Apa itu Mahasiswa? Inilah Pengertian Mahasiswa yang Jarang Anda Ketahui Hingga Saat Ini

Mahasiswa adalah…

PENGERTIAN MAHASISWA-Selamat datang di ACADEMIC INDONESIA! Barangkali saat ini adalah waktu yang tepat untuk membahas pengertian mahasiswa. Namun sebelum membahas mengenai pengertian mahasiswa, seluruh Redaksi Academic ingin mengucapkan selamat kepada Anda, barangkali Anda adalah mahasiswa baru di sebuah perguruan tinggi favorit Anda.

Adapun yang menjadi mahasiswa namun tidak lolos ke perguruan tinggi favorit, kami sarankan agar jangan berkecil hati. Sebab, menjadi mahasiswa yang hebat bukan 100% tergantung perguruan tinggi, namun tetap semuanya kembali kepada diri kita masing-masing.

pengertian mahasiswa dan arti mahasiswa
usnews.com

Oleh sebab itu, dalam kesempatan kali ini kami akan mengulas pengertian mahasiswa. Tentu saja tujuannya agar Anda yang diterima di perguruan tinggi favorit bisa menjadi hebat. Begitupula bagi Anda yang menjadi mahasiswa namun bukan kuliah di perguruan tinggi favorit, sekali lagi kami tegaskan Anda pun bisa menjadi mahasiswa hebat!

1. Pengertian Mahasiswa secara Harfiah

Pengertian mahasiswa secara harfiah adalah adalah seseorang yang belajar baik di sekolah tinggi, institute, universitas, akademi maupun di perguruan tinggi. Definisi mahasiswa sendiri adalah seseorang yang belajar di perguruan tinggi setelah menamatkan Sekolah Menengah ke Atas (SMA).

2. Pengertian Mahasiswa menurut KBBI

Pengertian mahasiswa menurut KBBI adalah seseorang yang menuntut ilmu di perguruan tinggi. Di dalam dunia pendidikan, status mahasiswa adalah staus tertinggi seorang murid di dunia pendidikan.

3. Pengertian Mahasiswa menurut Para Ahli

Pengertian Mahasiswa menurut Sarwono

Pengertian menurut sarwono adalah orang yang terdaftar aktif di sebuah perguruan tinggi. Adapun batas umur seorang yang dikatakan mahasiswa 18-30 tahun. Oleh karena terdaftar aktif di perguruan tinggi yang bersangkutan tentu saja ada ikatan baik untuk mentaati tata tertib maupun ketentuan-ketentuan lainnya.

Pengertian Mahasiswa menurut Knopfemacher

Pengertian mahasiswa menurut Knopfemacher adalah seseorang yang sedang belajar di perguruan tinggi. Adapun para mahasiswa tersebut akan dipersiapkan untuk menjadi sarjana sesuai bidangnya masing-masing. Maka dari itu, menjadi inetelektual adalah tujuan sebuah perguruan tinggi dalam kaitannya dengan aktivitas perguruan tinggi.

4. Pengertian Mahasiswa secara Umum

Pengertian mahasiswa secara umum merupakan seseorang yang belajar di bangku perkuliahan dengan mengambil jurusan yang disenangi sekaligus jurusan yang di dalamnya ada kemungkinan besar untuk mengembangkan bakatnya. Tentu saja semakin tinggi mahasiswa dalam menuntut ilmu di perguruan tinggi akan semakin linier dan spesifik terhadap ilmu pengetahuan yang digelutinya.

5. Apa itu Mahasiswa?

Pengertian mahasiswa dan definisi mahasiswa
cambridgemuslimcollege.org

Bagaimana? Anda sudah paham dengan pengertian mahasiswa? Mari kita bahas lebih dalam terkait apa itu mahasiswa. Tentu saja yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah akarnya mengapa ada mahasiswa. Hal inilah yang akan melahirkan sebuah pertanyaan, Apa mahasiswa itu?

Telah dijelaskan di atas pengertian mahasiswa. Ada perbedaan yang mencolok bila kita mau membahasnya lebih dalam mengenai perbadaan mahasiswa dengan siswa. Bila siswa ditambah maha maka akan menghasilkan mahasiswa.

Dalam istilah umum, maha adalah strata tertinggi dalam sebuah kehidupan. Maka, bisa dipastikan mahasiswa adalah murid yang belajar menuntut ilmu di perguruan tinggi. Tentu saja karena merupakan puncak dari pendidikan, mahasiswa bukan belajar mencari ilmu, lebih dari mencari, mahasiswa dalam belajar harus menuntut ilmu.

Tahukah Anda apa makna menuntut daripada mencari? Bila mencari bisa diartikan Anda duduk di kelas lalu Anda menerima ilmu dari dosen. Batas istilah pencarian seakan-akan hanya terhenti pada aktivitas di dalam kelas. Syukur-syukur bila rajin ke perpustakaan atau mengkuti seminar-seminar.

Deres juga Pengertian Dosen berikut ini, Tetap di Academic Indonesia!

Bila mencari ilmu sebatas di kelas, tentu saja tidak ada salahnya bila kita anggap seorang pengajar rela mendatangi kantor muridnya. Padahal tahukah Anda, untuk mendapatkan ilmu seseorang tidak bisa hanya dengan bersantai-santai. Mahasiswa harus bersungguh-sungguh menyerap dan mengamalkan ilmu yang telah dicarinya.

Berkaca dari sejarah yang lalu, para cendekiawan, ulama mereka rela menempuh perjalanan jauh untuk mencari ilmu. Mereka belajar ke sumbernya langsung sebab bagi mereka yang memburu ilmu, dengan mendatangi sumbernya langsung akan keluar semua ilmu, bahkan ilmu yang mahal. Di sinilah letak perbedaannya, bisa jadi belajar di kelas yang disampaikan hanya kulitnya saja.

Itulah seharunya perbedaan siswa dengan mahasiswa. Siswa cenderung mencari ilmu, sedangkan mahasiswa MENUNTUT untuk bisa menguasai ilmu. Tanpa tuntutan (sungguh-sungguh) tentu saja ilmu yang di dapat barangkali minim dari kesempurnaan.

Nah, semoga pemaparan di atas bisa menjadi pemantik para mahasiswa baru untuk bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu. Seandainya bisa, ubah slogan pengajar mendatangi kantor mahasiswa, namun mahasiswalah yang seharusnya mendatangi kantor (rumah) pengajarnya.

Selami pula tulisan menarik Peran Mahasiswa sebagai Pemberadab (catatan angkatan 98)

Founder ACADEMIC INDONESIA — Mahasiswa Program Magister (S2) Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) — Tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta — Follow me @zamhari_jogja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *