Beasiswa Pertamina untuk S1 Sudah Dibuka, Cek Syarat dan Pendaftarannya!

Beasiswa Pertamina Foundation

Beasiswa Pertamina Foundation (Gambar: beasiswa.pertaminafoundation.org)

Pertamina melalui cabang usahanya, yaitu Pertamina Foundation membuka kesempatan beasiswa bagi siswa sarjana strata 1 (S1) di seluruh Indonesia. Beasiswa yang diselenggarakan perusahaan minyak miliki tanah air ini memiliki beberapa variasi dan target mahasiswa penerimanya. Terdapat tiga jenis beasiswa yang menjadi program Beasiswa Pertamina Foundation kali ini, yaitu Beasiswa Reguler S1, Afirmasi dan Vokasi.

Melansir dari halaman Pertamina Foundation, Beasiswa Reguler S1 diperuntukkan bagi mahasiswa yang memiliki prestasi di bidang akademik, memiliki kepedulian terhadap pelestarian lingkungan dan berkomitmen untuk memberikan kontribusi terhadap kehidupan yang mengutamakan keramahan lingkungan. Sedangkan untuk pembiayaannya bersifat penuh dan nantinya mahasiswa diharuskan untuk mengikuti program yang diselenggarakan oleh Pertamina.

Sementara itu Beasiswa Afirmasi diperuntukkan bagi calon penerima mahasiswa yang berkuliah dalam wilayah operasi perusahaan minyak milik negara tersebut. Wilayah operasi yang dimaksud meliputi Rokan Riau, Karawang Jawa Barat, Tuban Jawa Timur, dan Balikpapan Kalimantan Timur.

Sedangkan untuk jenis ketiga, yaitu Beasiswa Vokasi ditujukan kepada mahasiswa yang berkuliah setara D3/D4. Beasiswa ini hanya dapat diakses oleh mahasiswa yang berkuliah di akademi dan politeknik yang telah ditunjuk.

Persyaratan Beasiswa Pertamina Foundation

Syarat Umum untuk ketiga jenis beasiswa tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Mahasiswa aktif minimal semester 2.
  2. IPK di atas 3.00
  3. Aktif mengikuti kegiatan organisasi, kemasyarakatan ataupun lingkungan hidup.
  4. Tidak sedang menerima beasiswa dari instansi lain.
  5. Tidak mengonsumsi bahan terlarang seperti narkoba ataupun terlibat secara kriminal.
  6. Membuat essay dengan tema “Berbagi Pengalamanku dalam Aksi Solidaritas dan/atau Rencana Aksi Recovery Covid-19 (Ketentuan minimal, 3 halaman setara Quarto dengan spasi 1,5).
  7. Berkuliah di kampus mitra Pertamina Foundation.

Pendaftaran beasiswa ini sudah bisa diakses mulai 29 Maret 2021 di situs beasiswa.pertaminafoundation.org. Situs tersebut juga dapat anda akses untuk mencari informasi seputar beasiswa dan kampus mitra Pertamina Foundation dalam program tersebut. Sampai berita ini diturunkan belum ada pengumuman mengenai batas waktu pendaftaran. Jadi jika anda tertarik untuk mendaftar, maka daftarkanlah diri anda sekarang juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *