Coba Baca 5 Ayat Ini Ketika Kamu Lelah Bekerja

Coba Baca 5 Ayat Ini Ketika Kamu Lelah Bekerja

Ayat Al-Qur’an tentang lelah menjadi berkah seringkali menjadi obat bagi setiap muslim ketika merasa down. Sebagai seorang manusia biasa, merasa bosan, putus asa, kurang bersemangat, dan sejenisnya adalah hal wajar. Yang mereka butuhkan adalah motivasi.

Islam memberikan perhatian yang tinggi pada aspek ini. Faktanya, Al-Qur’an berulang kali menyebutkan keutamaan dari kerja keras dan pantang menyerah. Bahkan Allah menjanjikan imbalan terbaik bagi mereka yang ikhlas.

5 Ayat yang Menjelaskan Tentang Lelah menjadi Berkah

Berikut beberapa ayat Al-Qur’an tentang lelah menjadi berkah yang bisa Anda jadikan rujukan ketika sedang merasa kurang bersemangat. Dikutip dari Quranlite.id, inilah ayat-ayatnya;

⦁ An-Najm Ayat 39-41

وَاَنْ لَّيْسَ لِلْاِنْسَانِ اِلَّا مَا سَعٰىۙ.

dan bahwa manusia hanya memperoleh apa yang telah diusahakannya,

وَاَنَّ سَعْيَهٗ سَوْفَ يُرٰىۖ.

dan sesungguhnya usahanya itu kelak akan diperlihatkan (kepadanya),

Kalau Anda merasa kurang puas dengan jumlah pendapatan, percayalah bahwa pekerjaan bukan hanya tentang materi. Allah menjanjikan balasan sepadan bahkan jauh lebih besar bagi hamba yang senantiasa bekerja keras.

Jika balasan tersebut belum tercapai di dunia, niscaya kelak Allah akan memberikannya di akhirat. Sebagai pahala yang lebih berharga dan bermanfaat karena mengantarkan mereka kepada kenikmatan hakiki berupa surga.

Oleh karena itu, tetap lakukan apa yang terbaik pada pekerjaan Anda selama halal dan memberikan manfaat bagi orang lain. Tidak perlu merasa iri dan dengki kepada orang lain karena kepuasan manusia tidak akan ada habisnya.

⦁ Al-Ankabut Ayat 69
وَالَّذِيْنَ جَاهَدُوْا فِيْنَا لَنَهْدِيَنَّهُمْ سُبُلَنَاۗ وَاِنَّ اللّٰهَ لَمَعَ الْمُحْسِنِيْنَ ࣖ

Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridaan) Kami, Kami akan tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sungguh, Allah beserta orang-orang yang berbuat baik.

Anda sedang mati-matian membangun usaha, namun belum berhasil? merasa sudah mulai kehabisan ide untuk mengembangkan usaha dan mendapatkan profit? Merasa sudah lelah dan ingin menyerah?

Dalam ayat ini, Allah menjanjikan jalan dan petunjuk bagi mereka yang berusaha. Istilah ‘Jihad’ pada ayat ini merujuk kepada banyak bentuk, seperti berjuang mendapatkan rejeki yang halal, menahan hawa nafsu untuk berbuat maksiat, dan lain sebagainya.

⦁ Al-Jumu’ah Ayat 10
فَاِذَا قُضِيَتِ الصَّلٰوةُ فَانْتَشِرُوْا فِى الْاَرْضِ وَابْتَغُوْا مِنْ فَضْلِ اللّٰهِ وَاذْكُرُوا اللّٰهَ كَثِيْرًا لَّعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ

.
Apabila salat telah dilaksanakan, maka bertebaranlah kamu di bumi; carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak agar kamu beruntung.

Ayat ini merupakan perintah bagi manusia untuk mencari karunia Allah di bumi. Allah menciptakan manusia dengan dua tugas di dunia ini, yaitu sebagai Abdullah (Hamba Allah) dan Khalifatullah (wakil Allah untuk menciptakan kebaikan di bumi) .

Dengan demikian, seorang muslim tidak boleh hanya fokus mengejar akhirat sehingga melalaikan tanggung jawab kehidupan di bumi. Hal demikian sangat dilarang oleh Allah SWT.

⦁ Luqman Ayat 14
وَوَصَّيْنَا الْاِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِۚ حَمَلَتْهُ اُمُّهٗ وَهْنًا عَلٰى وَهْنٍ وَّفِصَالُهٗ فِيْ عَامَيْنِ اَنِ اشْكُرْ لِيْ وَلِوَالِدَيْكَۗ اِلَيَّ الْمَصِيْرُ 14.

Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu.

Setiap orang mungkin memiliki tujuan berbeda ketika melakukan sebuah pekerjaan. Paling umum diantaranya adalah membahagiakan orang tua, mengangkat derajat keluarga, dan lain sebagainya.

Bekerja untuk membahagiakan orang tua adalah tindakan yang sangat mulia. Allah senantiasa memerintahkan hambaNya untuk berbakti kepada orang tua dalam segala bentuknya. Salah satunya tentu saja dengan mencukupi kebutuhan duniawi mereka.

Allah menjanjikan pahala yang berlipat ganda bagi setiap orang yang berjihad membahagiakan kedua orang tua.

⦁ Al-Baqarah Ayat 155
وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِّنَ الْخَوْفِ وَالْجُوْعِ وَنَقْصٍ مِّنَ الْاَمْوَالِ وَالْاَنْفُسِ وَالثَّمَرٰتِۗ وَبَشِّرِ الصّٰبِرِيْنَ 155.

Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar,

Ayat tentang lelah menjadi lillah ini cocok sekali bagi Anda yang sedang berjuang untuk memenuhi kebutuhan hidup. Beratnya sebuah perjuangan kadang memang tidak sepadan dengan hasil yang kita dapatkan. Pada fase inilah kita diperintah untuk sabar.

Allah Maha Adil terhadap semua hambaNya. Ia tidak tidur dan tidak melewatkan setetespun peluh yang mengalir karena mengejar ridho dan rejekinya. Oleh karena itu, jangan pernah lelah untuk bersabar dan tetap berjuang.

Demikian uraian lengkap mengenai Ayat Al-Qur’an tentang lelah menjadi berkah. Semoga tulisan ini bisa menjadi secercah cahaya bagi Anda yang berada di fase terlalu lelah. Sesungguhnya, AL-Qur’an adalah obat dari setiap kesusahan dan kelelahan. Jangan pernah menyerah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.