10 Tempat Wisata Di Bintan

15 Dilihat

Kepulauan Bintan merupakan wilayah kepulauan paling besar di Kepulauan Riau. Areanya sendiri terbentang di seberang Johor Baru, Malaysia, dan Singapura. Tempat wisata di Bintan yang paling terkenal adalah resort mewah, pantai, serta lapangan golf kelas dunia.

Oleh karenanya, apabila Sobat ingin menikmati keindahan wisata, maka pastikan menginap beberapa hari di kepulauan ini. Bintan juga kerap diperbincangkan sebagai destinasi wisata olahraga terbaik dengan berbagai jenis perhelatan skala dunia. Tidak hanya holf tetapi juga marathon, triathlon. Hingga olahraga ekstrim lainnya.

Tempat Wisata di Bintan Paling Banyak Dikunjungi

Untuk menuju Bintan pengunjung akan memperoleh akses sangat mudah. Pasalnya, sudah tersedia penyewaan mobil, taksi, hingga bus. Tersedia juga fasilitas berupa pelabuhan ferry sehingga wisatawan sangat mudah mengeksplorasi areanya. Oleh sebab itu, langsung saja saksikan rekomendasi tempat terbaiknya yang wajib dikunjungi berikut!

1.     Pulau Penyusuk

Pulau Penyusuk terdiri dari gugusan pulau-pulau indah dan mempesona. Daya tarik utamanya adalah hamparan bebatuan besar di sepanjang pantai. Lokasinya berhadapat tepat dengan Pantai Trikora. Untuk mengunjunginya, Sobat hanya perlu menyebrang dari pulau tersebut dengan waktu perjalanan sekitar 40 menit saja.

Tempat wisata di Bintan ini sebenarnya masih belum dikelola oleh pemerintah setempat secara resmi. Sobat dapat mengunjunginya secara gratis pasalnya tidak ada biaya tiket masuknya. Cukup siapkan saja biaya sewa kapal maupun sewa alat-alat snorkeling.

2.     Pulau Penyengat

Pulau Penyengat sebenarnya adalah pulau kecil yang dapat Sobat kunjungi dengan jarak sekitar 1,8 kilometer dari pusat kotanya. Ukuran pulaunya sendiri mencapai 2.000 meter serta lebar hingga 850 meter. Adapun jumlah penduduknya 2.500 jiwa lebih.

Wisata ini sendiri merupakan destinasi utama saat berkunjung ke Bintan. Di dalamnya pun ada banyak peninggalan bersejarah sehingga bisa jadi alternatif edukasi bersama keluarga.

Salah satunya adalah Masjid Raya Sultan Riau yang sekilas mirip dengan Masjid Baiturrahman yang menjadi bagian dari tempat wisata di Banda Aceh. Terdapat pula Balai Adat Melayu Kepulauan Riau dan masih banyak lagi.

Keindahan pulau ini masih sangat alami dengan air laut tenang sehingga cocok untuk menikmati keindahan di bawah laut. Sobat bisa melakukan snorkeling sambal menikmati keindahan ikan-ikan maupun terumbu karang yang menghiasi.

3.     Pantai Trikora

Pantai Trikora adalah salah satu destinasi wisata di Bintan dengan pasir putih yang menawan. Ombaknya sendiri cukup landau dengan beberapa bebatuan di tepi pantainya. Saat melakukan perjalanan ke pantai ini sendiri Sobat akan melihat banyak perkampungan nelayan.

Tidak hanya itu, sudah tersedia juga resort-resort mewah, rumah makan seafood, Kawasan konservasi, hingga hutan mangrove. Berdasarkan cerita masyarakat setempat, nama Trikora sendiri berawal dari istilah three corra. Nama ini diberikan oleh wisatawan asing saat berkunjung ke pantai ini.

Menurut informasi lainnya, nama ini mengingatkan tentang Trikora yaitu Tri Komando Rakyat tepat di masa pemerintahan Presiden Soekarno saat itu. Sedangkan pantai ini sendiri memang termasuk sebagai salah satu basis pertahanan wilayah paling luar di tanah air.

4.     Lagoi Bay

Lagoy Bay merupakan salah satu tempat wisata di Bintan dengan resort sangat mewah. Tidak sedikit wisatawan dari luar negeri menjadikannya sebagai lokasi liburan favorit. Pantainya sendiri terkenal akan keindahan pasir putih luas dan bersih. Keindahannya sendiri sudah terakui secara internasional.

Setiap pengunjung juga tidak akan dikenai biaya tiket masuk alias gratis. Memasuki halaman tengah terdapat kolam air mancur cukup besar. Terdapat pula kerangka dengan hiasan bunga membentuk hati yang menjadi favorit wisatawan untuk berswafoto.

Untuk menuju Lagoy Bay sendiri memerlukan waktu sekitar 1 jam 30 menit dari Tanjung Pinang. Adapun jaraknya sekitar 65 kilometer. Apabila Sobat datang dari Batam, maka gunakan speed boat maupun kapal feri agar bisa menempuh perjalanan ke pantai dengan mudah.

5.     Gurun Pasir Busung

Sesuai dengan namanya, wisata ini menawarkan keindahan pasir sepanjang mata memandang. Dahulunya tempat tersebut merupakan area penambangan pasir yang cukup produktif. Tidak heran jika kehadiran gurun tersebut memang tercipta tidak secara alamiah.

Kemudian hasil tambangnya sendiri pernah diekspor ke berbagai negara. Hanya saja saat ini aktivitas penambangan sudah berhenti sehingga lokasinya mulai menjadi destinasi wisata. Apabila Sobat ingin berkunjung kesana pastikan memakai kendaraan pribadi. Hal ini karena masih belum tersedia kendaraan umum melintasi areanya.

Tentu aka nada banyak keunikan yang ditawarkan. Seperti keindahan pasir dengan bentuk gelombang sehingga benar-benar seperti gurun. Setiap wisatawan dapat menikmati suasananya dengan cara bersantai di atas bukit-bukit kecil.

6.     Treasure Bay

Treasure Bay Bintan merupakan pilihan tempat wisata di Bintan terbaik dengan luasnya mencapai 6,3 hektar. Berdasarkan angka tersebut menjadikannya sebagai kolam renang terbesar di Asia Tenggara lho. Pantai buatan ini memiliki panjang mencapai 800 meter serta luas permukaannya setara dengan 50 kolam renang standar olimpiade.

Bisa dibayangkan tentunya wisata ini sangat luas sekali. Kehadiran kolam renangnya sendiri termasuk ramah lingkungan. Pasalnya, telah memakai 100 kali lebih sedikit dari produk kimia pada kolam renang konvensional sehingga selalu penuh dengan pecinta olahraga renang.

7.     Vihara Patung 1.000 Wajah

Saat berkunjung ke wisata Patung Seribu Wajah, setiap pengunjung dapat menikmati keindahan berupa karakter manusia. Yaitu lewat deretan patung yang sudah berbaris. Setidaknya terdiri sekitar 500-an patung dengan watak sekaligus rupa berbeda.

Lahannya sendiri sangat luas dengan bangunan gaya Tiongkok. Pada mulanya, Vihara tersebut hanya dijadikan sebagai tempat ibadah oleh masyarakat yang beragama Budha. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu mulai banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai kota karena pesona keindahannya.

Kehadirannya sendiri sudah dinobatkan sebagai destinasi unik oleh Kementerian Pariwisata RI. Sesuai dengan namanya, patung-patung tersebut seakan menggambarkan bahwa sifat buruk, jenaka, hingga kebaikan tidak bisa lepas dari seorang manusia.

8.     Poyotomo

Poyotomo bisa jadi daftar tempat wisata di Bintan yang menarik bagi Sobat yang suka memancing. Tempat tersebut menawarkan kolam pemancingan sebagai daya tarik utamanya. Terdapat kolam ikan dengan ukuran besar serta sudah dilengkapi pondokan di pinggirnya.

Tentu saja setiap wisatawan dapat tinggal dan beristirahat di sekitarnya untuk menikmati area pemancingan. Selain itu, mereka juga bisa melihat indahnya pemandangan dari Gunung Bintan. Hal tersebut menjadikan lokasinya sangat asri dan sejuk ditambah dengan pepohonan sekitar yang kehijauan.

Selain memancing, Sobat juga bisa menghabiskan waktu untuk berkemah karena tersedia lahan dan taman di sekitarnya yang cocok untuk lokasi camping ground. Fasilitasnya juga sangat lengkap mulai dari penyewaan sleeping bag, tenda, lampu LED, hingga area dapur.

9.     Crystal Lagoon

Crystal Lagoon termasuk danau buatan manusia paling besar di Asia Tenggara. Bagaimana tidak? Areanya sendiri mencapai 6,3 hektar dengan isian air laut yang sudah melalui proses penyaringan khusus. Kawasan sekitarnya berupa padang rumput hijau sehingga menjadikan suasananya sangat sejuk.

Selain itu, terdapat pula resort kelas dunia yang menambah nilai plus dari wisata ini. Pengunjung juga dapat menikmati fasilitas mewah di lokasi wisata sambil menikmati keindahan Pulau Bintan. Wisata ini sendiri dikelola secara ramah lingkungan dengan berbagai aktivitas seru yang ditawarkan.

Laguna ini sendiri memang dirancang secara khusus untuk menampung berbagai kegiatan air menyenangkan. Mulai dari berenang, berlayar, hingga melakukan snorkeling. Jika ingin berjemur, Sobat bisa merasakan sensasi mengambang di atas floaties dengan bentuk lucu.

10. Bintan Mangrove

Merupakan salah satu tempat wisata di Bintan yang keasriannya sangat terjaga. Ekowisata satu ini sudah dikelola oleh pemerintah setempat. Akan tetapi masyarakat masih bisa beraktivitas di tempat ini. Tidak heran jika sobat akan mudah menemukan para nelayan menangkap ikan memakai peralatan tradisional.

Umumnya mereka akan menggunakan peralatan seperti jala, tangkul, hingga bubu. Bintan Mangrove sendiri dapat Sobat kunjungi dengan akses sangat mudah. Setelah sampai di lokasi, pengunjung akan singgah di dermaga kecil dengan suguhan paket tour hutan mangrove.

Sobat akan menikmati areanya dengan cara menyusuri Sungai Lebong sepanjang 9 km. Untuk biaya tournya masih sangat terjangkau serta sudah menyediakan fasilitas lengkap. Seperti life jacket hingga minuman.

Nah, itulah tadi daftar destinasi wisata terbaik yang di Kepulauan Bintan. Kondisi geografisnya yang sama dengan tempat wisata di Mentawai membuat keduanya memiliki pantai-pantai yang eksotis.