Cara Menjadi Arsitek yang Mumpuni

1 views

Cara Menjadi Arsitek

Cara menjadi arsitek memang bukanlah hal yang mudah, namun ketika memiliki bakat dan niat pasti akan tercapai. Pastinya harus memiliki kesungguhan untuk belajar menjadi arsitek professional. Baik melatih jiwa seni yang baik dan juga memperhitungkan bagaimana sebuah bangunan berdiri dengan baik.

Arsitek adalah orang yang bertanggung jawab penuh terhadap suatu bangunan. Baik dari segi estetika maupun keamanan dan daya tahannya. Kesalahan  merancang suatu bangunan bisa membahayakan keselamatan orang banyak.

4 Cara Menjadi Arsitek

Selain menuntut ilmu di jurusan ilmu arsitek, ada banyak faktor yang harus diketahui oleh seorang calon arsitek. Agar jalannya menuju arsitek professional dapat tercapai dengan terarah. Dikutip dari jasa arsitek Jogja JAPDESAIN, mari kita pelajari beberapa cara menjadi arsitek berikut ini:

Memiliki Niat Yang Mantap

Niat yang mantap dan teguh adalah langkah pertama yang harus dilakukan. Mempelajari segala hal tentang arsitektur dengan baik, sehingga sudah memiliki gambaran tentang profesi ini. Belajar bisa dari buku, film, literatur, kisah hidup arsitek terkenal, internet dan sebagainya.

Memiliki Langkah Awal

Mengawali langkah menjadi arsitek adalah dengan mendalami ilmu-ilmu yang berkaitan dengan dunia arsitektur.  Seperti kuliah dengan jurusan arsitek, dan menambah dengan kursus atau pelatihan yang mendukung.

Memiliki Jiwa Seni Yang Melayani

Jiwa seni yang ada pada seorang arsitek harus selalu terasah dengan baik. Karena seorang arsitek bukan hanya mempertimbangkan rancangan bangunan saja. Melainkan juga mempertimbangkan mengenai nilai keindahan bangunan yang dibuatnya. Selain itu juga memahami keinginan, fungsi dan anggaran yang dibutuhkan klien.

Memiliki Pendidikan Teknik Arsitektur

Ilmu ini wajib bagi seorang calon arsitek, karena profesi ini membutuhkan pengakuan resmi seperti lisensi untuk meyakinkan klien. Dengan belajar di jurusan arsitektur akan belajar dari dasar sampai teknik khusus yang harus ada pada seorang arsitek.

Mengikuti Pelatihan Teknik Arsitektur

Bagi seorang arsitek wajib menjalani pelatihan teknik sebagai seorang calon arsitektur. Karena dengan pelatihan yang intens, akan menambah skill saat sudah terjun di dunia kerja nantinya. Kreativitas sebagai softskill adalah salah satu keterampilan penting dan sangat wajib bagi seorang arsitek.

Menguasai AutoCAD juga sangat baik bagi seorang arsitek. Software yang bisa menggambar desain dengan skala 2 dimensi atau 3 dimensi. Membuat rancangan-rancangan sendiri untuk latihan atau mengasah kemampuan juga termasuk cara menjadi arsitek yang baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.