Beasiswa LPDP 2021 Sudah Dibuka, Catat Jenis Beasiswanya!

LPDP Buka Empat Program Baru Beasiswa untuk Mahasiswa Tahun Ini, Pendaftaran Mulai 2 Mei 2021!

Beasiswa LPDP 2021 Sudah Dibuka (Gambar: LPDP)

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) telah membuka pendaftaran untuk semua program beasiswanya mulai kemarin, Senin (3 Mei 2021). Program Beasiswa LPDP 2021 ini terbuka bagi semua kalangan dan terdapat beberapa program yang dikhususkan bagi jenjang dan profesi tertentu.

Hal ini bisa dilihat dari situs resminya yang bisa diakses di halaman beasiswa.kemdikbud.go.id, terdapat sejumlah beasiswa yang dapat diakses. Selain itu jika dibandingkan dengan tahun lalu, jumlah program ini lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya.

Hal ini dikarenakan LPDP bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, mengintegrasikan sejumlah program beasiswanya dalam program Merdeka Belajar. Program besutan Kemendikbud tersebut lalu diejawentahkan dalam bentuk beasiswa Kebudayaan, Vokasi, program Magang dan lain sebagainya. Masing-masing program tersebut memiliki persyaratan yang berbeda-beda sesuai dengan calon penerima yang menjadi targetnya.

Beasiswa LPDP 2021 Sudah Dibuka, Apa saja Jenis Beasiswanya?

Dalam situsnya (diakses 3 Mei 2021), pihak LPDP membagi program beasiswa ini secara resmi ke dalam beberapa kategori berbeda. Jika melihat halamannya anda mungkin akan sedikit kebingungan menentukan mana beasiswa yang hendak anda ikuti. Anda harus mengamati beasiswa mana yang akan diikuti supaya tidak terjadi kesalahan saat penginputan data.

Pertama, Beasiswa S2/S3 LPDP, beasiswa ini merupakan program LPDP yang paling utama ataupun reguler. Pada intinya program beasiswa ini dapat diikuti siapa saja dari semua kalangan yang ingin melanjutkan studinya ke S2 dan S3. Nantinya beasiswa ini masih dibagi lagi ke dalam beasiswa umum, afirmasi dan jalur kerja sama.

Kedua, Beasiswa S1/D4, beasiswa ini merupakan salah satu perluasan program LPDP yang terbaru. Program beasiswa ini ditujukan bagi siswa-siswi SMA berprestasi, pelaku budaya, maupun guru SMK yang ingin melanjutkan program S1/D4.

Ketiga, Beasiswa S2/S3 Dosen dan Beasiswa Joint Degree/Dual Degree. Program beasiswa ini ditujukan untuk dosen perguruan tinggi akademik maupun dari sekolah vokasi yang ingin mengambil program kuliah ganda keilmuan. Program ini memungkinkan dosen untuk mengambil program jurusan yang berbeda untuk menunjang keilmuan dan keahliannya.

Keempat, Beasiswa S2/S3 Non Dosen. Program beasiswa LPDP satu ini sebetulnya hampir sama dengan beasiswa untuk S2/S3 LPDP. Namun sasarannya hampir serupa dengan beasiswa S1/D4, yaitu mahasiswa berprestasi, pelaku budaya dan guru (sertifikasi/microedentials).

Kelima, Beasiswa Kampus Merdeka. Nah untuk program satu ini terbagi lagi untuk Kampus Mengajar, Magang dan Studi Independen, Mobilitas Internasional dan Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Program baru LPDP ini baru diluncurkan tahun ini dan kemungkinan di situsnya akan terdapat form tersendiri.

Keenam, merupakan Beasiswa Kebudayaan yang ditujukan kepada calon penerima semua jenjang S1, S2 dan S3 di dalam maupun luar negeri. Beasiswa ini khusus ditujukan untuk pelaku budaya dan terdapat syarat tertentu yang ditempuh.

Tanggal Pendaftaran dan Caranya

Beasiswa LPDP 2021 pada dasarnya sudah bisa diakses pada tanggal 3 Mei 2021 kemarin baik melalui situs https://beasiswa.kemdikbud.go.id maupun https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id. Namun sepanjang pantauan kami, untuk situs pendaftaran LPDP belum dibuka atau masih dalam pemeliharaan. Jadi kita masih akan menunggu kapan perbaikan tersebut akan selesai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.