10 Prospek Kerja Ilmu Komunikasi yang Belum Banyak Diketahui

10 Prospek Kerja Ilmu Komunikasi – Komunikasi adalah sebuah proses di mana terdapat interaksi antara komunikan dan komunikator untuk melakukan pertukaran pesan baik secara langsung maupun tidak langsung. Sebuah interaksi sosial yang bisa dikatakan tidak berarti apa-apa apabila tidak terdapat  komunikasi di dalamnya.

masa depan kerja lulusan ilmu komunikasi
qerja.com

Komunikasi juga berhubungan dengan pemanfaatan teknologi dan penemuan baru seiring perkembangan zaman. Dengan berkembangnya zaman, waktu dan teknologi yang kian pesat ini tentu segala unsur dalam  hidup kita mulai menerima banyak pengaruh dari hal–hal baru. Ya, termasuk dalam cara kita berkomunikasi.

Baca juga Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam mulai dari pengertian hingga prospek masa depannya.

Nah, karena zaman yang semakin serba canggih dan mutakhir, komunikasi selalu menjadi hal pokok untuk menghadapi perkembangan zaman yang terjadi. Salah satunya dengan mengisi posisi-posisi penting yang ditawarkan melalui prospek kerja Ilmu Komunikasi.

Maka, studi Ilmu Komunikasi hadir untuk  terus menjadi bidang ilmu yang dinamis dan kritis dalam menyajikan strategi di zaman yang serba canggih ini. Terbukti, berbagai prospek kerja Ilmu Komunikasi berperan penting dalam kehidupan modern saat ini.

A. Lalu, Apa sih yang Sebenarnya Dipelajari di Ilmu Komunikasi?

prospek kerja ilmu komunikasi sebagai publick speaking
primeonlinenews.blogspot.com

Ilmu Komunikasi di perguruan tinggi umumnya dipelajari di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP/FISIPOL/FIS).  Jurusan Ilmu Komunikasi ini masuk dalam kategori jurusan dengan jumlah peminat terbanyak.

Kuliah yang didapat mahasiswa Ilmu Komunikasi adalah Pengantar Ilmu Komunikasi Ilmu-ilmu Sosial Antropologi, Filsafat, Ilmu Politik, Sosiologi Komunikasi, Psikologi Komunikasi, Komunikasi Massa, Komunikasi Antar Budaya, Komunikasi Organisasi, Etika Komunikasi, Metode Penelitian Komunikasi, Komunikasi Antar Pribadi, Tekonologi Komunikasi dan masih banyak lagi mata kuliah-mata kuliah pilihan lainnya.

Studi Ilmu Komunikasi juga memiliki cabang-cabang dari penjurusan ini. Biasanya, bila mahasiswa memilih salah satu dari cabang Ilmu Komunikasi tersebut, ke depannya ia juga paham akan cabang–cabang ilmunya yang lain. Namun, pada salah satu cabang Ilmu Komunikasi yang dipilih itulah ia akan menjadi ahli di dalamnya.

Ahli-ahli tersebut tentu saja mengarah pada keilmuan yang selama ini dipelajari. Ahli-ahli atau pakar dari lulusan Ilmu Komunikasi itulah nantinya akan mengisi atau bahkan membuka prospek kerja Ilmu Komunikasi yang baru.

B. Cabang Konsentrasi di Ilmu Komunikasi

cabang-cabang komunikasi
cio.com

Studi Ilmu Komunikasi memiliki cabang yang cukup banyak. Di antara cabang-cabang itu adalah :

1. Jurnalistik

jurnalis prospek kerja ilmu komunikasi
pixabay.com

Konsentrasi jurnaistik ini mengajarkan mahasiswa untuk belajar bagaimana caranya menulis. Jurnalistik juga mengajarkan mahasiswa untuk peka dan kritis kepada lingkungan sosial di sekitar untuk bisa menulis dengan berbagai perspektif.

Dalam konsentrasi jurnalistik ini, mahasiswa bukan hanya diajarkan menulis berita dengan format 5W1H saja, tapi juga diajarkan untuk menulis artikel, indeptnews, feature, sastra, opini, essay dan sebagainya. Mahasiswa juga dilatih untuk berpikir kreatif dan inovatif.

2. Broadcasting

prospek kerja ilmu komunikasi konsentrasi broadcasting
macom-international.com

Broadcasting atau penyiaran adalah salah satu konsentrasi dari beberapa cabang Studi Ilmu Komunikasi. Broadcasting mempelajari tata cara penyiaran, pembuatan script, editing, teknik membuat film, teknik siaran radio, teknik memimpin jalannya syuting (sutradara) dan sebagainya

3. Advertising

prospek ilmu komunikasi bidang advertising
mobilemarketingwatch.com

Advertising atau periklanan ini mempelajari tata cara menyampaikan iklan melalui gambar, video, tulisan dan animasi. Tujuan dari iklan yang dikemas dengan gambar, video, atau animasi tersebut adalah untuk mempersuasif masyarakat agar tertarik dengan promosi iklan yang ditampilkan. Advertising sering juga disebut desain komunikasi visual.

4. Public Relation

public relations prospek kerja komunikasi
thornleyfallis.com

Sama halnya dengan advertising, pada konsentrasi public relation mahasiswa diajarkan untuk pandai mempersuasifkan masyarakat agar tertarik dengan apa yang disampaikan. Bedanya, public relation lebih ditekankan pada kemampuan individual orang tersebut dalam menarik perhatian masyarakat guna menyampaikan pesannya.

5. Manajemen Media

prospek kerja komunikasi ilmu sebagai manajemen media
rocketmanajemen.com

Manajemen media atau bisa juga disebut dengan manajemen komunikasi adalah konsentrasi yang difokuskan pada tata cara pengelolaan atau pemasaran media dan komunikasi. Konsentrasi ini lebih menekankan pada corporate and marketing communication.

Manajemen Komunikasi bisa bekerja sebagai Pengelola Media Komersial dan Komunitas, Manajer Media Komersial dan Media Komunitas, Manajer Produksi dan Komunikasi Pemasaran Media, Retorika dan Presentasi Media Massa.

6. Komunikasi  Bisnis

komunikasi bisnis prospek kerja ilmu komunikasi
middlemarketcenter.org

Konsentrasi komunikasi bisnis ini merupakan perpaduan antara komunikasi dan kemampuan berbisnis. Konsentrasi ini difokuskan pada bagaimana cara menggunakan media yang dipadukan dengan ketrampilan dan kemampuan berkomunikasi sebagai penunjang bisnis untuk membangun citra atau mengembangkan suatu produk dari bisnis tersebut.

Dari sekian konsentrasi tersebut, maka para lulusan Ilmu Komunikasi diharapkan bisa masuk dalam berbagai sektor pekerjaan, entah itu di pemerintahan, ataupun swasta. Mengingat pesatnya perkembangan media di Indonesia, peluang berkarir bagi lulusan Komunikasi saat ini bisa dibilang terbuka lebar!

Mau tahu prospek kerja lulusan mahasiswa lulusan Ilmu Komunikasi? Mari simak ulasan di bawah ini!

C. Prospek Kerja Ilmu Komunikasi

prospek kerja ilmu komunikasi
fastcompany.com

Dalam perkembangannya, Ilmu Komunikasi menempati posisi favorit bagi mahasiswa baru. Hal ini terbukti dari tahun ke tahun peminatnya semakin banyak. Dari sekian opini, banyak di antara mereka yang mengatakan para alumninya mempunyai prospek kerja yang luas.

Nah apa saja prospek kerja Ilmu Komunikasi tersebut, mari kita bahasa satu persatu.

1. Prospek Kerja Ilmu Komunikasi sebagai Jurnalis

jurnalistik sebagai prospek kerja mahasiswa ilmu komunikasi
keepo.me

Jurnalistik adalah salah satu bagian dari studi Ilmu Komunikasi. Jurnaslitik mempelajari, teknik tentang bagaimana cara menulis berita, feature,  artikel atau opini di media massa, baik itu media cetak, media elektronik, maupun media online.

Dalam dunia Ilmu Komunikasi, jurnalistik menjadi mata kuliah wajib yang harus diambil oleh mahasiswa. Sebab dari mata kuliah inilah mahasiswa dilatih untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah dan menyebarkan berita.

Mahasiswa benar-benar diajarkan untuk mampu menulis, menganalisa terhadap kondisi sosial serta berpikir kritis terhadap polemik yang terjadi di sekitarnya. Jurnalistik memang ilmu yang dapat dipelajari oleh siapapun, tidak harus dari lulusan Ilmu Komunikasi.

Tapi, mahasiswa lulusan Ilmu Komunikasi tentu memiliki kemampuan yang lebih dalam dunia jurnalistik. Adapun bidang-bidang kerja dari seorang jurnalis antara lain menjadi wartawan, redaktur, reporter.

2. Prospek Kerja Ilmu Komunikasi sebagai Fotografer

fotografer lulusan ilmu komunikasi
pixabay.com

Fotografer jika dilihat dari profesi adalah seseorang yang melakukan kegiatan fotografi secara profesional yang merupakan tanggung jawabnya yang sebagai kegiatan pokok untuk memperoleh penghasilan. Memang, ada yang menjadikan fotografi sebagai hobi, meskipun tak jarang ada pula yang menjadikan fotografi sebagai profesi.

Untuk lulusan Ilmu Komunikasi yang mengambil konsentrasi jurnalistik, di dalamnya ada mata kuliah tentang teknik fotografi. Bagaimana cara mengambil gambar dari angle yang menarik, mengambil gambar yang unik ataupun menarik. Menjadi fotografi bisa dijadikan sebagai profesi bagi kalian lulusan Ilmu Komunikasi.

3. Prospek Kerja Ilmu Komunikasi sebagai Penyiar / Broadcaster

prospek kerja ilmu komunikasi broadcaster
shareyouressays.com

Baca juga mengenai luasnya Prospek Kerja Hubungan Internasional

Seperti yang kita ketahui, bahwa dunia penyiaran pada dasarnya ialah proses menyampaikan suatu pesan melalui media massa seperti televisi, radio ataupun media online kepada masyarakat. Dalam proses penyampaian pesan itulah lulusan Ilmu Komunikasi dituntut untuk dapat menentukan strategi agar pesan yang disampaikan mudah diterima oleh masyarakat sesuai dengan segmentasinya.

Menjadi produser, sutradara, reporter, copy writer, penyiar radio dan lain–lain adalah jenis pekerjaan yang terlibat dalam bidang penyiaran, dan pekerjaan-pekerjaan itu adalah salah satu prospek kerja yang paling banyak dicari oleh industri-industri komunikasi yang sedang berkembang saat ini.

Nah, bidang kerja broadcasting  biasanya ditempatkan di industri-industri komunikasi seperti stasiun televisi, radio, ataupun kantor – kantor surat kabar, tabloid maupun majalah.

4. Prospek Kerja Ilmu Komunikasi sebagai Kameramen

kameramen ilmu komunikasi
mungothecameraman.com

Bagi lulusan Ilmu Komunikasi yang mengambil konsentrasi broadcasting menjadi kameramen pasti hal yang tidak asing. Kameramen atau juru kamera ialah orang yang mengoperasikan kamera untuk merekam sebuah gambar film. Kameramen bertangung jawab atas memelihara komposisi seluruh adegan atau bidikannya.

Dalam pembuatan sebuah film naratif cameramen bertugas secara langsung dengan sang sutradara, penata fotografi, actor serta crew guna membuat keputusan teknis dan keatif. Kecakapan sang kameramen yang terpenting adalah mengetahui teknik dalam pengambilan gambar, serta disukung dengan pengetahuan dalam pengambilan gambar.

Menjadi kameramen bisa juga dijadikan profesi untuk kalian para lulusan Ilmu Komunikasi.

5. Prospek Kerja Ilmu Komunikasi sebagai Presenter atau Host

presenter prospek ilmu komunikasi
elle.co.za

Presenter, atau host adalah orang yang bertanggung jawab untuk menjalankan sebuah event. Misalnya, mungkin menjadi presenter dari sebuah pameran, acara pernikahan, atau ulang tahun. Pada media penyiaran, presenter adalah orang yang mengambil peran utama dalam sebuah program.

Kemampuan menyampaikan pesan dengan baik dan dapat menarik perhatian khalayak, tentu menjadi bagian yang dipelajari oleh lulusan Ilmu Komunikasi. Kemampuan tersebut pun sangat dibutuhkan untuk menjadi seorang presenter.

Lulusan Ilmu Komunikasi selalu dituntut untuk pandai berbicara dengan efektif dalam menyampaikan maksud dan tujuannya. Hal tersebutlah yang menjadikan posisi presenter menjadi sasaran yang tepat sebagai prospek kerja lulusan Ilmu Komunikasi.

6. Prospek Kerja Ilmu Komunikasi sebagai Advertiser

periklanan salah satu prospek kerja ilmu komunikasi
yieldlab.com

Advertising merupakan suatu usaha yang bergerak di bidang periklanan, advertising tidak bisa lepas dari yang namanya ide karena untuk membuat iklan membutuhkan ide yang bagus dan kreatif. Di sini lah para lulusan Ilmu Komunikasi ada dalam menyediakan jasa untuk membuat konsep, percetakan, maupun penempatan iklan.

Iklan yang ditampilkanpun harus dikemas semenarik mungkin oleh para advertiser. Dalam iklan, semakin menarik dan membuat penasaran, maka semakin sukses dan efektif pula iklan tersebut. Prospek kerja dalam dunia advertising bagi lulusan Ilmu Komunikasi, antara lain sebagai project leader advertising, copy writer, camera person, media planner, dan lain – lain.

7. Prospek Kerja Ilmu Komunikasi sebagai Public Relations Officer

public relation lulusan sarjana ilmu komunikasi
lemastergroup.com

Anda juga bisa menelaah lebih lanjut mengenai Prospek Kerja Manajemen

Pekerjaan public relation officer adalah pekerjaan yang sangat menarik dan menantang. Mengapa? Karena di dalam pekerjaan tersebut, lulusan Ilmu Komunikasi harus mampu menarik perhatian masyarakat pada perusahannya dengan membangun citra yang sangat baik.

Sebab public relation sendiri adalah sebuah kegiatan komunikasi yang dimaksudkan untuk membangun citra yang baik terhadap perusahaan. Seorang Public Relations dituntut untuk selalu berpikir kreatif, solutif, persuasif, dalam menyampaikan pesan – pesan perusahaan kepada masyarakat agar perusahaan yang dikelolanya senantiasa memiliki reputasi yang baik.

8. Prospek Kerja Ilmu Komunikasi sebagai Event Organizer

event organizer prospek ilmu kmunikasi
teropongbisnis.com

Event Organizer adalah Pengorganisir Acara adalah pengelola suatu kegiatan. Setiap kegiatan yang di selenggarakan bertujuan untuk memperoleh keuntungan dari kedua belah pihak, baik penyelenggara maupun yang hadir pada saat kegiatan berlangsung. Keuntungan ini tidak harus bersifat material namun juga bisa bersifat non materi.

Nah, bagi lulusan Ilmu Komunikasi melalui sebuah event inilah, ia bisa mengeksplor kemampuannya dalam mengorganisir massa dan merancang konsep sekreatif mungkin. Bagaimana ia memplanning perhelatan event bagi sebuah tim agar mampu menyampaikan sebuah pesan atau makna tertentu dan mewujudkan good reputation dari si penyelenggara.

9. Prospek Kerja Ilmu Komunikasi sebagai Marketing Communications 

marketing ilmu komunikasi
microsoft.com

Marketing Communication ( Komunikasi Pemasaran ) adalah sarana yang digunakan perusahaan dalam upaya untuk menginformasikan, membujuk dan meningkatkan konsumen langsung atau tidak langsung tentang produk dan merk yang mereka jual. Produk atau merk semua bisa dijadikan lahan bisnis ahli marketing, seperti halnya seandainya Anda menyukai hidroponik, Anda bisa jual nutrisi hidroponik.

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mengambil konsentrasi bisnis memiliki peluang yang besar untuk bekerja di sebuah perusahaan sebagai perancang strategi pemasaran yang sesuai untuk perusahaan. Pekerjaan ini berusaha menciptakan pemasaraan yang efektif dan menarik bagi sebuah perusahaan sesuai dengan apa yang telah dipelajari selama bangku perkuliahan.

10. Prospek Kerja Ilmu Komunikasi sebagai Pengusaha

pengusaha ilmu komunikasi
rise.mahindra.com

Tak sedikit pula lulusan Ilmu Komunikasi mengambil jalan hidup sebagai pengusaha. Ya, di antara mereka ada yang berpikir di samping tersedianya prospek kerja Ilmu Komunikasi yang luas, perlu ada penambahan prospek kerja Ilmu Komunikasi yang baru.

Berbekal dengan ilmu perkuliahan yang telah dipelajari, para lulusan Ilmu Komunikasi mempraktikkan ilmu komunikasi di ranah komunikasi bisnis. Hal ini sangat tepat selain Ilmu Komunikasi adalah ilmu pokok dalam menjalin relasi bisnis, Ilmu Komunikasi juga sanagt mempengaruhi bagaimana seseorang membangun network.

Nah, apakah pekerjaan-pekerjaan di atas ada yang sesuai dengan bakat dan minat pembaca? Apakah pekerjaan-pekerjaan di atas adalah pekerjaan yang pembaca idam-idamkan?

Tapi apapun pekerjaan kita nanti pada prinsipnya, jangan hanya hidup untuk diri sendiri ya! Tetapi juga diniatkan untuk menghidupi orang lain sehingga bermanfaat bagi lainnya. Bukankah mahasiswa komunikasi dilatih untuk mampu saling berinteraksi bukan?

Saya, manusia dengan mimpi sejuta karya

5 thoughts on “10 Prospek Kerja Ilmu Komunikasi yang Belum Banyak Diketahui

  1. Sepertinya perlu ditambahkan bahwa dikomunikasi juga belajar membuat program seperti media entertainment, lalu juga yang tidak kalah penting adalah creative and strategic thinking. Terimakasih

    1. setahu saya di unpad bagus mas. unpad udah fikom (fakultas ilmu komunikasi). setahu saya di unpad juga udah banyak praktiknya, fasilitasnya udah lengkap. saya kuliah ilkom di ugm, bagus juga tapi lebih banyak politiknya dibanding praktik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *