5 Hal yang Harus Anda Ketahui Ketika Mencari Pekerjaan ke Luar Negeri

 

  • Nania Pablo
  • Penulis
  • Academic Indonesia

MENCARI KERJA KE LUAR NEGERI-Akan tetapi, beberapa orang berpikir meninggalkan negara mereka dan bepergian untuk tinggal beberapa saat di belahan dunia yang lain sebagai tujuan pribadi atau bahkan sebagai pengalaman berharga yang ingin dicapai.

Meninggalkan rumah, teman dan keluarga untuk berpindah ke luar negeri di mana semua hal disekelilingmu jauh berbeda dengan yang Anda lihat biasanya bukanlah hal yang mudah. Orang yang berbeda, budaya yang berbeda, makanan yang berbeda dan bahkan terkadang bahasa yang berbeda.

Mencari kerja ala mahasiswa
pexels.com

Untuk mendapatkan kemapanan di sebuah negara baru, ada beberapa aspek yang harus Anda pertimbangkan: mendapatkan pekerjaan, rumah, ruang atau apartemen, mempelajari bahasa asli, aspek kultural dasar, dan banyak lagi.

Tapi sebagai langkah awal, mari kita fokus bagaimana mendapatkan pekerjaan. Ikuti petunjuk sederhana berikut dan Anda akan menemukan cara Anda mendapatkan pekerjaan di luar negeri dengan sukses:

  1. Lakukan Penelitian

mencari kerja di luar negeri
theodysseyonline.com

Sebelum melamar pekerjaan di luar negeri, Anda harus mengetahui bagaimana negara tujuan menginginkan resume Anda.

Apakah Anda butuh surat pengantar? Resume pendek atau panjang? Apakah Anda perlu melampirkan sertifikat Anda? Atau apakah resume Anda diterima apa adanya?

Dalam beberapa situasi, An da perlu menerjemahkan surat kelulusan, sertifikat lain dan mendapatkan pengesahan dari notaris. Jadi sangat penting untuk melakukan penelitian terlebih dahulu.

  1. Sebarkan Beritanya

mencari kerja lewat teman
fastcompany.com

Begitu Anda memutuskan memilih tempat yang Anda inginkan sebagai tempat tinggal, katakan kepada setiap orang yang Anda tahu.

Dengan cara ini, mungkin Anda akan bertemu dengan orang yang sedang memiliki pengalaman yang sama atau mereka merupakan penduduk asli negara yang Anda pilih.

Bibi Anda akan selalu memiliki teman dari teman yang menghabiskan liburan mereka di sebuah negara yang jauh dan eksotis.

Selancari artikel menarik lainnya seputar Prestasi

  1. Pikirkan tentang Semua Kemungkinan

mencari kerja di negeri seberang
huffingtonpost.com

Sebelum berhenti dari pekerjaan Anda dan memesan tiket ke London, cari tahu apakah perusahaan yang sedang memperkerjakan Anda menawarkan program pertukaran atau apakah ada kemungkinan untuk ditransfer ke cabang lain.

Pilihan lain adalah mencari pekerjaan di luar negeri secara online, dan juga mencari tahu di jaringan alumni Anda dan koneksi jaringan sosial. Bekerja suka rela juga merupakan cara yang bagus untuk bekerja di luar negeri; di samping merupakan pengalaman yang sangat berharga.

  1. Lebih Cerdas

kerja cerdas di luar negeri
phoenixyouth.com

Selalu pastikan perusahaan Anda tahu, di surat pengantar Anda atau ketika wawancara, bahwa Anda telah melakukan penelitian berbagai aspek tentang negara mereka dan bahwa Anda mau dan sudah siap untuk bekerja.

Dan lagi, yakinkan mereka bahwa Anda cukup fleksibel untuk dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan asing.

  1. Tenang, Jangan Takut

tenang dalam mencari kerja di luar negeri
lifehacker.com

Anda telah melakukan penelitian, sudah berbicara dengan orang yang tahu tentang bekerja di luar negeri, sudah melakukan pencarian pekerjaan secara online. Anda tahu bahwa yang penting bagi Anda adalah mengetahui tentang negara tujuan Anda.

Dengan begitu, Anda telah menabung cukup uang untuk dapat bertahan hidup setidaknya dua bulan tanpa bekerja. Maka, secara resmi Anda siap.

Hidup di suatu tempat yang benar-benar baru tentu saja mengkhawatirkan, tapi mungkin saja itu merupakan petualangan yang paling menarik dalam hidup Anda. Jadi, raihlah kesempatan Anda!

Pencarian kerja dapat Anda mulai dari sini

Founder ACADEMIC INDONESIA — Mahasiswa Program Magister (S2) Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) — Tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta — Follow me @zamhari_jogja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *