Cara Membuat Cilok Kuah Santan Istimewa

Cilok Kuah Santan

Makan cilok dengan cocolan saus merupakan cara klasik untuk menikmati cilok. Akan tetapi bagaimanakah jadinya jika cilok berpadu dengan santan? Apalagi jika adonan cilok tersebut Anda isi dengan daging. Sepertinya menarik bukan? Berikut ini akan disajikan cara membuat cilok kuah santan yang istimewa. Ini adalah cara unik dan baru untuk menikmati sebuah cilok.

Cara Membuat Cilok Isi Daging

Cilok merupakan singkatan dari aCi dicoLok, tentu saja dalam proses pembuatannya membutuhkan banyak tepung aci. Selain itu untuk membuat cilok daging, Anda juga membutuhkan daging giling untuk membuat isiannya. Pertama-tama Anda harus membuat isian cilok terlebih dahulu. Berikut ini adalah bahan-bahannya:

Cara Membuat Isian Daging  Untuk Cilok

Cara membuat isian daging sangatlah mudah, bahan yang Anda perlukan pun tidak banyak. Bahan tersebut adalah 250 gram daging sapi giling, tiga siung bawang putih yang sudah Anda haluskan, dan bumbu-bumbu seperti kecap, saus tiram, lada, garam, dan kaldu bubuk.

Cara buatnya mudah sekali yakni, tumis bawang putih hingga harum. Kemudian masukkan daging giling dan tumis sebentar hingga matang. Selanjutnya masukkan bumbu-bumbu berupa kecap, saus tiram, lada, garam, dan kaldu bubuk dengan takaran sesuai dengan selera Anda.

Terakhir, cicipilah tumisan daging tersebut. Bila rasanya sudah enak, maka tumisan tersebut sudah siap Anda gunakan  sebagai isian cilok. Ini adalah resep isian daging yang sudah pasti enak dan anti gagal. Setelah membuat isian, untuk selanjutnya perhatikanlah cara membuat cilok berikut ini.

Bahan-Bahan Cilok

Selain tepung aci, juga terdapat beberapa bahan lain. Selengkapnya ialah sebagai berikut:

  • 1 ons tepung aci / tepung tapioka
  • 1 ons tepung terigu
  • ½ sdt garam
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • ¼ sdt merica
  • ¼ sdt ketumbar bubuk
  • 3 siung bawang putih yang sudah Anda haluskan terlebih dahulu
  • Irisan daun bawang
  • Air panas secukupnya

Bahan di atas masih dapat Anda modifikasi lagi sesuai selera Anda. Anda dapat bebas menambah atau mengurangi sesuatu. Bila semua bahan sudah siap, langsung saja menuju pada cara pembuatan ciloknya.

Langkah-Langkah

Cilok merupakan komponen penting dalam cara membuat cilok kuah santan. Tidak perlu khawatir karenan proses pembuatan cilok relatif sangat mudah. Alat yang Anda butuhkan juga sangat sederhana, Anda hanya butuh panci saja untuk merebus.

Langkah selanjutnya dalam cara membuat cilok kuah santan yaitu membuat cilok yang gurih dan kenyal. Caranya adalah campurkan semua bahan kering berupa tepung aci, terigu, garam, kaldu bubuk, ketumbar bubuk, merica, daun bawang dan bawang putih yang sudah Anda haluskan.

Aduklah bahan kering tersebut hingga merata.  Kemudian masukkan air hangat sedikit demi sedikit, sambil terus menguleni adonan cilok. Berhentilah menambahkan air jika adonan cilok sudah kalis dan tidak menempel sama sekali di tangan.

Setelah itu ambil adonan secukupnya kemudian pipihkan. Lalu letakkan isian daging di atas adonan yang sudah Anda pipihkan tersebut.  Kemudian bentuk adonan bulat-bulat sehingga menutupi seluruh isian daging.

Bila seluruh adonan sudah selesai Anda bentuk, masak air dengan api sedang cenderung ke besar. Setelah air mendidih, rebus cilok-cilok Anda, dan tunggu hingga mengapung. Ketika semua cilok sudah terapung saat prose perebusan, itu tandanya cilok tersebut sudah matang sempurna. Segeralah angkat dan tiriskan.

Kini cilok sudah siap untuk Anda olah ke tahap berikutnya dalam cara membuat cilok kuah santan. Tahap yang dimasud adalah membuat kuah santan.

Cara Membuat Kuah Santan

Dalam membuat kuah santan yang nikmat dan pekat, Anda harus berani dalam menggunakan bumbu-bumbu. pembuatan kuah santan yang enak juga merupakan proses penting dalam cara membuat cilok kuah santan. Berikut ialah bahan-bahan yang Anda perlukan untuk membuah kuah cilok tersebut:

Bahan-Bahan

Bahan bumbu kuah santan:

  • 500 ml air
  • 1 saset santan instan cair
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 7 buah cabe rawit merah
  • 5 buah cabe kriting merah
  • Daun jeruk
  • Daun bawang
  • ¼ sdt garam
  • ¼ sdt gula
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • ¼ sdt merica.
  • ½ slice Jeruk nipis
  • Bawang goreng

Anda dapat mengurangi atau menambah kuantitas bahan di atas sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebagai contoh, Anda dapat mengurangi jumlah cabai bila tidak ingin kuah Anda terlalu pedas. Bila bahan sudah siap semua, lanjutkan langkah untuk membuat kuah santannya !

Langkah-Langkah

Langkah selanjutnya dalam cara membuat cilok kuah santan yaitu membuat kuah santan itu sendiri. pertama-tama Anda harus menghaluskan segala bumbu-bumbu. bumbu yang harus anda haluskan bersamaan antara lain, bawang merah, bawang putih, cabai rawit, dan cabai keriting.

Setelah itu panaskan minyak, dan tumis bumbu halus tersebut bersamaan dengan daun jeruk yang sudah Anda robek sebelumnya. Tumis hingga bumbu-bumbu tersebut harum, matang, dan tidak langu. Bila bumbu sudah matang sempurna, masukkan air dan santan instannya. Aduk-aduk hingga merata, lalu didihkan.

Setelah mendidih, masukkan cilok yang sudah Anda buat sebelumnya ke dalam kuah santan tersebut. Mulai bumbui kuah dengan gula, garam, lada, dan kaldu. Kemudian cicipi hingga Anda menemukan rasa yang pas, sesuai dengan yang Anda inginkan.

Bila semua dirasa sudah enal, masukkan daun bawang, bawang goreng dan beri sedikit perasan jeruk nipis agar kuah Anda semakin gurih, dan  penuh cita rasa yang kompleks. Kini cilok kuah santan sudah siap untuk Anda santap, segeralah nikmati selagi hangat.

Sekian cara membuat cilok kuah santan yang nikmat dan istimewa. Anda pasti ketagihan dan tidak akan menemukan cita rasa seenak buatan sendiri di rumah. Akan tetapi bagi pemula yang ingin coba-coba memasak hidangan ini, terdapat tips yang perlu Anda perhatikan.

Tips Terkait Pembuatan Cilok Kuah Santan

Berikut ini adalah tips yang sangat penting untuk Anda pelajari dalam cara membuat cilok kuah santan, terlebih jika Anda adalah seorang pemula dalam dunia memasak.

  • Pastikan bumbu yang sudah Anda haluskan termasak dengan sempurna. Bumbu harus benar-benar matang agar tidak ada bau langu atau bau cabe mentah saat dimakan.
  • Anda harus menyobek daun jeruk terlebih dahulu sebelum memasaknya, agar aroma dari dalam daun jeruk lebih keluar.
  • Jangan membuat bulatan adonan cilok terlalu besar, karena jika cilok sudah selesai direbus dan matang, ukuran cilok akan membesar.
  • Jangan memberikan isian daging terlalu banyak, karena akan membuat tampilan cilok tidak rapi.

Demikianlah tips terkait cara membuat cilok kuah santan. Dengan memperhatikan tips di atas maka cilok kuah santan buatan Anda pasti enak dan anti gagal. Apalagi dengan isian daging di dalam cilok Anda, membuat hidangan ini semakin istimewa.  Orang serumah pasti suka !

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.