Bingung Kuliah Dimana? Yuk, Kenalan Dengan Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) Di Banyumas Jawa Tengah

158 views

Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED)
harga.web.id

ACADEMIC INDONESIA — Bagi anda yang belum mengenal Universitas Jenderal Soedirman, bahkan mungkin belum pernah mendengar sama sekali, maka semua informasi yang ada di artikel ini bisa sangat membantu anda.

Seperti yang sudah berjalan saat ini, kebanyakan anak-anak Indonesia pastinya mengharapkan bisa meneruskan pendidikannya setinggi mungkin. Mulai dari masuk universitas Favorit, lanjut terus sampai S2 dan S3. Masalahnya adalah, pilihan universitas terbaik di Indonesia cukup banyak.

Dibutuhkan banyak riset untuk bisa menentukan yang terbaik. Anda tidak bisa menilai universitas A dikatakan tidak cukup baik karena ada di kota yang terpencil. Padahal bisa saja kenyataannya universitas yang ada di kota terpencil itu lebih bagus dari pada yang ada di kota besar atau pusat kota.

Sama seperti Universitas Jenderal Soedirman, yang terletak di Purwokerto kabupaten Banyumas Jawa Tengah. Meski ada di kota yang cukup terpencil, jauh dari keramaian masyarakat kota, namun ternyata Unsoed termasuk salah satu Universitas Terbaik Di Indonesia.

Sejarah Berdirinya Unsoed

Hal pertama yang akan kita ulas dari Universitas Jenderal Soedirman Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah adalah sejarah berdirinya. Semuanya bermula dari pembukaan UUD 1945 yang menggagas perlunya didirikan Universitas atau perguruan tinggi di wilayah banyumas.

Gagasan tersebut terus didesak oleh masyarat banyumas sendiri dengan dibantu dengan dinas Instansi serta TNI. Gagasan tersebut akhirnya mendapat respon dari pemerintah setempat dan dibentuklah Yayasan Universitas Jenderal Soedirman pada tanggal 20 September 1961.

Kemudian seiring berjalannya waktu, peresmian akta notaris tersebut mulai dikembangkan lagi oleh Pembina dari Yayasan Universitas Jenderal Soedriman. Tepat pada tanggal 23 September 1963, melalui Surat Keputusan Presiden RI No.195, tertulis bahwa Universitas Jenderal Soedirman secara resmi didirikan.

Peresmian tersebut diresmikan langsung oleh Menteri PTIP Prof. Dr. Tojib Hadiwidjaja, yang saat itu digelar di rumah Dinas Residen Banyumas. Dan sejak saat itu seluruh masyarakat Banyumas, Jawa Tengah khususnya di kota purwokerto, sudah mulai mengenal Universitas Jenderal Soedirman. Universitas tersebut langsung jadi perguruan tinggi yang paling diminati masyarakat sekitar baik dalam maupun luar kota, bahkan sampai saat ini.

Proses Seleksi Masuk Unsoed

Bagi anda sudah mulai mempertimbangkan ingin masuk dan mendaftar sebagai salah satu mahasiswa di Universitas Jenderal Soedirman, maka perlu tau beberapa proses seleksi masuk yang disediakan pihak Unsoed. Unsoed membuka seleksi penerimaan mahasiswa baru setiap tahunnya lewat 4 pilihan proses seleksi berikut. Anda bisa pilih salah satunya.

  1. Lewat Jalur SNMPTN

Jalur masuk Unsoed 2019 pertama yang dibuka bagi para calon mahasiswa yang mendaftar adalah Jalur SNMPTN. Yaitu jalur masuk yang diberikan bagi para siswa yang mempunyai prestasi tinggi dibidang akademik (Bagi siswa-siswi yang pintar). Proses seleksi yang diterapkan adalah dengan menyaring nilai rapot para siswa mulai dari semester 1-5 khusus untuk SMA/Sederajat.

Hasil nilai rapot yang dikumpulkan tersebut harus memenuhi rata-rata tertentu yang ditentukan bagi pihak unsoed, dan harus menduduki posisi rangking yang sudah disediakan untuk kuota nasional.

Artinya, nilai rapot anda akan bersaing dengan seluruh sekolah di Indonesia. Jadi jika anda mendapatkan rangking tertinggi di sekolah anda, belum tentu nilai anda bisa masuk ke daftar rangking yang sudah disediakan.

Karena bisa jadi masih ada hasil nilai yang lebih tinggi dari sekolah lain, dan mengalahkan jumlah nilai anda. Ketatnya persaingan di jalur SNMPTN membuat sebagian siswa jarang yang mau mendaftar unsoed lewat jalur ini. Anda punya jalur masuk lain untuk bisa masuk salah satu fakultas di unsoed.

  • Jalur SBMPTN

Jalur seleksi masuk unsoed yang kedua adalah lewat jalur SBMPTN, yaitu merupakan singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Disini, semua calon mahasiswa yang berminat masuk ke unsoed akan diuji lewat seleksi nasional ujian tertulis, yang biasanya diselenggarakan serempak pada hari yang sama. Soal-soal yang harus dikerjakan terdiri dari kumpulan soal-soal pilihan ganda bertemakan 3 materi yang berbeda-beda.

Para calon mahasiswa harus menyelesaikannya dalam kurun waktu yang sudah ditentukan. Dengan ketentuan penilaian setiap 1 soal yang benar akan diberi nilai 4, jawaban soal salah diberi nilai -1, dan apabila soal tidak di isi maka diberi nilai 0. B

iasanya tips mengerjakannya yaitu, jawab soal-soal yang memang anda yakini kebenarannya saja. Dan tinggalkan soal-soal yang memang anda tidak bisa kerjakan. Proses seleksi ini juga dianggap cukup ketat oleh sebagian kalangan.

  • Jalur SPBM

Anda belum mengenal Universitas Jenderal Soedirman lebih dalam jika belum mengenal pilihan jalur seleksi masuk yang ketiga ini, yaitu jalur SPMB. Jalur ini sebenarnya hampir sama dengan SBMPTN. Yaitu melalui ujian tertulis juga, namun pelaksanaanya secara mandiri. Artinya soal-soal yang dibuat dan tempat pelaksanaannya ditentukan semua oleh pihak unsoed.

Nilai yang dicapai para calon mahasiswa yaitu harus memasuki rangking dari kuota yang sudah disediakan per fakultasnya. Biasanya kuota dari penerimaan SPMB ini sudah jauh lebih sedikit karena sebagian besar kuota sudah diisi oleh para calon mahasiswa yang lolos pada seleksi jalur SBMPTN. Bisa dibilang persaingan di jalur SPBM ini 2x lipat jauh lebih ketat dari pada 2 jalur masuk sebelumnya.

  • Jalur Bidikmisi

Dan jalur penerimaan calon mahasiswa di unsoed yang terakhir adalah jalur Bidikmisi. Jalur ini merupakan sebuah kesempatan yang diberikan pemerintah pusat kepada Perguruan Tinggi Negeri untuk semua lulusan SMA/Sederajat yang tidak mampu secara ekonomi namun berpotensi memiliki nilai akademik yang baik. Pemerintah akan menanggung semua biaya kuliah dan juga biaya hidup sampai lulus lewat jalur bidikmisi.

Unsoed Termasuk Universitas Yang Berkualitas

Logo UNSOED

Setelah anda mengetahui semua jalur masuk yang diselenggarakan unsoed bagi semua yang ingin menjadi mahasiswa di unsoed, kini anda juga harus mengenal Universitas Jenderal Soedirman bahwasannya Perguruan tinggi Negeri tersebut masuk di urutan nomor 16, kategori Universitas Negeri dan Swasta terbaik Se Indonesia.

Peringkat yang di sematkan langsung dari Kemenrisetdikti tersebut didasarkan kepada 4 elemen, yakni dilihat dari Kualitas Sumber Daya Manusianya, Kuaitas Kegiatan Mahasiswa, Kualitas Manajemen, dan Kualitas Publikasi serta Penelitian.

Jika dilihat dari data peringkat tersebut, maka sudah tidak perlu diragukan lagi bahwasannya Universitas Negeri Jenderal Soedirman merupakan salah satu universitas terbaik Di Indonesia.

Peringkat 16 tersebut sudah membuktikan bahwa unsoed mampu menyediakan pendidikan yang berkualitas, mumpuni, dan mampu memberikan kesejahteraan kepada seluruh mahasiswanya melalui semua sector fakultas dan dari informasi yang memadai.

Memiliki Koneksi International

Terlepas berbicara soal unsoed rangking 16 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta Terbaik Di Indonesia, ternyata perguruan tinggi negeri yang ada di kota purwokerto tersebut memiliki cukup banyak koneksi yang luas.

Mulai dari instansi pemerintah, perusahaan, yayasan, dan universitas. Baik Menggandeng universitas dalam negeri maupun luar negeri. Beberapa universitas ternama yang sudah bekerjasama dengan unsoed adalah Universitas Gadjah Mada, Dipenogoro, Brawijaya, Udayana dan Perguruan Tinggi Ternama lainnya di Indonesia.

Dilingkup luar negeri, unsoed juga sudah menjalin kerjasama antara Universitas Mahasarkham di Thailand, Trinity Christian Collage di USA, George August University Gottingen di Jerman, Youngsan University di Korea dan Universitas ternama lainnya di berbagai penjuru Dunia.

Koneksi international tersebut dimanfaatkan oleh pihak unsoed untuk mengembangkan kapasitas dan kualitas mahasiswanya. Berbagai program pertukaran mahasiswa, pertukaran informasi, dan pertukaran tenaga pelajarpun diusung agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Biaya Hidup Murah

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa daya tampung dan peminat unsoed tidak pernah berimbang. Hal ini dikarenakan angka peminat unsoed lebih besar dibanding jumlah daya tampung yang disediakan.

Beberapa faktor yang menyebabkan tingginya angka peminat yang ingin masuk ke unsoed bisa dikarenakan biaya hidup yang murah. Bahkan tercatat, data mahasiswa yang ada di Unsoed, rata-rata adalah orang luar kabupaten Banyumas. Kebanyakan berasal dari wilayah Jawa Barat dan sekitarnya.

Mengapa fenomena ini bisa terjadi ? Hal tersebut dikarenakan biaya hidup di Kota Purwokerto terbilang cukup murah jika dibandingkan kuliah di kota-kota besar.

Hampir semua faktor biaya hidup mulai dari harga kos-kosan, biaya makan sehari-hari sampai biaya untuk membeli keperluan pribadi lainnya bisa dikatakan sangat murah.

Mengenal Universitas Jenderal Soedirman sama saja dengan mengenal prinsip hidup hemat. Karena mengatur keuangan pada saat merantau, bukan hal yang mudah.

Lokasi Kampus Yang Masih Asri

Salah satu keuntungan anda berkuliah di Unsoed yaitu mendapatkan lingkungan yang alami dan masih asri. Banyak Universitas ternama lainnya yang ada di kota besar, tidak memberikan fasilitas semacam ini untuk para mahasiswanya.

Karena secara kebetulan, hampir semua fakultas universitas jenderal soedirman berlokasi dikaki gunung slamet, jadi sudah bisa dipastikan udara dan cuaca disana akan terasa sejuk dan tidak terlalu terik ketika siang hari.

Maka tidak heran jika kampus yang mempunyai luas sekitar 850.000 m2 itu menawarkan pemandangan kampus yang masih asri, tidak ada polusi yang berlebih, dan tidak mengenal kata macet seperti di kota-kota besar lainnya.

Hal tersebut menjadi suatu keistimewaan yang patut anda pertimbangkan. Karena dengan suasana seperti itu pastinya kegiatan belajar mengajar akan lebih efektiv dan kondusif. Jadi, masih ragu mau kuliah di Unsoed ?

5 Jurusan Terfavorit Di Unsoed

Semua perkenalan dan kelebihan Universitas Jenderal Soedirman diatas, tentu sepertinya sudah sangat cukup untuk memberikan gambaran tentang unsoed.

Apabila saat ini anda sudah cukup tertarik untuk kuliah disana, dan bingung menentukan jurusan, maka 5 jurusan paling banyak diminati ini bisa jadi bahan referensi buat anda. Karena di unsoed ada lebih dari 50 jurusan yang ditawarkan. Akan susah jika menelik satu-satu. Berikut informasinya untuk anda.

  1. Pendidikan Dokter Umum

Siapa yang tidak ingin menjadi dokter umum, mengabdi untuk semua kaum masyarakat, bangsa dan negara. Sama hal nya dengan jurusan yang ditawarkan di unsoed. Jurusan pendidikan dokter umum di fakultas kedokteran ini merupakan jurusan yang paling banyak dibanjiri peminat setiap tahunnya.

Hampir ribuan pelamar selalu masuk setiap tahunnya. Tak heran jika jurusan pendidikan dokter umum ini menjadi jurusan paling favorit di rumpun IPA.

Saat ini Fakultas kedokteran itu sendiri sudah berakreditasi A, dan jurusan pendidikan dokter itu sendiri sudah berakreditasi B. Yang jelas, dengan menyandang akreditasi tersebut, unsoed sudah bisa dikatakan siap untuk melahirkan calon-calon dokter umum yang professional dan siap terjun ke masyarakat.

  • Tekhnik Sipil

Jurusan terfavorit kedua di unsoed adalah tekhnik sipil. Siapa yang tidak ingin menjadi sarjana Tekhnik Sipil? Yang begitu lulus, mereka bisa mendaftar di berbagai instansi pemerintah maupun swasta dengan menjadi surveyor, konsultan, kontraktor, atapun supervisor dengan tawaran gaji yang sangat menggiurkan.

Walaupun passing grade unsoed di jurusan ini dipatok dengan nilai yang lumayan tinggi, namun terbukti setiap tahun peminat di jurusan ini hampir selalu ribuan bahkan belasan ribu.

  • Kedokteran Gigi

Jurusan kedokteran gigi juga tak kalah banyak peminatnya dari jurusan pendidikan dokter umum. Walaupun dikatakan syarat masuk fakultas kedokteran unsoed lumayan ketat, namun setiap tahun calon mahasiswa yang melamar selalu mencapai angka ribuan. Karena setelah lulus, para mahasiswa kedokteran gigi akan memiliki prestise sendiri dan menjadi seorang dokter gigi. Mereka punya peluang dan kesempatan tidak hanya bekerja dirumah sakit saja, namun juga bisa membuka kliniknya sendiri dirumah.

  • Hubungan International

Beralih ke rumpun ilmu sosial dengan jurusan yang paling terkenal yaitu Hubungan International. Siapa yang tidak mau dan tidak tau tentang ketenaran jurusan yang satu ini?

Jurusan yang sangat dipandang prestisius ini mendapat animo yang sangat tinggi setiap tahunnya. Bahkan beberapa hal yang bikin anda semakin ingin masuk dijurusan ini adalah mempunyai kesempatan untuk bisa berbahasa inggris yang baik dan bisa pergi keluar negeri.

Siapa yang tidak mau pergi keluar negeri? Ditambah lagi dengan satu kegiatan khas yang dilakukan semua mahasiswa Hubungan International pada saat masa perkuliahan adalah melakukan simulasi siding PBB yang semakin hari semakin tren.

Jadi bagi anda yang bercita-cita ingin berkerja dilingkup perusahaan multinasioanal dan International seperti ASEAN, maka mengambil jurusan Hubungan International yaitu merupakan pilihan yang tepat.

  • Jurusan Akuntansi

Jurusan yang terakhir ini akan membawa anda untuk mengenal universitas jenderal soedirman lebih jauh lagi. Pasalnya, jurusan akuntansi ini adalah salah satu jurusan yang dimasuki oleh berbondong-bondong pelajar dari seluruh wilayah di Indonesia.

Mereka yang ingin berkesempatan menjadi seorang akuntan yang handa, pastinya tidak akan gentar bersaing dengan calon mahasiswa yang lain untuk bisa menduduki salah satu bangku di jurusan akuntansi ini.

Apalagi akreditasi yang ditawarkan sudah A. Tentunya unsoed menjamin, akan melahirkan banyak putra putri bangsa yang terbaik sebagai seorang akuntan yang handal dan berkualitas.

Sudah banyak yang membuktikan bahwa lulusan dari Jurusan Akuntasi Di Unsoed berpeluang memiliki karir yang gemilang dibanding masuk dijurusan lain. Seperti menjadi seorang auditor, konsultan pajak, konsultan sistem informasi dan lain sebaginya.

Kesimpulan

Seperti yang sudah anda ketahui, Jenderal Soedirman adalah salah satu tokoh pahlawan bangsa yang dengan gagah berani melawan semua penjajah Belanda yang masuk ke Indonesia saat itu. Sampai titik darah penghabisannya tersebut, beliau masih menjunjung tinggi nama Indonesia didadanya. Begitu juga dengan Universitas yang dibangun dengan nama beliau.

Harapan yang tersemat dalam visi misi Unsoed adalah untuk melahirkan generasi-generasi penerus yang berpendidikan, putra putri bangsa yang mempunyai moral, berkepribadian sosial, berjiwa pemenang dengan terus menegakkan Pancasila untuk bangsa dan Negara Indonesia.

Dari mulai hanya ada 5 fakultas yang didirikan di Unsoed, sampai sekarang sudah ada 11 fakultas dengan lebih dari 60 jurusan yang tersedia. Semoga dengan mengenal universitas jenderal soedirman lewat semua informasi diatas, bisa menjadi referensi untuk memilih unsoed sebagai perguruan pendidikan yang anda pilih nantinya. Terimakasih.

Penulis

Kiki Herlina

Mahasiswi UNSOED

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *