Wisata Goa Pindul untuk Anak di Jogja

160 views

wisata goa pindul untuk anak

Jika Anda sedang berada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dan merencanakan untuk berlibur di sana bersama buah hati tercinta, maka jangan lupa untuk berkunjung ke wisata Goa Pindul untuk anak. Di sana terdapat perpaduan konsep alam serta edukasi menarik untuk kebahagiaan keluarga.

Berkenalan dengan Kompleks Wisata Alam Goa Pindul

Goa Pindul merupakan salah satu objek wisata alam yang berlokasi di Desa Bejiharjo Kecamatan Karangmojo Kabupaten Gunung Kidul. Ketika akan pergi ke sana, Anda bisa menempuh jarak sekitar 60 KM dari pusat Kota Yogyakarta dengan jalur kendaraan darat.

Objek wisata yang satu ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 16.30 WIB. Harga tiket Goa Pindul ke kawasan wisatanya lumayan terjangkau yakni Rp 10.000,- saja. Sedangkan jika memasuki bagian dalam goanya, maka akan dikenai biaya sebesar Rp 35.000,- per orangnya, baik dewasa maupun anak-anak.

Dalam kawasan objek wisata ini, terdapat berbagai bagian dan wahana permainan seperti halnya rafting, menyusuri sungai dan lain sebagainya. Di samping itu, tempatnya asri serta sejuk sehingga sangat ramah untuk digunakan berwisata bersama anak-anak tercinta.

Adapun Goa Pindul juga menyediakan fasilitas-fasilitas umum tersendiri sehingga Anda tidak akan khawatir ketika membawa anak-anak berwisata ke sana. Seperti halnya lahan parkir luas, musholla, tempat peristirahatan, rumah makan serta tempat khusus ibu menyusui.

Macam-macam Objek Wisata Goa Pindul Untuk Anak

Karena Goa Pindul merupakan objek wisata alam yang ramah anak, maka di sana pun tersedia berbagai macam aktivitas atau wahana tersendiri yang khusus dibuat untuk memanjakan para buah hati. Jenisnya sangatlah beragam dan harganya pun variatif mulai dari paling terjangkau hingga mahal.

Cave Tubing

Wisata Goa Pindul untuk anak yang pertama yakni Cave Tubing. Di sini baik orang dewasa maupun yang masih dibawah umur diperbolehkan untuk berjalan-jalan menyusuri bagian dalam Goa Pindul secara bergerombol serta mengambil banyak foto.

Cave Tubing dijamin aman oleh Goa Pindul Official karena telah dilengkapi pembatas tepi jurang yang tidak akan membahayakan anak-anak lagi ketika berlari-lari atau sekedar melihat pemandangan di dalamnya.

Penerangan yang terdapat di adalam Goa Pindul sendiri juga cukup banyak. Hal tersebut menjadikan suasana di dalam menjadi semakin asyik serta tidak perlu membawa lampu sendiri dari rumah untuk bisa melihat eksotisnya pemandangan secara jelas.

  1. Peralatan Keamanan Ramah Anak Cave Tubing

Saat melakukan cave tubing atau kegiatan susur goa di wisata Goa Pindul untuk anak, maka telah disediakan beragam alat keamanan tetentu. Dengan begitu, orang tua tidak perlu khawatir lagi terkait dengan keselamatan buah hati mereka.

Peralatan-peralatan keamanan yeng telah disediakan secara khusus oleh petugas goa di antaranya yaitu meliputi kendaraan air, ban, helm pelindung, pelampung, lampu kepala serta lain-lain yang masih banyak lagi.

  1. Prosedur Melakukan Cave Tubing

Saat melakukan cave tubing, setiap anak akan meluncur secara perorangan dengan menggunakan ban di dalam kendaraan air. Jadi, kegiatan yang satu ini tidaklah dilakukan secara berkelompok atau melibatkan banyak orang.

Jika anak-anak Anda memilki nyali serta keberanian yang kuat, maka mereka boleh saja bermain cave tubing ini. Sebaliknya, kalau buah hati cenderung penakut serta belum memiliki cukup usia, sebaiknya jangan diizinkan dulu bermain karena hal ini lumayan menantang dan berbahaya.

Rafting Sungai di Dalam Goa Pindul untuk Anak

Wisata Goa Pindul untuk anak yang recommended selanjutnya yakni kegiatan rafting atau yang telah populer dengan sebutan arung jeram. Berbeda dengan cave tubing, aktivitas satu ini dilakukan secara berkelompok atau melibatkan banyak orang.

Anak-anak yang diizinkan untuk mengikuti permainan arung jeram ini adalah mereka yang hanya berusia di atas 7 tahun saja. Hal tersebut ditetapkan oleh pihak pengelola Goa Pindul untuk menjaga keamanan serta keselamatan pengunjung.

Rafting ini dilakukan dengan menaiki perahu karet bersama beberapa orang teman di dalam aliran sungai yang deras di sekitar area Goa Pindul. Sensasi melakukan kegiatan ini sangatlah ekstrim serta menantang sehingga dibutuhkan keberanian serta kekuatan mental.

  1. Peralatan Bermain Rafting di Goa Pindul

Saat buah hati Anda mengikuti wisata Goa Pindul untuk anak yaitu rafting, maka mereka akan diberikan berbagai macam peralatan permainan maupun keselamatan juga. Untuk mendapatkan fasilitas tersebut, pengunjung harus membayar biaya tambahan di luar harga tiket masuk utamanya.

Adapun, peralatan permainan untuk melakukan rafting di Goa pindul yakni meliputi perahu karet, pelampung dan dayung. Lebih lanjut lagi, kelengkapan keamanannya meliputi sabuk pengaman, senter kepala dan lain-lain.

  1. Prosedur Bermain Rafting di Goa Pindul

Ketika melakukan rafting ini, maka buah hati Anda akan didampingi oleh satu pendamping dewasa atau juga dapat ditemani langsung oleh orang tuanya. Waktu permainan maksimal yang dapat dilakukan oleh satu kelompok yakni hanya sekitar 1 jam saja paling lama.

Peserta rafting dilarang untuk membawa makanan dalam bentuk apapun serta membuang sampah di sungai Goa ketika sedang melakukan permainan.

Bermain Outbound di Halaman Wisata Goa Pindul Untuk Anak

Selain menyediakan aktivitas ekstrim seperti rafting dan cave tubing, wisata Goa Pindul untuk anak juga memiliki wahana permainan seru bagi semua umur. Hal tersebut lebih aman dan tidak melibatkan aktivitas air.

  1. Outbond Jaring

Wahana permainan daratan dari wisata Goa Pindul untuk anak yang pertama yaitu outbound Jaring. Di sini, buah hati Anda dapat bermain panjat-panjatan, menyusuri terowongan dan lain sebagainya sesuka hati mereka.

Outbound ini gratis dan tidak ada batasan waktu maksimal untuk bermain. Ia juga lumayan aman untuk anak-anak usia di bawah lima tahun. Akan tetapi, tentunya pengawasan serta pendampingan dari orang tua tetap diperlukan.

  1. Prosotan

Di dalam kawasan wisata Goa Pindul untuk anak, juga terdapat permainan yang telah melegenda dari dulu hingga sekarang yaitu prosotan. Tentunya, kemanan dan keefisienannya sudah tidak perlu diragukan lagi untuk buah hati Anda.

Di sini, anak-anak diperbolehkan untuk bermain prosotan sepuas mereka. Walaupun permainan ini terkesan sepele dan simpel, namun ternyata sangat berguna untuk mengasah motorik kasar mereka.

  1. Panjat Tebing Mini

Untuk anak-anak yang menyukai ketinggian, maka wahana panjang tebing mini di Goa Pindul rasanya sangatlah tepat untuk dicoba. Harganya lumayan terjangkau serta ramah di kantong siapa saja.

Terkait dengan kemanan aktivitas panjat tebing anak ini, pihak pengelola wisata sudah menyediakan berbagai peralatannya secara lengkap seperti halnya tali penyangga badan, helm, jaket dan hal-hal lain semacamnya. Anda pun bias memesan tiket Goa Pindul di kantor terdekat.

Itulah pembahasan lengkap mengenai beberapa wisata Goa Pindul untuk anak. Semoga informasi tersebut, referensi dan wawasan Anda tentang lokasi berwisata ramah keluarga dan buah hati menjadi semakin bertambah banyak dan bervariatif tentunya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *