Meski Zaman Silih Berganti, Menjadi Santri Tetaplah Pilihan Dari Hati

Meski Zaman Silih Berganti, Menjadi Santri Tetaplah Pilihan Dari Hati – Hidup adalah pilihan. Salah satu di antara banyaknya pilihan tersebut di antaranya adalah menjadi santri. Tahukah Anda makna santri sesungguhnya?

Santri adalah sebutan bagi seseorang yang mengikuti pendidikan Islam di pesantren. Biasanya, santri bermukim hingga batas waktu yang ditentukan.

Kunjungi pula artikel menarik 6 Masjid di Jogja

Pertanyaannya, mengapa seiring perkembangan zaman, menjadi santri tetap menjadi pilihan favorit bagi orang tua maupun buah hatinya? Berikut ini 9 alasannya;

  1. Ilmu sebagai Penyuluh Kegelapan

epholic.blogspot.com
epholic.blogspot.com

Menuntut ilmu tentu saja menjadi tujuan utama. Selain hal ini telah dijelaskan di dalam shahih hadits mengenai wajibnya bagi muslim muslimah, menuntut ilmu juga menjadi modal dunia akhirat.

Dalam segi bahasa juga, menuntut bukanlah diberi. Lebih luas lagi makna menuntut adalah meminta hingga benar-benar paham. Itulah alasannya mengapa para santri rela bermukim hingga batas waktu yang ditentukan, sebab mendatangi guru adalah salah satu cara menghargai ilmu yang paling bijak.

Maka tak heran bila saat ini lulusan pesantren benar-benar menjadi harapan masyarakat, baik segi akhlak, ilmu maupun teladan. Lihatlah, perlahan-lahan ilmuan baik agama maupun umum dari pesantren akan segera menghiasi persada panggung pendidikan Indonesia.

  1. Mengutamakan Akhlak

gontor.ac.id
gontor.ac.id

Rosulullah Saw diutus sebagai penyempurna akhlak. Kiranya itulah yang menjadi tujuan berikutnya menuntut ilmu di pesantren.

Betapa pentingnya sebuah akhlak, hingga Nabi pernah berpesan bahwa orang yang dekat dengan Nabi nanti di syurga adalah orang yang akhlaknya paling baik.

Di samping itu, akhlak juga merupakan satu-satunya hal yang tidak akan pernah dilupakan orang lain. Mengapa demikian, sebab akhlak adalah indah, akhlak adalah kepribadian yang menyejukkan dan menentramkan orang lain.

  1. Mandiri Sejak Dini

duajurai.com
duajurai.com

Hidup mandiri memang tidak mudah. Namun dibalik kesusahpayahan itu para santri akan lebih memahami bahwa menjadi orang tua itu tidak semudah apa yang kita bayangkan.

Terlebih bila mengingat betapa sulitnya mencari sesuap nasi, di situlah hati menjadi rindu dan keinginan berbakti kepada orang tua akan tumbuh subur.

Di waktu-waktu itu mungkin Anda akan merasakan bahwa selama ini kita hanya meminta dan inginnya selalu terpenuhi. Maka dari itu, mari kirimkan satu shalawat dan fatihah kepada kedua orang tua kita. Dengan doa tersebut, semoga ketentraman dan kebahagiaan dari Allah senantiasa menyelimutinya.

Itulah 9 alasan mengapa hingga sampai saat ini menjadi santri tetaplah menjadi pilihan. Enam point selanjutnya silahkan Anda sebutkan dalam kolom komentar heheā€¦

Salam ACADEMIC INDONESIA|SEMARAK PERADABAN

Simak pula kegiatan yang sering diikuti santri/santriwati di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *