Cekat! Inilah 17 Inspirasi Profesi All About Bisnis Mobil

1 views
Bisnis Mobil
Pixabay.com

ACADEMIC INDONESIA — Apakah Anda seseorang yang sangat mencintai sebuah mobil? Jika Anda tidak hanya suka mengemudi dan Anda memiliki keahlian di bidang otomotif dan ingin tahu tentang teknik yang ada sisetiap kendaraan, mengapa tidak untuk berprofesi sesuai dengan hobi Anda?

Nah, kecintaan Anda pada mobil tidak harus berakhir di garasi! Pekerjaan yang sesuai dengan hobi Anda merawat mobil dapat menempatkan Anda di jalur cepat menuju karier yang hebat. Tak hanya itu saja, peluang untuk mendapatkan fuls seperti halnya penghasilan grabbike yang cukup besar pun bisa Anda dapatkan.

Apa sajakah profesi yang berkaitan dengan kendaraan mobi? Berikut adalah ulasannya!

Profesi yang Berkaitan dengan Bisnis Mobil

  1. Teknisi mobil

Suka menggulung lengan baju dan mengotak-atik mobil Anda? Anda mungkin sangat cocok untuk berkarir sebagai Auto body technician, sebuah pekerjaan di mana Anda bertanggung jawab untuk memperbaiki mobil pelanggan dengan aman dan efisien, baik itu memperbaiki rangka mobil, penangguhan, perataan roda, atau sebaliknya.

Apa yang Anda perlukan? Tidak ada gelar sarjana untuk teknisi body mobil, tetapi perusahaan lebih suka mempekerjakan orang dengan sertifikasi Layanan Keunggulan Otomotif (ASE), atau gelar yang serupa.

  1. Insinyur otomotif

Ada banyak pertimbangan saat merancang dan membuat mobil, keselamatan penumpang, model mobil, efisiensi bahan bakar. Pekerjaan tersebut adalah tugas dari seorang insinyur otomotif. Ia bertugas merancang mobil baru dan berusaha memperbaiki model saat ini.

Sepanjang pekerjaan, mereka diberi banyak tantangan yang berbeda, tergantung pada kebutuhan pabrik misalnya, merancang mobil yang dapat Anda kendarai dengan cepat dan memenuhi persyaratan efisiensi bahan bakar.

Jika Anda hobi dalam bidang tersebut, Anda bisa menjadi seorang insinyur otomotif. Namun, untuk menjadi seorang insinyur harus memiliki gelar sarjana dalam bidang terkait — teknik mesin, misalnya. Keterampilan dalam teknik penting untuk dimiliki.

  1. Sales Manager

Sales Manager adalah pekerjaan di mana Anda akan mengelola tim untuk menjual mobil dan mempertahankan inventaris mobil, serta membantu pelanggan memilih kendaraan yang sempurna dan menandatangani segala bentuk perjanjian jual beli.

Untuk menjadi seorang sales manager dibutuhkan gelar sarjana dalam manajemen atau bisnis. Gelar itu sangat membantu Anda apalagi jika Anda beberapa tahunmemiliki pengalaman dalam pemasaran manajemen.

  1. Instruktur otomotif

Instruktur otomotif adalah mengajar siswa (sekolah menengah atau perguruan tinggi,) tentang topik seperti perbaikan mesin, transportasi, dan lain-lain yang terkait dengan karir industri otomotif umum. Pekerjaan ini adalah kesempatan sempurna untuk membagikan semangat Anda mengenai mobil untuk orang lain. Gelar sarjana yang dibutuhkan untu bisa menjadi instruktur otomotif yang bekerja di sekolah umum  adalah lisensi mengajar.

  1. Car Detailer

Mobil menjadi kotor dan Anda memiliki ketrapilan untuk membersihkan serta mempermak tampilan mobil? Ya, bekerjalah menjadi car detailer,  Anda bisa mempermak tampilan dan nuansa mobil baru yang didambakan dengan membersihkan interior dan eksterior mobil, termasuk jendela, roda, dan masih banyak lagi.

Untuk menjadis seorang car detailer tidak diperlukan pendidikan formal atau gelar. Anda hanya perlu pelatihan di tempat kerja yang akan mengajari Anda tentang produk pembersih otomatis (seperti lilin, deterjen, dan poles) yang digunakan untuk memahami pekerjaan.

  1. Agen penyewaan mobil

Dari wisatawan hingga touring bisnis, banyak orang yang menyewa banyak mobil. Sebagai agen penyewaan mobil, Anda bisa membantu pelanggan menyewa kendaraan pilihan mereka, menangani dokumentasi, dan menjawab pertanyaan mereka.

Tidak ada gelar pendidikan formal yang diperlukan untuk menjadi agen penyewaan mobil. Agen penyewaan mobil hanya harus memiliki SIM yang valid dan catatan mengemudi yang bersih, serta pengetahuan dasar tentang suku cadang mobil.

  1. Teknisi ban

Ban adalah bagian penting dari panjang tidaknya umur sebuah mobil. Jika Anda pandai dalam mengganti ban mobil, Anda bisa bekerja menjadi teknisi ban dengan melayani ban pelanggan, mengganti dan memperbaikinya. Sering kali teknisi ban juga bekerja sebagai bagian dari tim teknisi otomotif yang lebih besar di sebuah gudang atau bengkel mobil.

Yang Anda perlukan adalah ijazah sekolah menengah dan SIM yang berlaku. Keterampilan dalam bidang matematika yang bagus dan pengalaman dalam memperbaiki mobil adalah nilai tambahan.

  1. Sopir truk derek

Ingin merasa menjadi seperti pahlawan sehari-hari? Jadilah supir truk derek. Sopir truk derek muncul dalam situasi darurat untuk menyelamatkan mobil yang rusak dan dan dengan aman memindahkannya ke garasi lokal untuk perbaikan.

Yang Anda perlukan adalah lisensi pengemudi yang valid dan catatan mengemudi yang bersih. Anda mungkin juga memerlukan surat izin mengemudi komersial, tergantung pada perusahaan yang ingin memperkerjakan.

  1. Inspektur kendaraan

Sebagai inspektur kendaraan, dua pertanyaan paling umum yang akan Anda selidiki adalah apakah sebuah mobil benar-benar perlu diperbaiki, dan jika ya, perbaikan seperti apa. Selain membuat diagnosis itu, penguji pemeriksa kendaraan mendorong mobil untuk memastikan apakah mobil  telah berhasil diperbaiki, dan juga melakukan pemeriksaan pasca-perbaikan.

Untuk bekerja menjadi inspektur kendaraab, Abda hanya memerlukan ijazah sekolah menengah. Inspektur atau pengawas kendaraan biasanya menerima pelatihan di tempat kerja. Anda hanya memerlukan pengetahuan tentang suku cadang mobil, proses, standar layanan, serta pembuatan dan model kendaraan.

  1. Racing Engineer

Meskipun bukan pekerjaan mengemudi semata, ada kalanya teknisi balapan diharuskan untuk membawa mobil balap keluar dari trek untuk tujuan evakuasi. Racing Engineer berfungsi sebagai penerjemah antara mekanik dan pengemudi di sebagian besar tim balap, mengeahui aliran data telemetri dari mobil itu sendiri.

Ya, Racing Engineer juga membuat penentuan tentang pengaturan mobil untuk mengekstrak kinerja maksimumnya, dan kemudian meneruskan informasi tersebut ke mekanik yang melakukan pengaturan sebenarnya.

Untuk menjadi seorang seorang Racing Engineer, dibutuhkan  latar belakang pendidikan teknik mesin / otomotif. Pengalaman langsung juga sangat penting di bidangnya.

  1. War Zone Truck Driver

Bagian spesifik dari profesi sopir truk OTR adalah pengemudi truk zona perang. Dengan konflik yang sedang berlangsung di Palestina banyak pekerjaan mengemudi yang sebelumnya diambil oleh militer telah diserahkan kepada kontraktor sipil.

Pekerjaan ini biasanya melibatkan pengangkutan material dari lapangan udara dan pelabuhan ke lapangan ketika mereka dapat dipekerjakan oleh angkatan bersenjata. Persyaratan dasar dan kualifikasi untuk menjadi seorang War Zone Truck Driver sama dengan sopir truk OTR domestik.

Anda hanya memerlukan pengetahuan bela diri jika Anda suatu saat diserang secara fisik, ditembak, ditangkap, dan atau dibunuh.

  1. Pengemudi dalam Industri Film dan Televisi Stunt

Pengemudi dalam industri film dan televisi dibayar dengan baik  ketika mereka bekerja. Masalahnya pekerjaan ini tidak menentu, hanya mengandalkan proyek ke proyek. Beberapa hari Anda beberapa hari Anda tidak bekerja.

Jika Anda termasuk orang yang beruntung, Anda dapat membawa pulang banyak uang setiap tahun. Ada keahlian yang sangat spesifik menjadi pengemudi mobil di industri film. Keahlian ini tergantung pada apa yang diinginkan sutradara.

Anda hanya memerlukan lisensi pengemudi yang valid, kebugaran fisik yang luar biasa, dan idealnya usia yang masih muda. Anda bisa sekolah aksi mengemudi untuk mempersiapkan pekerjaan satu ini.

  1. Sopir Pribadi

Menjadi seorang sopir keluarga menjadi posisi yang cukup menguntungkan. Anda hanya akan mengantar jemput anggota keluarga dan bertanggung jawab penuh dengan mobil atasan.

Persyaratan untuk menjadin sopir pribadi  adalah lisensi pengemudi yang valid dengan catatan mengemudi yang bersih, pelatihan mengemudi dan lima tahun pengalaman sebagai sopir pribadi. Jam-jam panjang dibutuhkan dari waktu ke waktu, seperti halnya pengetahuan yang mendalam tentang area tempat tinggal keluarga.

  1. Lokomotif Engineer

Sedikit keluar dari pekerjaan yang berhubungan dengan mobil, tapi masih memiliki keterkaitan. Anda juga bisa bekerja menjadi Lokomotif Engineer. Pekerjaan menjadi seorang  Lokomotif Engineer hampir sama dengan racing Engineer. Hanya saja Lokomotif Engineer lebih kepada menggerakkan lokomotif listrik, diesel-listrik, uap, gas-turbin-listrik untuk mengangkut penumpang atau barang.

Anda juga harus mampu menafsirkan perintah kereta api, sinyal elektronik manual, serta peraturan dan regulasi kereta api. Rel kereta api biasanya membutuhkan insinyur lokomotif untuk bekerja melakukan kontrol lalu lintas di darat.

  1. Sopir Bus

Sopir bus bertanggung jawab untuk membuat perjalanan yang menyenangkan bagi semua penumpang. Bukan hanya membuat perjalanan yang menyenangkan, sopir bus juga bertanggung jawa terhadap keselamatan dan  kenyamanan penumpang.

Anda bisa memilih, ingin menjadi sopir bus pariwisata, bus antar kota, atau bus trans. Jika Anda berminat menjadi seorang pengemudi, setidaknya Anda harus berusia minimal 22, lulus pemeriksaan fisik, memiliki SKCK dengan latar belakang kriminal bersih dan bebas dari obat-obatan. Anda juga harus memiliki SIM yang valid dan juga catatan mengemudi yang baik.

Ada baiknya jika Anda pernah menyelesaikan program pelatihan pengemudi. Latar belakang pendidikan tidak diutamakan pada profesi ini. Anda hanya memerlukan keahlian dalam mengemudi.

  1. Dealer

Dealer juga merupakan salah satu peluang kerja terbaik yang berkaitan dengan mobil. Dealer berurusan dalam hal menandatangani kontrak dengan industri mobil dan akan mendistribusikan mobil. Dealer  juga melakukan perawatan mobil, servis mobil, penjualan suku cadang dll. Dealer berurusan dengan penjualan mobil lokal dan mengamati model-model baru yang diluncurkan berbagi merk mobil

Kualifikasi pendidikan untuk menjadi deaker adalah manajemen bisnis. Dealer harus melakukan penjualan yang lebih baik untuk meraih tempat di pasar. Di bidang ini seorang dealer dapat menghasilkan sebagian besar uang.

  1. Adjuster

Adjuster akan membantu klien atas kebijakan dan kerusakan yang ditanggung terhadap mobil yang dibeli klien. Adjuster berurusan dengan banyak klien dan model yang berbeda serta merek yang berbeda. Dengan pekerjaannya ini, seorang adjuster dapat menikmati hobinya terhadap mobil. Adjuster dapat meningkatkan karirnya perlahan-lahann menjadi seorang dealer. Jadi ada peluang luas dalam karir ini.

  1. Penguji tes driver

Menjadi seorang penguji tes driver pada dasarnya menguji mobil bermerek seperti Lamborghini, Ferrari, dll. Bagian terbaik dari pekerjaan ini adalah bahwa Anda akan menjadi yang pertama naik mobil sebelum orang lain mengendarainya.

Pekerjaan menjadi penguji tes driver merupakan tanggung jawab Anda untuk mengendarainya dan membuktikan seberapa amannya mobil yang akan dibeli oleh klien. Meskipun pekerjaan ini tidak mudah karena Anda harus mendapatkan pendidikan dan gelar tertentu, namun pekerjaan ini akan sangat menyenangkan jika Anda diterima.

  1. Montir

Pekerjaan menjadi montir tidaklah mudah, jika Anda sangat bersemangat tentang mobil dan membutuhkan uang, maka Anda bisa mencoba pekerjaan ini. Pekerjaan ini melibatkan servis mobil.

Anda akan didatangi orang-orang yang  membawa mobil ke tempat kerja Anda dan meminta Anda untuk memperbaiki bagian-bagian tertentu yang rusak. Banyak yang mungkin meninggalkan mobil mereka selama berbulan-bulan. Oleh sebab itu, , Anda harus puas dengan apa pun yang Anda miliki.

  1. Wartawan majalah otomotif

Pekerjaan menjadi jurnalis majalah otomotif ini adalah profesi yang terbaik bagi Anda yang suka menulis dan juga menyukai dunia otomotif. Anda akan mendapatkan kesempatan untuk mengetahui tentang mobil-mobil terbaru. Kualifikasi yang dibutuhkan untuk menjadi seirang wartawan adalah sarjana komunikasi, yang terpenting adalah Anda memiliki kemampuan dalam menulis.

Wah, banyak sekali bukan pilihan profesi yang bisa Anda geluti jika Anda menyukai otomotif? Jika Anda memiliki mobil sendiri, masalah mekanik perlahan tapi pasti akan  Anda pahami seiring dengan berjalannya waktu. Maka dari itu, memiliki mobil sendiri jauh lebih baik daripada menyewa, karena Anda akan mengetahui hal-hal terkait otomotif.

Nah, selain memiliki pengetahuan seputar mekanik, ada lagi keuntungan memiliki mobil sendiri. Apa sajakah itu?

  1. Waktu untuk Beristirahat Sejenak

Banyak dari Anda akan setuju bahwa pagi hari mungkin adalah waktu yang paling gila – terutama jika Anda adalah orangtua yang juga bekerja. Seluruh rutinitas dari mulai bangun pagi, membuat sarapan, makan siang, mengerjakan beberapa pekerjaan rumah, bersiap-siap mengantar jemput anak-anak di sekolah semuanya pasti akan menguras energi Anda.

Berkendara ke tempat kerja dapat menjadi waktu istirahat Anda. Berkendara adalah kesempatan untuk bersantai dari kebingungan di pagi hari, mengumpulkan pemikiran Anda dan mempersiapkan diri secara mental untuk hari ke depan.

Putar radio untuk semangat oagi Anda atau putar lagu favorit Anda seperti tidak ada orang yang mendengarkan. Mendengarkan lagu bisa memompa semangat Anda melakukan segala aktivitas yang menyibukkan.

  1. Anda Tidak Dibatasi oleh Jadwal yang Ketat

Jika Anda berkendara ke tempat kerja, bangun terlambat beberapa menit saja akan mempengaruhi jam berangkat kerja Anda. Bayangkan jika pulang-pergi bekerja menggunakan transportasi umum, terlambat bangun membuat Anda kehilangan bus atau transportasi lainnya.

Keterlambatan itu membuat jadwal Anda berantakan dan bisa membuat Anda terlambat satu jam untuk dan mendapat masalah dengan atasan Anda. Sangat merugikan bukan? Belum lagi jika Anda lembur. Ada beberapa transportasi umum yang sudah tidak beroperasi, tentu sangat merugikan jika Anda bekerja di malam hari karena Anda berisiko terlantar sampai pagi

Nah, dengan berkendara ke tempat kerja berarti Anda tidak dibatasi oleh jadwal yang ketat, dan Anda memiliki kebebasan untuk pergi ke mana pun Anda perlu, kapan pun Anda mau. Anda dapat meninggalkan pekerjaan pada waktu yang paling nyaman bagi Anda, yang sangat bermanfaat ketika Anda memiliki kepentingan keluarga.

  1. Lebih Cepat

Jika Anda tinggal di ibukota, apakah Anda sering menggunakan kereta atau bus, atau kombinasi keduanya, untuk mencapai tempat yang Anda inginkan? Bayangkan jika terjadi mogok, penundaan, dan gangguan lain yang tidak Anda perhitungkan dan rencanakan dalam perjalanan Anda.

Tentu hal itu akan mempengaruhi perjalanan Anda bukan? Akan lebih cepat untuk berkendara ke tempat kerja dan mengambil rute yang lebih cepat ke tempat Anda harus pergi menggunakan mobil sendiri. Dengan berkendara sendiri Anda memegang kendali penuh pada perjalanan

Ya, seperti itulah keuntungan memiliki mobil dan juga beberapa profesi yang berkaitan dengan mobil. Dari 20 job yang berkaitan dengan mobil, manakah yang paling menarik minat Anda? Jika Anda masih memerlukan informasi terkait peluang-peluang yang barangkali belum Anda ketahui, Anda bisa berselancar di Infokerjakuu.com

Pemilik ACADEMIC INDONESIA — Mahasiswa Program Magister (S2) Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) — Tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta — Follow me @zamhari_jogja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *