Biaya Kirim Paket ke Australia Pos Indonesia

Biaya Kirim Paket ke Australia

Saat ini, banyak sekali jasa eskpedisi yang bisa mengirim barang ke luar negeri. Hal ini seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat untuk urusan ekspedisi barang ke luar negeri, seperti Australia. Meski demikian, tidak banyak yang tahu berapa biaya kirim paket ke Austraslia Pos Indonesia.

Mungkin Anda khawatir harganya aka terlalu mahal jika tidak mengetahui terlebih dahulu tarif yang berlaku. Nah, sekarang tidak perlu khawatir karena artikel ini akan membahas tentang biaya kirim paket ke luar negeri seperti Australia jika menggunakan jasa Pos Indonesia.

Sekilas tentang Australia

Nah, sebelum membahas tentang biaya kirim paket ke Australia Pos Indonesia, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu seperti apa negara Australia itu. Negara ini adalah salah satu negara tetangga Indonesia yang berbatasan dengan provinsi NTT. Lokasinya pun terbilang cukup dekat dari negara Indonesia.

Australia memiliki luas negara yang cukup luas dengan penduduk yang terdiri dari bermacam-macam etnis dan bangsa. Hal ini karena Australia juga merupakan salah satu negara imigran di dunia. Negara ini juga memiliki perekonomian yang makmur dan menjadi salah satu negara maju di dunia.

Oleh karena itu, Australia menjadi pasar ekspor yang besar untuk berbagai produk Indonesia, seperti sepatu kulit, pakaian wanita, kerajinan, dan perabotan kayu.

Kenapa Pelu Kirim Barang ke Australia?

Ada banyak alasan mengapa perlu mengirim barang ke Australia dari Indonesia. Pertama, pengiriman barang biasanya karena ada urusan bisnis antara Indonesia dan Australia. Sebagai contoh, pengiriman barang untuk keperluan ekspor ke Australia seperti yang ada di penjelasan sebelumnya.

Selain itu, banyaknya orang yang butuh kirim barang ke Australia karena banyaknya WNI yang bertempat tinggal di Australia. Biasanya, WNI yang tinggal di sana adalah orang yang bekerja, sekolah/kuliah, atau memiliki bisnis di sana. Hal inilah yang membuat frekuensi pengiriman barang ke Australia menjadi tinggi.

Australia pun menjadi salah satu tujuan negara luar negeri yang populer bagi Pos Indonesia International. Oleh karena itu, tak sedikit orang yang mencari tahu tentang biaya kirim paket ke Australia Pos Indonesia.

Lama Waktu Pengiriman

Estimasi waktu untuk pengiriman paket ke Australia dari Indonesia berbeda-beda. Perbedaan estimasi waktu ini tergantung dari jenis layanan yang Anda pilih. Namun, lama waktu pengiriman paket ke Australia memang terhitung cepat.

Sebagai gambaran, estimasi waktu pengiriman paket ke Australia dari Indonesia jika menggunakan layanan Service Express yaitu sekitar 2-3 hari untuk sampai ke alamat penerima.

Sedangkan, jika Anda memiliki layanan Service Reguler atau Economy, maka pengiriman akan membutuhkan waktu selama  4-6 hari. Perbedaan layanan ini juga akan berpengaruh terhadap biaya kirim paket ke Australia Pos Indonesia.

Biaya Kirim Paket ke Australia Pos Indonesia

Anda jangan khawatir soal biaya kirim paket ke Australia Pos Indonesia karena tarifnya jauh lebih murah daripada kirim pake ke luar negeri yang ada di Eropa dan Amerika. Seperti penjelasan sebelumnya, biaya ini tergantung dari layanan dan pilihan ekspedisi yang Anda pilih. Nah, berikut ini adalah tarif paket pos per kg untuk kirim paket ke Australia.

Untuk tarif biaya kirim paket ke Australia seberat 1 kg, maka tarifnya adalah sekitar Rp. 270.000. Sedangkan, untuk paket dengan berat 10 kg tarifnya adalah sekitar Rp. 540.000. Selanjutnya, untuk paket barang dengan berat 11 kg, tarif yang dikenakan adalah Rp. 734.000.

Intinya, jumlah tarif kirim paket ke Australia juga tergantung pada berat barang yang Anda kirim. Semakin berat barangnya, semakin besar pula tarifnya. Selain itu, jarak juga sangat menentukan besaran tarif Pos Indonesia untuk kirim paket ke luar negeri.

Cara Kirim Kartu Pos ke LN

Nah, buat setelah Anda tahu biaya kirim paket ke Australia Pos Indonesia, yuk ketahui juga cara untuk kirim kartu pos ke luar negeri menggunakan Pos Indonesia. Bagaimanakah caranya? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Pakai perangko nominal tertentu

Cara yang pertama yaitu Anda harus membeli perangko kartu pos. Bagamana cara membeli perangko kartu pos? Jadi, pertama Anda harus menyiapkan kartu pos. Setelah itu, tulis alamat lengkap penerima kartu pos. Selanjuntya, datanglah ke kasir untuk membeli perangko. Pasang perangko itu ke kartu pos Anda dan titip di kasir.

Keuntungan menggunakan perangko yaitu akan membuat senang di penerima kartu pos. Hal ini karena banyak orang yang gemar mengoleksi perangko atau disebut sebagai filatelis. Tapi, kekurangan dari menggunakan perangko adalah Anda tidak bisa tahu waktu kapan kartu pos itu akan sampai ke penerima.

Biasanya, kartu pos akan sampai dalam waktu 2-3 minggu, tergantung dari layanan dan jarak kartu pos. Selain itu, kekurangan lainnya adalah terkadang perangko bisa rusak atau terlepas saat tengah pengiriman ke negara tujuan.

2. Gunakan surat tercatat (RLN/EMS)

Cara selanjutnya yaitu Anda harus menggunakan surat tercatat (RLN/EMS). Keuntungan menggunakan surat tercatat adalah kemungkinan paket akan sampai jauh lebih besar. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan no resi pengiriman dan surat bukti pengiriman. Tidak hanya itu saja, surat pos Anda juga akan lebih cepat sampai, yakni sekitar 2 minggu saja.

Meski memiliki banyak kelebihan, meggunakan surat tercatat juga memiliki kekurangan. Kekurangannya adalah ongkos kirim pos ke luar negeri menjadi lebih mahal karena tercatat.

Selain itu, menggunakan surat tercatat berarti tidak tersedia perangko. Terkadang, Anda juga akan dikenakan tarif tambahan jika menggunakan surat tercatat. Tarif tambahannya yaitu sekitar Rp. 7.000 untuk kemas plastik dari Pos Indonesia.

Nah, itulah penjelasan lengkap tentang biaya kirim pake ke Australia Pos Indonesia serta informasi terkait lainnya. Anda juga sebenarnya bisa memilih paket yang lebih hemat melalui Indoshipping. Indoshipping juga melayani jasa pengiriman barang ke Australia, tentunya dengan aman dan sampai tujuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.