Cara Jitu Mendapatkan Backlink Gratis Berkualitas

Baclink Gratis — Tahukah Anda apa itu backlink?

Pengertian Backlink

Pengertian Backlink
blogmetric.org

Backlink adalah sebuah tautan dari blog/website orang lain. Tautan tersebut tentu saja adalah tautan yang mengarah ke blog/web Anda ketika di klik.

Bisa juga berarti bahwa backlink adalah link yang berada di halaman/postingan blog/web orang lain.

Sederhananya begini; ada seseorang yang menulis sebuah artikel, nah sebagian artikel tersebut ada dan pernah disampaikan di sebuah blog. Orang tersebut kemudian menyertakan sumber atau referensi ke blog tersebut demi penghargaan sebuah karya.

Baca terkait Belajar Internet Marketing dan berbagai Seluk-beluknya

Alur Kerja sebuah Backlink

cara mendapatkan backlink gratis
centermarkinsights.wordpress.com

Pada dasarnya, cara  kerja backlink berawal dari berkualitasnya sebuah konten. Kualitas konten akan sangat menentukan seberapa besar peluang website Anda untuk mendapatkan backlink natural.

Bisa pula Anda ketika membuat artikel, ingin artikel Anda dikunjungi orang lain sehingga Anda melakukan review sedikit terkait artikel yang Anda tulis. Selanjutnya, Anda menyertakan link url agar orang lain dapat membacanya lebih lengkap di website Anda.

Lalu mengapa banyaknya backlink menjadi cukup penting?

Menurut kami, alasan utama mengapa banyaknya backlink menjadi cukup penting bisa dikembalikan ke dalam istilah “web”.

Web berarti jaringan. So, semakin banyak jaringan yang saling terhubung melalui website Anda, Anda akan semakin mudah mendapatkan traffic atau menarik pengunjung. Oleh karena alasan itulah nantinya perlahan artikel Anda akan naik dan akhirnya mudah ditemukan oleh mesin pencarian.

Pahami Artikel yang Ada Hubungannya dengan Backlink; dalam Artikel Apa Itu SEO?

Apakah Banyaknya Backlink Mempengaruhi Peringkat Website di Mata Google?

pengaruh banyaknya backlink gratis
govloop.com

Dalam hal ini, beberapa pakar SEO berbeda pendapat. Namun dari beberapa pakar mengatakan semua mempengaruhi. Baik pengaruh positif maupun negatif.

Kembali ke awal bahwa makna dari web adalah jaringan. Logikanya, bila Anda mendapat link dari web-web berkualitas, itu artinya Anda sedang membangun jaringan yang berkualitas juga.

Begitu sebaliknya. Misal Anda ingin memperbanyak referring domain (jumlah backlink domain), namun Anda tidak mempehatikan kualitas website atau blog Anda, tentu saja hasilnya akan berbeda.

Sama hal perumpamaan di atas, bila Anda mempunyai backlink dari sebuah website yang hanya berisi spam atau model-model black hate, maka Google pun akan menilai bahwa Anda sedang membangun jaringan yang buruk.

Sudah barang tentu, website atau blog yang dilakukan melalui cara-cara hitam seperti itu umurnya tak akan lama.

Ketika akan membuat website atau blog, Pilih yang Niche atau Gado-gado? Baca Selengkapnya di Artikel Belajar Blog

Cara Mengetahui Kualitas Website

cara mengetahui kualitas backlink gratis
cdn.bestwebmarketer.com

Bagaimana Cara Mengetahui sebuah website tersebut berkualitas atau tidak?

Ada beberapa tools yang gratis maupun premium. Adapun langkah pertama yang bisa Anda ambil adalah mengetahui seberapa kualitas domain sebuah website atau yang biasa disebut Domain Authority (DA).

Selain DA juga ada Page Authorithy (PA). Bila DA merupakan alat ukur untuk mengetahui seberapa kekuatan website secara menyeluruh, PA hanya digunakan untuk mengetahui kekuatan dari halaman postingan.

Jadi, DA akan selalu sama bila Anda membuka postingan satu ke postingan lain. Berbeda dengan PA, setiap halaman atau posting yang Anda buka akan memiliki page authority yang berbeda-beda.

Sekarang cobalah Anda memeriksa seberapa kuat domain Anda.

Silahkan Anda mendaftar di alamat website ini: Moz.com

Daftarkan email Anda melalui situs tersebut, konfirmasi dengan email Anda dan aktifkan moznya. Setelah itu, cek seberapa tinggi kualitas web Anda atau web orang lain yang akan Anda jadikan lahan penempatan link.

Jangan lupa pula isi link website Anda di bagian profil moz; nah itulah yang disebut backlink profil.

Selain melalui moz, Anda juga bisa menggunakan tools lainnya seperti Ahref.com. Tools ini adalah tools yang digunakan untuk mengecek berapa jumlah backlink yang dimiliki sebuah website, sekaligus tools untuk mencari backlink-backlink berkualitas.

Salah satu Ciri Kualitas Website yang Bagus bisa dilihat dari Kontennya. Yuk Simak Bagaimana Membuat Artikel yang Baik; Belajar Menulis Artikel

Cara Mendapatkan Backlink Gratis

cara mendapatkan backlink gratis berkualitas
static.vecteezy.com

Adapun cara mendapatkan backlink terdiri dari dua macam; pertama adalah backlink natural. Backlink ini adalah backlink gratis yang diberikan pembaca atau pengunjung website Anda. Barangkali karena konten Anda yang menarik sehingga website atau blog Anda dipercaya sebagai sumber referensi.

Cara mendapatkan backlink kedua melalui Anda sendiri. Ya, Anda bisa masuk forum-forum diskusi seperti Kompasiana, Liputan6.com dan lain sebagainya. Anda juga bisa mendapatkan link melalui blogpost.

Blogpost adalah sebuah kegiatan mengirimkan artikel ke blog atau website orang lain yang di dalamnya menyertakan link url tautan postingan artikel di website kita sendiri.

Cara selanjutnya Anda dapat melakukan aktivitas blogwalking. Blogwalking bisa dikatakan semacam jalan-jalan, namun jalan-jalannya ke blogger-blogger atau dari website ke website.

Berdiskusilah di blog-blog yang Anda anggap relevan dengan tema website Anda, atau simpelnya yang bisa membuat Anda tertarik.

Pada saat hendak komentar, nantinya Anda akan menemukan 3 kolom, pertama adalah kolom nama, surel lalu website. Nah kolom-kolom tersebut isilah sesuai fungsinya masing-masing.

Bila Anda berkomentar dan komentar Anda sudah diapprove, Anda sudah melakukan langkah mendapatkan 1 backlink. Mudahkan?

Nah, namun bagaimana bila kolom-kolom tersebut tidak terdapat di website yang akan Anda berikomentar. Ada dua opsi yang bisa Anda gunakan, pertama adalah opsi meng-klik kolom yang menyediakan kolom dan nama website.

Kolom tersebut biasanya ada jika Andatak menemukan kolom-kolom pertama seperti yang telah dipaparkan di atas. Bila Anda meng-klik kolom tersebut muncullah beberapa keterangan dan disuruh memilih bagian mana yang akan Anda isi. So, pilihlah kolom yang menyediakan nama dan link website Anda.

Opsi kedua adalah; Anda harus menggunakan kode khusus bila Anda tak menemukan kolom-kolom seperti yang telah dijelaskan tadi. Adapun kode untuk backlink saya perjelas seperti di bawah ini:

@<a href=”http://www.academicindonesia.com/9-doa-rabiatul-adawiyah-yang-akan-membuat-hati-merasa-cemburu-sejati/”>rabiatul adawiyah</a>/”>di sini</a>@

Bila kode di atas Tak cocok, Anda bisa menggunakan kode yang lain seperti:

@[url=http://www.academicindonesia.com/prospek-kerja-hubungan-internasional/prospek kerja hubungan internasional]Prospek Kerja Hubungan Internasional[/url]@

NB: Hilangkan tanda @-nya ketika digunakan untuk membacklink

Di kode tersebut semua sudah jelas, Anda tinggal mengganti url dan keyword yang akan Anda jadikan sasaran.

Apakah Backlink dari Website Inggris Baik untuk Meningkatkan Kualitas Website?

blog bule blog inggris
assets.materialup.com

Pada bagian ini, juga terdapat pendapat yang berbeda-beda. Ada yang beranggapan bahwa menaruh backlink ke web Inggris itu kurang baik karena perbedaan bahasa.

Hal tersebut dilandasi karena banyaknya blogger yang memberikan komentar namun hanya asal-asalan. Dampaknya, bisa saja komentar Anda tidak diterima dan pekerjaan Anda sia-sia.

Namun ada juga yang membolehkan. Alasannya, website luar negeri sebagian besar adalah website yang berkualitas sehingga jika Anda menanam backlink di sana akan meningkatkan kualitas website Anda.

Kami berpendapat bahwa adakalanya backlink web Inggris itu baik, namun juga dapat berdampak buruk. Baik bila Anda benar-benar mengambil referensi dari website Inggris tersebut.  Maksudnya, Anda benar-benar paham apa yang sedang dibahas dan apa yang sedang dibicarakan.

Berbeda bila tujuannya hanya untuk mendapatkan backlink saja. Bisa-bisa Anda dianggap spam. Lebih-lebih bila Anda melakukan spam, bukan hanya dianggap buruk kualitas website Anda, Anda juga bisa “ditendang” Google karena melanggar ketentuan-ketentuan Google.

Ingin Tahu Bagaimana Cara Menulis Konten Viral? Pelajari sampai Tuntas dan Praktekkan!

Kesimpulan

Backlink gratis berkualitas
designazure.com

Beranjak pada kesimpulan. Intinya, apapun yang kita lakukan dalam upaya meningkatkan kualitas website adalah kembali pada peraturan yang telah Google tetapkan.

Google adalah penyedia layanan informasi bagi seantero jagad raya. Itu artinya Google menginginkan informasi yang benar-benar lengkap, detail, orisinil dan berkualitas.

Dengan adanya informasi yang berkualitas, Google menganggap user internet akan puas dengan informasi yang telah disajikan.

So, ingatlah pepatah yang mengatakan “Content is The King” Konten adalah Raja.

Bersusah payah sedikit tidak mengapa, InsyaAllah akan memanen hasilnya bila konsisten.

Blogger Jogja Ambil Keilmuan Jurnalistik — Hobi Men-SEO-kan Konten — Tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta — Gabung dan Dapatkan Berbagai Info Kampus di Komunitas Academic Indonesia Whatsapps di 0812-8307-7972

4 thoughts on “Cara Jitu Mendapatkan Backlink Gratis Berkualitas

    1. Silahkan bila bermanfaat. Sebagian besar artikel tentang internet marketing adalah pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan teman2 blog juga. Jadi akan kami jawab secara sederhana dan semaksimal kami 😉

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *