10 Universitas Terbaik di Kanada; Negerinya Daun Mapel

230 views
Studi di Universitas Terbaik di Kanada
https://www.easyuni.co.id/advice/kenapa-dengan-kanada-2018/

10 Universitas Terbaik di Kanada  Sejatinya Kanada merupakan negara monarki konstitusional atau lebih populer dengan nama negara persemakmuran (Commonwealth) dibawah kerajaan Inggris. Jadi meskipun dibawah pengaruh kerajaan Inggris, negara ini punya pemerintahan sendiri yang terpisah secara hukum. Dipimpin oleh seorang Gubernur Jenderal dan Perdana Menteri.

Sekarang negeri yang dikenal punya warga penutur bahasa Inggris dan Perancis dalam jumlah signifikan ini lebih dikenal karena faktor politis. Kenapa begitu? Lihat saja Perdana Menterinya, masih muda, tampan, dan berkelas. Di Barat sendiri, Perdana Menteri yang satu ini kerap dibandingkan dengan Emmanuele Macron, Presiden Perancis yang juga “darah muda” dan sama-sama keturunan Perancis.

Justin Trudeau, yap nama Perdana Menteri Kanada ini malah justru membuat negeri ini semakin populer di mata dunia, bahkan di Indonesia. Tak sedikit dari anak muda kita (terutama kaum Hawa… Hehehe…) yang terpana dengan kegantengan politisi satu ini.

Alasannya nyaris hanya satu, Tampan! Tapi tentu saja penulis mengakui bahwa dia memang politisi yang bijaksana dengan menerima pengungsi Suriah beberapa waktu lalu. Hmmm… bagus kan? Tidak cuma tampan, namun sisi humanisnya yang membuat penulis kagum.

10 Universitas Terbaik Kanada

Bagaimana soal pendidikannya?  Seperti tetangganya yaitu Amerika Serikat, bisa dikatakan negara ini termasuk maju. Sebenarnya banyak mahasiswa kita yang melanjutkan pendidikan disana dengan alasan banyak beasiswa dan tempat hidup yang relatif tenang dari ketegangan politis.

Uniknya, negeri ini justru menjadi tujuan dan acuan beberapa Universitas Islam Negeri (UIN/PTAIN) untuk melanjutkan atau mengaplikasikan sistemnya disini. Beberapa perpustakaan di tanah air juga memiliki Canada Corner untuk mempromosikan pendidikan tingkat lanjut bagi mahasiswanya yang berminat ke sana. Asyik ya?

Nah, dibawah ini ada 10 Universitas terbaik di Canada versi Webometrics dan juga sejumlah sumber lainnya:

1. University of Toronto

<

University of Toronto

http://livin6ix.com/university-toronto-ranked-1-canadav2/Inilah universitas terbaik di negeri daun mapel ini. Punya reputasi di bidang kedokteran, hukum dan komunikasi. Serta masuk dalam 50 universitas terbaik di dunia pada berbagai lembaga survei, wih hebat ya?

Kisahnya universitas ini bermula pada tahun 1827. King’s College merupakan nama awal universitas yang berdiri di kota Toronto ini. Didirikan oleh John Graves Simcoe, gubernur letnan wilayah Upper-Kanada (dikenal juga sebagai dataran tinggi Kanada yang sekarang namanya adalah Ontario, Red) dan disetujui pembangunannya oleh Raja Inggris kala itu, George IV.

Sedangkan untuk pengurusan universitas ini diserahkan kepada gereja Inggris atau yang lebih dikenal dengan nama Gereja Anglikan jika di Indonesia. Didirikannya universitas ini juga bagian dari strategi kerajaan Inggris kala itu untuk meng-counter arus republikanisme yang melAnda Amerika Serikat pada abad 18. Sehingga diharapkan dapat membantu memperkuat koloni Inggris di negeri daun mapel tersebut.

Saat ini universitas ini memiliki sekitar 60.000 mahasiswa. Terdapat 18 yang terdiri atas fakultas dan sekolah, meliputi keilmuan kedokteran, hukum, seni, farmasi, sains, kedokteran gigi, sosial, musik, manajemen, kebijakan publik dan sebagainya.

Bisa dikatakan dari segi keilmuan kedokterannya merupakan saingan Universitas John Hopkins dari Amerika Serikat. Karena menurut survei yang dilakukan majalah Maclean’s menempatkan universitas ini sebagai yang terbaik di bidang tersebut.

Untuk bidang hukum, mungkin sekolah hukum Harvard adalah salah satu saingannya di Amerika Utara versi lembaga yang sama. Menurut lembaga QS University World Rankings di tahun 2017, menempatkan universitas ini sebagai yang terbaik di Kanada dan ada di peringkat 31 dunia.

Tercatat dua alumninya merupakan penerima gelar Nobel dari bidang yang berbeda. Penulis sebenarnya cukup kaget, ternyata universitas ini merupakan rumah bagi sederet nama ilmuwan di bidang ilmu komunikasi dan sosial seperti Erving Goffman (terkenal akan teori Dramaturginya), Harold Innis (ilmuwan komunikasi dari pendekatan ekonomi-politik), serta Marshall McLuhan (terkenal karena teori ekologi media-nya). Wah, pilihan tepat bagi anak komunikasi!

2. University of British Columbia

Universitas terbaik di kanada University of British Columbia
https://onedublin.org

Universitas yang satu ini masih bersaudara dengan McGill. Berdiri di kota Vancouver, kota hujan yang sangat terkenal di barat negeri daun mapel ini.

Akar perguruan tinggi ini sebenarnya sudah ada sejak 1877. Awalnya, pemerhati pendidikan bernama John Jessop mengajukan proposal pendirian universitas ini. Namun tidak mendapat persetujuan oleh pemerintah setempat.

Barulah di tahun 1908, universitas ini berdiri dengan nama McGill University College of British Columbia. Yap universitas ini mulai dari berdiri, kurikulum dan pengajarannya dibantu oleh pengajar dari Universitas McGill dan Universitas Toronto. Setelah dirasa dapat berkembang sendiri, universitas ini lalu lepas dan “merdeka” dari McGill serta menggunakan nama tersebut hingga kini.

Ada sekitar 62.000 mahasiswa yang menimba ilmu di sini. Secara umum universitas ini memiliki 20 fakultas yang terdapat di Vancouver dan 7 fakultas lainnya di wilayah Okanagan. Keilmuannya terdiri atas hukum, sains, kedokteran, bisnis, ilmu sosial, arsitektur, ekonomi, politik dan sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *