Update 10 Universitas Terbaik di Indonesia 2021 versi Webometrics

41 views

Update Terbaru 10 Universitas Terbaik di Indonesia 2021 versi Webometrics

10 Universitas Terbaik di Indonesia 2021 versi Webometrics (Gambar: Webometrics.Info)

Salah satu situs pemeringkat universitas dan perguruan tinggi dunia, Webometrics baru saja merilis daftar baru universitas terbaik dunia 2021 (28 Januari 2021). Tentu saja daftar universitas ini juga mencakup per negara termasuk Indonesia. Lembaga pemeringkat universitas yang bermarkas di Madrid, Spanyol ini biasanya akan menilai perguruan tinggi per enam bulan sekali atau per semester.

Webometrics biasanya dalam menilai peringkat perguruan tinggi menggunakan tiga indikator, yaitu visibilitas (50%), keterbukaan atau transparansi (10%) dan keunggulan mutu (40%). Metode ini memungkinkan penilaian campuran antara peringkat populer sebuah universitas dan sitasi akademik yang menjadi basis utama penilaian.

Visibilitas dalam penilaian Webometrics merujuk pada penilaian terhadap konten website, yang dinilai berdasarkan external link atau keaktifannya. Metode ini biasanya lebih banyak digunakan oleh beberapa lembaga pemeringkat website universitas untuk menilai kepopuleran sebuah perguruan tinggi.

Selanjutnya keterbukaan dalam penilaian Webometrics terkait dengan jumlah sitasi atau rujukan yang dipakai dan digunakan dalam penelitian. Sedangkan untuk keunggulan mutu dinilai dari jumlah paper atau jurnal penelitian yang dipublikasikan oleh baik oleh universitas maupun jurnal terakreditasi. Itulah mengapa penilaian ini bersifat campuran dengan menggabungkan keaktifan website universitas dengan penilaian akademis berupa sitasi dan jurnal.

10 Universitas Terbaik di Indonesia 2021 versi Webometrics

Universitas Gadjah Mada kembali mencatatkan diri sebagai universitas terbaik di Indonesia pada awal tahun 2021 ini. Sebelumnya gelar yang sama dibukukan universitas asal kota Gudeg, Yogyakarta ini oleh QS Academic World Rankings. UGM sendiri dalam peringkat dunia versi Webometrics berada pada posisi ke 810 dunia.

Sedangkan Institut Pertanian Bogor berhasil menerobos ke peringkat kedua universitas terbaik di Indonesia versi Webometrics. IPB juga berhasil menduduki peringkat 1088 universitas terbaik di dunia kali ini. Sedangkan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS Surabaya) menjadi perguruan tinggi terbaik ketiga di tanah air sekaligus perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia kali ini.

Universitas Indonesia kali ini ada di peringkat keempat di Indonesia dan berada di peringkat 1315 dunia versi Webometrics. Menariknya ada Universitas Jember di peringkat 10 universitas terbaik di Indonesia versi lembaga yang bermarkas di Madrid, Spanyol ini. Hal ini dikarenakan prestasi tersendiri bagi universitas yang terletak di ujung timur pulau Jawa tersebut.

Namun ada yang harus patut dikritisi dalam hal ini. Salah satunya adalah tidak adanya universitas di luar Jawa yang masuk 10 peringkat universitas terbaik di Indonesia. Hal ini menunjukkan belum ratanya kualitas pendidikan tinggi dan seharusnya menjadi tolak ukur bagi stakeholder pendidikan tinggi di Indonesia. Pemerataan kualitas pendidikan tinggi seharusnya mulai menjadi isu penting untuk memacu semangat perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di Indonesia.

Berikut daftar 10 universitas terbaik di Indonesia 2021 versi Webometrics:

  1. Universitas Gadjah Mada (peringkat 810 dunia)
  2. Institut Pertanian Bogor (peringkat 1088 dunia)
  3. Institut Teknologi Sepuluh November (peringkat 1089 dunia)
  4. Universitas Indonesia (peringkat 1315 dunia)
  5. Universitas Airlangga (peringkat 1322 dunia)
  6. Institut Teknologi Bandung (peringkat 1647 dunia)
  7. Universitas Bina Nusantara (peringkat 1902 dunia)
  8. UNS-Universitas Sebelas Maret (peringkat 1990 dunia)
  9. Universitas Diponegoro (peringkat 1994 dunia)
  10. Universitas Jember (peringkat 2053 dunia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *