Yuk Kenali Tips Menyusun Anggaran Buat Freelancer Agar Keuangan Tetap Sehat

2 min read

Tips Menyusun Anggaran Buat Freelancer

Pernahkah Anda merasa was-was dan gelisah karena uang bulanan yang didapat dari pekerjaan freelancer tidak cukup untuk memenuhi kebutuhanmu? Jika begitu, Anda harus cepat-cepat belajar untuk menyusun anggaran bulanan nih.

Eits siapa bilang menyusun anggaran buat freelancer itu sulit? Walaupun Anda seorang freelancer yang memiliki penghasilan tidak tetap, Anda juga bisa menyusun anggaran bulanan. Caranya gampang, asal Anda rajin dan tekun melakukannya, maka biaya bulanan bisa dicover. Berikut ini tips-tips yang harus Anda lakukan untuk menyusun anggaran.

Buat Rekening Khusus Pendapatan

Walaupun freelancer tidak memiliki pendapatan yang tetap, namun jangan diremehkan ya. Agar bisa mengetahui berapa rata-rata pendapatan yang Anda dapatkan per bulannya, Anda harus mulai membuat rekening baru khusus untuk menyimpan pendapatan bulanan.

Dengan adanya rekening khusus, Anda bisa mengetahui dengan pasti berapa pemasukan yang biasa didapat. Selain itu rekening khusus juga akan mencegahmu mengambil uang seenaknya. Dengan begitu berbagai kebutuhan dan pengeluaran bisa diatur dengan mudah. Jika ternyata pendapatan saat ini belum mampu mencukupi kebutuhan, segera cari projek baru ya.

Bagi Pemasukan ke dalam Pos-pos

Jika sudah ketahuan berapa nominal pendapatan yang biasa didapat perbulannya, maka Anda sudah bisa membuat suatu anggaran dengan membagi pemasukan ke dalam pos-pos. Setiap orang biasanya memiliki pembagian yang berbeda-beda seperti pendidikan anak, tabungan, asuransi kesehatan, cicilan, dan lain-lain.

Jika Anda sudah memiliki kendaraan pribadi, maka buat juga anggaran untuk membayar asuransi kendaraan. Jika Anda seorang freelancer muda yang belum menikah, maka membuat anggaran tabungan menikah juga bisa dilakukan dari sekarang.

Tentukan Nominal untuk Dana Wajib

Setelah membagi pengeluaran kedalam beberapa bagian, kini saatnya untuk menentukan berapa nominal pengeluaran untuk dana wajib. Walaupun tidak termasuk kebutuhan harian yang mendesak seperti makan dan minum, Anda juga harus punya dana wajib. Lalu apa saja dana wajib itu?

Beberapa contohnya seperti membayar premi asuransi kesehatan, dana keuangan darurat, serta dana pensiun. Walaupun bukan termasuk kebutuhan mendesak, namun untuk membuat suatu anggaran, Anda juga harus menyertakan dana-dana ini ya. Anda tidak mau kan jika suatu saat sakit atau ada kebutuhan mendesak yang membutuhkan biaya, tabunganmu kosong melompong sama sekali sehingga kemudian memilih berhutang?

Buat Aturan Pengeluaran yang Ketat

Siapa coba yang tidak tergiur dengan berbagai promo? Banyaknya promo dan diskon pada barang ataupun makanan seringkali menjadikan seseorang kalap dan tidak mengindahkan keuangannya. Nah, bagi para freelancer yang memiliki pemasukan tidak tetap, sebaiknya Anda berhati-hati ya.

Jangan sampai godaan berbagai barang membuatmu kalap dan menguras seluruh tabungan yang sudah dianggarkan. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Gampang. Anda hanya perlu menetapkan aturan ketat pada diri sendiri untuk tidak membeli berbagai kebutuhan yang tidak perlu.

Di sini Anda akan belajar disiplin dalam mengatur keuangan. Tips yang bisa dilakukan agar tidak boros yaitu dengan menulis berbagai kebutuhan apa saja yang wajib dibeli. Namun jika Anda termasuk orang yang senang berbelanja dan jalan-jalan, maka Anda bisa menganggarkan batasan dana yang bisa digunakan untuk bersenang-senang.

Jangan Lupakan Anggaran Pengembangan Diri

Nah, hal yang satu ini sering banget dilupakan oleh para freelancer. Anggaran pengembangan diri sangat penting direncanakan untuk menunjang kinerja Anda. Anda mau kan pendapatan terus meningkat setiap bulannya? Salah satu caranya yaitu dengan mengembangkan lagi skill yang Anda miliki.

Tidak hanya belajar otodidak, agar skill pekerjaanmu semakin mantap, maka Anda juga harus rajin mengikuti pelatihan dan workshop. Walaupun saat ini sudah beredar berbagai pelatihan gratis, namun umumnya beberapa jenis workshop profesional masih mematok harga pelatihan untuk para pesertanya. Jadi siapkan dananya segera ya!

Ternyata ada banyak sekali tips yang bisa dilakukan agar keuanganmu sehat. Jadi biasakan untuk mengatur keuangan sedari dini. Jangan sampai kelak Anda kelimpungan mencari dana karena tidak adanya anggaran serta dana darurat yang tersedia.

Untuk anggaran asuransi kesehatan, Anda bisa mendaftar BPJS yang disediakan oleh pemerintah atau juga mendaftar di pihak swasta seperti LifePal. LifePal merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan berbagai penawaran asuransi seperti jaminan kendaraan dan kesehatan. Banyaknya produk yang ditawarkan tentunya bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin memiliki asuransi sejak dini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *