Penyakit Mata Katarak dan Cara Sembuh Tanpa Operasi

Mata Katarak

Apa yang terlintas pertama kali saat Anda berjumpa dengan kalimat katarak mata? Pastinya adalah sebuah penyakit yang cukup berbahaya dan menyerang di daerah mata. Untuk itu, di ACADEMIC INDONESIA ini akan dibahas secara lengkap mengenai pengertian mata katarak dan penyembuhannya.

Dari apa yang kita semua ketahui, mungkin hanya sepersekian orang yang bisa memahami apa itu mata katarak. Semua mengenai gejala, penyebab, hingga cara untuk mengatasinya. Simak secara seksama ya!

Penjelasan Mengenai Mata Katarak?

Katarak mata adalah suatu penyakit yang terjadi di daerah mata, lebih tepatnya kehilangan kesempurnaan dalam melihat. Anda bisa merasakan penyakitnya dengan penglihatan yang menjadi sangat buram bahkan seperti berawan.

Anda tidak bisa membiarkan ini, lama-kelamaan gangguan ini tentunya akan merugikan setiap aktivitas Anda. Penglihatan Anda bisa menghalangi langkah Anda. Seperti gangguan melihat benda dengan jelas, kesulitan dalam menyetir, bahkan memungkinkan terjatuh saat berjalan.

Anda juga bisa merasakan penyakit ini lewat keruhnya penglihatan dan terlihat tidak bersih. Setiap yang mengidap katarak, selalu merasakan penglihatan mereka terhalang sesuatu, seperti kabut.

Perlu Anda ketahui, bahwasannya penyakit yang satu ini akan sangat umum terjadi, itu artinya siapapun bisa mengidapnya. Apalagi untuk orang yang sudah lanjut usia.

Apa saja kira-kira gejala yang dapat dirasakan untuk penyakit katarak ini, dan apakah bisa dicegah? Tentunya ada gejala yang bisa Anda jadikan patokan dalam pencegahan. Simak gejala katarak mata di bawah ini.

Gejala Mata Katarak

  • Merasakan kabur atau sesuatu menghalangi penglihatan, menurut riset akan terasa seperti kabut yang tebal.
  • Ukuran kacamata berubah-ubah karena selalu tidak nyaman.
  • Kecuali titik fokus, warna yang ada di sekitarnya akan terasa pudar dan aneh.
  • Jika melihat ke arah cahaya, Anda akan melihat lingkaran di sana juga.
  • Jika melihat ke arah sebuah benda atau apapun, Anda akan merasa benda itu menjadi dua, alias berganda.
  • Silau melihat sebuah cahaya secara keterlaluan.
  • Pada malam hari, penglihatan akan terasa sangat lemah dan semakin buruk.
  • Memerlukan cahaya lebih banyak daripada yang biasanya dalam melakukan aktivitas seperti membaca dan menulis.
  • Selain memudar, Anda juga akan merasakan warna menjadi menguning di sekitar.

Untuk skala kecilnya, mungkin mata yang mengalami katarak hanya akan mempengaruhi sebagian kecil dari penglihatan. Walaupun begitu, Anda tetap harus berhati-hati dan sebaiknya untuk tidak menyepelekan gejala ini.

Lalu, apakah penyebab yang biasanya memicu penyakit mata katarak ini? Berikut penyebab yang perlu Anda ketahui dan pastinya jauhi jika bisa. Semua akan dibahas dengan baik di pengertian mata katarak dan penyembuhannya.

Penyebab Mata Katarak

  • Faktor usia, tentunya hal ini adalah penyebab yang paling banyak terjadi. Ya, benar sekali usia. Rata-rata, orang yang mengidap penyakit mata katarak adalah orang yang sudah lanjut usianya. Tapi bukan berarti yang muda dapat terhindar dengan mudah.
  • Terkena sinar matahari secara langsung dan terpapar lama. Mau bagaimanapun, Anda harus bisa menghindari kontak secara langsung dengan cahaya yang kuat. Seperti matahari, lampu jalan, dan lampu mobil.
  • Memiliki riwayat penyakit atau benturan atau trauma mata. Misalnya Anda pernah terjatuh atau terkena cipratan api, atau ada benda tajam yang menyerang mata. Maka itu bisa menjadi faktor yang sangat berpengaruh.
  • Memakan obat-obatan khusus. Mungkin Anda mempunyai riwayat penyakit yang mengharuskan Anda mengkonsumsi banyak obat dalam waktu yang lama. Bisa saja obat itu memiliki efek samping ke fungsi penglihatan.
  • Memiliki kebiasaan meminum alkohol atau minuman keras dan merokok juga bisa menjadi faktor, loh.
  • Terkena infeksi racun atau obat yang berbahaya. Anda juga harus berhati-hati untuk yang satu ini. Karena hal yang ini juga tidak tahu kapan akan terjadi.
  • Memiliki keturunan yang juga mengidap katarak pada mata. Mungkin ada orang di dalam keluarga Anda yang bernasib sama, maka ini memungkinkan keturunannya juga mengidap yang dia derita.
  • Memiliki sejarah melakukan operasi mata. Anda yang mungkin pernah melakukan operasi mata, bisa saja itu menjadi faktor yang besar.

Kira-kira apa saja cara penyembuhan yang bisa dilakukan untuk kasus yang satu ini? Berikut penjelasannya.

Penyembuhan Mata Katarak

Mencoba dengan Menggunakan Kacamata atau Lensa Resep Dokter

Cara yang satu ini sudah mulai diterapkan oleh banyak orang. Karena tidak memberatkan dan juga membuat penderita nyaman. Anda bisa memulai dengan memeriksakan dulu mata Anda ke dokter. Lalu buatlah kacamata yang memang sudah cocok dengan mata Anda.

Bukan hanya mata, tetapi Anda juga harus menggunakan kacamata yang nyaman. Baik dari bentuk sampai beratnya. Karena mau bagaimanapun kacamata itu akan dipakai dalam jagka waktu yang lama.

Menjaga Pola Hidup Sehat atau Memulai Hidup Sehat

Tidak bisa dibantah, bahwasannya gaya hidup juga akan sangat mempengaruhi kesehatan mata. Mulai dari makanan sampai kegiatan yang dilakukan semua akan sangat berpengaruh. Maka dari itu, mulailah untuk bisa menjaga pola hidup yang sehat.

Operasi

Jika memang sudah pada tahap tidak memungkinkan dan parah, maka Anda harus melakukan tindakan operasi. Itupun menurut anjuran dokter. Jika Anda siap, maka ada beberapa jenis operasi yang akan disarankan untuk dilakukan.

Menurut pengertiannya, operasi mata katarak bukanlah sebuah operasi besar. Jadi Anda tidak perlu khawatir.

Tapi sebelum semua itu terjadi, tidak ada salahnya jika Anda lebih memilih menjaga sebelum harus repot mengobati. Anda juga harus bisa menjaga penglihatan Anda agar selalu baik. Dengan mengurangi menatap layar ponsel.

Semua yang sudah dijelaskan pada pengertian mata katarak dan penyembuhannya, adalah hal yang harus Anda pahami. Tidak ada penyakit yang bisa disepelekan. Karena Anda sendiri yang akan merasakan kerugiannya. Sebelum itu, menjaga adalah hal yang terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.