anti Ribet

Berikut adalah alternatif lain dalam cara membuat oreo goreng crispy. Dengan langkah yang mudah dan bahan yang mudah pula. Anda hanya membutuhkan 3 bahan berikut ini:

  • 1 bungkus oreo
  • Tepung instan pisang goreng
  • Air secukupnya

Tepung instan pisang goreng banyak tersebar di toko-toko kelontong sehingga Anda dapat dengan mudah menemukanya. Tepung ini pun sudah memiliki rasa sekaligus aroma, sehingga Anda tidak perlu menambahkan bahan apapun lagi, kerena tepung ini sudah siap pakai.

Langkah-langkahnya ialah sebagai berikut:

Buatlah adonan basah dengan mencampurkan tepung instan pisang goreng dengan air. Kemudian balurkan oreo pada adonan basah tersebut. Lalu gorenglah oreo ke dalam minyak panas hingga coklat keemasan.

Tunggu beberapa saat hingga suhu oreo mulai menghangat, dan oreo goreng crispy pun siap Anda santap. Bagaimana ? sangat mudah bukan ? itulah cara membuat oreo goreng crispy yang paling mudah dan sederhana. Dijamin anti gagal !

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.