Cara Mengoperasikan Hoist Crane yang Benar

Cara Mengoperasikan Hoist Crane

Sebagai orang awam, tentunya masih belum mengetahui secara pasti bagaimana cara mengoperasikan hoist crane. Dalam hal ini juga perlu dilakukan oleh orang dengan pengetahuan khusus yang memang sudah mengetahui prosedur penggunaannya. Terlebih sekarang ini ada banyak tipe alat berat tersebut.

Pemeriksaan Hoist Crane Sebelum Mengoperasikannya

Sebelum melakukan pengoperasian hoist crane, sangat penting untuk melakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Hal ini agar nantinya dapat menjaga kondisi alat berat tersebut agar selalu dalam keadaan siap pakai. Oleh sebab itu, usahakan rutin melakukan kegiatan inspeksi. Di bawah ini selengkapnya:

Pemeriksaan Rutin

Kegiatan inspeksi pertama yang perlu Anda lakukan adalah pemeriksaan rutin. Dalam hal ini perlu melakukannya mulai dari harian hingga bulanan sehingga termasuk sebagai pengujian secara visual sehingga pemeriksanya pun tidak boleh orang sembarangan.

Umumnya pengujian ini dilakukan oleh operator maupun petugas lain yang ditunjuk serta mempunyai pengetahuian mengenai pemeriksaan atas hoist crane tersebut. Untuk hasilnya sendiri tidak perlu tercatat sehingga bisa langsung melaksanakannya saja.

Pemeriksaan Berkala

Selain jenis inspeksi di atas, masih ada lainnya juga dengan nama pemeriksaan berkala secara visual sekaligus audio. Oleh sebab itu, jangan hanya melakukan satu tahap pengujian sala karena hal ini terbilang masih sangat penting untuk Anda lakukan.

Proses pengujiannya sendiri akan dilakukan secara langsung oleh petugas yang ditunjuk. Selain itu, prosesnya juga tentu cukup berbeda daripada pemeriksaan rutin sebelumnya. Pasalnya, petugasnya perlu membuat laporan serta jangka inspeksi tersebut selama 1 tahun sekali saja.

Cara Kerja Hoist Crane Electric

Pada dasarnya terdapat beberapa jenis hoist crane yang beredar di pasaran. Yakni dengan sistem pengoperasian electric dan manual. Untuk electric sendiri sebenarnya sudah sering digunakan di berbagai bidang. Tepatnya untuk memindahkan beban secara mudah dan efisien.

Alat tersebut nantinya akan memanfaatkan motor listrik agar dapat beroperasi. Untuk jenis hoist electric ini sendiri umumnya akan terhubung langsung dengan sistem kelistrikan. Tidak heran jika pengoperasiannya memakai generator listrik dengan kekuatan bervariasi sesuai desainnya.

Terdapat kait hoist yang terpasang pada barang saat ingin mengangkutnya agar lebih mudah. Selain itu, memerlukan juga tali atau rantai dengan kerekan lebih tinggi sehingga dapat bekerja kokoh. Alat berat electric ini sendiri umumnya hanya akan beroperasi secara vertikal di berbagai lingkungan kerja.

Cara Mengoperasikan Hoist Crane Jenis Electric

Perlu Anda ketahui, bahwa untuk mengoperasikan hoist crane jenis electric dapat memakai remote switch atau saklar jarak jauh. Fungsinya adalah untuk menaikkan, menurunkan, hingga melepaskan hoist. Oleh sebab itu, perlu dilakukan oleh operator profesional. Di bawah ini cara menggunakannya:

Mengecek Tegangan

Apakah Anda ingin mengoperasikan hoist crane? Jika iya, maka ada baiknya yang melakukan adalah operator profesional dan berpengalaman di bidangnya. Sebelum menggunakannya sendiri perlu melakukan beberapa rangkaian pengecekan. Salah satunya adalah dengan mengecek besaran tegangan.

Oleh sebab itu, perlu melakukan pemeriksaan tegangan agar mengetahui secara pasti apakah sudah sesuai dengan power supply yang sudah tersedia. Kemudian bisa mulai menghubungkan hoist sehingga alat ini dapat berfungsi. Akan tetapi, pastikan juga tegangan berbanding lurus dengan kecepatannya.

Mengecek Pelumasan

Selanjutnya Anda perlu melakukan pengecekan pelumasan. Oleh karena itu tidak boleh terburu-buru dalam menggunakan hoist crane tersebut pasalnya ada banyak bagian harus sudah diperiksa sehingga nantinya dapat memakainya dengan maksimal sesuai kebutuhan masing-masing.

Untuk mengecek pelumasan ini sendiri Anda perlu memastikan bahwa bagian gearbox terisi. Dengan begitu, dapat menyesuaikan tanda kadar olinya apakah sudah sesuai atau belum. Jika belum, maka lakukan pengisian sesuai kebutuhan penggunaan hoist crane tersebut.

Menguji Tombol Tekan

Terakhir, sangat penting juga bagi Anda memeriksa saklar kontrol sebelum menggerakkan hoist crane electrik. Oleh sebab itu, jangan terburu-buru memakainya untuk membawa beban terlebih dahulu. Pastikan menguji tombol tekannya apakah sudah benar-benar berfungsi dengan baik.

Salah satunya adalah dengan menguji tombol emergency stop. Tekan bagian tersebut kemudian pastikan bahwa bagian wire rope hoist mampu berhenti melakukan pergerakannya. Dengan begitu, menjadi sebuah tanda bahwa fungsi kontrolnya masih benar-benar bagus dan siap pakai.

Cara Melakukan Perawatan Hoist Crane

Setelah berhasil mengoperasikan hoist crane, maka sangat penting untuk melakukan perawatan juga. Dengan begitu, lebih mudah dalam menjaga kualitas dari alat berat tersebut. Terlebih, akan ada beberapa hal perlu Anda rawat agar berfungsi secara baik. Di bawah ini selengkapnya:

Cek Sambungan Alat

Pada dasarnya seluruh komponen yang ada pada hoist crane tersebut perlu Anda cek dengan baik agar mengetahui seperti apa keadaannya. Apakah masih benar-benar berfungsi  secara optimal atau justru sebaliknya. Salah satunya adalah mengecek sambungan alat seperti pada mur maupun baut.

Kemudian Anda juga bisa mengecek kondisi hook atau pengait agar lebih aman. Cek juga kondisi bautnya, pin pengunci, komponen rel, hingga pengait tali. Contohnya seperti seling maupun rantai. Dengan begitu penggunaannya juga lebih maksimal.

Cek Panel Kontrol

Proses perawatan juga bisa Anda lakukan dengan cara pengecekan panel kontrol dan bidang kelistrikan sejenisnya. Apakah dapat berfungsi sesuai kebutuhannya atau justru sebaliknya. Kemudian apabila terdapat masalah maka segera atasi agar dapat berfungsi seperti semula.

Sebelum mengoperasikannya sendiri perlu melakukan tes kelayakan alat tersebut. Hal ini juga termasuk sebagai langkah perawatan demi menjaga keamanan pekerjaan nantinya sehingga dapat terpantau dengan sangat baik. Bisa juga dengan melakukan sertifikasi setidaknya satu tahun sekali.

Itu tadi penjelasan mengenai cara mengoperasikan hoist crane. Jika Anda membutuhkan elephant hoist crane, Anda bisa membelinya di toko kami Indah Jaya Jual Elephant Hoist Crane.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.