Daftar Dokumen Pendaftaran Beasiswa Reguler LPDP 2021, Apa Saja?

Daftar Dokumen Pendaftaran Beasiswa Reguler LPDP 2021, Apa Saja yang Harus Disiapkan?

Daftar Dokumen Pendaftaran Beasiswa Reguler LPDP 2021 (Gambar: LPDP)

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) pada 4 Mei 2021 sebetulnya sudah mengeluarkan berbagai pengumuman mengenai program beasiswa. Pengumuman tersebut sebetulnya sudah termasuk berbagai persyaratan yang dipersyaratkan bagi calon penerima beasiswa. Jadi anda hanya perlu mengunjungi situs LPDP dan semua persyaratan ada dalam bentuk file PDF.

Namun ternyata setelah kami cek, mungkin ada sebagian dari anda sadar bahwa ada banyak dokumen yang harus disiapkan. Ada beberapa dokumen yang harus anda siapkan baik dari segi fisik maupun form online. Hal inilah yang harus anda perhatikan ketika nantinya anda mendaftar, mengingat hal ini tercampur dengan persyaratan umum.

Selain itu ada persyaratan umum minimum yang harus diperhatikan ketika anda mendaftar. Hal ini juga yang mungkin bisa menambah kerumitan anda ketika anda harus mengisi form dan upload dokumen satu per satu. Oleh karena itulah kami berusaha menyajikan daftar dokumen pendaftaran beasiswa reguler LPDP 2021.

File Scan Dokumen dan Form Online

Secara umum dokumen pendaftaran LPDP terbagi menjadi dua, yaitu file upload dan form online. File upload yaitu dokumen yang wajib anda scan sebelum nantinya anda upload. Anda harus terlebih dahulu menjadikan dokumen anda menjadi file pdf untuk selanjutnya diunggah ke situs pendafttaran. Dokumen yang wajib anda unggah nantinya meliputi ijazah dan transkrip nilai, KTP, sertifikat penguasaan bahasa asing, LoA, Surat Pernyataan bermeterai, Surat Rekomendasi dan Surat Izin Mengikuti Seleksi bagi yang sedang bekerja.

Sementara itu form online adalah formulir yang harus anda isi sebagai kelengkapan persyaratan. Form ini pada dasarnya diisi secara digital, meskipun begitu ada baiknya anda persiapkan juga layaknya menulis tugas di microsoft word. Form online yang harus anda isi antara lain biodata diri, profil diri, personal statement, Form komitmen kembali ke Indonesia dan proposal penelitian.

Kedua hal tersebut harus anda perhatikan betul-betul ketika mendaftar beasiswa reguler LPDP 2021 beserta dengan dokumen pendaftaran.

Berikut Daftar Dokumen Pendaftaran Beasiswa Reguler LPDP 2021:

  1. Biodata Diri (Form Online).
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  3. Ijazah S1 dan S2 baik asli maupun legalisir atau Surat Keterangan Lulus (SKL).
  4. Transkrip Nilai S1 dan S2 baik asli maupun legalisir.
    • IPK Minimal pendaftar Magister/Program S2 adalah 3.00 dalam skala 4.0.
    • IPK Minimal pendaftar Doktoral/Program S3 adalah 3.25 dalam skala 4.0.
    • Bagi pendaftar Doktoral/Program S3 yang berasal dari program magister tanpa IPK, wajib menyertakan surat keterangan dari perguruan tinggi asal.
  5. Sertifikat Penguasaan Bahasa Asing dengan ketentuan sebagai berikut: A. Pendaftar Magister/Program S2 Dalam Negeri dengan skor minimal TOEFL ITP 500, Toefl iBT 61, PTE Academic 50, atau IELTS 6,0. B. Pendaftar Magister/Program S2 Luar Negeri dengan skor minimal TOEFL iBT 80, PTE Academic 58, atau IELTS 6,5. C. Pendaftar Doktoral/Program S3 Dalam Negeri dengan skor minimal TOEFL ITP 530, PTE Academic 50, atau IELTS 60. D. Pendaftar Doktoral/Program S3 Luar Negeri dengan skor minimal TOEFL iBT 94, PTE Academic 65, atau IELTS 70.
  6. Surat Rekomendasi dari Akademisi bagi yang belum bekerja atau dari atasan bagi yang sudah bekerja.
  7. Letter of Acceptance (LoA) dari perguruan tinggi dan program studi yang dipilih serta masih berlaku.
  8. Surat Pernyataan sesuai format LPDP (bermeterai).
  9. Surat Izin Mengikuti Seleksi dari unit yang membidangi sumber daya manusia bagi yang sedang bekerja.
  10. Profil Diri (Form Online).
  11. Personal Statement (Form Online).
  12. Komitmen kembali ke Indonesia dan rencana kontribusi pasca studi (Form Online). Panjang tulisan 1500 – 2000 kata. Isinya kurang lebih mendeskripsikan diri anda, permasalahan apa yang ada di Indonesia beserta apa yang anda tawarkan. Tulis juga deskripsi mengenai pentingnya ilmu yang anda ambil dan bagaimana peran ilmu tersebut dalam penyelesaian masalah yang terjadi. Selain itu deskripsikan juga mimpi anda tentang masa depan Indonesia, peran anda dan cara anda mewujudkan mimpi tersebut.
  13. Proposal Penelitian (khusus program doktoral dan melalui Form Online).A. Judul Penelitian B. Latar Belakang. C. Perumusan Masalah. D. Pertanyaan/Tujuan Penelitian. E. Metode dan Desain. F. Signifikansi dan Manfaat. G. Kesimpulan dan Saran. H. Daftar Pustaka.

 

Sumber: https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/api/Medias/9637f2b3-f779-4d1e-a0fc-6268cde34268

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *