14 Info Beasiswa S2 Dalam Negeri Terbaru Tahun 2017-2018

Beasiswa S2  — Bagi Anda yang tengah menempuh jenjang pendidikan S1. Pernahkah terbesit untuk melanjutkan pendidkan ke jenjang S2?  Sebagian besar dari Anda pasti pernah menginginkannya.

Info Beasiswa S2 Dalam Negeri 2017 2018
Info Beasiswa S2 Dalam Negeri 2017 2018

Bahkan mungkin menginginkan untuk melanjutkan pendidikan S2 ke luar negeri. Sayangnya, biaya untuk melanjutkan  S2 tidaklah sedikit. Apalagi jika melanjutkan pendidikan nya ke luar negeri.

Dari mulai biaya hidup hingga biaya sekolah ditambah keperluan  lain seperti membeli buku atau penelitian. Bisa terbayang berapa banyak biaya yang harus disiapkan. Hanya sebagian orang mungkin mampu membiayai dirinya sendiri.

Alasan tersebut menjadi salah satu diantara ribuan alasan seseorang enggan melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 di luar negeri. Alternatif  lain yang kemudian  muncul adalah melanjutkan  pendidikan  di dalam negeri.

Beasiswa S2 Dalam Negeri

Info Beasiswa dalam negeri
Kampusgw

Sekarang  ini banyak universitas  dalam negeri yang sudah memenuhi standar seperti universitas  di luar negeri.  Jadi untuk melanjutkan jenjang  pendidikan S2 di dalam negeri saja tidak kalah kualitasnya.

Meskipun di dalam negeri, faktor biaya terkadang masih menjadi momok yang menggagalkan seseorang  melanjutkan  pendidikan  S2 mereka.  Selama ini beasiswa  S2 banyak yang diberikan  untuk  universitas  di luar negeri.

Dalam beberapa  tahun ini, kami  mengamati beasiswa S2 dalam negeri yang rutin diberikan pihak pengelola.  Jika biaya adalah salah satu kendala Anda maka simak baik-baik beberapa beasiswa  dalam  negeri berikut.

1. Beasiswa S2 LPDP

info beasiswa S2 LPDP
Info Beasiswa S2 LPDP

LPDP merupakan singkatan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan. Beasiswa LPDP merupakan beasiswa yang di berikan oleh pemerintah, yaitu kementerian keuangan. Keberadaan beasiswa LPDP sudah sangat populer di kalangan mahasiswa.

Beasiswa  dari pemerintah  ini sudah menjadi beasiswa favorit para pemburu beasiswa. Sejak tahun 2013 LPDP sudah menjadi lembah beasiswa  dalam negeri.  Selain diberikan rutin setiap tahun, beasiswa LPDP juga beragam jenis beasiswa.

Misalnya beasiswa  LPDP reguler,  beasiswa  LPDP  afimasi  dan beasiswa dokter spesialis. Beasiswa LPDP menawarkan beasiswa pendidikan S2 dalam negeri.  Terutama untuk tahun ajaran 2017-2018.

Bagian menarik dari beasiswa LPDP ini adalah, beasiswa LPDP menanggung  seluruh biaya pendidikan. Jadi bagi Anda yang memang berniat kuliah S2 gratis, jangan ragu untuk segera mendaftarkan diri Anda mengikuti program beasiswa LPDP.

2. Beasiswa S2 Unggulan

Info Beasiswa S2 Beasiswa Unggulan
Info Beasiswa S2 Beasiswa Unggulan

Satu lagi beasiswa  pendidikan  dari pemerintah. Kali ini giliran Kementerian Pendidikan  dan Kebudayaan yang menyajikan pilihan beasiswa pendidikan S2 dalam negeri.  Sama seperti  beasiswa LPDP, beasiswa unggulan juga menanggung penuh biaya pendidikan.

Beasiswa  Unggulan  dari Kementerian Pendidikan  dan Kebudayaan menghadirkan dua program beasiswa  yang bisa Anda coba.  Pertama,  program beasiswa  unggulan masyarakat berprestasi.

Kedua, program beasiswa  unggulan pegawai kementerian pendidikan dan kebudayaan. Untuk program beasiswa  yang kedua ini diperuntukkan khusus untuk pegawai kemendikbud yang ingin melanjutkan pendidikan.

Jika Anda tertarik  untuk menjadi masyarakat unggulan berprestasi, jangan ragu-ragu mencoba  program  beasiswa  masyarakat  unggulan  berprestasi yang diberikan kementerian pendidikan dan kebudayaan.

Mungkin  juga Anda bisa terlebih dahulu mendaftar  sebagai pegawai Kemendikbud dan bekerja di sana.  Lalu mendaftar program beasiswa  pegawai  Kemendikbud.  Jadi selain bisa kuliah gratis juga bisa sambil bekerja di instansi pemerintah.

3. Beasiswa S2 PMDSU

Info Beasiswa S2 Dalam Negeri PDMSU
Info Beasiswa S2 Dalam Negeri PDMSU

PMDSU merupakan singkatan dari Progam Magister Menuju Doktor Untuk Sarjana Unggul.  Sesuai dengan namanya,  PMDSU merupakan beasiswa  yang ditawarkan untuk sarjana unggul S1 fresh graduate atau baru  lulus.

Beasiswa  ini memiliki ke khasan tersendiri.  Yaitu, sasaran beasiswa  PMDSU ini adalah sarjana lulusan  S1 yang berminat  melanjutkan karir nya sebagai seorang dosen.  Beasiswa PMDSU ini juga memiliki keistimewaan yang tak kalah menarik.

Beasiswa PMDSU  akan memberikan beasiswa  dari jenjang S2 hingga S3 dalam kurun waktu empat tahun. Setelahnya, para penikmat beasiswa PMDSU ini akan di pekerjakan sebagai tenaga pengajar atau dosen.

PMDSU  juga merupakan program beasiswa yang di berikan pemerintah. Yakni kementerian RISTEK DIKTI melalui Ditjen Dikti.  Bagaimana?  Cukup menggiurkan  bukan?.

Bagaikan  mendapat durian runtuh,  beasiswa  ini akan  menanggung  biaya pendidikan  S2  dan S3 Anda selama empat tahun. Ditambah lagi kesempatan untuk bekerja sebagai tenaga pengajar atau dosen.

Bagi Anda yang berminat untuk berkarir sebagai dosen, tidak ada salahnya untuk segera mempersiapkan diri untuk segera mendaftar beasiswa  PMDSU ini.  Jadilah satu di antara sekian mahasiswa  fresh graduate yang beruntung.

Perlu diingat bahwa biaya pendidikan  yang diberikan beasiswa PMDSU  ini hanya dalam kurun waktu empat tahun menempuh pendidikan S2 dan S3.  Jadi,  Anda tidak bisa  bermain main dalam kuliah dan harus terus mempertahankan prestasi Anda.

4. Beasiswa S2 Bidik Misi

Info Beasiswa S2 Bidik Misi
Info Beasiswa S2 Bidik Misi

Beasiswa  bidik misi sudah terlebih dahulu terkenal semenjak jenjang pendidikan  S1.  Tidak sedikit  mahasiswa S1 yang menerima beasiswa  bidik misi ini dari awal perkuliahan hingga mereka lulus.

Sekarang, beasiswa  bidik misi juga tersedia  untuk jenjang pendidikan  S2  baik untuk universitas  dalam negeri  maupun luar negeri.  Beasiswa  ini dikelola  oleh kementerian RISTEK Dikti dan lembaga  beasiswa LPDP.

Bedanya,  untuk melakukan aplikasi pendaftaran  beasiswa  bidik  misi S2 ini, Anda bisa melakukan  secara online melalui halaman lembaga beasiswa  LPDP.  Dari sana Anda akan dipandu untuk proses berikutnya.

Sama seperti  sajian beasiswa  yang di berikan  lembaga beasiswa LPDP.  Beasiswa bidik misi untuk S2 ini juga menanggung  biaya  kuliah Anda secara penuh.

5. Beasiswa S2 SEARCA

Info Beasiswa S2 SEARCA
Info Beasiswa S2 SEARCA

Anda mahasiswa  pertanian yang suka meneliti dan mengambangkan pengetahuan  seputar dunia pertanian?  Mungkin  beasiswa  SEARCA inilah beasiswa  yang cocok untuk menunjang rasa keingintahuan Anda.

Biasanya beasiswa  SEARCA ini memberikan beasiswa bagi mahasiswa  yang berminat di jurusan pertanian atau yang bersangkutan.  Seperti biologi,  perikanan,  ilmu lingkungan, statistik,  kehutanan dan ilmu ilmu sosial.

SEARCA sebenarnya bukan beasiswa  baru.  Setiap tahun beasiswa SEARCA  ditawarkan bagi peminat pendidikan  S2 secara gratis.  Terutama bagi peminat pendidikan  S2  di dalam negeri.

Beberapa  universitas  Indonesia  yang rutin menawarkan  beasiswa  SEARCA  adalah UGM (Universitas Gajah Mada)  di jogja dan IPB (Universitas Pertanian Bogor)  di Jawa Barat.

Bedanya SEARCA dengan beasiswa  lain adalah keterlibatan beberapa universitas  di Asia dalam menjalankan program beasiswa  SEARCA  ini.  Untuk target sasaran penerima,  SEARCA lebih  memilih para PNS,  peneliti dan dosen.

Kenapa  SEARCA  melibatkan  beberapa universitas  di Asia?  Sesuai dengan namanya SEARCA memiliki kepanjangan Southeast Asian Regional Center for Graduate Study and Research in Agriculture.

Tidak heran jika akhirnya  SEARCA  lebih  memfokuskan memberikan beasiswa  bagi mahasiswa  yang berminat  di bidang pertanian  dan yanh bersangkutan.

6. Beasiswa S2 Budi

Info Beasiswa S2 Budi
Info Beasiswa S2 Budi

Beasiswa Budi lahir dengan nama beasiswa  BPP (beasiswa  program pascasarjana)  yang dilahirkan  oleh kementerian  dikti.  Lagi-lagi kementerian dikti memberikan jalan untuk Anda yang berminat  melanjutkan  S2 secara gratis.

Meskipun  sempat berganti  nama dari Beasiswa BPP menjadi Beasiswa  Budi namun keduanya memiliki keistimewaan  yang sama.  Baik BPP maupum Budi sama-sama menawarkan beasiswa  dalam dan luar negeri.

Nama Budi memiliki kepanjangan beasiswa unggulan dosen Indonesia. Seperti  namanya,  beasiswa  Budi memang diperuntukkan  bagi dosen yang ingin melanjutkan  studi di jenjang  S2 dan S3.

Untuk beasiswa  dalam negeri  Anda bisa mendaftarkan diri pada program beasiswa  BUDI-DN.  Bekerja  sama dengan lembaga Beasiswa LPDP, Beasiswa  Budi  akan memberikan biaya penuh untuk pendidikan  Anda.

7. Beasiswa S2 STAR BPKP

Info Beasiswa S2 STAR BPKP
Info Beasiswa S2 STAR BPKP

Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dengan dukungan Loan Number 2927-INO dari Asian Development Bank (ADB) melalui program State Accountability Revitalization (STAR).

Diantaranya berupaya meningkatkan kapasitas pegawai PKN-APIP melalui penyelenggaraan program beasiswa pendidikan formal S1/D-IV dan S2. Demi mendukung  stabilitas  bangsa,  BPKP dan pemerintah  menyelenggarakan beasiswa.

Beasiswa  ini ditujukan  untuk para PNS di bidang keuangan untum melanjutkan  pendidikan  S2  mereka.  Demi meningkat  kinerja BPKP  dalam melayani masyarakat  di bidang keuangan.

Jika Anda adalah seorang  PNS yang bekerja untuk BPKP.  Pasgi Anda pernah mendengar surat edaran perintah  untuk belajar.  Surat Edaran Menteri PAN dan RB No. 4 Tahun 2013 Tentang Pemberian Tugas Belajar dan Izin Belajar Bagi PNS.

Sama seperti  beasiswa yang diberikan  Kemendikbud sebelumnya. Anda juga mungkin bisa mencoba mendaftar  sebagai PNS  dan bekerja di BPKP. Untuk kemudian menjajal kesempatan  meraih beasiswa  STAR BPKP.

8. Beasiswa S2 Tanoto Foundation

Info Beasiswa S2 Tanoto Foundation
Info Beasiswa S2 Tanoto Foundation

Beasiswa yang lahir dari perusahaan milik Sukanto Tanoto ini memiliki julukan National Champion Scholarship.  Sejak tahun 2006, perusahaan yang bergerak di bidang pengelolaan  sumber daya alam ini.

Bekerja  sama dengan beberapa perguruan tinggi di nusantara.  Untuk memberikan  beasiswa  kepada  bibit unggul  berprestasi  yang memiliki kendala ekonomi dalam mewujudkan impian pendidikan  mereka.

Beberapa perguruan  tinggi  Indonesia  yang bekerja  sama dengan Tanoto  Foundation  dalam menyalurkan  dana pendidikan  adalah:

Institut Teknologi Bandung, Bandung

Institut Pertanian Bogor, Bogor

Universitas Indonesia, Depok

Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta

Universitas Sumatera Utara, Medan

Universitas Riau, Pekanbaru

Universitas Jambi, Jambi

Universitas Mulawarman, Samarinda

Universitas Hasanuddin, Makassar

Universitas Brawijaya, Malang

Universitas Diponegoro, Semarang

Universitas Andalas, Padang

Penerima beasiswa  Tanoto  atau yang disebut  sebagai Tanoto Scholars tidak hanya menerima  bantuan dana.  Mereka juga mendapatkan  pelatihan kemampuan softskil.  Misalnya dalam kerja sama dan komunikasi.

Menariknya,  beasiswa ini tidak hanya memberikan tunjangan penuh untuk  biaya perkuliahan Anda sampai lulus.  Tanoto  Scholarship juga memberikan uang tunjangan  setiap bulan kepada penerimanya.

Anda juga berkesempatan  untuk  ikut andil dalam Tanoto Scholarship Associaton dan mendapat konseling jika nilai Anda tidak memenuhi stAndar penerima beasiswa  Tanoto Scholarship.

Lebih menggiurkan  lagi bahwa Anda juga berkesempatan  untuk magang atau menjajal sensai bekerja di beberapa perusahaan  yang bersangkutan dengan Tanoto  Foundation. Bagaimana?  Bukankah  sebuah penawaran yang sangat menggiurkan?.

Jika Anda memang  salah satu mahasiswa  berprestasi, namun memiliki kendala dalam menyelesaikan tagihan biaya perkuliahan. Segera saja mempersiapkan  data data Anda untuk mendaftar  sebagai salah satu Tanoto  Scholars.

9. Beasiswa S2 AUN/SEED NET

Beasiswa S2 AUNSEED NET
Beasiswa S2 AUNSEED NET

Memiliki kepanjangan  ASEAN University Network/Southeast Asia Engineering Education Development Network. Beasiswa AUN / SEED NET ini memiliki kesamaan  dengan beasiswa  SEARCA.

Beasiswa  ini ditujukan bagi Anda mahasiswa  penikmat jurusan teknik dan yang bersangkutan.  Tunjangan pendidikan  dan biaya hidup akan diberikan  jika Anda berhasil menjadi salah satu mahasiswa  yang lolos seleksi.

Kemiripan Aun dengan SEARCA adalah keduanya sama sama melibatkan universitas  yang bernaung atau bergabung dalam program mereka.  Beasiswa  ini di berikan untuk pendidikan  di dalam negeri maupun di beberapa  universitas  di Asean.

Beberapa universitas bergengsi yang menerima  program  beasiswa  Aun di Indonesia.  Diantaranya adalah UGM, ITB (Institus Teknologi Bandung) dan ITS (Institut Teknologi Sepuluh November).

Selain beberapa perguruan tinggi di Indonesia dan wilayah ASEAN.  Beasiswa  Aun juga memiliki program khusus untuk berkuliah di negeri sakura Jepang.  Universitas  di Jepang mendukung program beasiswa  Aun.

10. Beasiswa S2 Guru

Info Beasiswa S2 Guru
Info Kampus

Pepatah lama mengatakan  bahwa guru adalah sosok pahlawan tanpa tanda jasa.  Sementara  era sekarang, banyak sekali kemudahan yang bisa di akses seorang guru sebagai balasan atas jasa jasa mereka.

Seperti misalnya sertifikasi atau yang disebut juga sebagai gaji ketiga belas. Kementerian Pendidikan  dan Kebudayaan  tak ingin ketinggalan  memberikan balas jasa kepada guru  jenjang SD, SMP maupun SMA.

Buktinya,  setiap tahun  Kementerian  Pendidikan  dan Kebudayaan rajin menggelontorkan dana pendidikan  untuk guru guru yang ingin melanjutkan  pendidikan ke jenjang  S2.

Diharapkan, dengan melanjutkan  pendidikan  ke jenjang S2  seorang guru  akan lebih berkualitas dalam mendidik para generasi penerus bangsa.  Hakikatnya pengetahuan  adalah hal yang selalu berkembang dan guru bukanlah mahluk yang maha tahu.

Maka jika Anda sekarang tengah duduk di sebuah kelas di banhku SD, SMP, dan SMA.  Kemudian ingin menambah wawasan  Anda dengan melanjutkan  pendidikan  S2  di dalam negeri.

Beasiswa  khusus  untuk guru ini mungkin sangat cocok untuk menuntaskan misi Anda sebagai pendidik  generasi penerus bangsa.

11. Beasiswa S2 Unhan

Beasiswa S2 Unhan
Beasiswa S2 Unhan

Universitas  Pertahan Indonesia,  menggelar program  beasiswa  yang cukup menarik dan lengkap bagi mahasiswa  S1 yang berminat  melanjutkan pendidikan  S2  di Universitas  Pertahanan Indonesia.

Mulai dari tunjangan biaya pendidikan,  uang saku dan asrama tempat tinggal.  Semuanya di berikan dalam paket beasiswa  S2  yang di tawarkan  Universitas  Pertahanan  Indonesia.

Biasanya, alur pendaftaran  beasiswa  akan di buka  sedikitnya  dua kali dalam satu tahun yang di bagi menjadi dua periode pendaftaran.  Program ini ditujukan  untul anggota  TNI,  POLRI,  PNS dan masyarakat umum.

12. Beasiswa S2 SPs UGM

Beasiswa S2 SPs UGM
Beasiswa S2 SPs UGM

Lagi lagi,  universitas  berlambang gajah yang terletak di provinsi Daerah  Istimewa  Yogyakarta  ini memberikan kemudahan  kepada para mahasiswa  S1  yang ingin melanjutkan  ke jenjang pendidikan  S2.

Setiap tahunnya, UGM  memberikan  kemudahan  beruPa gratis uang spp selama empat semester  atau dua tahun.  Untuk mahasiswa  S2 yang menempuh pendidikan nya di Universitas  Gajah Mada tersebut.

Tunjangan  spp selama dua tahun atau empat semester  itu,  jika di nominalkan bisa mencapai angka Rp 30 juta.  Biasanya  pendaftaran  beasiswa  SPs UGM  ini di buka  setiap pertengahan tahun.

Anda optimis  bisa lulus pendidikan  S2  di UGM  hanya dalam jangka waktu empat semester  atau dua tahun?  Tidak ada salahnya menjajal sensasi beasiswa  SPs  UGM  ini.

Mungkin  juga Anda bisa mendaftar  kuliah di UGM  dan mendapatkan  beasiswa  untuk semester.  Lalu berkuliah sambil mencari kerja untuk membiayai tagihan pendidikan semester berikutnya.

13. Beasiswa S2 Filkom UB

Beasiswa S2 Filkom UB
Beasiswa S2 Filkom UB

Anda mengenal Universitas   Brawijaya?  Ya salah satu Universitas bergengsi  di kota Malang yang juga menerima  mahasiswa  berkebutuhan khusus untuk  mengemban pendidikan  di bangku kuliah.

Fakultas  Ilmu Komputer  Universitas  Brawijaya  menawarkan  tunjangan biaya SPP selama empat semester  seperti  beasiswa  SPs UGM.  Beasiswa  ini secara khusus dianggap sebagai beasiswa  riset di bidang ilmu komputer  dan informatika.

Besarnya  tunjangan yang diberikan bermacam macam jumlahnya.  Ada beberapa  tahapan  seleksi  yang menentukan jumlah tunjangan dan mahasiswa  penerima  beasiswa  FILKOM UB.

14. Beasiswa S2 Kaltim

Beasiswa S2 Kaltim
Beasiswa S2 Kaltim

Bagi Anda warga  daerah  Kalimantan  Timur pasti sudah tidak asing dengan istilah BKC atau Beasiswa  Kalimantan  Cemerlang.  Beasiswa  yang diberikan pemerintah  Kalimantan Timur untuk warganya yang sedang menempuh pendidikan.

Beasiswa Kalimantan  Cemerlang  ini juga bisa Anda nikmati  untuk  melanjutkan  pendidkan  ke jenjang S2.  Beasiswa  Kalimantan Cemerlang  ini rutin di berikan setiap tahun.

Bagi Anda warga asli Kalimantan Timur tentu sangat sayang jika Anda melewatkan  kesempatan  mendapatkan  biaya pendidikan  gratis. Selain Kalimantan  Timur, beberapa  daerah lain juga memberikan  beasiswa  untuk masyarakat  setempat.

Untuk info yang lebih jelas mengenai beasiswa  di daerah.  Anda bisa mengunjungi situs resmi pemerintah daerah atau kementerian  pendidikan dan kebudayaan daerah.  Bisa juga mendatangi kantor wilayah setempat dan bertanya langsung.

Demikianlah  beberapa  destinasi lembah beasiswa  yang bisa Anda kunjunhi sebelum  melakukan  pendaftaran  pendidikan  S2  ke universitas.  Beberapa  beasiswa  di atas semoga dapat menjadi referensi  yang bermanfaat bagi pembaca.

Jika Anda memiliki saudara,  teman atau kenalan yang ingin melanjutkan  S2 bisa juga Anda kirimkan  informasi  di atas kepada mereka sebagai bekal menempuh pendidikan S2.

Mungkin juga informasi di atas bisa Anda jadikan  kado kelulusan untuk saudara, teman, kenalan bahkan pacar yang baru lulus pendidikan  S1  dan berniat untuk melanjutkan  pendidkan  ke jenjang S2.

 

Gadis kecil dengan jemari kecilnya yang berusaha menuliskan mimpi dan impian yang menggantung di langit malam bersama dengan temaram bintang dan bulan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *