Panduan Hebat Kuliah Kerja Nyata Terlengkap

Kuliah Kerja Nyata (KKN)

Kuliah Kerja Nyata – Tahukah Anda sejarah KKN? Kuliah kerja nyata adalah sebuah konsep yang terlahir dari kesadaran para mahasiswa. Kesadaran tersebut guna mempertanggungjawabkan keilmuan sesuai bidangnya masing-masing untuk ditularkan kepada masyarakat luas.

Melalui KKN, mahasiswa yang aktif mengikuti pembelajaran di kampus turun ke masyarakat langsung untuk turut serta memecahkan masalah sekaligus membangun sarana dan prasarana.

pengertian KKN
webblogkkn.unsyiah.ac.id

Dari berbagai generasi yang mengikuti KKN, terbukti bahwa KKN memberikan warna yang berbeda. Para mahasiswa berhasil melakukan perannya serta arti sebagai mahasiswa sebagai tenaga terdidik melalui Kuliah yang terjun langsung ke masyarakat.

Sejarah KKN

Sejarah berbicara, KKN pertama kali dilaksanakan oleh tiga universitas antara lain Universitas Gajah Mada (UGM), kemudian Universitas Hasanuddin (Unhas), dan yang ketiga adalah Universitas Andalas (Unand).

Pada masa itu, KKN dikenal sebagai proyek perintis, yakni dengan nama “Pengabdian Mahasiswa kepada Masyarakat”.

Pada Februari 1971 Presiden RI pun mempertegas arti dan makna pentingnya pengabdian mahasiswa kepada masyarakat. Waktu itu dalam acara Dies Natalis UGM secara tegas menyatakan:

Agar setiap mahasiswa belajar di Desa dalam jangka waktu tertentu. Tinggal dan bekerja membantu masyarakat pedesaann. Memecahkan masalah pembangunan sebagai bahan dari kurikulumnya.

Karena didukung sepenuhnya oleh Presiden RI, saat itu pula Dirjen Pendidikan Tinggi selanjutnya mengembangkan kegiatan yang dikhususkan untuk mahasiswa untuk mengabdi ke masyarakat dalam level tingkat nasional.

Kemudian, Dirjen Pendidikan Tinggi pun mengadakan seminar sebagai salah satu cara sosialiasi sekaligus membahas bagaimana proyek perintis “pengabdian kepada masyarakat” dapat berjalan dan bermanfaat. Pada saat itu, seminar diadakan di Yogyakarta pada 17-18 Nopember 1972.

Dalam seminar tersebut, peserta seminar berasal dari 3 universitas perintis ditambah dengan 10 pergurun tinggi yang kemudian ke 10 universitas tersebut diikutkan pada tahun akademik 1973/1974. Itulah moment sejarah istilah KKN bermula.

Istilah KKN muncul saat seminar membahas Proyek Perintis di Yogyakarta ada 17-18 November 1972.

Dengan demikian, tercatat bahwa universitas yang mengikuti KKN untuk pertama kalinya berjumlah 13 Perguruan tinggi (pada tahun akademik 1973-1974). Adapun tahun akademik berikutnya (1974-1975) perguruan tinggi yang mengikuti program KKN semakin bertambah menjadi 15 universitas.

Tahun berikutnya (1975-1976), perguruan tinggi yang mengikuti KKN mencapai 29 Universitas dan pada tahun kademik 1976-1977 semua perguruan tinggi negeri dan sebagian besar pegutruan tinggi swasta juga turut melaksanakan KKN.

KKN sebagai Mata Kuliah Wajib

program Kuliah kerja nyata
suaramuhammadiyah.id

Bila pada awalnya KKN merupakan ekstrakulikuler kampus, saat ini KKN telah menjadi mata kuliah wajib yang mempunyai bobot 6 SKS. Oleh karena itu, setiap mahasiswa mau tidak mau harus mengambil mata kuliah ini.

Hingga saat ini, reputasi program KKN bagi masyarakat sangat bagus. Mahasiswa yang melaksanakan KKN mereka menularkan ilmunya baik melalui pendidikan, penelitian maupun melalui pengabdian sesuai yang tertuang di dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Baca Selengkapnya mengenai Tri Dharma Perguruan Tinggi

Prinsip Dasar dan Pelaksanaan KKN

Di dalam pelaksanaan KKN, semua di atur mulai dari dasarnya yang bersangkutan mengenai prinsip pelaksanaan. Mengacu pada Prinsip dan Pelaksanaan KKN yang dilaksanakan Universitas Gajah Mada (UGM) setidaknya ada 7 prinsip dasar;

  1. Keterpaduan aspek Tri Dharma Perguruan Tinggi
  2. Empati-Partisipatif
  3. Interdispliner
  4. Komprehensif-Komplementatif dan berdimensi luas
  5. Realistis-Pragmatis
  6. Pengembangan lingkungan
  7. Berkelanjutan

Tujuan KKN

Kuliah kerja nyata bukanlah sebuah acara senang-senang. Meskipun di dalamnya ada unsur demikian, namun KKN lebih mengarah bagaimana mahasiswa dapat berperan penting di dalam masyarakat.

Universitas Gajah Mada menyebutkan ada tiga point penting mengenai tujuan KKN, tujuan tersebut adalah:

1.Meningkatkan empati & dan kepedulian mahasiswa

2. Menjalankan terapan IPTEKS secara teamwork dan interdispliner

3. KKN juga bertujuan untuk menanamkan nilai kepribadian:

  • Nasionalisme dan jiwa Pancasila
  • Keuletan, etos kerja dan tanggung jawab
  • Kemandirian, kepemimpinan dan kewirausahaan
  • Mampu meningkatkan daya saing nasional
  • Menanamkan jiwa penelitian & pengabdian
  • Eksploratof & analisis
  • Mendorong learning community dan learning society

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata

Kegiatan KKN cukup luas. Semua sektor telah dilaksanakan sesuai keilmuan dari perguruan tinggi masing-masing. Dalam pelaknaannya, KKN tdaklah bisa dilaksanakan mahasiswa sendiri. Justru kekuatan dan indikasi KKN yang manakala mahasiswa mamu menjalin kerjasama dari dusun sampai kecamatan.

Bukan hanya itu saja, keberhasilan lainnya juga bisa dilihat seberapa besar peran mahasiswa yang melaksanakan KKN. Apa saja perubahan-perubahan positif yang dialami selama menjalankan KKN. Disitulah peran penting KKN, bukan hanya menumpang kegiatan, namun juga mampu menjalin relasi.

Karena perubahan merupakan kondisi yang hanya bisa digerakkan bersama, person serta mahasiswa dalam menggandeng semua unsure masyarakat seperti tokoh masyarakat, perangkat camat, perangkat desa sampai dusun sangatlah penting.

Adapun sebagai contoh, kegiatan KKN yang dilaksanakan KKN tidak jauh dari masalah krusial yang telah menjamur di Indonesia seperti mengatasi kemiskinan, pengangguran dan pembangunan daerah yang semuanya disingkat menjadi 3T, Tertinggal; Terdepan dan Terluas.

Selain menggandeng berbagai lapisan masyarakat, KKN UGM juga unggul dalam hal program. Mahasiswa KKN UGM mengandalkan kerjasama baik dari perusahaan maupun donator. Dengan bantuan dan sponsor tersebut, program dapat berjalan leebih mendalam dan intensif. Untuk menjalin kerjasama, ada tiga tahap yang perlu dilakukan dalam pembuatan kesepakatan;

  1. Kesepahaman dan kesepakatan inti dan garis besar untuk menjalankan oprasionalnya. Di point inilah mahasiswa KKN meyakinkan indikator dan semua yang terkait pedoman.
  2. Kesepakatan MoU kiranya menjadi sesuatu yang penting. Di MoU setiap mahasiswa yang bekerjama setiap point-nya harus diperjelas. Jangan sampai ada bugs yang membuat kerjasama menjadi rancu.
  3. Selanjutnya, bila semua telah dibahas, maka langkah berikutnya dengan mempersiapkan mekanisme komprehensif guna menjalankan operasionalnya.

Contoh-contoh Proposal KKN

BAB I

PENDAHULUAN

Mahasiswa sebagai insan akademis dan insan sosial yang dituntut untuk bisa membawa perubahan (agent of change) semestinya harus mampu berinteraksi langung dengan masyarakat. Pendidikan merupakan proses awal dalam rangkaian Tri Dharma Perguruan Tinggi yang sudah menjadi kitab utama mahasiswa.

Dengan berpedoman kepada Tri Dharma Perguruan Tinggi, maka Univeritas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta juga berusaha terlibat aktif dalam penanganan masalah-masalah sosial kemasyarakatan tersebut dengan menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata.

Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Posdaya (Berbasis Masjid) angkatan ke-83 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang diselenggarakan sebenarnya lebih dititikberatkan pada peningkatan dan pendalaman nilai-nilai keagamaan masyarakat dengan melihat potensi yang ada. Tujuan inilah yang sesungguhnya juga diharapkan oleh segenap masyarakat Kelurahan Terban, Gondokusuman, Yogyakarta sebelum kedatangan kami ke lokasi.

Berawal dari pemikiran di atas, maka pembenahan dan pembangunan moral spritual yang dilakukan harus dimulai dari pihak masyarakat. Berkaitan dengan pemikiran tersebut, maka KKN dapat menghantarkan mahasiswa untuk dapat bersentuhan  secara langsung dengan lapisan masyarakat melalui program yang berkaitan dengan pengembangan wawasan dan kualitas keagamaan serta penunjang lainnya.

Program-program yang ditawarkan hendaknya bisa direspon serius oleh semua pihak agar program tersebut dapat bernilai guna secara positif bagi semua pihak. Rencana program kerja (RPK) yang penulis susun ini adalah sebagai acuan menjalankan Program Kerja. Semoga Program kerja yang hendak penulis jalankan senantiasa mendapat ridho dari Illahi Robbi, sehingga nantinya dapat diterima oleh semua aspek lapisan masyarakat. Aamin.

 

BAB II

GAMBARAN UMUM DAN IDENTIFIKASI MASALAH DI LOKASI KKN

  1. Gambaran Umum Lokasi KKN

Kelompok 83KT203 Kuliah Kerja Nyata (KKN) angakatan 83 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mendapat loasi di RW 03 Kelurahan Terban Gondokusuman Kota Yogyakarta. Wilayah ini merupakan wilayah yang berada di pusat kota Yogyakarta, tepatnya di jalan C.Simanjuntak yang sangat strategis dan dekat dengan pusat perekonomian dan pendidikan di Yogyakarta. Dari hasil observasi diperoleh gambaran umum wilayah sebagai berikut :

  1. Suasana Kelurahan RW 03 Terban

Suasana Kelurahan di RW 03 Terban, sama seperti suasana tengah pertokaan pada umumnya. Pada pagi hingga sore hari warga RW 03 Terban sebagian besar bekerja, sehingga suasana terlihat sangat sepi, pada sore hari banyak anak kecil yang bermain di wilayah ini, sedangkan pada malam hari, masyakat mulai banyak mendatangi tempat ibadah seperti mushola dan masjid.

Masyarakat di daerah RW 03 Terban, yang notabene merupakan masyarakan kota sangat ramah dan antusias dengan adanya KKN di RW 03 Terban. Hal ini terbukti dengan banyaknya masukan dan saran dari warga untuk program kerja dan kegiatan untuk mahasiwa KKN.

  1. Mata Pencaharian

Mata pencaharian penduduk RW 03 Terban adalah sebagai wirausaha dan karyawan swasta.

Tabel 1. Mata Pencaharian Penduduk RW 03 Terban

Pekerjaan Laki-laki Perempuan Jumlah
PNS 10 10 20
Pegawai Swasta 17 7 24
Wirausaha 4 10 14
Penjahit 1 1 2
Kos-kosan 6 5 11
Pensiunan 11 15 26
Buruh 19 2 21
  1. Letak Geografis

Wilayah Terban RW 03 Gondokusuman Yogyakarta berada di pusat kota Yogyakarta yang memiliki 4 RT dengan batas wilayah sebagai berikut

  • Utara   : Jalan utara Karita
  • Timur : Jalan C.Simanjuntak
  • Selatan : Pasar Terban
  • Barat : Makam Umum Jati Terban
  1. Pemerintahan (Administratif)

Kelurahan Terban RW 03 di pimpin oleh seorang ketua RW dan terdiri dari 4 RT yakni RT 13, RT 14, RT 15 dan RT 16.

  • Ketua RW :  Soekino Budiarto
  • Ketua RT 13 : Kuswara
  • Ketua RT 14 : Dra. Siti Fatimah
  • Ketua RT 15 : Catur Priyo Santosa
  • Ketua RT 16 : Rustanto
  1. Sarana dan Prasarana Umum

Sarana dan prasarana umum yang dimiliki oleh RW 03 Terban adalah sebagai berikut

Tabel 2. Fasilitas Umum

NO FASILITAS JUMLAH
1 Masjid 1
2 Mushola 1
3 TPA 1
4 Sekolah 1
5 Pasar 1

 

  1. Jumlah Penduduk

Tabel 3. Jumlah Kepala Keluarga

NO Kepala Keluarga JUMLAH
1 Laki-laki 132
2 Perempuan 25
Jumlah                   157

 

Tabel 4. Jumlah Penduduk Berdasarkan Jenis Kelamin

NO JENIS KELAMIN JUMLAH
1 Laki-laki 181
2 Perempuan 208
Jumlah                   389

 

Tabel 5. Jumlah Penduduk Usia Sekolah

NO Sekolah JUMLAH
1 Balita 28
2 SD 18
3 SMP 11
4 SMA 10
5 Mahasiswa 10
Jumlah 77

 

  1. Permasalahan

Permasalahan RW 03 Terban secara umum dapat dibagi kedalam 4 golongan diantaranya adalah dalam bidang Agama, Kesehatan, Data Kependudukan,  dan Sosial Ekonomi.

  1. Agama

Permasalahan  agama merupakan permasalahan yang paling banyak di wilayah RW 03 Terban. Permasalahan yang ada di antaranya adalah tentang Taman Pendidikan Al-Quran bagi anak-anak. Minimnya tenaga pengajar untuk TPA di Terban RW 03 menyebabkan kegiatan anak-anak di sore hari hanya bermain di lingkungan sekitar.

Selain itu minimnya minat anak-anak untuk mengunjungi tempat ibadah seperti Masjid atau Mushola, menyebabkan kegiatan di tempat ibadah ketika siang hingga sore tidak ada karena mayoritas penduduk di RW 03 Terban sedang bekerja.

Sebenarnya telah ada TPA di Masjid Al-Kharim, namun karena Ustadz atau Ustadzah yang kurang memadai, yakni hanya terdiri dari 3 orang maka ketika mereka berhalangan hadir TPA juga tidak bisa berjalan.

Sementara itu, untuk kegiatan sholat berjamaah, hanya dipimpin oleh seorang imam. Sehingga ketika imam tersebut berhalangan hadir maka tidak imam lain untuk sholat berjamaah, kalau pun ada jarang sekali yang bersedia untuk menggantikan imam tersebut.

Hal ini merupakan akibat dari kurangnya kemampuan warga baik laki-laki maupun perempuan dalam membaca Al-Quran. Masih terdapat beberapa warga yang belum lancar  membaca Al-Quran maupun sama sekali belum bisa membaca Al-Quran.

Kegiataan pengajian di wilayah Terban juga masih minim, padahal minat masyarakat di RW 03 Terban sangat antusias. Hal ini dikarenakan minimnya kesempatan yang dimiliki sebagian besar warga untuk menyelenggarakan pengajian karena kesibukan mereka bekerja. Pengajian baru mulai berjalan dari setahun terakhir ini, itu pun hanya dalam 2 minggu sekali.

  1. Kesehatan

Dalam bidang kesehatan, sebenarnya tidak ada permasalahan yang cukup besar. Akan tetapi, karena jumlah lansia yang ada di wilayah RW 03 Terban cukup banyak yakni 65 orang, maka untuk meningkatkan kesehatan warga lansia diperlukan adanya kegiatan pemeriksaan rutin dan penyuluhan tentang kesehatan.

  1. Sosial Ekonomi

Dalam hal sosial ekonomi, sebagian besar warga RW 03 Terban merupakan penduduk kelas menengah ke atas. Dari 157 kepala keluarga terdapat 25 kepala keluarga termasuk dalam penduduk kurang mampu. Oleh karena itu untuk meningkatkan perekonomian penduduk yang kurang mampu, diperlukan suatu kegiatan pelatihan untuk kegiatan berwirausaha.

  1. Data Kependudukan

Masalah data kependudukan di RW 03 Terban masih belum ada pembaruan untuk tahun 2014. Selain itu, peta wilayah dan plank-plank penunjuk jalan juga belum ada pembaruan, sehingga ketika ada orang lain yang berkunjung ke daerah RW 03 Terban akan kesulitan membaca peta wilayah tersebut.

  1. Identifikasi Masalah

Berdasarkan hasil observasi lapangan selama 7 hari, maka dapat dirumuskan beberapa permasalahan yang terdapat di RW 03 Terban adalah sebagai berikut

  1. Agama
  2. Minimnya tenaga pengajar TPA.
  3. Kurangnya minat anak-anak untuk mengunjungi masjid atau mushola.
  4. Baik anak-anak, dewasa maupun lansia masih ada beberapa yang belum lancar dalan baca tulis Al-Quran.
  5. Belum ada generasi Imam yang berasal dari kalangan pemuda.
  6. Kegiatan pengajian rutin setiap minggu masih belum maksimal berjalan.
  7. Kesehatan
  8. Perlunya menjaga dan meningkatkan kesadaran pentingnya menjaga kesehatan di usia senja
  9. Sosial Ekonomi
  10. Masih terdapat beberapa keluarga yang masuk dalam kategori kurang mampu
  11. Perlu adanya pelatihan keterampilan bagi ibu-ibu dan remaja
  12. Data Kependudukan
  13. Belum ada pembaruan data sensus penduduk
  14. Belum adanya pembaruan plank penunjuk jalan daerah-daerah penting di RW 03 Terban.

BAB III

PROGRAM KERJA

  1. Bentuk Program Kerja
  2. Pembentukan dan Pengembangan Posdaya
  3. Pengentasan Kemiskinan
    1. Pelatihan kemampuan wirausaha rumah tangga ( pembuatan kue dari tepung cassafa)
  4. Pendidikan Dasar
  5. Kaderisasi Pengajar TPA
  6. Pengadaan TPA bagi anak-anak
  7. Pengadaan perpustakaan mushola dan masjid
  8. Pengajian
  9. Kesadaran Gender dan Pemberdayaan Perempuan
    1. Penyuluhan Sehat Ala Rasulullah
  10. Peningkatan Kesehatan Ibu dan Pengendalian HIV/AIDS/DB dan Penyakit Menular
    1. Pemeriksaan rutin bagi lansia
  11. Kelestarian Lingkungan Hidup dan Program Pendukung
  12. Pembuatan plank penunjuk jalan dan tempat-tempat penting di RW 03 Terban
  13. Melakukan pendataan penduduk terbaru (sensus penduduk)
  14. Memperbaharui papan monografi data kependudukan di balai Dusun Terban dengan data terbaru
  15. Pentas seni perayaan 17 Agustus
  16. Perbaikan sarana dan prasarana mushola
  17. Tujuan Program Kerja
  18. Pembentukan dan Pengembangan Posdaya
  19. Pendidikan Dasar
    1. Membentuk wadah atau forum silahturahmi, advokasi, komunikasi, edukasi, dan wadah koordinasi kegiatan penguatan fungsi-fungsi keluarga secara terpadu dengan menjadikan masjid sebagai pusat kegiatan di masyarakat.
    2. Meningkatkan minta baca masyarakat khususnya dalam pengetahuan keagamaan.
    3. Peningkatan pemahaman masyarakat dalam hal kehidupan beragama melalui adanya pengajian keagamaan.
    4. Meningkatkan kesadaran Al-Quran sebagai pedoman bagi kehidupan manusia.
    5. Regenerasi kader masjid dan mushola.
    6. Meningkatkan perasaan nyaman dalam beribadah.
  20. Pengentasan Kemiskinan

Meningkatkan kemampuan berwirausaha dan keterampilan pembuatan kue bagi ibu rumah tangga.

  1. Kesadaran Gender dan Pemberdayaan Perempuan

Terciptanya kesadaran dan pengetahuan tentang pentingnya menjaga kesehatan reproduksi baik bagi pria dan wanita

  1. Peningkatan Kesehatan Ibu dan Pengendalian HIV/AIDS/DB dan Penyakit Menular
    1. Meningkatkan kesadaran pentingnya menjaga kesehatan bagi lansia
  2. Kelestarian Lingkungan Hidup dan Program Pendukung
    1. Memudahakan warga mendapatkan informasi data kependudukan masyarakat RW 03 Terban yang terbaru
    2. Meningkatkan dan mengeksplorasi kemampuan anak-anak dalam bidang kesenian
    3. Memudahkan masyarakat dalam mengetahui lokasi dan arah di wilayah RW 03 Terban
    4. Mendapatkan informasi data kependudukan RW 03 Terban yang terbaru
    5. Memudahakan warga mendapatkan informasi data kependudukan masyarakat RW 03 Terban yang terbaru
    6. Meningkatkan dan mengeksplorasi kemampuan anak-anak dalam bidang kesenian
  1. Target yang Akan Dicapai
  2. Target Kualitatif
  3. Memberdayakan keluarga sebagai upaya pencapaian kesejahteraan masyarakat.
  4. Menjadikan masjid tidak hanya sebagai tempat beribadah dan mensyiarkan dakwah islamiyah tetapi juga pusat sebagai kegiatan masyarakat.
  5. Memaksimalkan peran masyarakat dalam kesadaran kehidupan beragama.
  6. Membangun jiwa rohani yang baik dan memberikan pencerahan terkait pentinganya ilmu pengetahuan tentang keagamaan.
  7. Melengkapi fasilitas masjid sebagai upaya untuk memberikan informasi kepada jamaah.
  8. Memaksimalkan peran pemuda sebagai generasi penerus bangsa yang siap untuk menjawab tantangan zaman yang semakin berkembang dan maju.
  9. Melahirkan generasi yang sehat jasmani dan rohani.
  10. Menjadikan ibu rumah tangga yang memiliki keterampilan membuat kue dan kemampuan berwirausaha.
  1. Target Kuantitatif
No Nama Bidang Nama Kegiatan Target
1. Pembentukan Posdaya berbasis masjid Selama KKN dan berkesinambungan
1. Pendidikan Dasar a.       Kaderisasi Pengajar TPA

b.      Pengadaan TPA bagi anak-anak

c.       Pengadaan perpustakaan mushola dan masjid

d.      Pengajian

Selama KKN

Selama KKN

 

1 kali

 

Setiap 2 minggu

2. Kelestarian Lingkungan Hidup dan Program Pendukung

 

a.       Pembuatan plank penunjuk jalan dan tempat-tempat penting di RW 03 Terban

b.      Melakukan pendataan penduduk terbaru (sensus penduduk)

c.       Memperbaharui papan monografi data kependudukan di balai RW03 Terban  dengan data terbaru

d.      Perayaan 17 Agustus

e.       Perbaikan sarana dan prasarana mushola

1 kali

 

 

1 kali

 

 

1 kali

 

 

 

1 kali

1 kali

 

3. Peningkatan Kesehatan Ibu dan Pengendalian HIV/AIDS/DB dan Penyakit Menular a.       Pemeriksaan rutin bagi lansia

 

 

Setiap bulan

 

4. Kesadaran Gender dan Pemberdayaan Perempuan a.       Penyuluhan Sehat Ala Rasulullah

 

1 kali
5. Pengentasan Kemiskinan a.       Pelatihan kemampuan wirausaha rumah tangga

(pembuatan kue dari tepung cassafa)

2 kali

 

BAB IV

MEKANISME PELAKSANAAN

  1. Pola Koordinasi

Agar program kerja kolektif dapat berjalan dengan baik dan maksimal maka kami menyususn organisasi pelaksana sebagai berikut

Pelindung                      : Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Bupati Kota Madya Yogyakarta

Camat Gondokusuman

Lurah Terban

 

Penasihat                      : Panitia KKN UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Ketua RW 03 Terban

Dosen Pembimbing Lapangan

 

Tim Pelaksana :

Ketua                : Totok Harianto

Anggota             :

  1. Andy Setyawan
  2. Imam Jasuli
  3. Norika Priantoro
  4. Nur Sholicah
  5. Totok Harianto
  6. Ummi Solikhah
  7. Woro Sri Erdini
  8. Zamhari
  9. Pihak-pihak Terkait Dalam Pelaksanaan Program

Pihak-pihak yang diikutsertakan dalam mensukseskan pelaksanaan program kerja kolektif  ini, diantaranya adalah :

  1. Lurah Terban
  2. Ketua RW 03 Terban
  3. Masyarakat RW 03 Terban
  4. Peserta KKN RW 03 Terban

 

  1. Jadwal Kegiatan Kolektif

Rencana Program Kerja kolektif ini dilaksanakan dalam jangka waktu efektif sekitar 40 hari, terhitung mulai tanggal 14 Juli 2014 sampai tanggal 6 September 2014 diawali dengan observasi dan tanya jawab dengan  warga RW 03 Terban, Kelurahan Terban, serta penyusunan rencana program kerja dalam waktu tujuh hari, dan dilanjutkan dengan penyusunan proposal kegiatan. Adapun jadwal rencana program ini tersusun dalam time schedule sebagaimana akan terlampir.

 

  1. Anggaran Biaya Kegiatan
    1. Sumber dana
  2. Sponsorship.
  3. Instansi-instansi terkait.
  4. Swadaya masyarakat.
  5. Peserta KKN angkatan ke-83.
  6. Sumber dana lain yang tidak mengikat.
    1. Anggaran Biaya Pelaksanaan Program Kerja (out-put financial)

 

  1. Kesekretariatan
No Nama barang Volume Harga satuan (Rp) Harga total (Rp)
1 Kertas HVS 3 Rim Rp25.000 Rp75.000
2 Stempel 1 buah Rp30.000 Rp30.000
3 Bantalan + tinta stempel 1 buah Rp20.000 Rp20.000
4 Fotokopi Rp150.000
5 Lakban 5 buah Rp11.000 Rp55.000
6 Spidol Boardmaker 5 buah Rp6.000 Rp30.000
7 Penggadaan Proposal 25 buah Rp5.000 Rp125.000
8 Tinta printer 4 Buah Rp30.000 Rp120.000
9 Lem 2 buah Rp2.500 Rp5.000
10 Steples + Isi 1 buah Rp30.000 Rp30.000
11 Amplop 1 box Rp20.000 Rp20.000
12 Mika Warna 50 buah Rp300 Rp15.000
13 Manila Putih 3 Buah Rp1.500 Rp4.500
14 Buku Folio 2 Buah Rp12.000 Rp24.000
15 Balpoint 5 Buah Rp1.500 Rp7.500
16 Cutter 2 Buah Rp5.000 Rp10.000
Total Rp721.000
  1. Pembentukan Posdaya

Estimasi biaya Rp500.000

  1. Pengentasan Kemiskinan
No Kebutuhan Biaya
1. Transportasi pemateri Rp250.000
2. Konsumsi Rp200.000
3. Perlengkapan Rp100.000
Total Rp550.000

 

  1. Pendidikan Dasar
    • Kaderisasi Pengajar TPA
No Kebutuhan Biaya
1. Transportasi pemateri Rp50.000
2. Konsumsi Rp100.000
3. Perlengkapan Rp100.000
Total Rp250.000

 

  • Pengadaan TPA bagi anak-anak
No Nama Barang Volume Harga Satuan Harga Total
1 Spidol 2 Rp5.000 Rp10.000
2 Buku Iqra’ 30 Rp5.000 Rp150.000
Total Rp160.000

 

  • Pengadaan perpustakaan mushola dan masjid
No Nama Barang Volume Harga Satuan Harga Total
1 Buku-buku bacaan 50 Rp20.000 Rp1.000.000
2 Al-Quran 20 Rp25.000 Rp500.000
Total Rp1.500.000

 

  • Pengajian
No Nama Barang Volume Harga Satuan Harga Total
1 Konsumsi 70 Rp5.000 Rp350.000
2 Sewa Proyektor 1 Rp100.000 Rp100.000
Total Rp450.000

 

  1. Kelestarian Lingkungan Hidup dan Program Pendukung
  • Pembuatan plank penunjuk jalan dan tempat-tempat penting di RW 03 Terban

Estimasi Biaya Rp500.000

  • Melakukan pendataan penduduk terbaru (sensus penduduk)
No Kebutuhan Biaya
1. Fotokopi Rp10.0000
2. Alat tulis Rp15.000
Total Rp25.000

 

  • Memperbaharui papan monografi data kependudukan di balai Dusun Terban dengan data terbaru
No Kebutuhan Biaya
1. Cat Rp20.000
2. Spidol Rp15.000
3. Kuas Rp15.000
4. Tiner Rp15.000
Total Rp65.000

 

  • Perayaan 17 Agustus

Estimasi Biaya Rp2.000.000

  1. Kesadaran Gender dan Pemberdayaan Perempuan
No Kebutuhan Biaya
1. Transportasi pemateri Rp50.000
2. Konsumsi Rp200.000
Total Rp250.000

 

  1. REKAPITULASI DANA
No Kebutuhan Biaya
1 Pembentukan Posdaya Rp500.000
2 Kesekretariatan Rp721.000
3 Kelestarian Lingkungan Hidup dan Program Pendukung Rp590.000
4 Pengentasan Kemiskinan Rp550.000
5 Pendidikan Dasar Rp2.360.000
6 Kesadaran Gender dan Pemberdayaan Perempuan Rp250.000
Jumlah Total Rp4.971.000

 

BAB V

PENUTUP DAN LAMPIRAN

Alhamdulillah berkat rahmat dan hidayah Allah SWT, penyusun dapat menyelesaikan rencana program kerja kuliah kerja nyata (KKN) Integrasi-Interkoneksi Tematik Posdaya (Berbasis Masjid) angkatan ke-83 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dari sekilas gambaran program kerja kelompok ini, sekali lagi kami mohon dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak untuk merealisasikannya. InsyaAllah apa yang kami mampu itulah yang kami lakukan untuk kemajuan masyarakat. Besar harapan kami agar program kerja KKN ini bisa direspon dan ditanggapi secara positif dari semua elemen pemerintah maupun masyarakat RW 03 Terban, Gondokusuman.

Demikianlah pengajuan program kerja ini kami sampaikan atas perhatian, kebijaksanaan, arahan, masukan, bimbingan, dan pertimbangan serta bantuan dari semua pihak yang terlibat kami mengucapkan syukur dan banyak terima kasih. Semoga segala amal kebaikan kita semua mendapatkan balasan dan ridho dari Allah SWT.

Akhir kata semoga apa yang telah kami rencanakan ini dapat memberikan manfaat dan kemaslahatan bagi kemajuan umat manusia, khususnya masyarakat RW 03 Terban, Gondokusuman, akan berkembang  maju baik  dari segi SDM dan SDAnya, semoga Tuhan mendengarkan doa kami serta dijadikan sebagian amal yang mulia dan khusnul khotimah.

 

LAMPIRAN

  1. Peta Wilayah

Contoh Laporan Progam KKN

 

Cover

RENCANA PROGRAM KERJA KOLEKTIF

KULIAH KERJA NYATA (KKN) INTEGRASI-INTERKONEKSI

TEMATIK POSDAYA (BERBASIS MASJID) UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

SEMESTER PENDEK TAHUN AKADEMIK 2013/2014

ANGKATAN KE-83

 

 

Logo UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
uin-suka.ac.id

 

Lokasi : RW 03
Desa/ Kelurahan : Terban
Kecamatan :

Gondokusuman

Kabupaten : Kota Madya
DPL : Dr. Sri Wahyuni, M.Ag, M.Hum.
No Nama NIM Program Kerja
1. Andy Nur Setiawan 11630017 1.      Pembentukan Posdaya Baru

2.      Pengembangan Posdaya

3.      Percepatan dan Pencapaian MDG’s

a.       Pengentasan kemiskinan

b.      Pendidikan dasar

c.       Kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan

d.      Penurunan angka kematian anak

e.       Peningkatan kesehatan ibu

f.       Pengendalian HIV/AID/DB dan penyakit menular

g.      Kelestarian lingkungan hidup

h.      Program pendukung

2. Imam Jasuli 11720026
3. Norika Priantoro 11370067
4. Nur Sholichah 11390054
5. Totok Harianto 11110066
6. Ummi Solikhah 11150016
7. Woro Sri Erdini 11670020
8. Zamhari 11210108

 

KULIAH KERJA NYATA TEMATIK POSDAYA

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI

SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

2014

Kata Pengantar

KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah, Tuhan pencipta dan pemelihara alam semesta, yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan program kerja kelompok sesuai dengan bidang yang telah ditentukan.

Adapun bidang KKN ini terdiri dari Agama kefakultasan/jurusan/prodi, serta bidang penunjang yang terdiri dari prasarana fisik dan lingkungan hidup, pendidikan, sosial budaya, administrasi pemerintahan, kesehatan dan keluarga berkualitas, sebagai langkah awal dari proses pelaksanaan KKN angkatan ke-80 ini.

Kemudian sholawat dan salam senantiasa kita curahkan kepada Nabi Muhammad SAW, yang selalu kita nanti-nantikan syafa’atnya.

Penyusunan program kerja individual ini didasarkan pada hasil penelitian yang penyusun lakukan pada pekan pertama dilokasi KKN, yaitu di RW 03, Kelurahan Terban, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Program kerja kelompok ini dapat tersusun berkat bantuan beberapa pihak sehingga dalam kesempatan ini penyusun mengucapkan terima kasih kepada:

  1. Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  2. Kepala LPM UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  3. Panitia pelaksana KKN Angkatan ke-83 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  4. Ibu Dr. Sri Wahyuni, M.Ag, M.Hum. selaku Dosen Pembimbing Lapangan
  5. Bapak Camat Gondokusuman
  6. Bapak Lurah Terban
  7. Bapak RW 03
  8. Masyarakat RW 03 Terban
  9. Teman-teman peserta KKN angkatan ke-83
  10. Semua pihak yang telah membantu memperlancar dalam penyusunan Rencana Progran Kerja ini.

Dengan segala keterbatasan, kami berharap semoga Allah senantiasa memberi anugerah dan kekuatan kepada kami semua sehingga program kerja ini dapat terlaksana dengan lancar dan sesuai dengan yang kami harapkan. Amin

Terban, 20 Juli 2014

Penyusun

 

Kelompok 83KT203

 

DAFTAR ISI 

HALAMAN JUDUL

KATA PENGANTAR ……………………………………………………………………………..    i

DAFTAR ISI…………………………………………………………………………………………… iii

HALAMAN PENGESAHAN …………………………………………………………………..    iv

DAFTAR TABEL ……………………………………………………………………………………     v

BAB I PENDAHULUAN ………………………………………………………………………..      1

BAB II GAMBARAN UMUM …………………………………………………………………       2

  1. Gambaran Umum Wilayah ………………………………………………………………   2
  2. Permasalahan Umum……………………………………………………………………….  4
  3. Identifikasi Masalah ……………………………………………………………………….   6

BAB III PROGRAM KERJA …………………………………………………………………..      8

  1. Bentuk- Bentuk Program Kerja ……………………………………………………….    9
  2. Tujuan Program Kerja …………………………………………………………………….   7
  3. Target Yang Akan Dicapai ……………………………………………………………..    10

BAB IV MEKANISME PELAKSANAAN ……………………………………………….        12

  1. Pola Koordinasi ……………………………………………………………………………..    12
  2. Pihak Terkait Dalam Pelaksanaan Program ……………………………………….  13
  3. Jadwal Kegiatan Kolektif……………………………………………………………….      13
  4. Anggaran Biaya Kegiatan………………………………………………………………..    13

BAB V PENUTUP DAN LAMPIRAN ……………………………………………………..       17

Lampiran  1……………………………………………………………………………………………… 18

Lampiran  2……………………………………………………………………………………………… 19

 

HALAMAN PENGESAHAN

Setelah diadakan pengarahan, bimbingan, koreksi dan perbaikan seperlunya dari Rencana Program Kolektif Kuliah Kerja Nyata (KKN) Integrasi-Interkoneksi Tematik Posdaya (Berbasis Masjid) angkatan ke-83 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun Akademik 2013/2014 untuk :

Kelompok       : 83KT203

RW                  : RW 03

Desa                : Terban

Kecamatan     : Gondokusuman

Kabupaten      : Kota Madya

Maka dipandang sudah memenuhi syarat untuk diajukan sebagai Rencana Program Kolektif KKN Universitas Islam Negeri Yogyakarta.

Demikian pengesahan ini kami berikan, semoga dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Terban, 20 Juli 2014

Menyetujui

 

Kepala Desa/Lurah Terban

 

 

Arif L. Kurniawan, SIP

NIP 19730517 199611 1 001

Dosen Pembimbing Lapangan

 

 

Dr. Sri Wahyuni, M.Ag, M.Hum.

NIP 19770107 200604 2 002

 

DAFTAR TABEL

Tabel 1. Mata Pencaharian Penduduk RW 03 Terban

Tabel 2. Fasilitas Umum

Tabel 3. Jumlah Kepala Keluarga

Tabel 4. Jumlah Penduduk Berdasarkan Jenis Kelamin

Tabel 5. Jumlah Penduduk Usia Sekolah

 

LAPORAN AKHIR KOLEKTIF

KULIAH KERJA NYATA (KKN) TEMATIK POSDAYA BERBASIS MASJID

UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

ANGKATAN KE83

BIDANG        :     –    AGAMA 

  • PENUNJANG

Lokasi (Dusun) : RW 03

Desa                   : Terban

Kecamatan        : Gondokusuman

Kabupaten         : Kota Madya

DPL                    : Dr. Sri Wahyuni M.Ag, M.Hum

 

Totok Harianto                                       (11110066)

Zamhari                                                  (11210108)

Imam Jasuli                                            (11720026)

Norika Priyantoro                                  (11370067)

Andy Nur Setiawan                               (10630017)

Woro Sri Erdini                                      (11670020)

Ummi Solikhah                                      (11150016)

Nur Sholichah                                        (11390054)

 

logo kampus uin suka
anotherday26.weebly.com

 

KULIAH KERJA NYATA TEMATIK POSDAYA

UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

2013


HALAMAN PENGESAHAN

 

Setelah diadakan pengarahan, bimbingan, koreksi, dan perbaikan seperlunya dari Rencana Program Kerja Kolektif  dan dari Dosen Pembimbing Lapangan KKN UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Angkatan ke-83 Tahun Akademik 2013/2014, saudara:

 

NO NAMA NIM FAKULTAS
1. Totok Harianto 11110066 Adab
2. Zamhari 11210108 Dakwah
3. Imam Jasuli 11720026 Soshum
4. Norika Priyantoro 11370067 Syari’ah
5. Andy Nur Setiawan 10630017 Saintek
6. Woro Sri Erdini 11670020 Saintek
7. Ummi Solikhah 11150016 Adab
8. Nur Sholichah 11370067 Syari’ah

 

Maka dipandang sudah memenuhi syarat untuk diajukan sebagai Laporan Akhir Kolektif KKN UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Angkatan ke-83 dari saudara tersebut diatas.

Demikian pengesahan ini kami berikan. Semoga dapat digunakan sebagaimana mestinya.

                                                                               Yogyakarta, 7 September  2014

Hormat kami,

 

Dosen Pembimbing Lapangan

 

 

 

Dr. Sri Wahyuni M.Ag,M.Hum

NIP.

KATA PENGANTAR

 

 

السّلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Alhamdulillahirobbil’alamin puji syukur atas kehadirat Allah SWTyang senantiasa melimpahkan karunia dan nikmatnya kepada kita, sehingga sampai detik ini kita mampu menghirup segarnya nafas dunia dalam keadaan sehat tanpa kurang sedikitpun. Segala puji bagi Allah Swt yang telah memberikankekuatantegarnya hati dan fikiran sehingga penyusunan Laporan Akhir Kolektif Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini dapat terselesaikan dengan baik. Laporan Akhir Kolektif ini disusun untuk mempertanggungjawabkan seluruh kegiatan yang telah dirancang dalam penyusunan Rancangan Program Kerja (RPK).

Penyusunan Laporan Akhir ini didasarkan dari hasil pelaksanaan Program Kerja Kolektif yang telah terealisasi. Program-program yang telah direncanakan dapat terealisasi berkat kerja sama baik antara pesertaKKN dengan semua pihak, mulai dari aparat desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, dosen pembimbing, dan seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan program kerja ini. Oleh karena itu pada kesempatan ini penyusun mengucapkan banyak terima kasih kepada:

  1. Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga
  2. Kepala LPM UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  3. Panitia Pelaksana KKN Angkatanke-83UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  4. Dr. Sri Wahyuni, M.Ag M.Hum selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL)
  5. Bapak Lurah Terban
  6. Bapak Camat Gondokusuman
  7. Bapak RW 03 dan RT Terban Gondokusuman
  8. Para tokoh masyarakat, pemuda-pemudi masyarakat RW 03 Terban Gondokusuman
  9. Rekan-rekan peserta KKN angkatan ke-83dan semua pihak-pihak yang terlibat dan mungkin tidak kami sebutkan satu persatu dalam lembaran ini.

 

والسّلام عليكم ورحمة الله وبركاته

 

                                                                    Yogyakarta, 7 September 2014

Ketua

Totok Harianto

 NIM. 11110066

 

BAB I

PENDAHULUAN

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan sebuah pola pengabdian masyarakat yang diharapkan menjadi bagian pemberdayaan dan pembelajaran bagi mahasiswa untuk terjun dalam realitas sosial masyarakat yang sebenarnya. KKN merupakan implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang merupakan kegiatan intra kurikuler yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Hakikat pengabdian masyarakat adalah memanfaatkan secara langsung ilmu pengetahuan yang dilaksanakan dengan niat ikhlas untuk mengabdi dan mengaplikasikan seluruh pengetahuan atau ilmu yang ada dalam diri mahasiswa/i sebagai wujud tanggung jawab moral. Dalam menunaikan misi almamaternya, UIN Sunan Kalijaga sebagai lembaga perguruan tinggi menyadari dengan penuh rasa tanggung jawab akan hal demikian. Didalamnya mahasiswa dituntut agar mampu berperan di dalam pembangunan, baik pembangunan dalam bidang spiritual maupun dalam bidang materiil.

Bertolak dari pemikiran di atas, maka dengan penuh kesadaran dan penuh tanggung jawab kami sebagai mahasiswa UIN Sunan Kalijaga harus mampu terjun ke tengah masyarakat untuk mengetahui secara langsung dalam bermasyarakat dan mendampingi dalam menyelesaikan permasalahan dengan segenap ilmu yang kami miliki.

Dengan demikian, perlu adanya program aktivitas nyata yang secara garis besar terbagi dalam dua macam bidang sebagai aplikasi dari idealitas tersebut di atas, yaitu:

  1. Bidang Agama
  2. Bidang Penunjang

Sebagaimana tuntutan KKN ke-83, kami mengambil beberapa bidang yang akan kami laksanakan selama mengikuti KKN di RW 03 Terban, Gondokusuman, Kota Madya. Secara rinci masing-masing bidang yang telah terlaksana tersebut dapat dilihat dan dicermati pada Rancangan Program Kerja. Semoga semua program yang telah terlaksana bermanfaat bagi masyarakat pada umumnya dan seluruh civitas akademika UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada khususnya. Amin.

 

  1. DESKRIPSI WILAYAH
    1. Letak dan Kondisi Geografis RW 03 Terban Gondokusuman

Kuliah Kerja Nyata UIN Sunan Kalijaga Angkatan ke-83 yang berlokasi di RW 03 Terban yang terletak di wilayah Kecamatan Gondokusuman Kabupaten Kota Madya Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Berikut ini adalah batas wilayah RW 03 Terban:

Tabel 1. Batas Wilayah

Sebelah Utara Jalan utara Karita
Sebelah Timur Jalan C.Simanjuntak
Sebelah Selatan Pasar Terban
Sebelah Barat Makam Umum Jati Terban

 

Kelurahan Terban RW 03 di pimpin oleh seorang ketua RW dan terdiri dari 4 RT yakni RT 13, RT 14, RT 15 dan RT 16.

Sarana dan prasarana umum yang dimiliki oleh RW 03 Terban adalah sebagai berikut:

 

 

Tabel 2. Fasilitas Umum

NO FASILITAS JUMLAH
1 Masjid 1
2 Mushola 1
3 TPA 1
4 Sekolah 1
5 Pasar 1
6 KUD
7 Puskesmas

Jumlah Penduduk RW 03 Terban sebanyak 389 jiwa, dengan 157 KK. Adapun data kependudukan RW 03 Terban adalah sebagai berikut:

Tabel 3. Jumlah Kepala Keluarga

NO Kepala Keluarga JUMLAH
1 Laki-laki 132
2 Perempuan 25
Jumlah 157

Tabel 4. Jumlah Penduduk Berdasarkan Jenis Kelamin

NO JENIS KELAMIN JUMLAH
1 Laki-laki 181
2 Perempuan 208
Jumlah 389

Tabel 5. Jumlah Penduduk Usia Sekolah

NO Sekolah JUMLAH
1 Balita 28
2 SD 18
3 SMP 11
4 SMA 10
5 Mahasiswa 10
Jumlah 77

 

Mengenai kegiatan rutin masyarakat di RW 03 Terban dapat digambarkan sebagai berikut:

Tabel 5. Kegiatan Masyarakat

No. Nama Kegiatan
1 Pertemuan PengurusRT dan RW
2 Posyandu
3 PengajianTiap Malam Kamis
4 Arisan Ibu – Ibu PKK RW
5 Kerja Bakti
6 Kegiatan TPA
7 PAUD
8 Arisan Ibu – Ibu PKK RT

 

  1. Permasalahan Umum

Permasalahan RW 03 Terban secara umum dapat dibagi kedalam 4 golongan diantaranya adalah dalam bidang Agama, Kesehatan, Data Kependudukan,  dan Sosial Ekonomi.

  1. Agama

Permasalahan  agama merupakan permasalahan yang paling banyak di wilayah RW 03 Terban. Permasalahan yang ada di antaranya adalah tentang Taman Pendidikan Al-Quran bagi anak-anak. Minimnya tenaga pengajar untuk TPA di Terban RW 03 menyebabkan kegiatan anak-anak di sore hari hanya bermain di lingkungan sekitar. Selain itu minimnya minat anak-anak untuk mengunjungi tempat ibadah seperti Masjid atau Mushola, menyebabkan kegiatan di tempat ibadah ketika siang hingga sore tidak ada karena mayoritas penduduk di RW 03 Terban sedang bekerja. Sebenarnya telah ada TPA di Masjid Al-Kharim, namun karena Ustadz atau Ustadzah yang kurang memadai, yakni hanya terdiri dari 3 orang maka ketika mereka berhalangan hadir TPA juga tidak bisa berjalan.

Sementara itu, untuk kegiatan sholat berjamaah, hanya dipimpin oleh seorang imam. Sehingga ketika imam tersebut berhalangan hadir maka tidak imam lain untuk sholat berjamaah, kalau pun ada jarang sekali yang bersedia untuk menggantikan imam tersebut. Hal ini merupakan akibat dari kurangnya kemampuan warga baik laki-laki maupun perempuan dalam membaca Al-Quran. Masih terdapat beberapa warga yang belum lancar  membaca Al-Quran maupun sama sekali belum bisa membaca Al-Quran.

Kegiataan pengajian di RT 03 Terban juga masih minim, padahal minat masyarakat di RW 03 Terban sangat antusias. Hal ini dikarenakan minimnya kesempatan yang dimiliki sebagian besar warga untuk menyelenggarakan pengajian karena kesibukan mereka bekerja. Pengajian baru mulai berjalan dari setahun terakhir ini, itu pun hanya dalam 2 minggu sekali.

  1. Kesehatan

Dalam bidang kesehatan, sebenarnya tidak ada permasalahan yang cukup besar. Akan tetapi, karena jumlah lansia yang ada di wilayah RW 03 Terban cukup banyak yakni 65 orang, maka untuk meningkatkan kesehatan warga lansia diperlukan adanya kegiatan pemeriksaan rutin dan penyuluhan tentang kesehatan.

  1. Organisasi

Dalam bidang organisasi, kegiatan di RW 03 Terban hanya didominasi oleh kalangan dewasa, seperti kegiatan pengurus RT & RW, kegiatan PKK, PAUD, dan Posyandu, akan tetapi generasi muda yang seharusnya menjadi tonggak perubahan belum memiliki kegiatan organisasi danpertemuan khusus. Maka diperlukan suatu wadah agar generasi muda di RW 03 Terban ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan di ingkungannya.

  1. Data Kependudukan

Masalah data kependudukan di RW 03 Terban masih belum ada pembaruan untuk tahun 2014.Ada beberapa penduduk yang memiliki anak usia sekolah yang belum memperbarui data C1, yang seharusnya selalu diperbarui sesuai tingkat pendidikannya.  Selain itu, peta wilayah dan plang-plang penunjuk jalan juga belum ada pembaruan, sehingga ketika ada orang lain yang berkunjung ke daerah RW 03 Terban akan kesulitan membaca peta wilayah tersebut.

  1. Identifikasi Masalah

Berdasarkan penjelasan uraian permasalahan umum, situasi dan kondisi masyarakat di atas, terdapat beberapa hal yang dapat kami diidentifikasikan sebagai permasalahan yang membutuhkan penanganan, yang dihadapi oleh masyarakat RW 03 Terban. Kami kelompok KKN UIN Sunan Kalijaga 83KT203 mengidentifikasikan dan mengklasifikasikan masalah-masalah tersebut sebagai berikut

  1. Agama
  1. Minimnya tenaga pengajar TPA.
  2. Kurangnya minat anak-anak untuk mengunjungi masjid atau mushola.
  3. Baik anak-anak, dewasa maupun lansia masih ada beberapa yang belum lancar dalan baca tulis Al-Quran.
  4. Belum ada generasi Imam yang berasal dari kalangan pemuda.
  5. Kegiatan pengajian rutin setiap minggu masih belum maksimal berjalan.
    1. Kesehatan
  6. Perlunya melakukan pemeriksaan bagi anak-anak usia balita
  7. Perlunya menjaga dan meningkatkan kesadaran pentingnya menjaga kesehatan di usia senja
    1. Organisasi
  8. Belum ada kegiatan organisasi di antara kalangan pemuda RW 03 Terban
  9. Kurangnya peran aktif pemuda dalam kegiatan rutin di RW 03 Terban
    1. Data Kependudukan
  10. Belum ada pembaruan data C1
  11. Belum adanya pembaruan plang penunjuk jalan daerah-daerah penting di RW 03 Terban.

BAB II

PROGRAM KERJA

  1. Bentuk- Bentuk Program Kerja:
  2. Mengembangkan dan Melanjutkan Posdaya
  3. Bidang Pendidikan Dasar:
  • Pengadaan dan pendampingan TPA
  • Pengadaan bimbingan belajar
  • Pengadaan perpustakaan Mushola
  1. Kelestarian Lingkungan Hidup dan Program Pendukung
  • Pembaruan C1
  • Perayaan dan pentas seni 17 Agustus
  • Perbaikan sound system musholla
  • Pengadaan plang penunjuk jalan
  1. Peningkatan Kesehatan Ibu dan Pengendalian HIV/AIDS/DB dan Penyakit Menular
  • Pendampingan posyandu ibu dan balita
  • Pendampingan pemeriksaan lansia

atau dalam bentuk tabel sebagai berikut :

No Nama Bidang Nama Kegiatan
1. Pembentukan Posdaya berbasis masjid
2 Pendidikan Dasar a.       Pengadaan dan pendampingan TPA

b.      Pengadaan bimbingan belajar

c.       Pengadaan perpustakaan Mushola

3. Kelestarian Lingkungan Hidup dan Program Pendukung

 

a.       Pembaruan C1

b.      Perayaan dan pentas seni 17 Agustus

c.       Perbaikan sound system musholla

d.      Pengadaan plang penunjuk jalan

e.       Pengajian dan perpisahan KKN

4. Peningkatan Kesehatan Ibu dan Pengendalian HIV/AIDS/DB dan Penyakit Menular a.       Pendampingan posyandu ibu dan balita

b.      Pendampingan pemeriksaan lansia

 

  1. Target yang akan dicapai
    1. Target Kuantitatif
  2. Pembentukan dan Pengembangan Posdaya

Menciptakan forum silaturahmi antara lembaga-lemabaga dan organisasi yang ada di RW 03 Terban dalam satu wadah dan menjadikan masjid atau mushola sebagai pusat kegiatan.

  1. Pendidikan Dasar
    • Meningkatkan minta baca masyarakat khususnya dalam pengetahuan keagamaan.
    • Peningkatan pemahaman masyarakat dalam hal kehidupan beragama melalui adanya pengajian keagamaan.
    • Meningkatkan kesadaran Al-Quran sebagai pedoman bagi kehidupan manusia.
    • Regenerasi kader masjid dan mushola.
    • Meningkatkan perasaan nyaman dalam beribadah.
  2. Kesadaran Gender dan Pemberdayaan Perempuan

Terciptanya kesadaran dan pengetahuan tentang pentingnya menjaga kesehatan reproduksi baik bagi pria dan wanita.

  1. Peningkatan Kesehatan Ibu dan Pengendalian HIV/AIDS/DB dan Penyakit Menular
  • Meningkatkan kesadaran pentingnya menjaga kesehatan bagi lansia
  1. Kelestarian Lingkungan Hidup dan Program Pendukung
  • Memudahakan warga mendapatkan informasi data kependudukan masyarakat RW 03 Terban yang terbaru.
  • Meningkatkan dan mengeksplorasi kemampuan anak-anak dalam bidang kesenian.
  • Memudahkan masyarakat dalam mengetahui lokasi dan arah di wilayah RW 03 Terban.
  • Mendapatkan informasi data kependudukan RW 03 Terban yang terbaru.
  • Memudahakan warga mendapatkan informasi data kependudukan masyarakat RW 03 Terban yang terbaru.
  • Meningkatkan dan mengeksplorasi kemampuan anak-anak dalam bidang kesenian.
    1. Target Kuantitatif
No Nama Bidang Nama Kegiatan Target
1. Pembentukan Posdaya berbasis masjid Berkelanjutan
2 Pendidikan Dasar a.       Pengadaan dan pendampingan TPA

b.      Pengadaan bimbingan belajar

c.       Pengadaan perpustakaan Mushola

Berkelanjutan

 

Selama KKN

 

Berkelanjutan

3. Kelestarian Lingkungan Hidup dan Program Pendukung

 

a.       Pembaruan C1

b.      Perayaan dan pentas seni 17 Agustus

c.       Perbaikan sound system musholla

d.      Pengadaan plang penunjuk jalan

e.       Pengajian dan perpisahan KKN

1 kali

1 kali

 

1 kali

 

1 kali

 

1 kali

4. Peningkatan Kesehatan Ibu dan Pengendalian HIV/AIDS/DB dan Penyakit Menular a.       Pendampingan posyandu ibu dan balita

b.      Pendampingan pemeriksaan lansia

2 kali

 

2 kali


BAB III

PELAKSANAAN PROGRAM KERJA

  1. KETERCAPAIAN PROGRAM KERJA
  2. Secara Kualitatif
NO BIDANG PROGRAM KERJA PELAKSANAAN TEMPAT HASIL KUALITATIF
1 Pendidikan Dasar a.       Pengadaan dan pendampingan TPA

 

 

b.      Pengadaan bimbingan belajar

 

c.       Pengadaan perpustakaan Mushola

 

Berkelanjutan

 

 

 

 

Selama KKN

 

 

 

 

 

Berkelanjutan

Mushola Al-Ikhlas a.       Adanya kegiatan TPA yang dimulai pada tanggal 20 Juli – 31 Agustus 2014 sebanyak 20 kali yang didampingi KKN UIN Sunan Kalijaga

b.      Berlangsungnya kegiatan bimbingan belajar yang dimulai pada tanggal 20 Juli – 31 Agustus 2014 sebanyak 10 kali.

c.       Terbentuknya perpustakaan yang diberi nama Perpustakaan Cahaya Terban pada tanggal 20 Agustus 2014

2 Kelestarian Lingkungan Hidup dan Program Pendukung

 

a.       Pembaruan C1

 

 

 

 

b.      Perayaan dan pentas seni 17 Agustus

 

 

 

 

c.       Perbaikan sound system musholla

d.      Pengadaan plang penunjuk jalan

e.       Pengajian dan perpisahan KKN

1 kali

 

 

 

 

1 kali

 

 

 

1 kali

 

1 kali

 

1 kali

a.       Kantor Kecamatan Gondokusuman

 

 

 

 

b.      RW 03 Terban

 

 

 

 

c.       Musholla Al-Ikhlas

d.      RW 03 Terban

 

e.       Musholla Al-Ikhlas

a.       Dilakukannya pembaruan data C1 dengan mahasiswa KKN sebagai fasilitator, serta bantuan pihak Kelurahan Terban dan Kecamatan Gondokusuman pada tanggal 28 Agustus 2014.

 

b.      Diadakan lomba 17 Agustus yang dimulai pada tanggal 14&15 Agustus 2014, serta puncak acara malam tirakat pada tanggal 16 Agustus 2014

 

c.       Dilakukan perbaikan soundsystem pada tanggal 3 September 2014.

d.      Dilakukan pada tanggal 30-31 Agustus 2014

 

e.       Dilakukan pada tanggal 3 September 2014

3 Peningkatan Kesehatan Ibu dan Pengendalian HIV/AIDS/DB dan Penyakit Menular a.       Pendampingan posyandu ibu dan balita

b.      Pendampingan pemeriksaan lansia

2 kali

 

 

2 kali

a.       Musholla Al-Ikhlas

 

b.      Rumah Ketua RW 03 Terban

a.       Dilakukan sebanyak 2 kali pada setiap tanggal 16 (Juli & Agustus) 2014

b.      Dilakukan sebanyak 2 kali pada setiap tanggal 16 (Juli & Agustus) 2014

 

 

 

 

 

 

  1. Secara Kuantitatif
NO BIDANG PROGRAM KERJA PELAKSANAAN TEMPAT HASIL KUANTITATIF
1 Pendidikan Dasar a.       Pengadaan dan pendampingan TPA

b.      Pengadaan bimbingan belajar

c.       Pengadaan perpustakaan Mushola

 

Berkelanjutan

 

 

Selama KKN

 

 

 

Berkelanjutan

Mushola Al-Ikhlas a.       Meningkatnya pengetahuan akan pentingnya belajar baca tulis Al-Quran di kalangan anak-anak .

b.      Membantu anak-anak yang mengalami kesulitan dan memerlukan bimbingan dalam hal belajar.

c.       Meningkatkan minat membaca dikalangan warga RW 03 Terban.

2 Kelestarian Lingkungan Hidup dan Program Pendukung

 

a.       Pembaruan C1

 

 

b.      Perayaan dan pentas seni 17 Agustus

c.       Perbaikan sound system musholla

 

d.      Pengadaan plang penunjuk jalan

 

 

 

e.       Pengajian dan perpisahan KKN

1 kali

 

1 kali

 

 

1 kali

 

 

1 kali

 

 

1 kali

a.       Kantor Kecamatan Gondokusuman

b.      RW 03 Terban

 

 

c.       Musholla Al-Ikhlas

 

d.      RW 03 Terban

 

 

 

 

e.       Musholla Al-Ikhlas

a.       Data C1 untuk penduduk yang memiliki anak usia sekolah dapat diperbarui

b.      Menumbuhkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air di kalangan warga RW 03 Terban

c.       Soundsystem sebagai prasarana Musholla dapat berhasil diperbaiki sebagai penunjang ibadah

d.      Dengan adanya plang penunjuk jalan, dapat mempermudah warga lain yang masuk ke wilayah RW 03 mengetahui tempat-tempat penting di wilyah RW 03 Terban

e.       Menggerakkan kembali kegiatan pengajian rutin di RW 03 Terban yang sempat terhenti

3 Peningkatan Kesehatan Ibu dan Pengendalian HIV/AIDS/DB dan Penyakit Menular a.       Pendampingan posyandu ibu dan balita

b.      Pendampingan pemeriksaan lansia

2 kali

 

 

2 kali

a.       Musholla Al-Ikhlas

 

b.      Rumah Ketua RW 03 Terban

a.       Menumbuhkan kesadaran pentingnya memeriksakan kesehatan anak-anak usia balita

b.      Meningkatkan kesadaran pentingnya menjaga kesehatan di usia senja

 

  1. MEKANISME PELAKSANAAN
    1. Organisasi Pelaksanaaan

Adapun susunan organisasi yang telah mendukung terlaksanannya program kerja kolektif ini adalah sebagai berikut :

Pelindung                 :

  • Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Panitia Pelaksana KKN Angkatan ke-83
  • Camat Gondokusuman
  • Kepala Desa Terban

Penasehat                 :

  • Sri Wahyuni,M.Ag, M,Hum, selaku Dosen Pembimbing Lapangan
  • Bapak Soekino Budi Hartono selaku Ketua RW 03 Terban

Koordinator             :

  • Totok Harianto

Anggota  :

  • Andy Nur Setiawan
  • Imam Jasuli
  • Norika Priyantoro
  • Nur Sholichah
  • Ummi Solikhah
  • Woro Sri Erdini
  • Zamhari

 

  1. Pihak Yang Diajak Ikut serta

Beberapa pihak yang ikut serta merupakan pihak yang bekerja sama dan sangat membantu terlaksannya program kerja kolektif tersebut, pihak-pihak tersebut antara lain :

  1. Camat dan Staf Karyawan Kecamatan Gondokusuman
  2. Lurah dan Staf Karyawan Kelurahan Terban
  3. Ketua RW 03 Terban
  4. Ketua RT 13, 14, 15 & 16 RW 03 Terban
  5. Tim PKK RW& RT, RW 03 Terban
  6. Ta’mir Masjid Al-Kharim dan Mushola Al-Ikhlas Terban.
  7. Pengurus PAUD Bunga Indah RW 03 Terban
  8. Pengurus Posyandu Kayumanis RW 03 Terban
  9. Adik-adik TPA Mushola Al-Ikhlas RW 03 Terban
  10. Para Tokoh, Pemuda dan warga RW 03 Terban
  11. Serta pihak-pihak lain yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu.
  1. Faktor Pendukung dan Penghambat
    1. Faktor Pendukung

Faktor pendukung tercapainya seluruh program kerja KKN angkatan 83 adalah karena beberapa faktor diantaranya

  • Bimbingan dari Bapak ketua RW 03 Terban, dari ketua RT 13,14, 15 dan 16 serta dari ibu-ibu PKK
  • Antusias adik-adik TPA dalam mengikuti kegiatan yang dilaksanakan oleh KKN
  • Tingginya minat masyarakat dalam hal membaca
  • Letak geografis RW 03 Terban di tengah kota, sehingga memudahkan untuk memperoleh informasi dan akses kemanapun
  • Pihak Kecamatan Gondokusuman dan Kelurahan Terban yang senantiasa membimbing, memberikan arahan dan bantuan dalam pelaksanaan KKN
  • Kerjasama anggota KKN kelompok 83KT203 di RW 03 Terban
    1. Faktor Penghambat

Selain faktor pendukung, ada pula factor penghambat kegiatan KKN di RW 03 Terban, diantaranya:

  • Masyaratakat RW 03 Terban sebagian besar terdiri dari karyawan, sehingga kita kesulitan melaksanakan program kerja terutama di siang hari
  • Kurangnya antusias masyarakat ketika acara yang diselenggarakan atas nama KKN
  • Kurangnya kerjasama antara peserta KKN dengan pemuda RW 03 Terban yang memang kurang aktif dalam kegiatan organisasi
  • Peserta KKN yang kurang aktif dan kurang koordinasi, sehingga menghambat beberapa program kerja berjalan.

 

One thought on “Panduan Hebat Kuliah Kerja Nyata Terlengkap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *