Perbandingan Hoax di Dunia Arab Versus Hoax di Indonesia

22 views

Perbandingan Hoax di Dunia Arab Versus Hoax di Indonesia

Hoax adalah kabar bohong, menipu sekaligus memanipulasi 100%. Hoax mulai marak di dunia maya tatkala masyarakat media sosial dengan leluasa berbicara dengan jari-jarinya tanpa diketahui orang lain. Bahkan, dengan hoax ini pula, setiap orang bisa menjadi penguasa media dadakan, ketenarannya bisa mengalahkan media resmi yang sudah diakui.

Apa Bedanya Hoax dengan Kebenaran Parsial?

Sekarang, adakah perbedaan antara hoax dengan kebenaran parsial? Saya sendiri menekankan bahwa kedua hal tersebut sangat berbeda jauh. Bagi saya, hoax benar-benar menipu sehingga kesan orang yang melihat, mendengar atau memerhatikannya langsung tertuju bahwa hal itu merupakan sebuah kebenaran.

Berbeda dengan kebenaran parsial, secara umum, kebenaran parsial bila ditinjau dari komunikator, ia menyampaikan sesuatu dengan tujuan dan niat untuk menyampaikan kebenaran paripurna. Berbeda dengan hoax, ditinjau dari komunikatornya saja, ia sudah berniat untuk menyebarluaskan berita bohong.

Bagaimana Cara Mengatasi Hoax?

Lalu bagaimana cara mengatasi hoax? Bisakah diteliti melalui bukti empiris dan berpikir logis? Benarkah hoax itu tidak logis?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *