Contoh Proposal Projek yang Baik dan Benar

Contoh Proposal Projek
pixabay.com

ACADEMIC INDONESIA — Setiap komunitas atau suatu organisasi pasti memiliki kegiatan atau bisa disebut dengan projek. Ketika menggelar projek tersebut, maka dibutuhkan dana untuk menyokong projek tersebut. Nah adanya, berasal dari proposal yang diajukan. Lalu bagaimana contoh proposal projek itu sendiri?

Contoh proposal projek akan membantu Anda menyusun, apa saja yang perlu ditulis dalam sebuah proposal. Proposal yang baik dan benar akan memudahkankomunitas dan organisasi Anda mendapat sokongan dana dari sponsorship dan juga bisa menarik media partner.

Contoh Proposal Projek UKM Expo

1. LATAR BELAKANG

Penerimaan Mahasiswa Baru (MABA) adalah   sebuah momen yang paling kita nantikan sebagai langkah awal pembentukan karakter mahasiswa menuju pemikiran yang cerdas, kreatif dan mandiri.

Unit Kemahasiswaan Mahasiswa (UKM) adalah organisasi sebagai wadah pengembangan bakat dan minat serta kreatifitas mahasiswa. Maka adanya pengenalan UKM kepada Maba dianggap perlu.

Adapun untuk melakukan projek tersebut, seluruh UKM di Universitas Merah Putih ingin mempersiapkan diri dengan lebih meningkatkan rasa Persaudaraan, Kekeluargaan, Kerjasama baik dalam bentuk Kualitas maupun Kuantitas anggota.

Projek acara ini dinamakan dengan UKM Expo. UKM Expo ini akan dibuat lebih rapi serta semarak, karena kepanitiaan bersama 17 UKM juga berencana mengundang even organiser untuk memandu setiap acara hiburan. Sementara itu, untuk pendanaan, karena even project ini dikemas menjadi se-perfect mungkin, maka dibutuhkan dana yang tidak sedikit.

Kebutuhan ini sampai sekarang belum juga bisa dipecahkan oleh ke-17 UKM. Karena itu bantuan dari bidang kemahasiswaan untuk persoalan pendanaan sangatlah dibutuhkan.

Project acara pengenalan UKM ini akan diisi dengan acara Orasi Budaya yang diringi pula pagelaran musik religius kolaborasi grup shalawat Al Qudsiyyah dengan grup musik Sanggar Nuun. Acara penutupan ini sekaligus mengakhiri penyelenggaraan project event UKM EXPO 2015 selama 3 hari ini.

Yang paling diharapkan dengan adanya UKM EXPO 2016, selain mobilitas UKM meningkat dan pengetahuan publik kampus, terutama mahasiswa baru, tentang aktivitas dan keunggulan organisasi 17 UKM semakin luas pula.

Ruang kampus juga akan menjadi lebih dinamis serta kuat bernuansa religius di bulan Ramadhan tahun ini. Demikian, sekilas gambaran yang melatari diajukannya proposal bantuan dana ini.

1. NAMA DAN TEMA KEGIATAN

Kegiatan ini bernama UKM EXPO 2016, diselenggarakan dengan tema Semangat Solidaritas, Pacu Kreatifitas UKM.  

2. TUJUAN KEGIATAN

Adapun tujuan kegiatan ini tertera di bawah ini dalam sejumlah poin berikut:

  1. Sebagai ajang untuk mensosialisasikan keberadaan 17 UKM dengan segala keunggulannya dan hasil kreativitas anggotanya ke publik kampus, terutama mahasiswa baru tahun ajaran 2016/2012.
  2. Sebagai sarana untuk memobilisasi kembali aktivitas anggota-anggota UKM yang sempat lesu karena ada liburan panjang akhir semester.
  3. Sebagai ruang untuk menciptakan suasana kampus yang dinamis dan meningkatkan gairah turut berorganisasi di UKM.
  4. Meningkatkan emosional dan kerjasama antara UKM.
  5. Tercapainya sosialisasi UKM secara maksimal terhadap mahasiswa Universitas Merah Putih
  6. Terciptanya rasa persaudaraan, persatuan, kekeluargaan UKM yang erat dan harmonis.

3. TARGET KEGIATAN

  1. Publik kampus, terutama mahasiswa baru, mengetahui aktivitas dan keunggulan masing-masing UKM, sehingga mereka pun tertarik untuk menjadi pegiat UKM.
  2. Dinamika organisasi tiap UKM kembali pulih dan aktivitas di kantor masing-masing UKM yang bertempat di gedung Student Center hidup serta ramai kembali.
  3. Mennyatukan emosional antara 17 UKM.
  4. 4. Menambah kepercayaan diri mahasiswa baru yang akan menjadi calon anggota UKM untuk tambah giat beraktivitas di setiap UKM.

3. BENTUK KEGIATAN

Bentuk kegiatan ini adalah sebagai berikut :

  1. Pameran UKM

Pameran UKM yang dilaksanakan pada tanggal 21-23 September 2016 dimulai pada hari Rabu jam 08.30  WIB dengan menampilkan pameran dan buka stand UKM-UKM di lingkungan Universitas Merah Putih dari pagi hingga sore hari.

Pameran ini ditujukan sebagai wahana promosi UKM dan tempat pendaftaran anggota baru UKM kepada mahasiswa baru.

  1. UKM Show

UKM Show yang ditujukan sebagai ajang promosi dan atraksi untuk menarik perhatian mahasiswa atau pengunjung, dari UKM – UKM yang terpilih dari panitia.

Acara ini dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 21-23 September 2016 jam 13.00 WIB bertempat di depan Gedung Mipa, yang tampil pada acara ini adalah UKM CEPEDI dengan menampilkan atraksi jurus dan ilmu kekebal.

UKM CEPEDI melaksanakan atraksi yang sama pada tanggal 21-23 September 2016  jam 20.00 WIB karena pada siang hari tidak adanya ijin untuk menggelar acara pada jam kerja.

UKM Show ini juga dimeriahkan dengan pemutaran film oleh UKM KPC. UKM KPC dalam pelaksanaannya menampilkan film-film dalam negeri dan film kreasi dari UKM KPC sendiri. Acaranya sendiri dimulai tiap jam 18.30-22.00 WIB

  1. Lomba- Lomba antar UKM

UKM EXPO 2016 pada kesempatan ini juga bertujuan untuk mempererat kerjasama dan rasa kekeluargaan serta persaudaraan antar UKM. Dengan mengadakan lomba-lomba.

Acara ini berhasil mempererat persatuan dan kesatuan UKM-UKM. Lomba yang panitia suguhkan adalah lomba karya fiksi, non-fiksi, futsal, tenis meja, Catur dan Futsal.

Dalam pelaksanaannya UKM mewakilkan anggotanya untuk tampil dalam perlombaan tersebut. Lomba catur dilaksanakan pada tanggal 21-23 September 2016 dari jam 09.00-11.30 WIB dengan sistem kualifikasi pada hari pertama, sistem gugur pada hari kedua serta final pada hari ketiga mengumuman pemenang lomba UKM EXPO 2016.

  1. Pentas Seni dan Budaya

Sebagai acara puncaka dari kegiatan ini pada hari jumat 23 September 2016, panitia menyuguhkan hiburah dan pentas dari UKM-UKM yang terpilih serta menampilkan bintang tamu Wayang Sukep, dan Coffee Jogja Percution.

Acara pentas seni dan budaya ini dimulai dari pukul 19.30 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan penampilan sangar nun, UKM al-mizan, al-jamiah, Coffee Jogja Percution, Wayang Sukep, KPC Band, PSM Gita Savana, Santa Anna Reggae dan yang terahir dari al-jamiah Band.

F. SASARAN KEGIATAN

Sasaran kegiatan ini adalah semua civitas akademika di UIN Sunan Kalijaga.

G. WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada hari Rabu- Jum’at tanggal 21-23 September 2016  pukul 08.00 – 22.00 WIB dan acara malam puncaknya yaitu hari jum’at tanggal 23 September 2016 acara berakhir pada pukul 23.30 WIB.

Kegiatan UKM EXPO 2016 ini bertempat di halaman Gedung Mipa Universitas Merah Putih

H. MANUAL ACARA KEGIATAN

Terlampir

I. KEPANITIAAN

Terlampir

J. PEMBIAYAAN KEGIATAN

Terlampir

PENUTUP

Demikian proposal dari kegiatan UKM EXPO 2016 ini kami sampaikan. Semoga bisa menjadi bahan evaluasi, pertimbangan serta acuan untuk kegiatan selanjutnya yang lebih baik, kreatif dan inovatif.

Kami dari segenap panitia mengucapkan terima kasih yang sebesa-besarnya kepada semua pihak terkait atas terselenggaranya acara ini.

Nah, seperti itulah contoh proposal projek yang bisa kami ulas untuk Anda. Selamat berjuang dan tetap semangat.

 

 

Blogger Jogja Ambil Keilmuan Jurnalistik — Hobi Men-SEO-kan Konten — Tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta — Gabung dan Dapatkan Berbagai Info Kampus di Komunitas Academic Indonesia Whatsapps di 0812-8307-7972

One thought on “Contoh Proposal Projek yang Baik dan Benar

  1. Bagus ya, sudah dishare cara – cara membuat proposal untuk kegiatan2 ukm. Mungkin bisa juga di share ya min, perusahaan atau instansi yang tepat utk kita menggalang dana. Jadi akan lebih membantu. Terimakasih telah berbagi.

    Salam dari ruangmahasiswa(dot)com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *