Contoh Skenario Film beserta Tips yang Mesti Dipelajari

Contoh Skenario Film — Perkembangan  Bagi penulis skenario pemula, setelah mengetahui langkah apa saja yang harus dilakukan sbeelum menulis skenario film seperti mencari ide, riset dan lain sebagainya, maka langkah selanjutnya adalah mulai menulis.

contoh skenario film pendek
pixabay.com

Sebelum mulai menulis, ada sebuah pertanyaan yaitu apakah yang membuat sebuah tulisan bisa disebut skenario film?

Skenario film memiliki perbedaan dengan tulisan seperti nocel, cerpen dan bahkan skenario drama panggung. Apakah yang membedakan, mari perhatikan lebih dahulu potongan skenario dibawah ini.

Berikut ini adalah potongan dari sebuah skenario film pendek berjudul Ayah:

contoh skenario film
academicindonesia.com

Selain cerita, karakter dan sebagainya ada paling tidak dua hal yang bisa membuat sebuah tulisan disebut sebagai skenario film.

1. Bahasa

contoh skenario film
pixabay.com

Bahasa penulisan dalam skenario film berbeda dengan yang ada dalam sebuah cerpen ataupun novel. Skenario pada dasarnya dibuat untuk menjadi patokan dalam pembuatan film. Maka bahasa yang digunakan adalah bahasa visual yang nantinya akan membantu crew maupun pemain.

Contohnya;

Terlihat sebuah suasana kamar yang berantakan. Gitar tergeletak begitu saja, beberapa sachet bungkus kopi berserakan dekat meja, buku-buku nampak bertebaran didekat laptop. Sementara itu terdengar suara jam beker yang berbunyi sangat keras.

Pada intinya gunakan bahasa yang nantinya akan diubah menjadi bentuk visual. Bukannya bahasa seperti ini.

Mereka seolah bercinta diruang hampa.

Bahasa bercinta di ruang hampa akan menyusahkan sutradara dan crew lain dalam memvisualkan kata-kata tersebut. Karena ruang hampa mungkin akan lebih memunculkan banyak persepsi lagi. Ingat, ini adalah skenario film bukan novel yang filmnya diputar dalam pikiran masing-masing.

Bahasa skenario film memang terkadang tidak baku. Adakalanya kita harus memilih bahasa sehari-hari untuk dituliskan. Tujuannya tentu agar lebih mudah dipahami dan divisualkan.

Ada beberapa penulis skenario yang sudah memiliki jam terbang tinggi biasanya mampu menulis skenario hingga mampu memberikan gambaran psikologis yang pas untuk para actor dan crewnya. Bagaiamana caranya menulis skenario tersebut? Tentu harus banyak latihan dan menulis ya.

2. Format Penulisan

contoh skenario film singkat
satujam.com

Format penulisan skenario film ada bermacam-macam. Tergantung bagaimana penulis skenarionya. Berikut ini beberapa bagian yang biasanya ada dalam skenario film.

  • Scene Heading

Pertama adalah bagian scene heading atau dikenal juga dengan judul scene. Pada bagian ini terdapat nomer scene. Kemudian keterangan eksterior yang disingkat EXT atau interior atau INT. Selanjutnya ada keterangan dimana kejadian berlangsung. Terakhir adalah keterangan waktu kejadian Day/Night atau pagi/malam.

  • Action

Selanjutnya adalah action. Pada bagian ini selain menjelaskan tentang pergerakan dari actor atau actriss biasanya juga terdapat penjelasan tentang gambar yang akan diambil bila perlu atau juga bagaiamana suasana setting

  • Dialog

Kolom dialog diisi dengan nama karakter yang berdiaolog terlebih dahulu baru kemudian isi dialognya. Bila diperlukan kita bisa menambah keterangan untuk ekpresi yang dikeluarkan oleh actor. Seperti marah, bertanya-tanya dsb.

  • Transisi

Bila diperlukan bisa ditambahkan bagian transisi ini. Tujuan dari transisi ini lebih untuk menjadi pengait antara ending scene dengan scene berikutnya.

  • Font dan spasi

Untuk font biasanya yang digunakan adalah courier new dengan spasi single. Dengan menggunakan font courier new dan spasi single kita bisa menghitung kurang lebih satu lembar merupakan 1 menit dalam film. Namun ini kembali lagi bergantung sedetail apa skenario film tersebut ditulis.

Kurang lebih itulah beberapa hal yang bisa dijadikan patokan dalam penulisan sebuah skenario. Setelah mengetahui ini langkah selajutnya silahkan mulai menulis dan mencoba. Selamat menulis !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *