Cara Daftar Google Adsense untuk Konten Kreator

Cara Daftar Google Adsense

Berbicara mengenai bagaimana cara daftar Google Adsense, pada dasarnya tidak akan pernah lepas dari yang namanya Blogger atau bahkan Youtuber. Itu karena kedua jenis pekerjaan freelancer tersebut memiliki keterkaitan erat dengan yang namanya iklan. Dari situlah mereka dapat uang.

Apa Itu Google Adsense?

Berkat kecanggihan teknologi di zaman sekarang, kini cara mendapatkan uang sangatlah mudah. Salah satunya dengan mengandalkan layanan Google Adsense. Layanan dari google ini merupakan program periklanan dalam basis CPC atau singkatan dari Cost Per Click. Tujuannya pun sederhana, Anda bisa melihat salah satu contohnya seperti Waktu.news.

Tujuannya, tidak lain adalah untuk dapat memudahkan dan memungkinkan para pengguna maupun pemilik website bisa mendapatkan penghasilan secara langsung dari iklan yang sudah terpasang. Google Adsense ini memiliki tampilan iklan di website seperti teks, video maupun gambar.

Kinerja dari layanan Google Adsense ini adalah dengan memanfaatkan cache browser setiap penggunanya. Tujuannya, supaya bisa mengetahui apa yang pengguna butuhkan. Agar nanti iklan yang akan muncul sesuai dengan minat / keinginan atau bahkan kebutuhan yang Anda butuhkan.

Cara Melakukan Pendaftaran Google Adsense (Membuat Akun)

Sebelum mendaftar Google Adsense, ada baiknya memerhatikan 2 hal penting. Pertama, jika akunnya menggunakan Gmail / layanan google lain, Anda sudah mempunyai layanan google tersebut. Kedua, konten yang dibuat harus berupa blog, situs, dan konten asli lainnya.

  • Pertama – tama, bukalah situs https://www.google.com/adsense/start
  • Kemudian, langsung saja Anda klik mulai
  • Lalu masukkan URL situs di mana Anda menginginkan tampil iklan
  • Setelah itu masukkan alamat email Anda
  • Selanjutnya, pilih apakah ingin Adsense-nya mengirimkan sarana performa / bantuan
  • Lebih baik Anda ya
  • Setelah selesai, langsung klik simpan dan lanjutkan
  • Anda login ke akun google
  • Pilihlah negara maupun wilayah Anda
  • Lalu pilih tinjau dan setujui persyaratan serta ketentuan dari pihak Adsense
  • Setelah itu, langsung klik buat akun
  • Anda telah berhasil login dan masuk ke akun Adsense baru

Tips Pengaktifan Akun Google Adsense

Setelah melakukan pendaftaran Google Adsense, masih ada langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan, yaitu dengan mengaktfikan akunnya. Ada beberapa tips mengenai pengaktifan akun setelah mendaftarkan akun baru di google. Tipsnya sebagai berikut.

  • Website Anda harus aktif serta berisikan tentang konten yang cukup memadai
  • Bila situsnya masih dalam tahap membuat. Pihak google tidak mengaktifkan akun
  • Pastikan untuk memberikan alamat URL yang tepat dan benar
  • Lalu jangan lupa tinjau terus situs Anda
  • Salin kode yang persis muncul di halaman beranda Google Adsense
  • Di situs Anda, tempelkan kode antara tag head dan /head di halaman konten
  • Jangan lupa juga masukkan nama lengkap sesuai informasi perbankan
  • Masukkan juga alamat pos secara lengkap dan nomor telepon aktif
  • Nantinya Anda akan melakukan pembayaran, jadi informasinya harus benar
  • Tips pengaktifan akun Google Adsense selesai

Bagaimana Cara Kerja dari Google Adsense?

Berbicara mengenai bagaimana cara kerja dari Google Adsense, yaitu seperti dengan membayarkan gaji setiap ada tindakan klik yang ada pada iklan tertentu dari pihak pengunjung situs. Jika semakin banyak yang meng-klik iklan tersebut. Maka besar pula pendapatan yang pengguna dapatkan.

Tahapan cara kerja Google Adsense yang pertama, yaitu dengan menyediakan ruang iklan. Biasanya akan ada di bagian header, artikel sidebar atau bahkan footer. Cara memasangnya pun cukup menempelkan kode iklan seperti script di bagian itu. Nanti iklan bisa muncul sesuai minat pengunjung.

Pihak pengiklan akan menawarkan harga paling tinggi, supaya dapat tampil di ruang iklan yang sudah tersedia dalam situs. Kemudian, besarnya bayaran yang nantinya pengguna dapatkan asalnya dari iklan yang sebelumnya sudah diklik oleh pengunjung situs. Besaran biayanya tergantung iklan.

Panduan Mengguna Google Adsense Bagi Pemula

Tepat sebelum mendaftar di Google Adsense, ada baiknya Anda harus memahami bahwa tidak semua website bisa pihak google terima. Hanya website yang mampu memenuhi persyaratan saja yang nantinya diterima. Bila mengalami penolakan, baca kesalahannya dan ajukan kembali.

  1. Melakukan Klik dan Tayangan Iklan

Perlu Anda ketahui, bahwa Google Adsense ini bekerja dengan cara menampilkan iklan di suatu situs. Ketika para pengunjung website tersebut melakukan klik, maka akan mendapatkan pemasukan biaya. Untuk memastikan tindakan tidak baik, pihak google melarang meng-klik iklan pribadi.

Tidak hanya itu saja, pihak Google Adsense juga tidak memperbolehkan melakukan klik di tayangan iklan miliki diri sendiri, meletakkan iklannya lalu memanipulasi pengunjung. Semua itu tentu tidak boleh, bisa jadi Anda mereka anggap curang.

  1. Pedoman dari Konten / Website

Pihak Google Adsense pasti akan bertanggung jawab dalam semua konten yang ada di website. Hal yang berbau pornografi, mengandung kekerasan, SARA, atau bahkan copyright. Mereka melarang aktivitas semua itu.

Jadi, usahakan konten yang Anda publish tersebut memiliki keunikan dan relevan. Jangan pernah melakukan tindakan curang dengan coba – coba memasukkan kata kunci berlebihan serta memasang kode yang sifatnya dapat melanggar sampai menjadikan akunnya dinonaktifkan.

  1. Setelah Menjadi Publisher Google Adsense

Jika Anda sudah menjadi bagian dari Google Adsense / publishernya, maka untuk dapat menayangkan iklan di suatu situsnya harus memasang kode iklan dari pihak Adsense-nya sendiri ke website pribadi.

Hal yang tidak boleh Anda lakukan adalah dengan memasang iklan pop – up maupun format iklan lain yang sifatnya dapat merugikan para pengunjung website pribadi. Apalagi bisa membuat rugi pihak pengiklanan secara langsung.

Itulah beberapa penjelasan secara lengkap mengenai bagaimana cara daftar Google Adsense dengan baik dan benar. Kesimpulan dari pembahasan di atas, Anda harus membuat konten yang masuk akal, tidak boleh plagiat apalagi copyright.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *