8 Prospek Kerja Jurusan Farmasi Masa Kini

Prospek Kerja Jurusan Farmasi — Sebelum membahas prospek kerja Jurusan Farmasi, terlebih dahulu kita berbicara prospek pekerjaan di era digital. Ada banyak tantangan dan rintangan, di samping fasilitas yang serba mudah baik melalui online ataupun offline.

prospek kerja jurusan farmasi
pixabay.com

Persaingan kerja era digital semakin tinggi, karena masyarakat semakin sadar akan pentingnya pendidikan untuk jaminan hidup yang mencukupi dimasa depan. Sangatlah disayangkan jika daya saing di era digital ini, hanya sebatas persaingan tenaga fisik.

Ketika berbagai fasilitas tersedia serba mudah dan “murah”, seharusnya kualitaspun semakin meningkat. Apalagi jika melihat prospek kerja Jurusan Farmasi, perusahaan, instansi, dan lembaga akan membuka matanya dengan jeli untuk menarik karyawan cerdas dan bertanggung jawab.

Wajarlah jika zaman sekarang banyak lulusan sarjana yang belum cukup puas dengan studinya di strata 1 (S1). Berbagai tuntutan dari setiap lembaga, instansi, dan perusahaan pasti menginginkan karyawan berkualitas sehingga menghasilkan pekerjaan yang memuaskan.

Tuntutan zaman tentu tak dapat dipungkiri, karena potensi manusia berkembang setiap saat, demi mendapat kenyamanan hidup. Anda tidak usah berkecil hati, jika menerawang prosek kerja Jurusan Farmasi di era digital ini, tentu besar pula harapan.

Kebutuhan manusia di era digital tertata sedemikian rupa, baik kebutuhan jasmani ataupun rohani. Mulai faslitas rendah sampai tertinggi pasti dibutuhkan oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Fasilitator masyarakat pun bersaing semaksimal mungkin untuk menarik pelanggannya.

Untuk menjadikan prospek kerja Jurusan Farmasi semakin terbuka, Anda harus mempersiapkan segalanya, baik pikiran, hati, sekaligus kempapuan fisik. Persaingan di dunia kerja sangatlah kompleks, ketika satu pekerjaan terlalaikan maka akan menghambat pekerjaan lainnya.

Ada sebuah untaian kata bijak yang tidak asing lagi ditelinga kita. “Bekerjalah kamu untuk duniamu seolah-olah kamu akan hidup selamanya, dan bekerjalah kamu untuk akhiratmu seolah-olah kamu akan mati besok”.

Karena itu bekerjalah dengan sungguh-sungguh untuk mencukupi kebutuhan dunia, tanpa melupakan ibadah. Anda tidak usah pesimis untuk mencari celah pekerjaan, terlebih jika melihat persaingan di dunia farmasi. Misalnya saja Anda menyukai dunia kesehatan tentang Info Jantung, Anda bisa menekuninya. Prospek pekerjaan Jurusan Farmasi sangatlah besar, tetapi tidak sedikit juga peminatnya.

Kesehatan adalah Kebutuhan Dasar Manusia

Seperti yang sudah dipaparkan dalam paragraf sebelumnya, bahwa kebutuhan manusia tertata sedemikian rupa, baik kebutuhan jasmani ataupun rohani. Ada satu hal yang menjadi bagian penting diantara jutaan kebutuhan manusia, yaitu kesehatan. Hal ini sangat berkaitan dengan Anda yang sedang mencari prospek kerja Jurusan Farmasi.

Berbicara soal kesehatan, terkadang mindset kita mengarah pada dunia obat-obatan. Segalanya terselesaikan ketika kita melakukan konsultasi kepada dokter dan mendapat resep obat, maka tubuh menjadi sehat. “But that’s wrong” silahkan Anda mencari referensi tentang dunia kesehatan.

Terkait masalah kesehatan, dari zaman pra sejarah sampai zaman digital sekarang ini, kesehatan sangatlah diperhatikan. Bidang Farmasi sudah ada sejak masa pra sejarah, tetapi prospek kerja jurursan farmasi tentu belum ada. Karena zaman itu belum menekuni bidang khusus farmasi.

Dahulu belum ada istilah farmasi atau apoteker. Jika melihat dizaman sekarang, sepertinya obat-obatan yang digunakan manusia purba termasuk kriteria obat herbal alias kembali kepada alam.

Nah, masalah kesehatan ini sangatlah sensitif, karena urusannya dengan tubuh bagian dalam. Pun jika tubuh bagian dalam fisik terganggu maka terganggu juga bagian dalam jiwa kita. Oleh karena itu dibutuhkanlah ahli dibidang kesehatan, khususnya obat-obatan, salah satunya adalah apoteker.

Muncul pula pertanyaan, apa sih bedanya apoteker dengan farmasi? Pertanyaan ini sempat muncul juga di benak pikiran saya. Wajib bagi Anda yang sedang mencari prospek pekerjaan Jurusan Farmasi, terlebih dahulu membaca, dan memahami istilah apoteker.

Penjelasan secara singkat apoteker adalah sarjana S1 lulusan farmasi yang ditempuh selama empat tahun. Satu tahun selanjutnya untuk pendidikan profesi apoteker, maka keseluruhan pendidikan dijalani selama lima tahun.

Setelah itu  seorang apoteker dapat dikatakan sebagai ahli dalam ilmu obat-obatan. Dunia farmasi memang menarik hanya bagi sebagian, atau sepertiga kalangan saja. Dalam artian ada tipe manusia yang memang menyukai dunia eksak, sains, dan angka. Begitupun disisi berlawanan ada banyak macam manusia yang memiliki ketertarikan dibidang tertentu.

Bidang farmasi sendiri memang memberikan jalan yang jelas bagi masa depan, tidak terlepas dari jerih payah selama perjalanan studi, baik secara materiil ataupun non materiil. Ini merupakan indikator, prospek kerja Jurusan Farmasi.

8 Prospek Kerja Jurusan Farmasi Masa Kini

Setelah membaca penjelasan diatas, muncul lagi pertanyaan, apa saja sih prospek kerja di Jurusan Farmasi? Jawabannya, adalah banyak. Jurusan Farmasi adalah salah satu jurusan dengan prospek kerja terbesar di dunia.

Indonesiapun tidak kalah saing, tahun 2014 Dirjen Dikti merilis data yang menyebutkan bahwa Jurusan Farmasi adalah jurusan dengan peminat paling banyak nomor lima di Indonesia.

Dilansir dalam website resmi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), pada tanggal 18 Mei 2016. “Apoteker Penanggung Jawab memegang peranan penting karena harus dapat menjamin bahwa obat yang diberikan kepada pasien atau konsumen adalah obat yang aman dan berkhasiat”.

Berbicara masalah gaji? Prospek kerja Jurusan Farmasi di perusahaan, instansi, ataupun lembaga tidak perlu ditanyakan, apalagi dibayangkan. Semua pekerjaan dibayar sesuai porsi, dan kualitas kita tentunya.

Jelas bukan? Bahwa seorang apoteker sangat dibutuhkan dalam kehidupan manusia, karena tidak selamanya manusia akan selalu sehat jasmani, maka ketika sakit sebagian besar manusia akan mencari obat penawar sakit itu sendiri. Lalu ranah apa saja yang dapat mewadahi seorang apoteker, atau seorang lulusan farmasi?

Inilah beberapa perusahaan, lembaga, baik swasta ataupun negeri yang dapat dijadikan prospek kerja Jurusan Farmasi. Untuk pembaca, ataupun teman pembaca yang sedang galau mencari peluang kerja dibidang farmasi.

Salah seoarang rekan saya lulusan farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM) berbagi sedikit informasi. Bahwa farmasi tidak hanya tentang obat, tapi juga minuman dan makanan. Antara lain:

1. Farmasi Industri

prospek kerja farmasi di industri farmasi
beritamoneter.com

Baca juga mengenai Prospek Kerja Ilmu Komunikasi. Selengkapnya di 10 Prospek Kerja ILMU KOMUNIKASI yang Belum Banyak Diketahui

Research & Development, Quality Assurance/ Quality Control

Pertama, prospek kerja Jurusan Farmasi dapat diawalai dengan mengabdikan diri di dunia industri, seperti obat, makanan, minuman dan kosmetik. Biasanya dibagian research dan development.

Research dan development bertugas menentukan formula, tekhnik pembuatan, dan menentukan spesifikasi bahan baku yang digunakan. Pengembangan produk yang dilakukan mulai dari skala laboratorium, skala pilot hingga skala produksi.

Seorang farmasis dibeberapa industri, jika ia bertugas dibagian pengembangan produk tidak hanya melakukan riset dan pengembangan terhadap produk itu sendiri. Terkadang dituntut untuk bertanggung jawab terhadap desin kemasan produk

Qualitu control, dan quality assurance menjadi satu kesatuan dalam suatu departemen, artinya saling membutuhkan, dan tak terpisahkan. Ini menjadi salah satu prospek kerja jurursan farmasi.

Quality control, secara umum mencakup monitoring, uji-tes, dan memeriksa semua proses produksi yang terlibat dalam produksi produk tersebut. Memastikan bahwa stAndar kualitas perusahaan terpenuhi oleh komponen dari produk yang disediakan oleh perusahaan.

Sehingga dengan melalui prosedur yang semestinya memberikan jaminan kualitas sesuai stAndar perusahaan. Sedangkan quality assurance, yaitu bertugas, dan bertanggung jawab terkait peran jaminan kualitas.

Tugas utamanya yaitu memastikan bahwa produk tersebut memenuhi stAndar kualitas yang diperlukan atau yang diberikan perusahaan. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mencari referensi, buku terkait QC/QA. Semoga dapat menjawab kegalauan Anda dalam mencari prospek kerja Jurusan Farmasi.

Adapun beberapa perusahaan industri di Indonesia yang dapat menjadi tambahan informasi untuk Anda yaitu industri perusahaan makanan, seperti Orang Tua Group, Indofood, Nestle, dan Wingsfood. Perusahaan industry kosmetik seperti Martha Tilaar, Mustika Ratu, Wardah.

Bidang industri biologi dan obat-obatan, diantaranya Bayer, Kalbe Farma, dan Mead Johnson. Industri Jamu, dan obat tradisional seperti, Sidoo Muncul, Jamu Jago, Nyonya Meneer, Deltomed. Silahkan Anda pilih perusahaan, atau produk mana yang sesuai dengan minat Anda.

2. Farmasi Komunitas

prospek kerja farmasi di komunitas farmasi
qatarisbooming.com

Adapun prospek kerja Jurusan Farmasi bagi yang telah menekuni bidang apoteker. Apoteker merupakan ahli dibidang obat-obatan, ia akan bertanggung jawab terhadap obat yang tertulis di dalam resep.

Apoteker merupakan konsultan obat bagi dokter maupun pasien yang memerlukannya. Apoteker harus mampu menjelaskan tentang obat yang berguna bagi pasien, karena dia mengetahui tentang:

  1. Cara menggunakan, dan meminum obat.
  2. Efek samping yang timbul jika obat digunakan.
  3. Stabilitas obat dalam berbagai kondisi.
  4. Toksisitas dan dosis obat yang digunakan.
  5. Rute penggunaan obat.
  6. Eksistensinya sebagai seorang yang ahli dalam obat.

Kriteria diatas tentu merupakan syarat wajib seorang apoteker ketika ia bekerja di unit kesehatan. Prospek kerja Jurusan Farmasi dalam bidang apoteker dapat dikerucutkan lagi, yakni bekerja di apotek, klinik, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), dan Rumah Sakit.

Ada beberapa kegiatan apoteker yang secara langsung sering kita lihat ketika mereka melakukan tugas di lembaga kesehatan seperti yang sudah tercantum sebelumnya. Yakni dalam menyiapkan obat untuk pasien, antara lain:

  1. Peracikan

Yakni menyiapkan, menimbang, mencampur, mengemas, dan memberikan etiket pada wadah. Tidak terlepas dengan aturan dalam melakukan peracikan obat harus dibuat suatu prosedur dengan memperhatikan dosis, jenis, dan jumlah obat serta penulisan etiket yang benar.

  1. Etiket (carik kertas yg ditempelkan pd kemasan barang)

Etiket harus jelas dan dapat dibaca.

  1. Kemasan Obat yang Diserahkan

Obat selayaknya dikemas dengan rapi sehingga terjaga kualitasnya.

  1. Penyerahan Obat

Sebelum obat diserahkan pada pasien, terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan akhir terhadap kesesuaian antara obat dengan resep. Penyerahan obat dilakukan oleh apoteker disertai pemberian informasi obat dan konseling kepada pasien.

  1. Informasi Obat

Apoteker harus memberikan informasi yang benar, gamblang, dan mudah dimengerti. Akurat, tidak bias, etis, bjaksana, dan terkini. informasi obat pada pasien sekurang-kurangnya meliputi: dosis, efek farmakologi, cara pemakaian obat, cara penyimpanan obat.

Jangka waktu pengobatan, aktivitas serta makanan dan minuman yang harus dihindari selama terapi.

  1. Konseling

Apoteker harus memberikan konseling mengenai sediaan farmasi, pengobatan dan perbekalan kesehatan lainnya. Sehingga pasien terhindar dari penyalahgunaan sedia farmasi.

Untuk penderita penyakit tertentu seperti kardiovaskular, diabetes, TBC, asma, dan penyakit kronis lainnya apoteker harus memberikan konseling secara berkelanjutan.

  1. Monitoring Penggunaan Obat

Apoteker harus melaksanakan pemantauan penggunaan obat, terutama untuk pasien tertentu seperti yang disebutkan di point sebelumnya. Seorang apoteker dituntut untuk jeli, rapi, dan disiplin, karena berpengaruh terhadap kondisi pasien.

3. Dunia Pendidikan (Dosen)

prospek kerja farmasi sebagai dosen
news.wisc.edu

Barangkali Anda juga perlu mengerti salah satu jurusan yang sedang naik daun. Baca mengenai jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam

Anda yang sedang mencari prospek kerja Jurusan Farmasi dalam bidang pendidikan, dapat mengabdikan diri sebagai dosen di Jurusan Farmasi. Biasanya untuk menjadi tenaga pendidik di bidang farmasi khususnya, Anda diharuskan menyelesaikan kuliah sampai jenjang S2 Jurusan Farmasi.

Melihat daya saing instansi, perusahaan yang semakin banyak, maka perguruan tinggi swastapun satu persatu merintis perguruannya untuk menciptakan persaingan baru diranah yang sama.

Tidak menutup kemungkinan peluang sebagai tenaga pendidik dibidang farmasipun sangat dibutuhkan. Contoh, bertugas di Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) sebagai dosen bidang farmasi.

4. Bidang Penelitian

prospek kerja farmasi sebagai peneliti
dohanews.co

Prospek kerja Jurusan Farmasi di bidang penelitian cocok bagi Anda yang lebih berminat untuk menemukan sesuatu yang baru, atau menciptakan inovasi baru. Anda dapat menjadi seorang peneliti seputar obat-obatan.

Bisa juga melamar disebuah instalasi penelitian. Karena apoteker juga memiliki tanggung jawab di lembaga penelitian, yaitu meneliti khasiat dan keamanan obat bahkan menemukan obat baru.

Selain itu apoteker juga dapat merumuskan formula obat atau bentuk sediaan baru agar obat dapat lebih bermanfaat bagi pasien.

5. Lembaga Pemerintah

prospek kerja farmasi di lembaga pemerintahan
hbku.edu.qa

Badan Pengawas Obat dan Makanan, atau disingkat BPOM merupakan salah satu lembaga resmi pemerintah dalam urusan pelegalan obat dan makanan. Hal ini menjadi prospek kerja Jurusan Farmasi bagi Anda yang minat bekerja dalam naungan pemerintah.

Apoteker yang bekerja di badan regulasi seperti Badan POM bertugas merumuskan peraturan-peraturan dan melaksanakan fungsi pengawasan terhadap obat,  obat tradisional, kosmetik serta bahan makanan yang beredar di Indonesia demi kepentingan dan kenyamanan konsumen.

Adapun prospek kerja Jurusan Farmasi di lembaga lain yang berada dibawah naungan pemerintah, yaitu Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS).

6. Pedagang Besar Farmasi

prospek kerja farmasi sebagai pedagang besar
muslimgirl.com

Menurut Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1148/ MENKES/ PER/ VI/ 2011 tentang Perdagangan Besar Farmasi, yang dimaksud dengan Pedagang Besar Farmasi, disingkat BPF adalah perusahaan berbentuk badan hukum yang memiliki izin untuk pengadaan, penyimpanan, penyaluran obat dan/atau bahan obat dalam jumlah besar sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

PBF juga menjadi salah satu prospek kerja Jurusan Farmasi, karena sesuai namanya yaitu Perusahaan Besar Farmasi. Akan diperlukan seorang yang faham, dan ahli dalam bidang farmasi.

Peraturan perundang-undangan juga memberikan batasan atas beberapa hal yang berkaitan dengan kegiatan Pedagang Besar Farmasi, yaitu mengenai:

  • Perbekalan Farmasi adalah perbekalan yang meliputi obat, bahan obat, dan alat kesehatan.
  • Sarana pelayanan kesehatan adalah apotik, rumah sakit, atau unit kesehatan lainnya yang diterapkan Menteri Kesehatan, toko obat dan pengecer lainnya.

Tentunya setiap PBF harus memiliki ahli seputar dunia farmasi, maka seorang apoteker sangatlah diperlukan sebagai penanggung jawab pelaksanaan ketentuan pengadaan, penyimpanan dan penyaluran obat dan/atau bahan obat.

Meskipun terdapat celah dalam prospek kerja Jurusan Farmasi di bidang ini. Apoteker penanggung jawab tetap harus memiliki izin sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. Perusahaan Pedagan Besar Farmasi yang berdiri di Indonesia adalah Sucofindo.

7. Farmasi Manajemen

prospek kerja farmasi sebagai farmasi manajemen
theglobeandmail.com

Prospek kerja Jurusan Farmasipun dapat dilihat dibidang manajemen. Berdasarkan Surat Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1027/ Menkes/ SK/ IX/ 2004, pada BAB II, bahwa pengelolaan sumber daya di apotek meliputi:

  1. Dalam pengelolaan apotek, apoteker senantiasa harus meliputi kemampuan.
    1. Menyediakan dan memberikan pelayanan yang baik.
    2. Mengambil keputusan yang tepat.
    3. Mampu berkomunikasi antar profesi.
    4. Menempatkan diri sebagai pimpinan dalam situasi multidisipliner.
    5. Kemampuan mengelola SDM secara efektif.
    6. Selalu belajar sepanjang karir, dan membantu memberi pendidikan.
    7. Memberi peluang untuk meningkatkan pengeahuan.

Point diatas merupakan syarat seorang apoteker, sekaligus menjadi tuntunan bagi Anda yang sedang mencari prospek kerja Jurusan Farmasi dalam dunia manajemen.

Manajemen dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran. Pengertian lainnya, yaitu pimpinan yang bertanggung jawab atas jalannya perusahaan dan organisasi.

Dapat dikatakan bahwa seorang apoteker, tidak melulu bersentuhan dengan obat. Ada pelajaran lebih lanjut mengenai hubungan antara manusia itu sendiri. bagaimana menciptakan hubungan baik antara rekan seprofesi, ataupun diluar profesi, bahkan dengan pasien.

Demikianlah gambaran profesi farmasi manajemen, dam masih banyak prospek kerja Jurusan Farmasi lain yang serupa. Anda bisa mengulik lebih dalam melalui buku atau jurnal terkait profesi Farmasi manajemen.

8. Bagian Administrasi Pelayanan Obat di Instansi Pemerintahan, TNI, dan Polri

prospek kerja farmasi di bagian penanganan TNI
braintumors.ufhealth.org

Anda juga bisa membaca mengenai Prospek Kerja Hubungan Internasional. Baca sampai akhir!

Peran apoteker di pemerintahan, TNI, dan Polripun menjadi prospek kerja Jurusan Farmasi, antara lain:

  1. Bertugas di bidang administrasi pelayanan obat pada instansi pemerintah/ Angkatan Bersenjata/ TNI/ Polri.
  2. Bertugas di bidang korps ilmu biomedis Angkatan Udara.
  3. Bertugas di Departemen Kesehatan (Depkes), Direktorat Jenderal Pelayanan Farmasi (Ditjen Yanfar), Badan/ Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), atau rumah sakit.

Diluar dari point-point diatas sebetulnya masih ada banyak prospek kerja Jurusan Farmasi. yang berpeluang bagi Anda untuk berkontribusi di perusahaan, dan lembaga lain yang berkaitan dengan dunia farmasi. Karena semakin banyak perusahaan obat-obatan yang bersaing di Indonesia khususnya.

Seperti yang dipaparkan sebelumnya bahwa, farmasi tidak melulu bekerja di ranah obat-obatan, tetapi makanan, dan minuman, bahkan kosmetik. Semisal makanan instant sedikit atau banyak mengandung bahan kimia, atau zat-zat lain, yang hanya diketahui oleh ahli dibidangnya.

Disitulah tugas seorang apoteker menstabilkan kadar kimia, dan zat lainnya dalam suatu makanan, atau minuman. Semua kembali kepada para pembaca didepan laptop, komputer, handphone, dan lainnya yang sedang mencari prospek kerja Jurusan Farmasi baik di internet ataupun media lainnya.

Bekerjalah sesuai apa yang kita minati, supaya dapat dinikmati dan setara dengan porsi kita. Jangan pula lupakan ibadah disaat pekerjaan kita berlangsung, ketika kita mengutamakan akhirat, duniapun mengikuti. So, keep smile J, and thanks for read the artikel.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *