Cara Memijat Tangan yang Nyeri

177 views

Cara Memijat Tangan yang Nyeri

Salah satu masalah tubuh yang cukup menyiksa dan mengganggu adalah nyeri di bagian tubuh tertentu. Hampir semua bagian tubuh bisa mengalami nyeri. Apabila anda mengalami masalah nyeri di bagian tangan maka ada cara memijat tangan yang nyeri paling tepat untuk anda praktekkan.

Nyeri di bagian tangan dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor. Misalnya saja karena kram atau karena terlalu lelah dengan aktivitas yang dilakukan. Tangan memang menjadi salah satu bagian tubuh yang paling banyak bekerja. Sehingga tidak mengherankan jika bagian ini sering mengalami masalah seperti nyeri.

Cara Memijat Tangan yang Nyeri

Jika anda ingin mengetahui tentang bagaimana cara memijat tangan nyeri, berikut ini adalah beberapa tips atau cara yang bisa anda coba pelajari:

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan apabila ingin meredakan rasa nyeri di tangan adalah mempersiapkan tangan anda. Pastikan semua perhiasan yang ada di tangan sudah terlepas. Perhiasan yang menempel seperti jam tangan, cincin, gelang dan jenis perhiasan lainnya dapat mengganggu proses pemijatan.
  2. Apabila anda sudah menyiapkan tangan selanjutnya carilah lotion atau minyak urut untuk membantu melicinkan tangan. Biasanya orang-orang lebih memilih menggunakan minyak urut karena lebih efektif untuk meredakan nyeri. Namun apabila anda tidak mempunyai minyak urut maka bisa menggunakan lotion karena sama-sama mampu memberikan efek licin.
  3. Oleskan minyak urut atau lotion ke seluruh bagian tangan mulai dari telapak tangan, punggung tangan, dan juga lengan. Selanjutnya anda bisa mulai melakukan pijatan dengan beberapa cara memijat tangan yang nyeri yang tepat.
  4. Cara memijat tangan pegal dan nyeri sangatlah mudah anda tinggal memulainya dengan melemaskan pergelangan tangan. Tekuk pergelangan tangan ke dalam lalu tahan beberapa saat. Jika sudah maka tinggal lakukan pijatan pada beberapa titik.
  5. Mulailah dengan memijat ujung ibu jari dengan tekanan yang yang sedikit kuat dan dilakukan secara berulang-ulang. Setelah itu Anda bisa melanjutkan dengan melakukan pijatan di ujung jari yang lainnya. Lakukan pijatan ujung jari ke semua jari anda baik itu tangan kanan atau tangan kiri.
  6. Apabila sudah selesai memijat ujung jari berikutnya lakukan pijatan pada tengah telapak tangan. Gunakan ibu jari untuk melakukan pijatan pada telapak tangan. Tekan ke seluruh bagian telapak tangan hingga merata. Apabila anda merasa ada rasa nyeri pada bagian tertentu maka cobalah untuk memijatnya secara lembut.
  7. Cara memijat tangan yang nyeri yang selanjutnya yaitu melakukan pijatan pada tulang tulang telapak tangan yang berada di bawah jari. Gunakan ibu jari dengan gerakan pijatan memutar. Anda akan merasakan rasa nyaman ketika melakukan pijatan ini. Pijatan memutar dan merata pada telapak tangan terutama pada bagian yang nyeri sangat efektif untuk membantu merelaksasi otot dan melancarkan peredaran darah.
  8. Pijatan yang dilakukan pada tulang tulang telapak tangan secara tepat mampu mengurangi rasa ngilu atau nyeri yang anda rasakan. Lakukan teknik pijatan menggunakan ibu jari seperti gerakan menekan sambil memutar atau menekan-nekan ke bawah dengan lebih kuat. Pastikan anda tidak terlalu keras dalam menekan karena hal ini justru membuat anda merasa tidak nyaman.
  9. Cara memijat tangan yang nyeri berikutnya yaitu memijat bagian ruas-ruas jari. Bagian jari yang dipijat adalah dimulai dari bagian depan dan belakang jari menggunakan telunjuk serta ibu jari. Setelah itu anda bisa memijat bagian samping setiap jari menggunakan 2 jari tersebut. Pastikan anda memijat semua jari tangan baik itu tangan kanan maupun tangan kiri.
  10. Apabila anda sudah selesai melakukan pijatan pada jari cobalah memindah posisi tangan dari menghadap ke telapak berubah menghadap punggung tangan. Pijatan di punggung tangan juga sangat penting karena kekuatan ibu jari yang fokus pada punggung tangan akan memberikan tekanan yang lebih kuat.
  11. Cara memijat tangan yang nyeri yang tidak kalah penting adalah melakukan tekanan pada otot yang berada di antara ibu jari dan jari telunjuk. Buatlah tekanan dengan gerakan memutar menggunakan ibu jari anda. Rasakan kenyamanan ketika bagian ini dipijat. Biasanya kegiatan ini akan terasa sangat nyaman apalagi jika memang tangan anda sedang nyeri atau capek.
  12. Setelah selesai melakukan pijatan di bagian telapak tangan dan jari-jari maka selanjutnya adalah melakukan pijatan pada bagian lengan. Apabila anda mengalami rasa nyeri di bagian lengan cobalah cari bagian yang terasa nyeri lalu pijatlah dengan lembut menggunakan jari anda. Gerakan memijat bisa bervariasi seperti gerakan memutar secara teratur atau tekanan-tekanan kecil yang kuat.
  13. Langkah terakhir dari cara memijat tangan yang nyeri yang bisa anda lakukan adalah melakukan kibasan. Kibas-kibas tangan anda Untuk melegakan otot setelah dipijat. Kibasan tidak harus keras dan cepat namun sebaiknya memang terasa nyaman dan membuat otot lebih ringan.

Kombinasi dengan Teknik Nafas

Apabila anda ingin agar cara memijat tangan yang nyeri bekerja lebih efektif maka lakukan pijatan sembari melakukan teknik pernafasan yang tepat. Pijatan yang lembut dengan disertai teknik pernafasan yang baik akan membantu untuk merelaksasi tubuh anda serta menyalurkan oksigen ke otak dengan lebih lancar.

Apabila anda tidak bisa melakukan sendiri pijatan untuk tangan yang nyeri sebaiknya cobalah untuk mencari terapis profesional untuk membantu memijat tangan anda. Terapis profesional yang berpengalaman bisa dipesan di kensei massage melalui pijat panggilan Surabaya. Para terapis sudah sangat memahami bagaimana cara memijat tangan yang nyeri dan berbagai teknik pijatan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *