10 Tempat Wisata Di Jambi

20 Dilihat

Jambi merupakan salah satu provinsi di Pulau Sumatera. Wilayah ini cukup terkenal dengan wisata Candi Muaro sebagai salah satu peninggalan sekaligus bukti sejarah terbesar di Asia Tenggara. Diperkirakan candi tersebut termasuk sebagai lokasi awal dari masa Kerajaan Sriwijaya. Masih ada tempat wisata di Jambi lainnya yang direkomendasikan untuk Anda kunjungi.

Memiliki 9 kota/kabupaten, wilayah Jambi kebanyakan terbelah oleh aliran sungai Batanghari. Yaitu salah satu sungai terpanjang yang ada di Sumatera. Jika melihat dari sejarahnya, kota tersebut mempunyai banyak keunikan. Kota ini juga memiliki beragam objek wisata menarik.  Sama seperti Kota Bukittinggi yang punya banyak tempat wisata di Bukittinggi yang juga menarik.

Rekomendasi 10 Tempat Wisata di Jambi

Mulai dari yang bersejarah, alam, hingga buatan. Penduduknya sendiri kebanyakan orang Melayu dan menganut agama Islam. Meski begitu, masih ada banyak masyarakat pendatang dari Pulau Jawa hingga provinsi lainnya di Pulau Sumatera. Agar tidak ketinggalan, yuk saksikan rekomendasi wisata di Jambi paling populer berikut!

1.     Pulau Berhala

Pulau Berhala merupakan pulau kecil di Jambi dengan pesona keindahan ikan dan terumbu karang. Luasnya tidak lebih dari 0,025 km2 atau hanya setara 2,5 hektar. Wilayahnya sendiri tidak hanya didiami oleh masyarakat setempat tetapi juga prajurit TNI yang bertugas.

Pulau ini menawarkan banyak spot menarik. Salah satunya adalah area penangkaran penyu. Pengunjung juga dapat memancing agar bisa menikmati sensasi mendapatkan ikan di tempat ini. Selain itu, ada banyak variasi ikan dapat ditemui di pulau tersebut. Mulai dari kakap, cakalang, hingga kerapu.

Setiap pengunjung juga dapat mencoba melakukan diving maupun snorkeling di pulau yang mengapitnya. Seperti Pulau Sokong Nenek dan Pulau Sokong Seimbang. Adapun luasnya hanya sekitar 0,5 hektar. Untuk kedalaman menyelam terbaiknya hanya sekitar 4-25 meter saja.

2.     Gunung Kerinci

Siapa yang belum mengenal Gunung Kerinci? Termasuk sebagai gunung berapi paling tinggi di Indonesia. Keindahan alam di Provinsi Jambi tersebut tentunya sudah tidak asing bagi para pendaki. Area puncaknya memiliki nama Puncak Indrapura dengan medan pendakian cukup menantang.

Gunung Kerinci sendiri termasuk salah satu daftar dari The Seven Summit of Indonesia. Sebelum menuju puncaknya, Sobat perlu melakukan perjalanan ke titik awal pendakian. Nantinya aka nada banyak rute bisa dipilih. Sedangkan untuk jalur dakinya lewat Solok seta Kersik Tuo yang memiliki medan lebih mudah terlewati.

3.     Jambi Paradise

Jambi Paradise merupakan salah satu tempat wisata di Jambi dengan berbagai wahana air menyenangkan. Daya tarik utamanya adalah danau kecil yang mengelilingi daratan di tengahnya. Tempat ini sendiri sangat mirip dengan salah satu objek liburan populer di Singapura, yaitu Gardens by The Bay.

Berdiri di lahan seluas 8 hektar, pengunjung dapat menikmati pemandangan memukau serta fasilitas menarik. Sedangkan untuk wahana yang tersedia seperti jembatan gantung, flying fox, naik perahu, sepeda air, labirin, hingga motor ATV.

4.     Gentala Arasy

Gentala Arasy merupakan ikon terbaru di Jambi yang berupa menara jam. Bangunannya sendiri sangat kental dengan karakter Arab sekaligus Melayu. Untuk mengunjunginya wisatawan hanya perlu membayar biaya tiket cukup terjangkau. Bangunan menaranya sendiri mempunyai ketinggian hingga 80 meter.

Lokasinya berada di tengah-tengah pemukiman sehingga tidak heran jika sampai saat ini selalu padat oleh pengunjung. Pemberian nama Genta berarti bunyi atau suara. Kemudian Tala adalah selaras sedangkan Arasy merupakan pancaran hingga ke langit.

Makna di balik wisata tersebut adalah sebagai pengingat waktu sholat bagi umat Islam. Pada ketinggian menaranya terdapat lonceng raksasa dan akan berbunyi sebanyak lima kali sehari tepat waktunya ibadah sholat. Adapun waktunya sudah disesuaikan dengan Masjid Agung Al Falah Jambi.

5.     Kampoeng Radja

Kampoeng Radja berdiri di atas lahan dengan ukuran 8 hektar yang merupakan tempat wisata di Jambi terbaik. Terdapat banyak wahana menarik seperti sepeda air yang berbahan kayu serta fiber. Setiap sepeda hanya bisa diisi oleh dua orang dewasa serta satu anak kecil saja.

Wisata ini juga menyediakan wahana lain berupa Buggy Car. Yaitu sebuah permainan mobil dengan kapasitas sebanyak 4 orang. Penggunaannya sendiri mirip seperti mobil otomatis yang sudah memiliki pendamping driver khusus sehingga aman digunakan.

Para pengunjung khususnya anak-anak juga dapat menikmati wahana khusus yaitu Kiddy Land. Nantinya ada banyak fasilitas permainan bisa Sobat coba. Seperti Convoy Pirates hingga Flying Fox. Memasuki wahana lainnya terdapat Jasmine Water Park yang memiliki kafe, kolam renang, hingga aula serba guna.

6.     Danau Sipin

Danau Sipin merupakan danau yang terbentuk secara alami di tengah-tengah Provinsi Jambi yang. Masyarakat setempat biasanya menyebutnya dengan nama Solok Sipin. Adapun arti solok sendiri adalah danau. Keberadaannya memang masih dimanfaatkan oleh warga untuk mencari ikan.

Tidak heran jika cukup mudah menemukan keramba ikan milik para nelayan. Selain itu, terdapat beberapa rumah panggung sebagai lokasi mereka beristirahat. Ikan-ikan yang ada di danau ini memang dibudidayakan dengan beberapa jenis. Seperti ikan mas, nila, mujahir, dan ikan air tawar lainnya.

Masyarakat dan wisatawan biasanya akan berkunjung ke danau ini sehingga menjadikan lokasinya cukup padat dan ramai pada pukul 16.30 WIB. Jika memasuki waktu weekend, maka umumnya wisata ini sudah mulai padat dari jam 14.30 WIB.

7.     Trans Studio Mini Jambi

Trans Studio Mini di Transmart Jambi merupakan salah satu wisata paling seru di provinsi ini. Tersedia banyak wahana bermain mulai dari bumper car, venture river, mini train, sky rider, paris swing, dan masih banyak lagi lainnya. Untuk menikmatinya pengunjung perlu membayar tiket masuk dahulu.

Selain bisa memainkan berbagai wahana permainan, Sobat juga bisa menemukan banyak spot foto Instagramable lho! Area Transmart sendiri sudah memiliki banyak fasilitas lengkap sehingga sangat aman dan nyaman saat ingin berbelanja sekaligus bermain.

8.     World Of Water Citra Raya Jambi

Citra Raya Jambi merupakan sebuah kota berkonsep mandiri yang sudah terintegrasi dengan berbagai fasilitas penunjang. Baik itu di bidang kesehatan, retail, pendidikan, agama, hingga rekreasi. Saat ini sendiri sudah ada banyak area hijau serta beberapa sarana permainan paling populer seperti World of Water.

Yaitu sebuah tempat rekreasi air paling besar dan terbaru di tempat wisata di Muara Enim, Jambi, Bangka Belitung, Bukittinggi dan wisata lainnya yang ada di Provinsi Jambi serta Sumatera. Luasnya bahkan sudah mencapai 7 hektar dengan berbagai arena permainan air. Pengunjung nantinya akan disuguhkan dengan berbagai bangunan resort modern serta suasana hijau yang asri.

9.     Kompleks Candi Muaro Jambi

Candi Muaro Jambi diduga merupakan peninggalan dari Kerajaan Sriwijaya. Saat ini sendiri disebut-sebut sebagai candi paling luas di tanah air bahkan se-Asia Tenggara. Adapun luasnya sekitar 3.981 hektar. Kompleksnya sendiri ditemukan tepat pada abad ke-19. Perkiraan pembuatan bangunan ini adalah di abad ke-7-12 Masehi.

Area candi ini sendiri tentunya bisa jadi salah satu wisata sejarah terfavorit saat Anda berkunjung ke Jambi.

Pada tahun 2009 sendiri kompleks tersebut mulai diajukan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Tentu sangat sayang apabila melewatkannya. Hingga saat ini sendiri lokasi tersebut termasuk sebagai situs purbakala dan cagar buaya dengan sekitar 110 candi serta 85 gundukan tanah.

10. Museum Perjuangan Rakyat Jambi

Sesuai dengan namanya, tempat wisata di Jambi bersejarah ini berupa museum yang menjadi saksi perjuangan rakyat Jambi. Tersedia fasilitas penunjang cukup lengkap seperti toilet, lapangan parkir, hingga ruang pertemuan. Bangunannya memiliki perpaduan gaya tradisional serta modern.

Terdiri dari tiga lantai dengan fungsi sebagai tempat untuk menyimpan berbagai benda. Mulai dari selempang merah, senjata tradisional, replika Pesawat Catalina RI-001, diorama perjuangan rakyat Jambi, perlengkapan/pakaian perang, alat rumah tangga, alat komunikasi industri, dan masih banyak lagi lainnya.

Sobat dapat berkunjung mulai pukul 08.00 pagi setiap hari termasuk hari Minggu. Akan tetapi, jika memasuki hari libur nasional museum tersebut libur. Jangan lupa juga untuk menyiapkan biaya tiket masuknya baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.