25 Prospek Kerja Agribisnis 5 Tahun Kedepan, Cermati!

2.289 views
Prospek Kerja Agribisnis
Pixabay.com

Prospek Kerja Agribisnis – “Bagaimana masyarakat di seluruh dunia mengenal adanya biskuit, es krim, susu, keju, permen, dan banyak jenis makanan lainnya? Bagaimana cara mereka mendapatkannya setiap hari, sedangkan barang yang mereka butuhkan ternyata barang hasil import?”

Itu semua berkat kekuatan strategi supply chain management and logistics yang diterapkan pada industri agrobisnis di dunia. Strategi manajemen ini mengidentifikasi masalah, menganalisa untuk bisa memberikan solusi atas permasalahan tersebut.

Mari kita mengenal agrobisnis dan food supply chain management and logistics!

Pengertian Agribisnis

Agribisnis (baku menurut KBBI: agrobisnis) adalah bisnis berbasis usaha pertanian atau bidang lain yang mendukungnya, baik di sektor hulu maupun di hilir. Penyebutan “hulu” dan “hilir” mengacu pada pandangan pokok bahwa agrobisnis bekerja pada rantai sektor pangan (food supply chain).

Menurut Lambert & Cooper (1998), rantai pasok didefinisikan sebagai integrasi bisnis proses utama dari pengguna akhir melalui pemasok asli yang menyediakan produk, layanan dan informasi yang menambah nilai bagi pelanggan dan pemangku kepentingan lainnya. Sederhananya, rantai pasok merupakan rangkaian aliran barang/fisik, informasi dan proses yang digunakan untuk mengirim produk atau jasa dari lokasi sumber (pemasok) ke lokasi tujuan (pelanggan atau pembeli).

Jadi, bisa dipahami bahwa aktifitas bisnis-nya dalam agribisnis sudah pasti memakai jalur food supply chain management (manajemen rantai pasok pangan) yang berjalan dari hulu hingga hilir.

Inti dari tujuan proses food supply chain management adalah :

  1. Memuaskan konsumen sesuai persyaratan; dan
  2. Melakukan semua proses secara efisien, menjadi secara ekonomis dan berkelanjutan.

Contoh Gambaran Aktifitas Supply Chain Industri Minyak Kelapa Sawit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *