8 Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi Mahasiswa

8 Tempat Wisata di Yogyakarta — Yogyakarta adalah salah satu lima kota besar di Indonesia. Salah satu kota yang masih kental dengan adat dan budaya serta kearifan lokal masyarakatnya. Kota yang unik nan sejuta cerita. Kotanya wisata, pendidikan, kuliner, budaya dan seni. Kota cantik yang istimewa.

Baca juga keindahan Masjid-masjid di Jogja

wisata di jogja
www.jogjapromo.com

Selain Bali yang menyuguhkan keindahan alam yang menyejukkan. Yogyakarta juga  termasuk salah satu kota yang menyimpan kekayaan alam dan budaya yang sangat menarik. Keluwesan dan keramah-tamahan penduduk-penduduk lokal turut mendukung terciptanya lingkungan yang damai dan sangat saling menghormati satu sama lain.

Tak dapat dipungkiri, Yogyakarta pun banyak dikunjungi wisatawan asing maupun wisatawan lokal, tentu dengan tujuan mereka masing-masing. Baik dengan tujuan berlibur, menimba ilmu atau bahkan untuk tujuan menetap. Jogja seakan memiliki daya tarik untuk dikunjungi.

Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Selain tersohor sebagai kota pelajar, Jogja memiliki banyak tempat wisata yang menarik dan segar. Anda yang menyukai keindahan alam, kesenian, budaya, peristiwa bersejarah, akan cocok sekali bila berkunjung ke Yogyakarta.

Jogja menjadi pilihan yang tepat untuk menikmati liburan dan menambah pengalaman. Merasakan suasana baru di kota yang begitu istimewa.

Banyak daerah-daerah di Yogyakarta yang memiliki potensi alam yang patut dipelihara serta dilestarikan. Desa–desa di Jogja pun banyak yang mengembangkan potensi yang dimiliki desa tersebut.

Adapun potensi yang dimanfaatkan seperti potensi alam dan beberapa potensi lain seperti kebudayaan maupun kuliner. Peluang tersebut lantas dijadikan desa wisata untuk menambah kemandirian sekaligus kesejahteraan..

Yogyakarta merupakan kota yang banyak menyuguhkan keindahan alam. Ada banyak wisata liburan yang ditawarkan, mulai dari wisata alam dan outdor, pantai-pantai, candi, tapak tilas, wisata seni dan budaya, dan masih banyak lagi.

Berikut ini akan saya ulas dan paparkan beberapa tempat wisata di Yogyakarta yang mungkin menjadi rekomendasi jika Anda berlibur ke sana:

1. Candi Prambanan

wisata di jogja candi prambanan
klikhotel.com

Pramabanan merupakan peninggalan mahakarya pada abad ke 10 kerjaaan Hindu. Candi ini terletak di dua wilayah, yaitu antara Kabupaten Sleman DIY dan Kabupaten Klaten Jawa Tengah.

Candi ini Memiliki ketinggian 47 meter. Stuktur dari candi prambanan diyakini sebagai lambang kepercayaan Agama Hindu. Memiliki tiga candi utama, yaitu Candi Wisnu, Candi Brahma, dan Candi Siwa. Konon, Candi Siwa Mahadewalah yang paling dimuliakan di area kompeks candi tersebut.

Setiap candi utama didampingi oleh satu candi. Candi Nandini yang mendampingi Candi Siwa, Candi Angsa mendampingi Candi Brahmana, dan Candi Garuda mendampingi Candi Wisnu. Ketiga candi utama ini dalam keyakinan Hindu disebut sebagai Trimurti.

Candi Prambanan sering disebut juga Candi Roro Jonggrang, sebab adanya Candi Prambanan tidak lepas dari legenda Roro Jonggrang. Legenda yang sampai sekarang masih sangat akrab di telinga masyarakat. Dahulu kala, tersebutlah dua kerajaan yaitu Kerajaan Pengging yang dipimpin oleh rajanya Damar Moyo, dan Kerajaan Pengging yang dipimpin oleh Raja Prabu Boko.

Kerajaan Pengging yang dipimpin oleh Raja Damar Moyo memiliki kehidupan yang tentram sentosa. Raja Damar Moyo merupakan raja yang baik hati dan Adil. Ia memiliki seorang putra yang bernama Bandung Bondowoso yang dikenal gagah berani dan perkasa.

Sementara di bagaian yang lain, Kraton Boko berada di bawah Kerajaan Pengging dan dipimpin oleh seorang raja yang bernama Prabu Boko. Diceritakan bahwa Prabu Boko memiliki karakter yang sangat kejam dan berwajah menyeramkan. Akan tetapi, ia memiliki seorang puteri yang cantik rupawan.

Singkat cerita, Prabu Boko ingin memperluas wilayah kerajaanya, kemudian dilancarkanlah strategi untuk melakukan pemberontakan kepada Kerjaan pengging. Saat itu ia dan pasukannya berhasil membunuh raja Kerajaan Pengging, Damar Moyo. Disampaikanlah berita tersebut kepada putri sang raja. Mendengar hal tersebut, sang puteri marah besar.

Bandung Bondowoso mengira bahwa pertarungan ini belum selesai, karena patih dari raja Boko melarikan diri. Akhirnya untuk menumpaskan pertarungan tersebut Bandung Bondowoso mendatangi Kraton Boko, bertemulah ia dengan Roro Jonggrang, Puteri Raja Boko. Ia jatuh hati pada Roro Jonggrang dan berniat ingin mempersuntingnya.

Roro Jonggrang tak ingin hal itu terjadi, maka ia memberikan persyaratan kepada Bandung Bondwoso. Jika ia ingin memperuntingnya, maka buatkanlah 1000 candi. Bandung Bondowoso dengan kesaktiannya dan dibantu oleh jin hampir berhasil menyelesaikan persyaratan tersebut. Mengetahui hal itu Roro Jonggrang meluncurkan strategi untuk menggagalkannya.

Ia mengajak wanita-wanita di keraton untuk menumbuk padi dan menyalakan api, seolah-oleh waktu pagi telah tiba. Dan benar saja, usaha tersebut berhasil. Candi yang dibangun belum genap 1000, masih berjumlah 999. Bandung Bondowoso marah besar dan merasa dicurangi, akhirnya ia mengutuk Roro Jonggrang menjadi arca, menggenapi menjadi 1000 candi.

Arca Roro Jonggrang dapat ditemui di Candi Prambanan tersebut. Bagi anda yang ingin berkunjung ke candi Prambanan, jangan khawatir, akses menuju kesana mudah saja. Bisa menggunakan bus kota yang nyaman dan terjangkau.

2. Malioboro

tempat wisata di jogja malioboro
waktunyajalanjalan.wordpress.com

Malioboro yang dalam bahasa Sansekerta artinya Karangan Bunga, hal itu karena bila di Keraton mengadakan acara, Malioboro akan penuh dengan bunga. Malioboro merupakan tempat wisata kedua di Yogyakarta yang wajib Anda kunjungi. Banyak orang mengatakan bahwa kurang afdhol rasanya berwisata ke Jogya tanpa mengunjungi Malioboro.

Perbelanjaan yang terletak di pusat kota ini, ramai dikunjungi oleh turis asing maupun lokal. Pasalnya Malioboro bak surga cinderamata. Sesuatu yang berbau khas Jogja disediakan di sana. Di badan kiri dan kanan jalan, banyak penjual yang menjajakan dagangannya. Mulai dari aksesoris, pakaian, batik-batik, makanan khas, sampai peralatan rumah tangga dapat diperoleh disana.

Suara gamelan-gamlean yang diputar kaset akan anda dengarkan di sepanjang jalan malioboro. Keramah tamahan penjual yang menjajakan dagangannya, dan musisi jalanan yang siap melantunkan syair-syairnya. Menambah suasana berbelanja anda menjadi menyenangkan.

Malioboro menyediakan banyak cinderamata yang cantik untuk oleh-oleh dengan harga terjangkau. Apalagi bagi anda yang pandai dalam hal tawar-menawar, harga murah bisa didapatkan. Masih di sekitar kawasan malioboro, Anda dapat menjumpai Pasar Beringharjo, Benteng Vredeburg, dan Taman Pintar.

Jadi jika Anda sumpek saat berbelanja, anda bisa menelusuri jalan Malioboro dan mampir mengunjungi tempat-tempat asik di sekitar kawasan malioboro. Disana banyak sekali pedagang-pedagang kaki lima yang menjajakan makanannya. Itu menjadi ide bagus untuk sekedar bersantai sembari menikmati kota Jogja dan melepas lelah.

3.Pantai Parang Tritis

tempat wisata di jogja pantai parangtritis
wisatalagi.blogspot.com

Pantai Parangtritis terletak 72 Km dari Selatan Kota Jogja, merupakan pantai paling terkenal di Yogyakarta yang indah dan mempesona. Akses menuju Parangtritis dapat ditempuh dengan menggunakan transportasi umum yang ada  hingga pukul 17.00 ataupun dengan kendaraan pribadi.

Parangtritis sangat erat dikaitkan dengan mitos Nyi Roro Kidul, atau ratu penguasa pantai Selatan. Konon, Parangtritis diyakini sebagai gerbang menuju kerajaan jin. Saat berkunjung ke Parangtritis juga adanya mitos dilarang memakai baju hijau saat berkunjung, karena ditakutkan akan tergulung ombak, sebab Ratu Pantai Selatan menyukai warna hijau.

Ingin Berwisata ke Jogja? Yuk Bersama Wisata Cirebon

Bagi Anda yang menyukai advanture, dan pesona-pesona alam yang luar biasa indah, salah satu yang anda dapat kunjungi adalah pantai Parangtritis, atau biasa disebut pantai Paris. Selain dapat menikmati pemandangan yang dapat menyejukkan mata, anda juga dapat bermain ATV (All Terrain Vehicle) di area pinggir pantai.

Jika anda berkunjung saat masih pagi atau siang, di sekitar area Parangtritis terdapat tebing Gembirawati di belakang pantai. Di atas tebing tersebut kita dapat menyaksikan seluruh hamparan pantai Parangtritis. Di tebing tersebut pula terdapat candi Gembirawati, yang tak jauh dari bibir Pantai. Anda dapat mendengar dan menikmati gemuruh ombak besar di dalam candi tersebut.

Adapun tarif yang dikeuluarkan untuk dapat menaiki ATV (All Terrain Vehicle) tersebut yaitu antara Rp.50.000-100.000 untuk setengah jam. Anda dapat merasakan sensasi bermain menerjang gundukan pasir.

Jika Anda kurang tertarik bermain ATV, anda juga dapat mengelilingi area pantai dengan menggunakan andong. Menyusuri pantai sembari menikmati semilir angin yang sejuk dan merasakan gemuruh ombak.

Suasana Parangtritis akan lebih terasa jika sudah beranjak senja, langit mulai dihiasi warna kemerahan, dan memantulkan kilau pada hamparan pantai. Anda dapat duduk-duduk menikmati senja usai, dan yang tidak boleh dilupakan yaitu mengabadikan momen indah tersebut.

Jangan khawatir bila anda saking menikmatinya dan sampai kemalaman, di area Parangtritis banyak menyediakan penginapan-penginapan yang harganya sangat terjangkau.

4. Keraton Yogyakarta

wisata di jogja kraton Jogja
en.wikipedia.org

Tak lengkap rasanya ke Yogyakarta tanpa mengunjungi bangunan bersejarah kesultanan Yogyakarta. Keraton Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningratini atau yang lebih dikenal dengan Keraton Yogyakarta ini berlokasi di kota Yogyakarta, provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Keraton Yogyakarta didirikan pada tahun 1755 oleh Pangeran Mangkubumi beberapa bulan kemudian setelah perjanjian Giyanti. Keraton Yogyakarta dibangun berdasarkan garis imajiner yang menghubungkan lurus antara Parangtritis dan Gunung Merapi.

Wisatawan yang berkunjung dapat belajar langsung dan mengenal bagaimana kebudayaan Jawa dirawat dan dilestarikan. Keraton di tempati pula oleh sultan beserta keluarganya. Jika anda ingin berkunjung ke Keraton Yogyakarta ini, maka datanglah lebih pagi. Keraton buka dari pukul 08.00 sampai pukul 14.00 saja.

Terdapat dua loket untuk dapat memasuki Keraton, yaitu berada di Terpas Keprajuritan dan Tepas Pariwisata. Jika anda masuk melalui loket pertama, anda hanya akan mendapati Bangsal Pagelaran, Bangsal Siti Hinggil, dan menjumpai beberapa kereta Keraton. Sedangkan bila anda masuk melalui loket kedua anda memasuki area Sri Manganti dan Kedathon.

Masih dilingkungan keraton, Anda juga dapat berkunjung ke museum melihat peninggalan-peninggalan kesultanan dan pemberian-pemberian raja Eropa. Benda-benda pusaka, gamelan, album poto raja-raja keraton Yogyakarta yang pernah memerintah dan kereta kencana.

Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan bila mengunjungi Keraton, selain kita mengetahui warisan kebudayaan dengan arsitektur yang mewah. Mengunjungi Keraton merupakan sarana berwisata sejarah, dan anda dapat menyaksikan pargelaran seni yang diadakan di Keraton sesuai jadwal.

Akses menuju Keraton dapat ditempuh dengan menggunakan transportasi kota, tiket untuk masuk Keraton pun sangat terjangkau.

5. Desa Wisata Kalibiru

wisata di jogja kalibiru
idtempatwisata.com

Mengapa desa wisata Kalibiru? Karena tempat yang satu ini juga banyak dikunjungi oleh wisatawan, khususnya kaum-kaum muda. Terletak di kabupaten Kulon Progo, tepatnya berada di area perbukitan Menoreh Kulon Progo, Yogyakarta. Ketinggian 450 m dpl.

Kalibiru merupakan hutan yang dikelola oleh masyarakat sekitar, ini menjadi hal yang menarik. Masyarakat desa tersebut dapat memanfaatkan potensi alam yang dimiliki oleh mereka. Hasil kerja keras yang berbuah manis.

Apa yang menarik di desa wisata Kalibiru? Wisata alam ini menyuguhkan pemandangan yang sangat cocok sekali bagi anda-anda yang gemar berpoto, selfie. Tempat wisata ini menyediakan spot poto yang  super keren, rumah pohon dengan berlatar perbukitan dan Waduk Sremo. Anda juga tak usah khawatir, karena disana disediakan fotografer yang siap mempoto dari ketinggian.

Selain spot poto, anda yang menyukai tantangan dan ketinggian, Kalibiru juga menyedikan flying fox, tersedia untuk dewasa dan anak-anak. Udara yang segar menambah kenyamanan anda berekreasi. Jika anda berniat bermalam, disana juga disedikan penginapan.

6. Hutan Pinus Mangunan

wisata di jogja hutan pinus
viapendaki.blogspot.com

Hutan Pinus Mangunan atau dikenal juga Hutan Pinus Imogiri, karena lokasinya dekat dengan daerah Imogiri, merupakan salah satu tempat rekreasi favorit kaum muda. Deretan pohon pinus yang tinggi dan menjulang, terlihat cantik dan rapi. Sangat cocok untuk anda yang gemar poto selfie, bahkan tempat ini menjadi salah satu tempat favorit juga untuk poto prewedding.

Luas kawasan ini 50 Ha, bayangkan saja di area seluas itu berjejer tegak menjulang pohon-pohon pinus. Kita akan dibawa pada suasana bak di negeri dongeng. Udara yang sejuk, harum semerbak khas aroma pohon pinus akan tercium hidung. Orang akan betah berlama-lama di tempat tersebut.

Hutan Pinus menjadi salah satu alternatif bagi anda yang ingin berekreasi sembari mencari ketenangan jiwa. Terlebih bagi anda mahasiswa yang tengah menempuh studi di jogja, rekreasi bersama teman ke Hutan Pinus adalah pilihan yang tepat. Hutan pinus menjadi tempat yang romantis untuk anda kunjungi.

7. Kebun Binatang Gembira Loka

wisata di jogja kebun binatang gembira loka
jogja.semberani.com

Bagi Anda yang sudah berkeluarga dan ingin mengajak keluarga Anda, terutama si buah hati untuk berlibur, saya rekomendasikan untuk mengunjungi Kebun Binatang Gembira Loka. Selain untuk menyenangkan hati si anak, tempat ini dapat pula menjadi wahana untuk anak menambah pengetahuan.

Kawasan ini terletak di daerah Kota Gede, Yogyakarta. Tempat ini sangat nyaman, bersih, dan rimbun. Sehingga anda tidak akan terlalu kepanasan. Jika anda merasa lelah berjalan kaki untuk melihat satwa, Anda dapat menggunakan bis terbuka yang ada di Kebun Binatang.

Banyak koleksi satwa yang dapat Anda temui disana layaknya Kebun Binatang sepeti pada umumnya. Anda juga sekaligus dapat menaiki beberapa satwa Kebun Binatang tersebut, seperti gajah, unta, atau bencengkerama dengan satwa yang disediakan untuk diajak berpoto. Seperti ular yang sudah jinak, kura-kura, burung, tak lupa juga Anda dapat menyaksikan atraksi satwa sembari istirahat.

8. Bukit Bintang

tempat wisata di jogja bukit bintang
jogjis.blogspot.com

Keindahan yang satu ini hanya dapat anda nikmati ketika malam tiba. Bak seperti melihat langit terbalik yang di hiasi ribuan bintang. Sebab dari atas Bukit Bintang kita dapat melihat keindahan yang dipantulkan kota Jogja. Ribuan kilauan lampu yang dipancarkan kota Jogja telihat begitu indah.

Bukit Bintang berada di daerah Wonosari, Yogyakarta. Anda yang sedang dalam pencarian romantisme bisa mengunjungi tempat ini. Saling bencengkrama sambil menikmati kemilau cahaya, akan menambah suasana menjadi lebih syahdu.

Anda tak perlu mengeluarkan uang banyak untuk mampir ke tempat ini, siapkan saja uang untuk makan Anda sendiri, itupun jika Anda berniat untuk makan atau sekedar minum teh hangat.

 

 

 

 

 

2 thoughts on “8 Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi Mahasiswa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *