10 Tempat Wisata di Mentawai

9 Dilihat

Kepulauan Mentawai merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Pulau ini banyak menyimpan keanekaragaman tempat wisata di Mentawai berupa alam dan surga bumi yang mampu menarik minat para pengunjung lokal maupun internasional.

Anugerah alam yang dihadirkan dapat memukau siapapun yang melihatnya. Tak heran jika seiring berjalannya waktu, tempat ini menjadi salah satu lokasi selain tempat wisata di Bengkalis Riau yang harus dikunjungi untuk menghabiskan akhir pekan.

Ini Dia 10 Tempat Wisata di Mentawai yang Sebaiknya Anda Kunjungi

Mulai dari pantai hingga taman yang dapat dijadikan sebagai destinasi wisata impian. Daripada penasaran, yuk tonton rekomendasi tempat wisata populer di Mentawai!

1.      Pulau Awera

Salah satu pulau bagian dari kepulauan Mentawai ini berada tidak jauh dari Tuapejat, Ibukota Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Terkenal karena keindahan garis pantai dengan ribuan pohon kelapa dan ombaknya yang tenang menjadi daya tarik sendiri bagi para wisatawan.

Banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di tempat wisata di Mentawai ini, seperti menaiki perahu untuk berkeliling lautan, berenang, snorkeling, hingga berselancar.

Pulau ini cocok dikunjungi oleh mereka yang suka dengan pemandangan senja dengan dilatari oleh pantai. Atau menikmati view tersebut melalui resort maupun penginapan yang ada di tempat ini.

Untuk sampai ke Pulau Awera, kalian akan membutuhkan waktu selama 10 menit dari dermaga Tuapejat dengan menggunakan perahu lokal dengan biaya yang murah meriah.

2.      Pantai Jati Mentawai

Wisata ini menjadi salah satu spot surfing di Sipora Utara. Letaknya berjarak 700 meter dari Dermaga Tuapejat.

Jika ingin puas berselancar di pantai ini, pengunjung harus datang pada bulan April hingga Oktober. Karena ombak yang terbentuk untuk surfing biasanya dalam keadaan sempurnah.

Selain itu, sobat juga bisa melakukan kegiatan snorkeling dan diving untuk menikmati kecantikan berbagai satwa bawah laut pantai ini.

3.      Pantai Katiet Basuna

Pantai Katiet Basuna menyimpan kelestarian alam berkelas dunia yang berada di Sipora Selatan. Menjadi tempat berselancar terbaik bagi kalian yang suka dengan olahraga air ini.

Di tempat wisata di Mentawai  ini juga tersedia beberapa penginapan jika ingin berlibur lebih lama di pantai ini. Banyak pengunjung dari luar negeri yang mengatakan bahwa pantai ini memiliki panorama yang memabukkan dan membuat siapapun ketagihan untuk mengunjunginya lebih dari sekali.

Jika suka dengan senja, kalian juga bisa melihat indahnya matahari terbenam sambil duduk bersantai di pinggir pantai.

Untuk sampai ke tempat ini, kalian membutuhkan waktu paling lama dua jam menggunakan kapal.

4.      Pantai Sipora

Pantai Sipora, keelokan alam Pulau Sipora yang mampu menghipnotis siapapun yang berkunjung.

Keberadaan pantai ini sangat populer di kalangan peselancar karena ombaknya yang cocok untuk melakukan olahraga air tersebut.

Bukan hanya bisa berolahraga selancar, kalian juga dapat menikmati keelokan surga tersembunyi bawah lautnya.

Jika bosan dan terlalu lelah melakukan kegiatan-kegiatan tersebut, kalian bisa duduk santai di pasir pantai lembut sembari menikmati semilir angin laut yang sejuk.

5.      Pantai Mapadegat

Pantai Mapaddegat merupakan anugerah alam bak kepingan surga. Terletak di Desa Tuapejat dengan pasir putih yang berada di sepanjang bibir pantai.

Jarak tempuh yang cukup dekat, yakni sekitar 4 km dari pelabuhan Tuapejat menjadikan pantai ini banyak mendapat perhatian para pengunjung lokal maupun luar.

Di sini, pengunjung dapat melakukan aktivitas seperti menaiki banana boat, berenang, atau berjemur menikmati suasana pantai. Jika beruntung, kalian bisa menikmati atraksi budaya Mentawai yang memiliki kekhasannya tersendiri.

Jalan-jalan tanpa membawa oleh-oleh sepertinya kurang pas, tidak perlu jauh-jauh harus mencari toko oleh-oleh, di pantai ini kalian akan menemukan toko yang diolah oleh UMKM untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

6.      Air Terjun Kulukubuk

Air Terjun Kulukubuk berlokasi di pedalaman Pulau Siberut tepatnya di Dusun Kulukubuk. Bersama dengan tempat wisata di Asahan tempat ini menjadi tempat wisata lokal hingga mancanegara.

Air Terjun Kulukubuk mempunyai panjang aliran sekitar 70 meter dengan ketinggian sekitar 30 meter. Suara gemericik airnya terdengar hingga jarak 50 meter dengan debit air yang cukup deras ketika musim penghujan.

Untuk bisa ke tempat ini, pengunjung harus melewati jalan setapak penuh dengan lumpur dan melewati dua sungai kecil yang merupakan aliran dari air terjun ini.

Di sepanjang jalan, pengunjung melihat batu-batu liat yang tertumpuk sampai ke air terjun. Saat memasuki area air terjun, sobat akan menemukan dinding leter U dibalut lumut hijau dan pohon-pohon besar kecil serta lubuk yang dalam dan batuan-batuan yang lunak.

7.      Air Terjun Pajujurung

Air Terjun Pajujurung dikenal sebagai terjun sejuta pesona. Terletak di Desa Goisok Oinan yang bisa ditempuh sekitar 30 menit menggunakan sepeda motor.

Selama perjalanan, pengunjung harus melalui pusat pemerintah Kabupaten kepulauan Mentawai dan beberapa desa-desa.

Satu hal yang akan membuat kamu terpana setelah sampai ke area air terjun yakni batu lempung berukuran besar. Selain itu, derasnya air terjun juga akan membuat suasana alam menjadi lebih menyatu.

Air Terjun Pajujurung juga dikelilingi dengan pepohonan rindang. Kondisi airnya juga sangat bersih, karena merupakan air alami yang diserap oleh akar-akar pepohonan selama musim hujan berlangsung.

8.      Taman Nasional Siberut

Taman Nasional Siberut terletak di Kepulauan Mentawai. Untuk mencapai ke tempat ini, kalian harus mengarungi Selat Mentawai dengan jara sekitar 155 km dari Kota Padang.

Sesampainya di lokasi, pengunjung akan disapa oleh keberadaan hutan-hutan lebat di sepanjang jalan. Bahkan, sobat juga bisa mengenal banyak budaya menarik yang dihadirkan oleh suku asli Mentawai.

Di Taman Nasional ini juga ada 4 jenis primata endemik, yaitu Bokkoi, Lutung Mentawai, Bilou, dan Simakobu. Keempat primata ini mempunyai daya tarik tersendiri untuk para peneliti.

Untuk menjaga kelestariannya, Taman Nasional Siberut ini sudah masuk ke dalam daftar salah satu cagar biosfer yang ditetapkan oleh UNESCO.

9.      Desa Matotonan

Desa Matotonan dijadikan sebagai tempat untuk melihat kehidupan tradisional di Mentawai. Pengunjung bisa melihat kegiatan warga sehari-hari, berkaitan dengan kehidupan spiritual, pakaian yang dipakai, dan bentuk rumah yang masih terjaga kekhasan dan keunikannya.

Di tempat wisata di Mentawai ini, kamu bisa mempelajari berbagai adat dan tradisi yang mungkin belum pernah ditemukan dimanapun.Selain itu, di desa ini juga ada banyak festival yang diselenggarakan di waktu-waktu tertentu.

Jika beruntung, kamu bisa berkunjung ke tempat ini ketika acara-acara tersebut dilaksanakan. Di desa ini juga sudah banyak tersedia penginapan untuk memberikan kenyaman kepada wisatawan.

10.  Tugu Patung Sikerei

Tugu Patung Sikerei merupakan ikon budaya dari Kepulauan Mentawai yang sangat dibanggakan.

Pembangunan destinasi wisata ini didasari oleh kesadaran dalam melestarikan budaya yang ada di Kepulauan Mentawai untuk menjaga keasliannya.

Ada banyak filosofi yang diangkat selama pembuatan Tugu Patung Sikerei ini. Di bagian atas tugu, tampak bola bumi yang berwarna coklat kehitaman yang menandakan ciri khas warna kulit masyarakat di Mentawai.

Nama sekerei sendiri memiliki arti leluhur yang menjadi ciri khas kultur Mentawai, meyakini Arat Sabulungan yakni adanya kekuatan alam dan dedaunan.

Tak heran jika banyak ritual yang dilaksanakan di tempat ini dan masih menggunakan daun-daunan untuk mengadakan ritual tersebut.