10 Universitas Terbaik di Kanada; Negerinya Daun Mapel

Studi di Universitas Terbaik di Kanada
https://www.easyuni.co.id/advice/kenapa-dengan-kanada-2018/

10 Universitas Terbaik di Kanada  Sejatinya Kanada merupakan negara monarki konstitusional atau lebih populer dengan nama negara persemakmuran (Commonwealth) dibawah kerajaan Inggris. Jadi meskipun dibawah pengaruh kerajaan Inggris, negara ini punya pemerintahan sendiri yang terpisah secara hukum. Dipimpin oleh seorang Gubernur Jenderal dan Perdana Menteri.

Sekarang negeri yang dikenal punya warga penutur bahasa Inggris dan Perancis dalam jumlah signifikan ini lebih dikenal karena faktor politis. Kenapa begitu? Lihat saja Perdana Menterinya, masih muda, tampan, dan berkelas. Di Barat sendiri, Perdana Menteri yang satu ini kerap dibandingkan dengan Emmanuele Macron, Presiden Perancis yang juga “darah muda” dan sama-sama keturunan Perancis.

Justin Trudeau, yap nama Perdana Menteri Kanada ini malah justru membuat negeri ini semakin populer di mata dunia, bahkan di Indonesia. Tak sedikit dari anak muda kita (terutama kaum Hawa… Hehehe…) yang terpana dengan kegantengan politisi satu ini.

Alasannya nyaris hanya satu, Tampan! Tapi tentu saja penulis mengakui bahwa dia memang politisi yang bijaksana dengan menerima pengungsi Suriah beberapa waktu lalu. Hmmm… bagus kan? Tidak cuma tampan, namun sisi humanisnya yang membuat penulis kagum.

10 Universitas Terbaik Kanada

Bagaimana soal pendidikannya?  Seperti tetangganya yaitu Amerika Serikat, bisa dikatakan negara ini termasuk maju. Sebenarnya banyak mahasiswa kita yang melanjutkan pendidikan disana dengan alasan banyak beasiswa dan tempat hidup yang relatif tenang dari ketegangan politis.

Uniknya, negeri ini justru menjadi tujuan dan acuan beberapa Universitas Islam Negeri (UIN/PTAIN) untuk melanjutkan atau mengaplikasikan sistemnya disini. Beberapa perpustakaan di tanah air juga memiliki Canada Corner untuk mempromosikan pendidikan tingkat lanjut bagi mahasiswanya yang berminat ke sana. Asyik ya?

Nah, dibawah ini ada 10 Universitas terbaik di Canada versi Webometrics dan juga sejumlah sumber lainnya:

1. University of Toronto

<

University of Toronto

http://livin6ix.com/university-toronto-ranked-1-canadav2/Inilah universitas terbaik di negeri daun mapel ini. Punya reputasi di bidang kedokteran, hukum dan komunikasi. Serta masuk dalam 50 universitas terbaik di dunia pada berbagai lembaga survei, wih hebat ya?

Kisahnya universitas ini bermula pada tahun 1827. King’s College merupakan nama awal universitas yang berdiri di kota Toronto ini. Didirikan oleh John Graves Simcoe, gubernur letnan wilayah Upper-Kanada (dikenal juga sebagai dataran tinggi Kanada yang sekarang namanya adalah Ontario, Red) dan disetujui pembangunannya oleh Raja Inggris kala itu, George IV.

Sedangkan untuk pengurusan universitas ini diserahkan kepada gereja Inggris atau yang lebih dikenal dengan nama Gereja Anglikan jika di Indonesia. Didirikannya universitas ini juga bagian dari strategi kerajaan Inggris kala itu untuk meng-counter arus republikanisme yang melAnda Amerika Serikat pada abad 18. Sehingga diharapkan dapat membantu memperkuat koloni Inggris di negeri daun mapel tersebut.

Saat ini universitas ini memiliki sekitar 60.000 mahasiswa. Terdapat 18 yang terdiri atas fakultas dan sekolah, meliputi keilmuan kedokteran, hukum, seni, farmasi, sains, kedokteran gigi, sosial, musik, manajemen, kebijakan publik dan sebagainya.

Bisa dikatakan dari segi keilmuan kedokterannya merupakan saingan Universitas John Hopkins dari Amerika Serikat. Karena menurut survei yang dilakukan majalah Maclean’s menempatkan universitas ini sebagai yang terbaik di bidang tersebut.

Untuk bidang hukum, mungkin sekolah hukum Harvard adalah salah satu saingannya di Amerika Utara versi lembaga yang sama. Menurut lembaga QS University World Rankings di tahun 2017, menempatkan universitas ini sebagai yang terbaik di Kanada dan ada di peringkat 31 dunia.

Tercatat dua alumninya merupakan penerima gelar Nobel dari bidang yang berbeda. Penulis sebenarnya cukup kaget, ternyata universitas ini merupakan rumah bagi sederet nama ilmuwan di bidang ilmu komunikasi dan sosial seperti Erving Goffman (terkenal akan teori Dramaturginya), Harold Innis (ilmuwan komunikasi dari pendekatan ekonomi-politik), serta Marshall McLuhan (terkenal karena teori ekologi media-nya). Wah, pilihan tepat bagi anak komunikasi!

2. University of British Columbia

Universitas terbaik di kanada University of British Columbia
https://onedublin.org

Universitas yang satu ini masih bersaudara dengan McGill. Berdiri di kota Vancouver, kota hujan yang sangat terkenal di barat negeri daun mapel ini.

Akar perguruan tinggi ini sebenarnya sudah ada sejak 1877. Awalnya, pemerhati pendidikan bernama John Jessop mengajukan proposal pendirian universitas ini. Namun tidak mendapat persetujuan oleh pemerintah setempat.

Barulah di tahun 1908, universitas ini berdiri dengan nama McGill University College of British Columbia. Yap universitas ini mulai dari berdiri, kurikulum dan pengajarannya dibantu oleh pengajar dari Universitas McGill dan Universitas Toronto. Setelah dirasa dapat berkembang sendiri, universitas ini lalu lepas dan “merdeka” dari McGill serta menggunakan nama tersebut hingga kini.

Ada sekitar 62.000 mahasiswa yang menimba ilmu di sini. Secara umum universitas ini memiliki 20 fakultas yang terdapat di Vancouver dan 7 fakultas lainnya di wilayah Okanagan. Keilmuannya terdiri atas hukum, sains, kedokteran, bisnis, ilmu sosial, arsitektur, ekonomi, politik dan sebagainya.

Di negeri asalnya, universitas ini memiliki reputasi di bidang sains yang merupakan yang terbaik di Kanada versi lembaga Times Higher Education University World Rankings (THE). Selain itu bagi Anda yang tertarik di bidang Geografi, universitas ini ada di peringkat ke 9 dunia versi QS World UniversIty Rankings.

Tak main-main memang, alumninya sudah berhasil meraih 7 gelar Nobel di bidang yang berbeda-beda. Salah satu alumninya siapa lagi kalau bukan Justin Trudeau, PM Kanada saat ini yang terkenal tampan itu. Hehehe…

3. McGill University

McGill University
https://www.usnews.com/education/best-global-universities/mcgill-university-499986

Ini dia yang penulis tunggu-tunggu, hehehe. Bukan berarti mengistimewakan, namun universitas ini bisa dikatakan paling populer namanya diantara universitas Kanada lainnya. Terkenal juga dilingkungan perguruan tinggi Islam negeri di tanah air kita ini. Penasaran?

Lokasi perguruan tinggi ini ada di lereng gunung Royal di kota Montreal, wilayah Quebec, Kanada bagian timur. Berdiri pada tahun 1821 oleh Raja George IV, serta mengambil nama dari seorang pengusaha yang terkenal dari Skotlandia yang juga ikut menyumbang pembangunan universitas ini, yaitu John McGill.

Namun, sebenarnya John McGill belum pernah melihat berdirinya universitas ini karena ia meninggal di tahun 1803. Pembangunan universitas ini sendiri diserahkan kepada The Royal Institusion for the Advancement of Learning (RIAL) di tahun 1801. Tidak heran sampai sekarang universitas ini mengambil nama pengusaha dermawan tersebut sampai sekarang, yaitu untuk mengenang jasa dan dedikasinya dalam pembangunan universitas ini.

Saat ini universitas ini memiliki lebih dari 40.000 mahasiswa yang berkuliah di perguruan tinggi ini. Memiliki 11 fakultas yang terdiri atas keilmuan agrikultur, ekonomi, agama, seni, edukasi, teknik, hukum, manajemen,kedokteran, sains, dan musik.

Bisa dikatakan universitas ini adalah yang paling “Islami” karena memiliki perpustakaan dan ilmuwan di bidang kajian Islam dari berbagai aliran mulai dari orang Islam sendiri sampai para orientalis. Gara-gara hal ini, universitas ini disebut-sebut adalah yang paling lengkap referensinya untuk studi Islam di Amerika Utara. Pantesan cendekiawan Muslim kita pada kesini, lha wong ada kajian Islamnya!.

Selain itu karena mereka memiliki fakultas agama, berbagai aliran Kristen (terutama Protestan) ada di sini. Cocok bagi Anda yang ingin jadi pendeta bagi umat Kristiani. Sedangkan universitas ini unggul di bidang akuntansi yang dimana merupakan terbaik di Kanada versi LinkedIn. Peringkat kampusnya sendiri merupakan ketiga di Kanada dan ada di peringkat 63 dunia versi Academic Rankings World University (ARWU). Keren ya?

Alumninya telah meraih sebanyak 12 gelar Nobel dari berbagai bidang. Tercatat ada tidag perdana menteri Kanada yang merupakan alumni universitas ini. Termasuk Justin Trudeau, PM Kanada saat ini yang sebelumnya kuliah di Universitas British Columbia dan melanjutkan pendidikannya di sini. Sedangkan alumninya dari negeri kita adalah Prof. Amin Abdullah, Prof. Yudian Wahyudi (keduanya Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta) dan masih banyak lagi.

4. Alberta University

Universitas terbaik di Kanada Alberta University
webnode.com

Perguruan tinggi yang satu ini berdiri di kota Edmonton, provinsi Alberta, Kanada bagian tengah. Kota kelima terbesar di negeri daun mapel. Dikenal juga sebagai kota permata karena terdapat tambang permata di sana.

Universitas ini berdiri pada tahun 1906. Pendirinya adalah Alexander Cameron Rutherford, perdana menteri pertama Alberta yang kala itu menjadi wilayah tersendiri atau punya hak khusus di Kanada. Karena wilayah tersebut masih berusia muda dan belum banyak penggerak di berbagai bidang, makanya universitas ini didirikan untuk memenuhi hal tersebut. Sedangkan model perguruan tinggi ini mengacu pada sistem yang sudah dipakai oleh Universitas Toronto.

Uniknya ketika pertama kali universitas ini berjalan pada tahun 1908, muridnya hanya 45 mahasiswa saja. Terdiri atas tiga jurusan saja yaitu matematika, bahasa Inggris, dan bahasa modern. Seiring berjalannya waktu, universitas ini lalu mengembangkan modelnya sendiri.

Ada sekitar 40.000 mahasiswa yang berkuliah di sini. Ada 18 fakultas yang menaungi keilmuan agrikultur dan lingkungan, seni, edukasi, kedokteran, hukum, bisnis, teknik, studi masyarakat  asli, keperawatan, farmasi, rehabilitasi, dan sebagainya.

Bagi Anda yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan di bidang seni dan humaniora, universitas ini merupakan pilihan tepat. Karena menurut QS World Academic Rankings di tahun 2014 menempatkan universitas ini di peringkat 89 dunia untuk bidang tersebut.

Satu  lagi nih bagi Anda yang tertarik untuk mempelajari bahasa Inggris, universitas ini ada di peringkat 22 dunia untuk bidang tersebut versi lembaga yang sama. Sedangkan menurut lembaga survei Academic Performance di tahun 2014-2015 menempatkan universitas ini di peringkat 31 dunia untuk jurusan ilmu lingkungan. Pilihan tepat bagi Anda yang ingin jadi aktivis lingkungan.

Alumninya telah meraih satu gelar Nobel atas nama Richard Taylor di bidang Fisika. Satu alumninya yang penulis kenal adalah Margareth Atwood, penulis novel yang terkenal di negeri daun mapel ini. Alumninya kebanyakan adalah ilmuwan sains dan politisi.

5. University of Waterloo

Universiti of Waterloo
https://oneclass.com/blog/university-of-waterloo/10106-10-of-the-easiest-classes-at-university-of-waterloo

Banyak yang menduga kata “waterloo” berasal dari bahasa Inggris karena faktor “water” –nya itu. Padahal Waterloo adalah nama sebuah pertempuran terakhir kaisar Perancis, Napoleon Bonaparte ketika gagal menaklukkan Eropa, tepatnya di negara Belgia. Kalau yang satu ini memang namanya Waterloo, tapi di Ontario.

Yap, universitas ini berdiri pada tahun 1956. Sebenarnya perguruan tinggi yang masih bertetangga dengan Universitas Toronto (sama-sama di Ontario, Red) ini sejatinya merupakan penggabungan dari beberapa college Kristen dari berbagai denominasi di wilayah barat Ontario. Sedangkan akar universitas ini bermula sejak berdirinya Waterloo Lutheran Seminary yang berafiliasi dengan University of Western Ontario sejak 1925. Jadi masih satu saudara dengan Western Ontario yang terlebih dahulu berdiri.

Dari namanya sudah bisa ditebak bahwa awalnya adalah sekolah seminari atau sekolah calon pendeta Kristen Protestan aliran Lutheran. Nah ketika digabung dengan beberapa college pada tahun 1956, namanya berubah menjadi Waterloo College.

Hingga saat ini afiliasi universitas ini tetap dipertahankan pada gereja kristen seperti Katolik Roma, Gereja Anglikan, Mennonit dan Gereja Persatuan. Sehingga ideologi Kristiani lekat dengan universitas ini.

Ada sekitar 35.000 mahasiswa yang berkuliah disini. Ada 6 fakultas yang menaungi beberapa sekolah seperti keilmuan kesehatan, seni, teknik, lingkungan, matematika dan sains. Bagi Anda penggemar ilmu matematika dan teknik ada kabar gembira.

Sebab universitas ini menduduki peringkat 32 dunia untuk matematika (QS World Academic Rankings  dan selalu berada di peringkat 100 dunia untuk teknik (Academic Rankings World Universities, ARWU). Pilihan tepat bagi Anda yang ingin mendalami dua keilmuan tersebut.

Alumninya kebanyakan adalah pengusaha di negeri daun mapel ini. Satu alumninya berhasil meraih gelar Nobel ekonomi atas nama Robert Mundell. Ada satu nama lagi yang mungkin familier di kalangan peinta IT. Mike Lazaridis, pendiri Research In Motion alias Blackberry Limited yang terkenal akan layanan BBM-nya itu merupakan alumni universitas ini.

6. University of Calgary

Universitas terbaik di Kanada University of Calgary
http://www.metronews.ca/news/calgary/2013/08/22/university-of-calgary-plans-to-scrap-19-programs.html

Kembali ke provinsi Alberta, ada satu kota yang punya julukan “kota minyak”. Kota Calgary di Kanada perekonomiannya ditopang dari adanya minyak yang cukup berlimpah. Namun punya universitas dengan reputasi termuda dan terbaik di dunia.

Universitas yang satu ini berdiri pada tahun 1944. Waktu itu universitas ini berafiliasi terlebih dahulu dengan Universitas Alberta yang berlokasi di Edmonton dengan nama Calgary branch of the University of Alberta. Jadi bisa dikatakan universitas ini merupakan “saudara kandung” Universitas Alberta.

Barulah di tahun 1966 universitas ini berdiri dan lepas alias “merdeka” dari Universitas Alberta. Namun untuk sistem perguruan tingginya sendiri tidak jauh-jauh dari saudaranya tersebut. Sama-sama mengacu sistem pendidikan perguruan tinggi negeri di Amerika Serikat.

Ada sekitar 30.000 mahasiswa yang berkuliah di sini. Perguruan tinggi ini memiliki 14 fakultas yang terdiri atas keilmuan kedokteran, seni, desain lingkungan, kinesiologi, hukum, keperawatan, bisnis, teknik, dan sebagainya.

Penulis cukup tertarik dengan kinesiologi, salah satu cabang ilmu kedokteran yang mempelajari struktur tubuh manusia maupun hewan. Salah satu jurusan langka yang jarang terdengar di tanah air. Di universitas ini bahkan ditawarkan fakultas khusus untuk mempelajari keilmuan tersebut.

Sedangkan untuk ranking universitasnya terbilang “wah”. Lembaga survei QS World Academic Rankings menempatkan perguruan tinggi termuda terbaik se Kanada dan Amerika Utara dibawah usia 50 tahun. Yap, universitas ini masih muda tapi punya kaliber yang terbilang sangat oke.

Universitas ini juga terkenal akan alumninya yang bekerja di bidang IT. Ada nama Theo de Raadt (OpenBSD dan OpenSSH, bagi Anda yang hobi hacking pasti kenal siapa dia, hehehe), Gary Kovacs (CEO Mozilla dan AVG Technologies) dan James Gosling (pencipta bahasa pemrograman Java). Universitas yang juga direkomendasikan bagi Anda pecinta dunia IT.

7. Simon Fraser University

Universitas terbaik di Kanada Simon Fraser University
http://www.thecanadianencyclopedia.ca/en/article/simon-fraser-university/

Sebenarnya nama universitas ini cukup familier dengan anak komunikasi di tanah air. Banyak studinya yang dipakai sebagai acuan. Serta universitas ini juga cuma tetanggaan dengan British Columbia, karena masih satu provinsi hanya beda kota saja.

Universitas ini berdiri di wilayah Burnaby. Berdiri pada tahun 1965, penamaan universitas ini sebenarnya juga sangat unik. Awalnya universitas ini bernama Fraser University dan sering disingkat “FU”. Jadi inget nama motor, hehehe.

Sialnya, singkatan “FU” tersebut sering diplesetkan artinya menjadi “Fuck You”. Tanpa perlu menjelaskan arti dan maknanya (yah semua tahu sendiri kan artinya apa?), nama universitas ini lalu segera diubah namanya menjadi yang sekarang kita lihat. Simon Fraser sendiri adalah nama seorang…………………………..

Ada 35.000 mahasiswa yang berkuliah di universitas ini. Ada tujuh fakultas dengan satu sekolah yang terdiri atas ilmu terapan, seni dan sosial, bisnis, komunikasi, lingkungan, edukasi, kesehatan, dan sains.

Selain komunikasi, universitas ini juga menonjol untuk keilmuan sejarah dan arkeologi, di mana universitas ini ada di peringkat 44 dunia versi QS World Academic Rankings (QS Subject 2017). Pilihan tepat bagi Anda yang ingin belajar ilmu sejarah dan arkeologi.

Uniknya kebanyakan alumninya berhasil meraih gelar wanita terbaik di berbagai negara terutama lulusan dari Hong Kong dan China. Rata-rata alumninya juga bekerja di media. Margaret Trudeau (istri PM Kanada saat ini, Justin Trudeau) juga merupakan alumnusnya yang terkenal. Ternyata ada satu nama alumnusnya dari tanah air, Ibu Yohana Yembise, Menteri Perempuan dan Perlindungan Anak. Hebat ya?

8. McMaster University

Universitas terbaik di Kanada MCMASTER
http://www.macleans.ca/schools/mcmaster-university/

Sepertinya universitas beken di Kanada didominasi perguruan tinggi di Ontario. Yap yang satu ini juga di provinsi Ontario. Tepatnya di kota Hamilton. Cuman bedanya ini adalah salah satu universitas tertua di negeri daun mapel ini.

Universitas ini berdiri pada tahun 1887 dan merupakan hasil merger dari dua sekolah tinggi yaitu Toronto Baptist College dan Woodstock College. Pendirinya adalah salah satu dari denominasi Kristen Protestan aliran Baptis. Keilmuan awalnya adalah seni dan teologi, agak berbeda dengan universitas lain di Kanada yang rata-rata keilmuannya adalah sains. Universitas ini cocok bagi Anda yang condong pada ketenangan karena memang lokasinya agak jauh dari padatnya perkotaan.

Mahasiswa yang berkuliah di sini juga tidak sepadat universitas lain di Kanada, sekitar 30.000 mahasiswa saja yang berkuliah di sini. Punya enam fakultas yang terdiri atas keilmuan bisnis, kedokteran, sains, ilmu sosial, kesehatan, dan humaniora. Universitas ini unggul di bidang kedokteran di mana masuk peringkat 25 dunia dan terbaik ke  di Kanada versi Times Higher Education (THE).

Satu hal yang cukup unik adalah universitas ini memiliki reaktor nuklir. Sangat pas bagi Anda yang penasaran dengan cabang ilmu sains satu ini yang dikenal langka di tanah air. Terlebih nuklir di Indonesia sedang dikembangkan ke arah sumber energi, jadi masih terbuka lebar prospek pengembangan kedepannya.

Kebanyakan alumninya juga merupakan ilmuwan di bidang kedokteran. Dua gelar nobel berhasil diraih oleh Bertram Brockhouse dari keilmuan Fisika dan Myron Scholes di bidang ekonomi. Penulis juga menemui lagi nama Harold Innis (ilmuwan komunikasi yang juga alumni Universitas Toronto, Red) yang ternyata pernah berkuliah di universitas ini.

9. University of Western Ontario

University of Western Ontario
https://uaem.org/university-of-western-ontario/

Masih di Ontario, ada satu universitas yang sudah cukup tua sebenarnya. Bahkan universitas yang punya hubungan dengan Waterloo ini sudah ada sejak 1878. Gimana ya itu ceritanya?

Lokasinya ada di kota London, ingat ini Kanada bukan Inggris hehehe. Yap nama kotanya memang seperti itu, dan masih provinsi Ontario. Didirikan oleh pendeta Gereja Anglican di wilayah Huron bernama Isaac Hellmuth dengan nama awal The Western University of London Ontario. Sampai saat ini nama universitas ini lebih kondang disebut Western University.

Namun ketika awal berdiri, universitas ini hanya punya 15 murid saja! Jurusan awal di universitas ini ada empat yaitu hukum, ilmu kitab suci, seni dan kedokteran. Nah pada tahun 1906, universitas ini lepas dari pengaruh denominasi Kristen Anglikan. Jadi lebih bebas dan tidak terikat dengan ideologi agama. Meskipun begitu pelajaran teologi dari berbagai denominasi tetap diajarkan hingga kini, sama seperti saudaranya, Universitas Waterloo.

Ada sekitar 36.000 mahasiswa yang berkuliah di perguruan tinggi ini. Terdapat 12 fakultas dan sekolah yang terdiri atas keilmuan komunikasi dan informasi, seni, hukum, musik, kedokteran, teknik, kesehatan, sains, ilmu sosial dan lain sebagainya.

Bagi Anda anak IPS, universitas ini adalah pilihan tepat karena ilmu sosialnya menempati peringkat 91 dunia dan keempat terbaik di negeri daun mapel ini versi QS World University Rankings. Namun bagi Anda yang ingin belajar bisnis, universitas ini merupakan yang terbaik di Kanada masuk 10 peringkat teratas sekolah bisnis terbaik di luar Amerika versi Bloomberg Businessweek. Satu lagi kembaran Universitas Pennsylvania… lebih tepatnya ini sih rival. Hehehe…

Sudah dua gelar Nobel yang diraih alumni universitas ini dari bidang yang berbeda. Alumninya kebanyakan pebisnis di negeri daun mapel ini. Ada juga yang bekerja di media maupun ilmuwan di bidang kedokteran.

10. Universitè de Montrèal

Universitè de Montrèal
http://admissionmart.com/university-of-montreal/

Khusus yang satu ini, penulis harus menulisnya sesuai dengan abjad yang baku dari bahasa Perancis. Hehehe, universitas ini mulai dari nama sampai bahasa kuliahnya menggunakan bahasa dari negerinya Napoleon Bonaparte itu.

Seperti yang kita tahu, Kanada adalah salah satu negara di dunia yang menggunakan dua bahasa resmi, yaitu Inggris dan Perancis karena terdapat penduduk keturunan Inggris dan Perancis yang cukup signifikan. Universitas yang berdiri pada tahun 1878 ini adalah salah satu perguruan tinggi di Kanada yang menggunakan bahasa Perancis.

Awalnya universitas ini bernama Universitè de Laval à Montrèal yang sebenarnya merupakan cabang dari Universitè Laval (ada di kota Quebec). Didirikan oleh penganut agama Kristen Katholik asal Perancis. Bahkan sampai tahun 1918 universitas ini masih berafiliasi dengan Vatikan. Barulah pada tahun 1919 universitas ini diberi hak otonomi penuh oleh Kepausan di Vatikan yang waktu itu dipimpin oleh Paus Benediktus XV dan namanya berubah sesuai dengan yang kita lihat sekarang.

Ada sekitar 67.000 mahasiswa yang berkuliah di sini, termasuk mahasiswa yang berkuliah di sekolah afiliasi milik universitas ini (yaitu Ècole Polytechnique yang merupakan sekolah teknik dan HEC Montrèal, sekolah bisnis. Red). Memiliki 13 fakultas dan dua afiliasi sekolah yang meliputi teknik, bisnis, sains, filsafat, kedokteran hewan (veteriner), farmasi, ilmu sosial dan sebagainya.

Bagi Anda yang berminat jadi konsultan kesehatan, universitas merupakan yang terbaik di Kanada untuk jurusan ilmu kesehatan versi majalah Forbes. Selain itu sekolah bisnisnya dan kedokteran juga masuk sebagai universitas terbaik di Kanada versi berbagai lembaga pemeringkat. Namun satu hal yang mencolok di sini adalah ilmu nuklir, karena universitas ini mengonsentrasikan penelitiannya di keilmuan tersebut.

Satu alumninya berhasil meraih gelar Nobel di bidang kedokteran atas nama Roger Guillemin. Alumninya kebanyakan berprofesi di bidang IT maupun sains. Pierre Trudeau, mantan Perdana Menteri Kanada yang juga merupakan ayah dari PM Kanada saat Ini (Justin Trudeau), juga alumnus universitas ini. Wah, benar-benar keluarga politisi…


Negeri daun mapel ini keilmuan yang menonjol rata-rata adalah kedokteran, sains, bisnis dan komunikasi. Sangat cocok untuk Anda yang berminat untuk kuliah ilmu tersebut. Meskipun begitu jangan dipAndang remeh juga terhadap ilmu lainnya.

Sebab seperti McGill justru punya jurusan studi Islam layaknya perguruan tinggi Timur Tengah. Bahkan McMaster memiliki reaktor nuklir sendiri untuk mahasiswanya bereksperimen mengenai ilmu yang terbilang langka di tanah air ini.

 

Hobinya mempelajari kehidupan dan belajar dari kehidupan... Hayoo bingung to??...,., :D

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *