15 Prospek Kerja Jurusan Matematika di Era Modern

Prospek Kerja Jurusan Matematika — Jurusan Matematika dikenal sebagai momok yang sangat menakutkan bagi sebagian besar orang. Sedikit orang yang mengetahui bahwa jurusan Matematika merupakan disiplin ilmu yang menyenangkan dan cakupannya sangat luas.

prospek kerja jurusan matematika
pixabay.com

Matematika merupakan salah satu ilmu pengetahuan dasar yang menjadi sumber dari ilmu pengetahuan terapan. Selain itu, ilmu ini sering dipakai untuk membantu mempermudah penyelesaian permasalahan yang ada di dalam berbagai bidang kehidupan. Maka, hal tersebut menyebabkan ilmu matematika memiliki prospek kerja yang luas.

Para ilmuwan menjuluki Matematika sebagai Ratu atau Ibu dari Ilmu Pengetahuan. Sebagaimana seorang ratu yang menguasai kerajaan, dan seorang Ibu yang melahirkan dan turut andil dalam perkembangan anak-anaknya.

Matematika pun menguasai seluruh celah kehidupan dan turut serta dalam cabang keilmuan lain. Sebab, hampir seluruh aspek kehidupan yang kita jalani saat ini menggunakan rumusan atau konsep matematika.

Eksistensi Ilmu Matematika

jurusan matematika
pixabay.com

Berbicara tentang eksistensi jurusan matematika dalam kehidupan. Dalam dunia pendidikan, jurusan Matematika juga telah mendunia. Di perguruan tinggi contohnya, setiap orang diberikan keleluasaan untuk memperdalam disiplin ilmu matematika dengan mengambil jurusan Matematika.

Tetapi, kebanyakan orang menganggap bahwa jurusan matematika memiliki prospek kerja yang sempit karena hanya memainkan variabel dan hitung menghitung. Mereka menganggap prospek kerja jurusan Matematika hanyalah sebagai seorang pengajar.

Anggapan yang seperti ini mungkin disebabkan karena kebanyakan orang membenci dan tidak mengenal jurusan matematika dengan baik. Pada kenyataannya, jurusan matematika memiliki prospek kerja yang sangat luas.

Karena hal tersebut, hanya sedikit dari kebanyakan orang yang menyadari bahwa hal-hal sederhana di sekitar kita justru merupakan hasil dari pengaplikasian matematika dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh dari pengaplikasiannya antara lain adalah rumah yang kita tinggali, gedung-gedung di perkotaan, jembatan-jembatan yang menghubungkan kedua daerah, pengoperasian pesan singkat di ponsel, dan lain sebagainya.

Korelasi Keilmuan Matematika dengan Prospek Kerjanya

prospek kerja matematika
pixabay.com

Pengaplikasian matematika dalam kehidupan akan menghubungkan kita pada prospek kerja jurusan matematika. Dari contoh penerapan matematika di atas, misalnya pesan singkat yang dioperasikan pada ponsel, di dalamnya terdapat logaritma yang luar biasa rumit, dan hal ini dikerjakan oleh seorang programmer. Dengan kata lain, salah satu prospek kerja jurusan matematika adalah menjadi seorang programmer.

Tetapi, sebelum mengetahui prospek kerja jurusan matematika lebih jauh, terlebih dahulu Anda harus mengetahui bahwa matematika memiliki dua cabang keilmuan. Cabang keilmuannya antara lain adalah matematika murni dan matematika terapan.

Matematika murni diibaratkan sebagai sebuah pondasi dalam matematika, karena matematika murni berperan dalam setiap cabang keilmuan matematika yang lain. Matematika murni dibagi ke dalam beberapa bagian yaitu matematika analisis, graf, aljabar, dan geometri.

Bidang ini memfokuskan bahasannya pada analisa dan pembuktian suatu permasalahan. Selain itu, di dalam matematika murni juga lebih menggunakan logika dan penalaran. Oleh sebab itu, mereka yang mempelajari bidang keilmuan ini akan mempunyai daya analisa dan penalaran yang baik.

Sedangkan matematika terapan dibagi lagi ke dalam beberapa bagian, yaitu pemodelan, statistika, komputasi, riset operasi, matematika ekonomi, dan asuransi. Dari cabang ilmu ini saja kita sudah bisa menebak apa saja prospek kerja jurusan matematika.

Contohnya adalah ahli statistika dan programmer, diambil dari cabang ilmu statistika dan pemrograman. Oleh karena itu, matematika memiliki banyak penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini disebabkan karena matematika memiliki banyak cabang keilmuan.

15 Prospek Kerja Jurusan Matematika

Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda sudah mulai tertarik kepada jurusan matematika? Apakah matematika masih terlihat menyeramkan? Jika iya, Anda harus berpikir ribuan kali. Sebab, matematika merupakan ilmu yang sangat menyenangkan.

Dari  penjabaran di atas, sudah sangat jelas bahwa jurusan matematika memiliki banyak prospek kerja. Untuk itu, penulis akan membahas prospek kerja jurusan matematika secara terperinci, yaitu sebagai berikut :

1. Prospek Kerja Jurusan Matematika sebagai Programmer atau Ahli Komputer

prospek kerja matematika sebagai programmer
pixabay.com

Baca juga mengenai Prospek kerja Teknik Informatika

Kebanyakan orang mengira bahwa untuk menjadi seorang programmer harus berasal dari jurusan Teknik Informatika. Teknik Informatika lebih kepada pengembangan komputer, sementara matematika komputasi digunakan untuk mencari penyelesaian optimasi suatu masalah dengan membuat pemodelan masalah tersebut, lalu disimulasikan dengan bantuan komputer.

Karena itu, anggapan bahwa ahli komputer atau programmer hanya berasal dari lulusan Teknik Informatika dirasa kurang tepat. Karena seorang ahli komputer atau programmer, dituntut untuk menguasai aljabar dan logika matematika.

Sebab dasar dari pemrograman adalah logika dan aljabar, dan keduanya dapat Anda kuasai dengan baik di dalam jurusan matematika.

2. Prospek Kerja Jurusan Matematika sebagai Ahli Statistika

prospek kerja matematika sebagai ahli statistik
pixabay.com

Matematika dan statistika adalah 2 ilmu yang serupa tapi tak sama. Namun, statistika sangat berhubungan dengan matematika. Matematika peminatan statistika mengintegrasikan dasar-dasar matematika dan statistika terapan dengan melakukan pengolahan dan analisa data. Sehingga, di dalam statistika, Anda pasti akan menjumpai banyak data dan perhitungan.

Untuk menjadi seorang ahli statistika, setidaknya Anda harus memiliki dasar matematika yang baik. Sebab statistika melibatkan daya analisis yang baik, ketelitian yang tepat, dan kecermatan dan ketepatan dalam berpikir. Seorang ahli statistika dapat bekerja di Instansi Pemerintahan seperti Badan Pusat Statistika, Departemen Keuangan, dan lain sebagainya.

3. Prospek Kerja Jurusan Matematika sebagai Tenaga Pengajar

prospek kerja jurusan matematika sebagai tenaga pengajar
pixabay.com

Pekerjaan ini mungkin merupakan salah satu prospek kerja jurusan matematika yang lumrah diketahui orang. Bahkan, kebanyakan orang mengira bahwa jurusan matematika hanya dapat menjadi seorang tenaga pengajar, baik itu guru atau dosen.

Padahal anggapan seperti ini sangat tidak tepat. Namun, untuk menjadi seorang dosen Anda dituntut untuk menyelesaikan program Magister terlebih dahulu.

4. Prospek Kerja Jurusan Matematika sebagai Arsitektur

prospek kerja matematika sebagai arsitektur
pixabay.com

Siapa yang tidak tahu apa itu arsitektur? Semua orang tahu bahwa profesi ini adalah perancang sebuah bangunan. Untuk menjadi arsitektur, seseorang harus mahir dalam mendesain dan menggambar.

Sebuah desain bangunan seperti gedung, rumah, atau jembatan dibentuk dari ilmu geometri yang kuat. Dan ilmu geometri terdapat di dalam ilmu matematika. Selain ilmu geometri, seorang arsitektur harus menguasi dengan baik permasalahan trigonometri dalam perancangan sebuah bangunan.

Proyek pembangunan suatu bangunan yang baru membutuhkan seorang arsitektur yang hAndal dalam desain dan juga matematika. Selain geometri, tentunya keuangan diperlukan dalam seorang arsitektur untuk menghitung dan menganalisa keuangan yang diperlukan dalam pembangunan proyek yang dia lakukan. Penghasilan arsitektur ini diantara 2 juta hingga 15 juta.

5. Prospek Kerja Jurusan Matematika sebagai Aktuaris

prospek kerja matematika aktuaris
moneychangermurah.com

Profesi ini merupakan profesi yang paling diminati oleh lulusan matematika. Sebab, aktuaris merupakan pekerjaan yang menjanjikan dari segi penghasilan, sehingga membuat banyak orang berlomba-lomba untuk memasuki jurusan matematika.

Namun, untuk menjadi seorang aktuaris, Anda harus menguasai analisa statistik dengan baik dan memahami permasalahan yang berhubungan dengan asuransi. Hasilnya, Anda harus terbiasa dengan banyak data dan dituntut untuk bisa berpikir cermat dan tepat dalam menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan statistika maupun asuransi.

Saat ini, Aktuaris sangat dibutuhkan di banyak perusahaan. Walaupun demikian, untuk bekerja sebagai seorang aktuaris tidaklah mudah, karena kendala salah satu untuk menjadi seorang aktuaris adalah harus fasih dalam berbahasa inggris, menguasi materi matematika, statistika, dan keuangan yang kuat serta dapat menjelaskan secara pasti dari hasil analisa. Alhasil, tidaklah heran jika gaji seorang aktuaris sangat menggiurkan, yaitu sekitar 50-100 juta perbulan.

6. Prospek Kerja Jurusan Matematika sebagai Astronom

prospek matematika sebagai astronom
film-schlumpf.ch

Anda juga bisa mendalami Prospek Kerja Hubungan Internasional

Mungkin sebagian dari para pembaca bertanya, mengapa menjadi astronom? Apa hubungan ilmu matematika dengan astronom? Hubungannya tentu ada. Untuk menjadi seorang astronom tidak mesti berasal dari jurusan Astronomi. Hal ini disebabkan karena ilmu Astronomi pun didasarkan pada ilmu matematika, yaitu trigonometri dan aljabar.

Terlebih di Indonesia, bahkan Asia Tenggara, satu-satunya jurusan Astronomi hanya ada di Institut Teknologi Bandung. Untuk itu, bagi kalian yang bermimpi menjadi seorang Astronom, jangan berkecil hati jika tidak dapat menggeluti bidang Astronomi dalam pendidikan formal. Sebab, lulusan matematika pun bisa membuatmu menjadi seorang Astronom.

7. Pegawai Negeri Sipil (PNS)

pegawai negeri sipil
phoenixcollegiate.net

Menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil merupakan salah satu idaman bagi setiap warga Indonesia untuk mendapatkan tunjangan hidup yang baik dan gaji yang sangat mencukupi. Walaupun untuk menjadi seorang PNS memiliki persaingan yang cukup berat karena hampir semua jurusan di dalam perguruan tinggi dapat menjadi seorang PNS.

Akan lebih menyulitkan jika saingan Anda adalah orang-orang dari jurusan teknik sipil. Ya namanya juga Pegawai Negeri Sipil atau yang dalam bahasa inggrisnya disebut dengan Civil Engineer merupakan suatu pekerjaan yang dikelola oleh negara yang berstatuskan sebagai perusahaan jawatan.

Pertanyaannya, apa peran matematika di dalam pekerjaan ini? Peran matematika dalam PNS sangat penting dalam analisa dan pengelolaan data administrasi kesipilan karena dari sini dapat dibuat keputusan agar suatu instansi dapat memilih keputusan dan kebijakan untuk menjadikan instansi tersebut dapat bekerja dan dikelola lebih optimal.

Berbicara soal gaji seorang Pegawai Negeri Sipil, gajinya di atas lima juta, itupun tergantung bagaimana derajat PNS dan bagaimana kebijakan undang-undang pemerintah mengenai PNS.

8. Bekerja di Perusahaan Swasta/BUMN

Prospek kerja matematika BUMN
dutabumn.com

BUMN merupakan kepanjangan dari Badan Usaha Milik Negara yang merupakan perusahaan swasta yang berada di Indonesia. Lulusan matematika juga bisa bekerja di perusahaan ini.

Sebagaimana yang sudah dijelaskan di atas bahwa ilmu matematika dibutuhkan di segala aspek kehidupan, sehingga tidak jarang orang-orang lulusan Matematika mampu bersaing dengan lulusan Ekonomi di dalam perusahaan-perusahaan besar.

9. Prospek Kerja Jurusan Matematika sebagai Peneliti atau Ahli Matematika

prospek matematika sebagai jurnalis
ahmaddahlan.net

Saat ini pemerintah sedang menggalakkan program penelitian. Hal ini disebabkan karena Indonesia merupakan Negara yang minim perhatiannya terhadap dunia penelitian sains.

Dewasa ini, banyak lembaga-lembaga sains yang membutuhkan lulusan sarjana Sains maupun Magister untuk mengembangkan penelitian yang digarap oleh lembaga-lembaga tersebut.

Profesi ini biasanya dipekerjakan oleh lulusan-lulusan jurusan Sains seperti matematika. Namun biasanya orang-orang yang bekerja sebagai peneliti atau ahli matematika adalah orang-orang yang daya analisanya kuat serta menguasai dasar atau pondasi matematika.

Tidak heran jika lulusan matematika murni sangat dibutuhkan oleh lembaga-lembaga Sains seperti LIPI, LAPAN, Batan, dan lain sebagainya.

10. Pengusaha

Prospek kerja matematika pengusaha
blog.jejualan.com

Siapa sih yang tidak ingin menjadi pengusaha? Setiap orang pasti ingin berwirausaha dan menjadi pengusaha. Lulusan matematika juga bisa berwirausaha. Itu sudah jelas. Tidak sedikit dari lulusan Matematika menjadi pengusaha dengan bekerja menjadi seorang wirausahawan dengan mendirikan sekolah kursusnya sendiri, berdagang, ataupun usaha-usaha lainnya.

Jangan salah, bahwa Matematika juga memiliki andil dalam berwirausaha. Sebab di dalam berwirausaha dibutuhkan kecerdasan dalam menghitung, memprediksi, dan mengaproksimasi modal untuk membuka usaha, keuntungan laba, dan lain sebagainya.

Kemampuan menganalisa pasar, membaca selera konsumen, dan berfikir logis juga dapat digunakan untuk membuka usaha. Dan keahlian-keahlian itu dapat Anda peroleh di dalam jurusan matematika.

11. Pegawai Bank

pegawai bank
iklanbaris.acehterkini.com

Kebanyakan bank di Indonesia memang menerima lulusan dari semua jurusan. Tapi, lulusan matematika akan sangat dibutuhkan dalam dunia perbankan.

Karena lulusan Jurusan Matematika memiliki analisa yang tepat, mampu berpikir logis, dan bekerja sama dengan tim. Tentu dalam urusan analisa dan logika, lulusan matematika merupakan lulusan yang mumpuni dalam dunia perbankan.

12. Prospek Kerja Jurusan Matematika sebagai Insinyur

prospek kerja matematika insinyur
anakundip.com

Insinyur merupakan pekerjaan yang melibatkan bidang teknik dan penyelesaian permasalahannya menggunakan teknologi. Kebanyakan seorang insinyur adalah orang yang ahli dalam teknik perhitungan matematis ketika sedang membuat dan menyelesaikan sesuatu hal dengan menggunakan teknologi.

Adapun teknologi yang dimaksud adalah menggunakan komputer, robot, mesin mekanik, dan lain-lainnya. Penggunaan komputer banyak diminati oleh masyarakat karena kemudahan penggunaannya dalam dunia kerja sehingga tak heran untuk menjadi seorang insinyur saingannya berasal dari lulusan ilmu computer dan teknik.

Namun, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa matematika justru lebih mengungguli lulusan lainnya. Hal ini disebabkan karena segala pusat perhitungan, analisa data, serta pengambilan keputusan bergantung pada hasil matematisnya.

Prinsip matematika bagi pekerja insinyur banyak sekali diterapkan terutama dalam hal diagnosa obat-obatan, animasi grafik, desain interior, kriptografi, jaringan paralel, pembuatan robot, pembuatan mesin, pengendalian mutu dan masih banyak lagi.

Bekerja sebagai insinyur biasanya dalam hal desain, pengembangan, pengujian, proses produksi, serta perawatan dan prediksi untuk memperkirakan penyelesaian proyek dalam waktu yang tepat. Penghasilan seorang insinyur berkisar antara 5 juta hingga 20 juta. Bidang minat dalam matematika yang biasa ada dalam pekerjaan insinyur adalah statistika, dan komputasi.

13. Prospek Kerja Jurusan Matematika sebagai Peneliti Survey

peneliti survey
papasemar.com

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa Indonesia merupakan Negara demokrasi yang sistem pemerintahannya melakukan pemilihan umum atau pemilu. Pada masa pemilihan umum terjadi, banyak sekali survey-survey bertebangan dari berbagai lembaga survey yang ada di Indonesia.

Karena itu, lembaga survey tersebut mustahil akan sukses tanpa seorang ahli statistika. Dalam hal ini, lulusan matematika lah yang paling mumpuni. Kemampuan statistik mereka sangat dibutuhkan dalam setiap kegiatan pengumpulan data dalam pensurveyan. Setelah data terkumpul, para peneliti survey akan mulai bekerja dan menganalisa hasil survey.

14. Analisa Riset Pasar

Analisa Riset Pasar
fakhrurrojihasan.files.wordpress.com

Barangkali Anda tertarik dengan jurusan baru ini, Simak pembahasan mengenai jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam

Nampaknya, dari namanya saja sudah jelas, seorang analis riset pasar tentu membutuhkan seorang lulusan matematika.

Seorang pekerja dengan profesi ini akan mendesain survei yang membantu perusahaan untuk memutuskan produk yang akan dibeli oleh konsumen dan cara mempromosikannya. Bidang Matematika yang berhubungan dengan pekerjaan ini adalah matematika analisis dan riset operasi.

15. Konsultan Analis Perusahaan

Konsultan Analis Perusahaan
qerja.com

Tidak hanya dari lulusan Manajemen yang mumpuni di dalam bidang bisnis. Lulusan matematika juga sangat dibutuhkan.

Karena dalam matematika juga terdapat matematika ekonomi yang mempelajari permintaan dan penawaran, penghasilan dan laba, produksi dan sebagainya yang diselesaikan dengan menggunakan analisis matematika.

Sehingga, lulusan jurusan matematika sangat berpotensi menjadi konsultan analis perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia.

***

Pekerjaan-pekerjaan di atas adalah sebagian dari begitu banyaknya prospek kerja dari jurusan Matematika. Bayangkan jika penulis harus menyebutkan dan menjelaskan satu persatu prospek kerjanya. Gak kebayang bukan harus menghabiskan berapa lembar halaman?

Apakah Anda masih tidak tertarik untuk melirik prospek kerja jurusan Matematika?

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *