10 Tempat Wisata di BukitTinggi

11 Dilihat

Bukittinggi merupakan sebuah kota terbesar yang berada di Provinsi Sumatera Barat. Selain terkenal akan beberapa tempat wisata di Bukittinggi yang bersejarah, kota ini juga dikenal sebagai kota terbesar kedua dan bahkan pernah menjadi Ibukota Indonesia pada masa pemerintahan darurat Republik Indonesia.

10 Tempat Wisata di Bukittinggi, Salah Satunya Istana Bung Hatta

Kota Bukittinggi juga menjadi salah satu pusat perdagangan grosir terbesar di pulau Sumatera. Bukan hanya itu kota ini juga menyimpan banyak keindahan alam yang masih asri dan dapat menarik minat para pengunjung lokal maupun internasional.

Tak heran jika Seiring berjalannya waktu banyak sekali orang berlalu lalang di tempat ini untuk menghabiskan waktu liburan.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, tonton video ini sampai habis ya!

1.      Air Terjun Lembah Anai

Berada di wilayah Nagari Singgalang, Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar. Air terjun ini merupakan bagian dari aliran sungai Batang Lurah yang berhulu di atas Gunung Singgalang.

Air terjun ini dekat sekali dengan pinggir jalan, sehingga semua pengendara yang melaluinya bisa menyaksikan keindahan air yang tertumpah dari tebing yang tinggi.

Berada di wilayah Cagar Alam Lembah Anai, menjadikan tempat ini sangat asri, bahkan pengunjung yang ingin mengunjunginya harus menempuh perjalanan trekking selama 2 jam.

Selain air terjun lembah anai, ternyata tempat wisata di Bukittinggi ini juga menyimpan enam air terjun lain dan pengunjung harus berjalan kaki untuk melihat air terjun ini.

2.      Lubang Jepang

Lubang Jepang merupakan bunker yang dibuat pada zaman penjajahan Jepang, namun keberadaannya masih ada hingga sekarang.

Memiliki panjang lubang hingga 1.470 meter di bawah Ngarai Sianok dengan jumlah terowongan sebanyak 21 buah.

Ternyata, setiap terowongan memiliki fungsi yang berbeda-beda, seperti dapur, tempat tinggal, hingga ruang penyiksaan yang dilakukan oleh tentara Jepang.

Disini, pengunjung bisa merasakan bagaimana perasaan dan perjuangan dari para pahlawan di bawah tekanan penjajah pada waktu itu.

3.      Taman Panorama Ngarai Sianok

Taman Panorama Ngarai Sianok terletak tak jauh dari destinasi wisata Taman Gadang. Tempat ini menyediakan keindahan alam Ngarai Sianok, dimana tempat bersejarah tentang penjajahan Jepang berupa bunker berada.

Tempat wisata di Bukittinggi ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat beristirahat di bawah pepohonan rindang. Suasana yang ada di sekitar tempat ini juga sangat tenang dengan semilir angin menyejukkan.

Jika belum puas, pengunjung bisa naik ke atas gardu pandang untuk menikmati pemandangan di tempat ini dari atas ketinggian.

Tak lengkap jika liburan tidak membawa oleh-oleh, pengunjung bisa menemukan banyak souvenir unik yang berada di belakang taman ini.

4.      Kapatoman Café Tabiang Takuruang

Kapatoman Café Tabiang Takuruang menjadi destinasi wisata unik yang tidak boleh dilewatkan jika kamu berkunjung ke Kota Bukittinggi. Tempat ini termasuk dalam kawasan Ngarai Sianok tepatnya di Jorong Jambak Ngarai Sianok Anam Suku, Kecamatan Ampek.

Kapatoman Café Tabiang Takuruang sendiri memiliki wujud tempat yang unik, yakni kapal yang terbuat dari kayu. Memberikan sensasi berlayar di tengah ngarai yang dikelilingi perbukitan dan pegunungan.

Disini, pengunjung juga bisa menikmati aneka olahan tradisional khas Bukittinggi, seperti the talua tapai, kopi talua, kopi panggang, nasi ayam lado ijau balinyak, dan nasi saka basantan.

5.      Janjang Saribu

Janjang Saribu menjadi salah satu tempat yang pas untuk menikmati keindahan Ngarai Sianok. Tempat ini juga mendapat julukan sebagai “The Great Wall of China” karena bangunannya yang mirip seperti Tembok Besar China.

Nama Janjang Saribu sendiri memiliki arti tangga seribu. Terdiri dari deretan anak tangga yang sangat panjang dengan pemandangan indah di samping kanan kirinya.

Selama perjalanan, kalian akan menemukan beberapa titik untuk beristirahat dan mengisi energy kembali jika lelah menaiki tangga.

Sesampainya di akhir lintasan, kelelahan kalian terbayarkan oleh panorama hijau dari lembah tempat mengalirnya Batang Sianok.

6.      Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan

Memadukan taman margasatwa dan budaya memang dianggap mustahil, namun Bukittinggi mampu menampilkan kegiatan wisata yang berbeda.

Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan ini menawarkan pengetahuan, nilai sejarah, dan panorama alam Bukittinggi yang indah dalam satu wilayah.

Di tempat wisata di Bukittinggi ini, terdapat sebuah bangunan rumah adat Minangkabau yang disebut dengan Rumah Adat Baanjuang yang didirikan pada tahun 1935 dan beralih fungsi menjadi museum.

Taman ini merupakan salah satu kebun binatang tertua yang ada di Indonesia. Prakarsa pendiriannya dimulai pada tahun 1900 atas ide seorang Controleur pemerintah hian Belanda bernama Gravenzanden.

Dari atas bukit ini, pengunjung dapat mengamati bentangan alam di sekelilingnya yang bergelombang. Mulai dari pemandangan Gunung Singgalang, Gunung Singgalang, Gunung Sago, Gunung Marapi, hingga Ngarai Sianok.

7.      Green House Lezatta

Green House Lezatta, mirip dengan tempat wisata goa Pindul untuk anak yang cocok bagi pemburu spot-spot foto cantik. Tempat ini merupakan objek wisata buatan yang menonjolkan keindahan bunga-bunganya.

Disini juga terdapat berbagai jenis bunga yang menghiasi sekelilingnya, seperti kaktus, bromelia, bunga anggrek, bunga miana, dan masih banyak lainnya.

Green House Lezatta juga menjadi salah satu objek wisata kebanggaan masyarakat Bukittinggi karena mampu menampilkan banyak bangunan cantik bak negeri dongeng.

Bangunan tersebut diantaranya rumah hobbit, rumah segi tiga, rumah terbalik, rumah jamur, serta bangunan ala Eropa lainnya.

Untuk bisa masuk ke tempat ini, pengunjung harus membayar tiket yang dibandrol dengan harga Rp20.000/orang.

8.      Jam Gadang

Jam Gadang merupakan ikon tempat wisata di Bukittinggi yang berada di Sumatera Barat..Jam Gadang memiliki denah dasar seluas 13×4 meter.

Di bagian dalam menara jam setinggi 26 meter ini, terdiri beberapa lantai dengan tingkat teratas yang dijadikan sebagai tempat penyimpanan bandul.

Terdapat 4 jam dengan diameter masing-masing 80 cm. Jam ini dikirim langsung dari Rotterdam, Belanda melalui pelabuhan Teluk Bayur dan digerakkan secara mekanik oleh mesin yang hanya dibuat 2 unit di dunia, yaitu Jam Gadang dan Big Ben di London.

Selain itu, di sekelilingnya juga tersedia taman yang bisa kamu jadikan sebagai tempat beristirahat dan bersantai.

9.      Museum Rumah Adat Baanjuang

Seperti halnya tempat wisata di Mentawai, Bukittinggi memang kaya akan kebudayaan dan sejarah yang sangat kental serta masih terjaga hingga saat ini. Untuk memberikan wadah kepada masyarakat agar bisa mengenalkan kebudayaannya ke orang luar, dibangunlah Museum Rumah Adat Baanjuang ini.

Penampakan rumah adat yang ada di museum ini memang sangat unik dan masih tradisional dilengkapi dengan anjungan di sebelah kanan dan kirinya.

Jika berkunjung kesini, kamu akan merasakan nuansa kedaerahan yang sangat kental akan unsur kebudayaannya. Tidak hanya itu, tempat wisata ini juga dilengkapi dengan berbagai benda bersejarah yang tersimpan dengan baik dan asli.

10.  Istana Bung Hatta

Istana Bung Hatta atau yang sering dikenal dengan sebutan Gedung Negara Tri Arga. Pada tahun 1965, gedung ini menjadi tempat pengukuhan gelar Bundo Kanduang Agung kepada istri Presiden Soekarno yang bernama Hartini.

Di sekitarnya, berdiri pohon palma dan cemara yang tinggi menjulang sebagai peneduh alami tempat ini. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati keunikan desain interior pada gedung. Di dalamnya juga tersimpan banyak barang-barang jaman dahulu.

Inilah yang membuat penampakan Gedung Bung Hatta terlihat semakin cantik dan memberikan kesan estetik saat memasuki setiap ruangannya.

Sayangnya, saat ini pengunjung tidak diperbolehkan masuk ke dalam istana dan hanya bisa menikmati salah satu tempat wisata di Bukittinggi bersejarah ini dari luar pagar saja untuk menjaga agar gedung ini tetap terawat.